Thursday, September 15, 2016

Tahapan-tahapan Rekrutmen




Rekrutmen merupakan masalah penting bagi perusahaan yang berkaitan dalam hal pengadaan karyawan. Perusahaan dapat berjalan baik jika memiliki karyawan pas pada porsinya sehingga tugas dan tanggung jawab tidak ada yang tumpang tindih dan memiliki tugas ganda. Tumpang tindih dan memiliki tugas ganda sering terjadi jika terlalu lama ada kekosongan pada jabatan atau tertentu.
Dalam hal ini departemen Human Resoursce (HR) berperan dalam memenuhi kebutuhan karyawan tersebut dengan melakukan rekrutmen. Rekrutmen merupakan serangkaian kegiatan penerimaan calon karyawan untuk memenuhi calon karyawan pada suatu unit kerja dalam sebuah perusahaan. [1] Penerimaan calon karyawan ini bertujuan menyediakan karyawan yang memenuhi kualifikasi yang diperlukan.
Pada proses rekrutmen terdapat 2 komponen utama yaitu orang yang terekrut dan orang yang merekrut. Masing-masing dari komponen ini memiliki tujuannya tersendiri. Orang yang terekrut bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan yang dapat menjamin kesejahteraannya sedangkan orang yang merekrut bertujuan untuk memperoleh karyawan terbaik yang dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama perusahaan. Sehingga diharapkan jika kedua komponen ini dapat bekerja sama yang saling menguntungkan tujuan bersama perusahaan dapat tercapai. Untuk merekrut karyawan departemen HR  memperoleh calon karyawan dapat dari berbagai sumber. Sumber rekrutmen dapat dibagi menjadi 2 yaitu sumber internal dan eksternal. Dimana : [2]
a.       Sumber Internal
Perekrutan yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri dengan cara pemberian informasi pada majalah dinding yang terdapat di perusahaan. Karyawan yang memiliki kemampuan sesuai dengan kriteria jabatan yang dibutuhkan diizinkan untuk melamar. Perekrutan yang berasal dari sumber internal memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu:
·         Kelebihannya yaitu memberikan kesempatan yang lebih baik untuk menilai kemampuannya dan memberikan motivasi kerja yang lebih baik.
·         Kekurangannya yaitu lamaran yang masuk menjadi lebih sedikit sehingga untuk memperoleh calon karyawan yang baik akan semakin sulit
b.       Sumber Eksternal
Perekrutan yang berasal dari luar perusahaan dengan pemasangan iklan di media cetak maupun media elektronik. Kelebihan dan kekurangan dari sumber eksternal yaitu :
·         Kelebihannya adalah memberikan pandangan dan ide baru, memungkinkan karyawan melakukan perubahan tanpa berkepentingan.
·         Kekurangannya adalah waktu yang hilang untuk menyesuaikan karyawan baru terhadap lingkungan dan budaya perusahaan.

Karyawan terbaik tidak didapatkan dari hasil perekrutan yang mudah. Departemen HR bekerja keras dalam perekrutan karyawan dengan melakukan beberapa tahapan yaitu :[3]
a.            Perencanaan Rekrutmen
Perencanaan rekrutmen bermula dari spesifikasi yang jelas dari kebutuhan karyawan, baik dari jumlah, keahlian maupun tingkatannya.

b.            Strategi rekrutmen
Departemen HR harus memiliki strategi baik dari menentukan dimana tempat merekut, cara mencari calon karyawan hingga bisa memikat karyawan.

c.             Pencarian karyawan (rekrutmen)
Setelah rencana dan strategi perekrutan disusun, aktivitas selanjutnya ialah mencari calon karyawan. Departemen HR dapat membuat iklan lowongan kerja melalui surat kabar, ataupun media sosial, yang berisikan persyaratan calon karyawan yang dibutuhkan. Menurut Handoko (2008), proses rekrutmen meliputi :[4]
-          Job Analysis (Analisis Jabatan)
Prosedur untuk menentukan tanggung jawab dan persyaratan keterampilan dari sebuah pekerjaan.
-          Job Description (Uraian Jabatan)
Uraian jabatan merupakan garis besar yang penting dari jabatan yang diperlukan.
-          Job specification (Persyaratan Jabatan)
Merupakan syarat-syarat yang harus dimiliki untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik.
Banyak sedikitnya pelamar dipengaruhi oleh usaha dari pihak perekrut dalam menginformasikan lowongan dan banyak sedikitnya persyaratan yang diminta oleh pihak perekrut.

d.            Penyisihan calon karyawan
Proses ini merupakan menyisihkan karyawan yang memenuhi kriteria dan yang tidak memenuhi kriteria. Calon karyawan yang memenuhi kriteria dalam hal ini adalah yang telah lulus berkas lamaran yang telah dikirimkan oleh calon karyawan, selanjutnya calon karyawan ini akan diseleksi oleh HR dengan melakukan serangkaian tes yaitu :[5]
-              Psikotest (memahami karakter psikologi seseorang)
-              interview HR (wawancara yang berpedoman pada Curiculum vitae calon karyawan)
-              interview User (wawancara dengan calon atasan)
Wawancara yang cenderung pada teknis kerja dilapangan nantinya, biasanya pewawancara menguji seberapa tertarik calon karyawa terhadap pekerjaan yang dilamar.
-                 Medical Check Up (MCU)
Serangkaian pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk mengetahui ada tidaknya kelainan penyakit yang dimiliki oleh calon karyawan.
-                 Negosiasi Gaji
Tahapan tawar-menawar gaji. Disarankan pada tahap ini memiliki referensi terhadap gaji  standar posisi tersebut dan UMR yang berlaku pada wilayah kita melamar.

Setelah dilakukan penyisihan, calon karyawan yang memenuhi persyaratan sesuai kebutuhan dari kekosongan jabatan itulah yang akan terpilih menjadi karyawan diperusahaan tersebut. 

Referensi :
1. Anonim. 2012. Definisi Proses Rekrutmen dan Seleksi. http://dimitrics.blogspot.co.id/2012/01/definisi-proses-rekrutmen-dan-seleksi.html Diakses tanggal : 14 September 2016
2. Apriana. 2012. Sumber Rekrutmen. http://blog-of-apriana.blogspot.co.id/2012/04/sumber-rekrutment.html Diakses tanggal : 14 September 2016
3. Anonim. Rekrutmen Karyawan. http://miredboyz.blogspot.co.id/p/rekrutmen-karyawan.html. Diakses tanggal : 14 September 2016
4. Handoko. 2008. Dalam http://rikietrianto.blogspot.co.id/ Diakses tanggal : 14 September 2016
5. Anonim. Tahapan Rekrutmen. https://maribelajarhrd.wordpress.com/recruitment/tahapan-rekrutmen/ Diakses tanggal : 14 September 2016
 

4 comments:

  1. @A18-Novena Karina Putri
    Komentar : Sebaiknya artikel dikasih contoh berdasarkan rekrutmen di tempat kerja anda..

    ReplyDelete
  2. @A04-MAULANA

    Menurut Saya, artikel ini akan lebih jelas apabila disertai jenis-jenis dalam metode rekrutmen internal dan eksternal. Selain itu, kendala dalam rekrutmen juga dapat dilampirkan agar bisa lebih memahami apa itu rekrutmen.

    Wassalam.
    Maulana S.

    ReplyDelete
  3. @A07-ZASKIA
    Artikel yang anda buat sudah baik dan cukup lengkap. Hanya saja tidak secara mendetail.
    Saran: cantumkan kasus pada perusahaan anda agar artikel lebih mendetail

    ReplyDelete
  4. @A16-Sari
    Setelah membaca artikel ini.
    Rekrutmen merupakan masalah penting bagi perusahaan yang berkaitan dalam hal pengadaan karyawan.
    Artikel ini sudah menarik ,
    saran :dicantumkan dengan study kasus di perusahaan

    ReplyDelete