Friday, September 23, 2016

Seleksi Karyawan pada PT Pembangkit Jawa Bali


1. PENDAHULUAN


Seleksi adalah tahap dalam memilih karyawan setelah tahap rekrutmen. Menurut Simamora (2004), seleksi merupakan proses pemilihan dari sekelompok pelamar yang paling memenuhi kriteria seleksi untuk posisi yang tersedia di dalam perusahaan.
Perusahaan memiliki kriteria dalam memilih karyawan, dan kriteria seleksi menurut Simamora (2004) pada umumnya dapat dirangkum dalam beberapa kategori yaitu :
  • Pendidikan
  • Pengalaman kerja 
  • Kondisi fisik 
  • Kepribadian
beberapa katagori diatas biasanya akan membantu perusahaan dalam memilih calon terbaik untuk perusahaan, misalnya latar belakang pendidikannya : riwayat sekolah dan universitas, riwayat pengalaman kerja, kodisi fisik yang sehat dan bebas narkotika, juga kepribadian yang baik. Selain Kriteria dalam menyeleksi, terdapat juga teknik-teknik dalam menyeleksi. Adapun beberapa teknik seleksi antara lain (1) : 
  • Interview 
  • Tes psikologi 
  • Tes mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan 
  • Pusat pelatihan 
  • Biodata 
  • Referensi 
  • Grafologi (ilmu yang berkenaan dengan tulisan tangan) 


2. PEMBAHASAN

Pada umumnya semua perusahaan memiliki standar dan cara sendiri dalam menentukan langkah-langkah untuk mencari karyawan-karyawan yang diinginkannya. Semakin bagus sebuah perusahaan maka semakin sulit juga langkah-langkah yang harus diikuti calon-calon karyawan. Contohnya pada sebuah perusahaan BUMN yaitu PT Pembangkit Jawa Bali atau lebih sering dikenal sebagai PT PJB. PT PJB ini adalah salah satu anak perusahaan dari PLN. Sesuai dengan namanya, PT PJB ini khusus menangani listrik untuk wilayah Jawa dan Bali.PT PJB memiliki beberapa langkah-langkah untuk menyeleksi calon-calon karyawan. Hanya orang yang sangat terpilih yang dapat menjadi karyawan PT PJB. Karena PT PJB membuat tahapan-tahapan yang sulit dan ketat. Tahapan-tahapan tersebut dapat dilihat pada tabel berikut :

Pada gambar diatas terlihat sangat jelas tahapan-tahapan yang ketat yang diberlakukan di PT PJB. Penjelasan tahapan tersebut adalah sebagai berikut :
1. Proses Admintrasi : Proses administrasi dilakukan secara online. jadi orang yang berniat mendaftar bisa melalui internet saja, tidak perlu datang kekantor
2. Aptitute tes : tes ini adalah tes tetang pengetahuan sosial. tes secara tulisan ini, menyediakan soal-soal seputar pengetahuan sosial
3. Tes bidang keahlian : tes bidang keahlian akan digolongkan berdasarkan latar belakang jurusan, atau keahlian-keahlian yang dibutuhkan diperusahaan
4. tes bahasa inggris : tes bahasa inggris berupa tulisan
5. tes diskusi kelompok : diskusi kelompok, team penyeleksi akan mengelompokkan beberapa calon-calon karyawan menjadi dalan 1 kelompok. kemudian tiap-tiap kelompok akan diberikan permasalahan dan diminta cara penyelesaiannya.
6. tes psikologi : tes psikologi ini dites langsung oleh psikologi
7. tes kesehatan : tes kesehatan akan dilakukan dirumah sakit yang sudah ditentukan oleh PT PJB
8. wawancara : wawancara adalah tahap terakhir dalam seleksi ini, wawancara dilakukan oleh general manajer PT PJB.




DAFTAR PUSTAKA

2015. Pengertian Seleksi Menurut Ahli. Dalam : http://ariplie.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-seleksi-menurut-ahli.html. (Diakses tanggal : 22 September 2016)

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, Cetakan Ke-1.             Yogyakarta: STIE YKPN.



1 comment:

  1. @A38-Khaerul Anwar

    untuk isi makalah sudah cukup lengkap dan padat, dari artikel yang anda buat apakah menurut anda ada kekurangan pada proses seleksi yang dilakukan oleh PT Pembangkit Jawa Baili? jika memang ada, bagaimana solusinya menurut anda?

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.