Friday, January 13, 2017

MANAJEMEN KARIR

                                                       


I.  PENDAHULUAN
Tidak sedikit seseorang sengaja mencari perusahaan yang memiliki jenjang karir yang baik untuk dapat bergabung dengan perusahaan tersebut. Dengan jenjang karir yang jelas seorang karyawan dapat merencanakan pula tujuan hidupnya yang akan datang sejalan dengan perkembangan karirnya.
Manajemen Karir adalah proses untuk membuat karyawan dapat memahami dan mengembangkan dengan lebih baik keahlian dan minat karir mereka dan untuk memanfaatkan keahlian da minat ini dengan cara yang paling efektif.Manajemen karir individu sebagai manajemen karir yang dilakukan secara individu dengan tujuan menetapkan perencanaan da perkembangan karirnya selanjutnya
Manajemen karir adalah proses dimana organisasi mencoba untuk menyesuaikan minat karir individual dan kemampuan organisasi untuk merekrut karyawan (Gutteridge, 1976)
II.  PEMBAHASAN
Tujuan atau sasaran karir tidak otomatis tercapai bila seorang pegawai memenuhi syarat yang harus dipenuhi karena untuk menduduki suatu karir tertentu, kadang- kadang harus memenuhi syarat- syarat yang seringkali di luar kekuasaannya yaitu ada tidaknya lowongan jabatan yang dituju, ada tidaknya keputusan dan referensi dari pimpinan, dan ada tidaknya kandidat lain yang sama kualitasnya, semua itu dapat membatasi kemajuan karir seorang pegawai. Adapun proses karir adalah sebagai berikut :
Tahap 2 : Development of Career Goal
Menurut goal setting theory, tujuan aka mempengaruhi perilaku melalui direct attentions, stimulating effort, serta facilitating the development strategies (Loke dan Lartham) kemampuan dan keahlian lewat pengalaman kerja. Jadi kemajuan karir diperoleh dalam pengabdian
Tahap 3 : Political System
Terutama pada perusahaan yang quasimatrix, seperti perusahaan telekomunikasi, akuntansi dan projek-projek kompleks yang ada dalam organisasi. Oleh James Rosenbaum disebut sebagai metode allokasi turnamen.yakni bersaing untuk memperebutkan kesempatan
Manajemen karir sendiri tebagi menjadi dua yaitu:
 1.       Manajemen karir Individual (Individual Career Management)
 Kesuksesan psikologis merupakan tujuan tertinggi dari karir seseorang, yaitu perasaan bangga atas prestasi seseorang yang didapatkan ketika tujuan terpenting dalam kehidupannya tercapai. Hal ini bertolak belakang dengan keberhasilan vertikal yaitu meniti piramida korporat sebagaimana dalam kontrak karir yang lama.
Menurut Daniel B. Turbon, suksesnya karir diukur dengan salary dan promosi. Para peneliti beranggapan bahwa definisi dari kesuksesan karir juga meliputi persepsi orang tersebut tentang kesuksesan karir (karir yang sukses).
Manajemen Karir Organisasional (Organizational Career Management)
Manajemen karir organisasional mencakup berbagai kebijakan dan tindakan organisasi untuk meningkatkan efektivitas karir dari pekerjaannya (Orpen, 1994). Definisi karir organisasi mengacu pada struktur karyawan dan praktek-praktek yang memberi panduan bagaimana merekrut, mengembangkan dan memberi tugas kepada karyawan (Gaetner, 1988). Karir organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1.   Sejauh mana perekrutan dibatasi hanya pada pekerjaan-pekerjaan tingkat bawah.
2.   Sejauh mana promosi ke jabatan yang lebih tinggi berasal dari dalam.
3.   Sejauh mana penyelenggaraan training dan pengembangan karyawan di semua level.
4.    Sejauh mana komitmen perusahaan terhadap keselamatan karyawan.
Berikut adalah manfaat peencanaan karir
1.Pengembangan karier memberikan petunjuk tentang siapa diantara para pekerja yang wajar dan pantas untuk dipromosikan di masa depan dan dengan demikian suplai intenal melalui karyawan dari dalam perusahaan dapat lebih tejamun. Berarti organisasi tidak selalu harus mencari tenaga kerja dari luar organisasi untuk mengisi lowongan yang terjadi karena berbagai hal seperti adanya pekerja yang berhenti, diberhentikan memasuki usia pensiun atau meninggal dunia.
2.Perhatian yang lebih besar dari bagian kepegawaian terhadap pengembangan karier para anggota organisasi meumbuhkan loyalitas yang lebih tinggi dan komitmen organisasional yang lebih besar di kalangan pegawai. Sika demikian pada umumnya mengakibatkan keinginan pindah ke organisasi berusaha memelihara kepentingan dan memuaskan kebutuhan para anggotanya.
3.Telah umum dimaklumi bahwa dalam diri setiap orang masih terdapat kemampuan yang belum digunakan secara optimal sehingga perlu dikembangkan agar berubah sifatnya dari optimal sehingga perlu dikembangkan agar berubah sifatnya dari potensi menjadi kekuatan nyata. Dengan adanya sasaran karier yang jelas para pegawai terdorong untuk mengembangkan potensi tersebut untuk kemudian dibuktikan dalam pelaksanaan pekerjaan dengan lebih efektif dan produktif dibarengi oleh perilaku positif sehingga organisasi semakin mapu mencapai berbagai tujuan dan sasarannya, dan para pegawai pun mencapai tingkat kepuasan yang lebih tinggi
4.Perencanaan karier mendorong para pekerja untuk bertumbuh dan berkembang, tidak hanya secara mental intelektual, akan tetapi juga dalam arti profesional.
III. KESIMPULAN
Perkembangan karir sangat penting bagi kelangsungan hidup seseorang sesuai dengan tujuannya. Semakin baik karirnya akan semakin baik pula kehidupan seseorang apabila mampu mengelolanya dengan baik.Adanya perkembangan karir membuat karyawan menjadi termotivasi untuk bekerja lebih baik demi kemajuan pribadi dan perusahaan.Jenjang karir yang jelas dalam suatu perusahaan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki dedikasi yang baik untuk mendorong setiap orang melakukan perubahan ke depan.Ketidakjelasan akan perkembangan karir mempengaruhi terhadap ketidakpuasan karyawan yang mungkin akan berdampak pada kinerja karyawan.
III.               DAFTAR PUSTAKA


71 comments:

  1. Yuli Shara Pandiangan @J01
    Isi Review
    Menurut saya karir yang mengembangkan sebuah kelangsungan hidup, maka Perencanaan karier mendorong para pekerja untuk bertumbuh dan berkembang, tidak hanya secara mental intelektual, akan tetapi juga dalam arti profesional.Dan sebuah kebiasaan yang baik dalam pekerja yang wajar dan pantas untuk dipromosikan di masa depan dan dengan demikian suplai intenal melalui karyawan dari dalam perusahaan dapat lebih tejamun.
    Makanya kita sendiri lah yang haris mengembangkan karier kita sendiri dan selalu mendapat dukungan yang bagus untuk mencapai Tujuannya .

    ReplyDelete
  2. Amanda Afrilla - @J09-amanda

    Ya, manajemen karir sangatlah diperlukan demi masa depan jenjang karir seseorang. Karir yang baik, maka baik pula masa depannya. Namun hal tersebut tidak diperoleh dengan cara yang instant, melainkan perlu effort dan dedikasi yang tinggi. Tak hanya manusianya, perusahaan sebagai mitra juga wajib menyediakan dan memberikan reward.

    ReplyDelete
  3. DENIS -@J22 DENIS
    menurut saya artikel ini bagus khusunya untuk orang-orang yang baru pertama kalibekerja. Sehingga mereka dapat belajar untuk memanajement skill mereka.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Dhifa Ramadhan - @J19-Dhifa
    Isi review
    Menurut saya, manajemen karir memang melibatkan semua pihak termasuk pegawai yang bersangkutan dengan unit tempat si pegawai bekerja, dan organisasi secara keseluruhan. Oleh karena itu manajemen karir mencakup area kegiatan yang sangat luas. Pentingnya manajemen karir bagi karyawan adalah untuk meningkatkan potensi dan produktifitas bagi kemajuan dirinya.

    ReplyDelete
  6. Raynaldi Wijaya Putra - @J21

    Halo, selamat pagi. Saya ingin mereview artikel yang teman-teman telah buat. Pertama-tama saya akan memberi masukan tentang penulisan, mohon di perhatikan dalam penulisan karena dalam artikel ada beberapa tulisan yang mempunyai background putih, membuatnya berbeda dari paragraf lain. Mungkin kedepannya bisa di teliti lagi untuk format penulisannya. Disamping itu saya mempunyai 1 pertanyaan, yaitu :
    Apakah perencanaan karir bagi individu dan organisasi cukup berbeda ? Jika iya, seberapa besar intensitas perbedaannya ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  7. Lutviyanti Tamara @J14-Lutviyanti

    Menurut saya, penting bagi seseorang untuk memahami manajemen karir. Karena akan mempermudah dalam melakukan suatu pekerjaan dengan memanfaatkan kesempatan serta skill yang telah dimiliki agar dapat diasah dan dapat semakin baik ke depannya. Selain itu dapat bermanfaat untuk orang lain maupun diri sendiri

    ReplyDelete
  8. Alifia Ning Anggita - @J04-Alifia

    Menurut saya, isi artikel ini sangat tepat. Karena menurut saya manajemen karir ini di perlukan untuk mempermudah melakukan suatu kegiatan di dalam sebuh organisasi (perusahaan) selain itu dia bisa mengasah kemampuannya sehingga mendapatkan hasil yang maksimal bagi dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  9. Shovi Putri - @J13

    Manajemen karir adalah proses pengelolaan karir pegawai yang meliputi kegiatan perencanaan karir, pengembangan dan konseling karir serta pengambilan keputusan karir. Manajemen karir sangat perlu untuk diterapkan dalam profesi, karena tanpa memanage dengan baik, terstruktur dan konprehensif, akibatnya sangat fatal terhadap keberlangsungan profesi kita di tempat tersebut.
    Dengan meningkatnya aktiva perusahaan, karyawan perlu pujian terhadap prestasinya tersebut. Pemberian penghargaan atau reward bisa dalam bentuk material maupun dalam bentuk pelatihan sebagai apresiasi pihak perusahaan kepada karyawannya untuk lebih meningkatkan skill individu atau kolektif. Pelatihan ada bermacam-macam baik on the job atau off the job. Pelatihan tersebut tentunya diharapkan supaya karyawannya bisa meningkatkan kemampuan serta makin kompeten.

    ReplyDelete
  10. @Jo3-oky dwimajaya

    Cukup bagus artikel ini untuk dipahami semoga lebih ditingkatkan lagi isi dari artikel ini.

    ReplyDelete
  11. Lutfiah Mawar Tina - @J11
    Manajemen karir sangat lah penting karena Perencanaan karier mendorong para pekerja untuk bertumbuh dan berkembang, tidak hanya secara mental intelektual, akan tetapi juga dalam arti profesional.Adanya perkembangan karir membuat karyawan menjadi termotivasi untuk bekerja lebih baik demi kemajuan pribadi dan perusahaan.

    ReplyDelete
  12. Nabila maula - @J10-nabila

    Menurut saya, artikel ini sangat berguna sekali, karna manajemen karir diperlukan bagi banyak orang untuk saat ini, untuk mempermudah suatu pekerjaan dan mengembangkan keahlian masing masing orang dalam bekerja.
    Manajemen karir juga penting bagi perusahaan untuk menciptakan dan mempertahankan lingkungan belajar terus menerus.

    ReplyDelete
  13. Ika hafshah - @J15
    Manajemen Karir menurut saya sangatlah penti g karena proses untuk membuat karyawan dapat memahami dan mengembangkan dengan lebih baik keahlian dan minat karir mereka dan untuk memanfaatkan keahlian da minat ini dengan cara yang paling efektif.Manajemen karir individu sebagai manajemen karir yang dilakukan secara individu dengan tujuan menetapkan perencanaan.

    ReplyDelete
  14. Ferdinan valen - @j17-ferdinanvalen
    Menurut saya artikel ini sudah cukup baik, akan tetapi masih banyak yang harus di koreksi untuk menjadi artikel yang bisa lebih baik. Dan kurang adanya studi kasus untuk memperlengkapi artikel

    ReplyDelete
  15. Saraswati Apriliana @k32-saraswati

    Menurut saya artikel ini sudah cukup baik dan sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang manajemen karir, manajemen karir adalah proses perkembangan karir seseorang, perkembang karir memang sangat penting untuk kelangsungan hidup seseorang, semakin baik karir nya maka semakin baik juga kelangsungan hidup nya.

    ReplyDelete
  16. Cintya Margaretha - @k36-Cintya
    Menurut saya manajemen karir sangatlah diperlukan demi masa depan jenjang karir seseorang karena perkembangan karir sangat penting bagi kelangsungan hidup seseorang sesuai dengan tujuannya. Semakin baik karirnya akan semakin baik pula kehidupan seseorang apabila mampu mengelolanya dengan baik. terimakasih

    ReplyDelete
  17. Mengenai perkembangan karir yang memanglah sangat penting bagi kelangsungan hidup seseorang guna untuk mencapai tujuannya. Artikel ini menjelaskan semakin baik karirnya akan semakin baik pula kehidupan seseorang. Ya memang benar adanya, semisalkan tidak ada manajemen karir dalam diri seseorang atau individu, maka karir yang mereka punya ya hanya seperti itu tidak ada sifat maju dan untuk maju lagi kedepannya

    ReplyDelete
  18. Shinta Ramadhian - @k09-shinta
    Menurut saya artikel ini sangatlah membantu saya dan banyak orang dalam mendapatkan pengetahuan lebih tentang manajemen karir. manajeman karir sangatlah dibutuhkan dan sangat bermanfaat untuk kelangsungan masa depan seseorang untuk mencapai tujuan besarnya. Manajemen karir sangat perlu untuk diterapkan dalam profesi karena dapat menumbuhkan kemampuan pada seseorang tersebut.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Ferdi angga kusuma - 41213120071
    Menurut saya artikel ini cukup berguna bagi orang yang ingin atau sedang menata karirnya karena dari sini bisa belajar tentang manajemen karir. Dengan adanya perencanaan karir, bisa mendorong seseorang untuk tumbuh dan berkembang dan memberikan kesempatan dirinya untuk di promosikan. Semakin baik karir seseorang maka akan semakin baik pula kehidupannya, karena dia belajar memanajemen dirinya. Semakin berkembang seseorang maka akan menguntungkan perusahaan maupun dirinya tentunya.

    ReplyDelete
  21. Muhammad Alamin Imam Utomo-41117110030

    Manajemen karir adalah salah satu hal yang dapat mempengaruhi karir seseorang.manajemen karir yang baik disaat muda akan mempermudahkan karir mereka disaat mereka berada di usia yg tidak produktif lagi,di artikel ini sudah lumayan lengkap dengan tahapan proses karir,macam macam manajemen karir, manfaat perencanaan karir dll,hanya perlu ditambahkan hal apa saja yg harus dilakukan jika perencanaan karir tidak sesuai dengan yg kita rencanakan

    ReplyDelete
  22. Dwi Bayu Prasetya 41117110128
    Manajemen Karir adalah proses untuk membuat karyawan dapat memahami dan mengembangkan dengan lebih baik keahlian dan minat karir dengan lebih efektif. Dengan manejemen yg baik maka segala tahap pekerjaan ,target karir kerja, dan tujuan akan lebih jelas dan tertata. Menurut saya karir individu dan karir organisasi harus seimbang tidak hanya baik di salah satu sisi agar kemajuan karir bisa dicapai secara seimbang dan demi jabatan dan rasa kepercayaan dari perusahaan dan juga perusahaan agar mengalami kemajuan. Menurut saya di sebuah perusahaan perlu ada seorang manajer yang membimbing karyawannya agar mempunyai manajemen Karir,manajemen waktu dan manajemen pekerjaan dengan baik demi kemajuan perusahaan.

    ReplyDelete
  23. Caesario Wahyu - 41815110174
    Dalam berkarir kita harus memiliki perencanan yang matang dan strategis, karna tanpa adanya perencanaan yang kita tidak akan dapat fokus menuju karir yang kita inginkan yang pertama adalah kita harus melihat situasi dan peluang yang memungkinkan bagi kita untuk mengejar karir kita, lalu setelah itu kita juga harus memiliki rasa loyalotas didalam perusahaan seperti melakukan lebih apa yang diperintahkan oleh perusahaan, dan yang terpenting adalah kita harus terus termotifasi untuk terus mengembangkan diri kita untuk lebih baik lagi. Dengan demikian management perusahaan akan melihat potensi besar dalam diri kita yang nantinya akan berdampak pada karir yang telah kita rencanakan.

    ReplyDelete
  24. Dian Asparani - 46115120065 / Review

    Dalam artikel diatas disebutkan bahwa Kesuksesan psikologis merupakan tujuan tertinggi dari karir seseorang, yaitu perasaan bangga atas prestasi seseorang yang didapatkan ketika tujuan terpenting dalam kehidupannya tercapai. Bukan hanya itu, Dalam kesuksesan manajemen karir secara sadar seorang karyawan juga membawa serta manajemen dirinya untuk berorientasi pada manajemen karir ke arah yg lebih baik. Seorang yg telah menerapkan hal tersebut juga akan memilih perusahaan mana yg memiliki dukungan bagi karyawannya mengembangkan manajemen karir dan miliki jenjang karir yg bagus. Baik perusahaan maupun karyawan memiliki peran yang penting dalam proses manajemen karir.

    ReplyDelete
  25. Wahyu Widianingsih
    41117110170
    Saya setuju dengan artikel ini tentang "Semakin baik karirnya akan semakin baik pula kehidupan seseorang apabila mampu mengelolanya dengan baik" harus bisa mengelola dengan baik agar bisa mencapai hasil yang maksimal. Dalam karir juga harus berani bersaing untuk memperebutkan kesempatan, tetapi bersainglah dengan sehat. Dalam karir berorganisasi juga harus ada loyalitas dan komitmen pada perusahaan agar bisa maju.

    ReplyDelete
  26. Irvan Agus Setiyanto - 41616110104

    Pada dasarnya setiap individu mengharapkan kemajuan dlm karir profesinya, karena karir merupakan pokok penting yg sll menjadi target oleh pekerja, karena dgn meningkatnya karir seseorang itu mjd manfaat bagi individu maupun organisasi. Manajemen karir mjd penting salah satunya karena menjadikan kita menyadari minat-minat, nilai-nilai, dan kekuatan dlm bekerja. Artikel ini sangat membantu bagi mereka untuk membuat rencana tindakan utk mencapai sasaran karirnya.

    ReplyDelete
  27. Angela Merici Rianawati - 41117110127 artikel inisangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang manajemen karir, manajemen karir adalah proses perkembangan karir seseorang, dimulai dari menggali kemampuan dan minat kita.

    ReplyDelete
  28. Pada artikel ini tertulis karir sangat penting bagi kelangsungan hidup seseorang sesuai dengan tujuannya. Semakin baik karirnya akan semakin baik pula kehidupan seseorang apabila mampu mengelolanya dengan baik dan ini sangatlah benar , artikel ini sangat bermanfaat untuk memberi pengetahuan bagi orang orang yang mungkin masih belum mengerti apa yang dimaksud dengan manajemen karir. Tapi menurut saya tentang manajemen karir ini sendiri tetap bergantung dari masing masing individu .

    ReplyDelete
  29. Terima kasih.. Bagus dan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  30. artikel berikut tertulis karir sangat penting, Semakin baik karirnya akan semakin baik pula kehidupan seseorang apabila mampu mengelolanya dengan baik, artikel berikut bermanfaat untuk memberi pengetahuan bagi orang" yang mungkin masih belum mengerti apa yang dimaksud dengan manajemen karir. Tapi menurut saya tentang manajemen karir ini balik lagi ketiap" orang, karena setiap orang berbeda, tujuan setiap orang berbeda, dan tingkat kepuasan orang pun berbeda".

    Chris Marenda - 41817110144

    ReplyDelete
  31. Nana Supriyatna - 41115120005

    Sangat bermanfaat dan terimA kasih

    ReplyDelete
  32. Dwezka Pamungkas-41616110002
    Artikel yang menarik, isinya cukup bagus.
    Hanya saja pada bagian pembahasan yang membahas tahapan proses karier itu kenapa langsung tahap 2 ya ? Tahap 1 nya mana? Mohon diteliti kembali saat mau kutip dari artikel lain. Silahkan bisa di edit kembali.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  33. sangat bermanfaat , buat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang usaha dan pekerjaan,

    ReplyDelete
  34. sangat bermanfaat , buat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang usaha dan pekerjaan,

    ReplyDelete
  35. Muh. Fajar Pratama - 41217110058

    sangat bermanfaat , buat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan di bidang usaha dan pekerjaan

    ReplyDelete
  36. Super sekali. Artikel ini menjelaskan pentingnya managemen karir terutama untuk kaum muda. Sehingga bisa menjalankan hidupnya lebih terarah dan terorganisir.

    Lavenia HD - 41616110044

    ReplyDelete
  37. Muhammad zainudin / 41616110001

    Menurut saya manajemen karir sangat dibutuhkan sebagai jalan yang terarah untuk mencapai tujuan organisasi terutama individu untuk jenjang karirnya.

    ReplyDelete
  38. Muhammad zainudin / 41616110001

    Menurut saya manajemen karir sangat dibutuhkan sebagai jalan yang terarah untuk mencapai tujuan organisasi terutama individu untuk jenjang karirnya.

    ReplyDelete
  39. Hasthi Dasto Fibrianto / 41616110019

    Manajemen karir yang jelas untuk karir yang jelas pula serta kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

    ReplyDelete
  40. Nur Khafi (41616110110)

    Manajemen karir sangat penting dalam memulai bisnis, tanpa manajemen karir suatu usaha tidak akan berjalan sesuai dengan rencana yang diharapkan.

    ReplyDelete
  41. Khairul Nil Hakim Sitorus (41616110037)

    Menurut saya Manajemen karier sangatlah penting baik dalam kehidupan kita maupun dalam menjalankan bisnis,jika kita dalam menjalankan bisnis tidak menerapkan manajemen dengan baik maka usaha kita tidak berjalan sesuai rencana kita.

    ReplyDelete
  42. Bonifasius Bayu PS (41616110035)

    Menurut saya manajemen karir diperlukan bagi seorang pekerja pada suatu perusahaan untuk mengembangkan kemampuan dan minat untuk berwirausaha sendiri.

    ReplyDelete
  43. M. Isa Ibrahim - 41616110113

    Artikel berikut bermanfaat untuk memberi pengetahuan bagi orang" yang mungkin masih belum mengerti apa yang dimaksud dengan manajemen karir. Tapi menurut saya tentang manajemen karir ini balik lagi ketiap" orang, karena setiap orang berbeda, tujuan setiap orang berbeda, dan tingkat kepuasan orang pun berbeda.

    ReplyDelete
  44. Sulistianingsih - 43116120091

    Menurut saya, isi artikel ini sangat tepat. Karena menurut saya manajemen karir ini di perlukan untuk mempermudah melakukan suatu kegiatan di dalam sebuh organisasi (perusahaan) selain itu dia bisa mengasah kemampuannya sehingga mendapatkan hasil yang maksimal bagi dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  45. -review artikel
    MEnurut saya, manajemen karir dengan melihat prospek kedepan sebuah perusahaan dan selalu mengembangkan soft skill dan hard skill dibutuhkan dalam prosesnya. Untuk mencapai tujuan individual dalam karir juga dibutuhkan lingkungan kerja yang kondusif, lebih baik bekerja dengan nyaman dari pada bekerja dengan lingkungan yang kurang kondusif yang mengakibatkan stress yang menghambat dalam jenjang karir dalam perusaaan.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  46. Angga Artha S - 44217010064

    Artikel yang sangat jelas. Managemen karir yang di dalamnya ada proses perencanaan karir untuk tingkat yang lebih baik. Tanpa adanya managemen karir tersebut, proses untuk meningkatkan kualitas hidup dibidang karir / bisnis pun hanya terbilang biasa saja.

    ReplyDelete
  47. Dengan adanya manajemen karir seorang pekerja akan tumbuh dan berkembang, tidak hanya secara mental intelektual, akan tetapi juga dalam arti profesional. Selain itu manajemen karir membuat pekerja memiliki tujuan dan sasaran yang jelas untu kesuksesan karirnya dimasa depan.

    ReplyDelete
  48. Nunung Arifah - 434217110020

    Dengan adanya manajemen karir seorang pekerja akan tumbuh dan berkembang, tidak hanya secara mental intelektual, akan tetapi juga dalam arti profesional. Selain itu manajemen karir membuat pekerja memiliki tujuan dan sasaran yang jelas untu kesuksesan karirnya dimasa depan.

    ReplyDelete
  49. Abdulah Dwi Sayogi (41616110060)

    review : sangat menarik manajemen karir sangat penting untuk menata apasaja yang harus di lakukan dalam berkarir.

    ReplyDelete
  50. Nur Vira Audina - 43217110041

    Dengan adanya manajemen karir karyawan dapat merencanakan tujuan yang jelas untuk karirnya sendiri.

    ReplyDelete
  51. Novi Dwi Lestari - 41117110089

    Jenjang karir yang jelas dalam suatu perusahaan berperan penting dalam peningkatan kinerja seseorang menjadikan karyawan semangat untuk mendapatkan kenaikan tingkat/posisi.

    ReplyDelete
  52. Erika Aulia - 43217110115

    Artikel yang cukup menarik bagi saya. Kebijakan manajemen karier yang diterapkan oleh setiap perusahaan untuk setiap pegawainya, pada dasarnya merupakan suatu keharusan untuk beradaptasi dengan globalisasi perekonomian yang makin dinamis.

    ReplyDelete
  53. Virna Cynthia Putri - 41616110025

    Artikel ini sangat bermanfaat dan kita mengetahui adanya perkembangan karir membuat karyawan menjadi termotivasi untuk bekerja lebih baik demi kemajuan pribadi dan perusahaan. Perbaikannya adalah tata penulisan artikelnya yang masih belum rapih.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  54. Nanda- 41616110050

    Artikel ini memuat proses atau tahapan dari suatu manajemen karir seorang karyawan di suatu perusahaan dan saya rasa itu bagus .

    ReplyDelete
  55. Menurut saya dalam melangsungkan jenjang karir dibutuhkan nya segala usaha, tekat yang kuat. Pada artikel ini mengajarkan bagaimana manajemen karir berlangsung dengan baik untuk kehidupan masa depan.

    ReplyDelete
  56. ardian adi saputro / 41216110055

    Menurut saya dalam memulai akris harus didasari keinginan yang kuat dan percaya bahwa tidak akan sia-sia jika berusaha dengan benar.

    ReplyDelete
  57. Sita Amaliasari 43116120056
    Menurut saya manajemen karir itu penting bagi individu mauoun sebuah organisasi. Contohnya memberikan pentunjuk tentang siapa diantara para pekerja yang wajar dan pantas untuk dipromosikan di masa depan dan dengan demikian suplai intenal melalui karyawan dari dalam perusahaan dapat lebih tejamun.
    Dan bagi individu mendorong para pekerja untuk bertumbuh dan berkembang, tidak hanya secara mental intelektual, akan tetapi juga dalam arti profesional.jadi para pekerja lebih terarah akan masa depannya atau tujuan mau di bawa kemana nya dari karir itu sendiri

    ReplyDelete
  58. Sita Amaliasari 43116120056
    Menurut saya manajemen karir itu penting bagi individu mauoun sebuah organisasi. Contohnya memberikan pentunjuk tentang siapa diantara para pekerja yang wajar dan pantas untuk dipromosikan di masa depan dan dengan demikian suplai intenal melalui karyawan dari dalam perusahaan dapat lebih tejamun.
    Dan bagi individu mendorong para pekerja untuk bertumbuh dan berkembang, tidak hanya secara mental intelektual, akan tetapi juga dalam arti profesional.jadi para pekerja lebih terarah akan masa depannya atau tujuan mau di bawa kemana nya dari karir itu sendiri

    ReplyDelete
  59. Lina Agustina 44314110124
    Artikel Manajemen Karir ini merupakan proses untuk membuat karyawan dapat memahami dan mengembangkan dengan lebih baik keahlian dan minat karir mereka dan untuk memanfaatkan keahlian da minat ini dengan cara yang paling efektif.Manajemen karir individu sebagai manajemen karir yang dilakukan secara individu dengan tujuan menetapkan perencanaan da perkembangan karirnya selanjutnya.

    ReplyDelete
  60. BAYU CAHYO SAPUTRO / 41216110109
    Menurut saya, manajemen karir memang melibatkan semua pihak termasuk pegawai yang bersangkutan dengan unit tempat si pegawai bekerja, dan organisasi secara keseluruhan.Dengan adanya manajemen karir karyawan dapat merencanakan tujuan yang jelas untuk karirnya sendiri.

    ReplyDelete
  61. The, Eka Yuliarto / 41616110006
    Manajemen karir dapat menjadikan diri seorang manusia dapat terpacu untuk meraih kesuksesan atau keberhasilan yang lebih..

    ReplyDelete
  62. Ariski nugroho / 41615120036
    Saya sangat setuju dengan pernyataan manajemen karir adalah proses untuk membuat karyawan dapat memahami dan mengembangkan dengan lebih baik keahlian dan minat karir mereka dan untuk memanfaatkan keahlian da minat ini dengan cara yang paling efektif.Manajemen karir individu sebagai manajemen karir yang dilakukan secara individu dengan tujuan menetapkan perencanaan da perkembangan karirnya selanjutnya bila manajemen karir tidak dilakukan dari awal maka seseorang tidak akan berkembang dalam karirnya

    ReplyDelete
  63. Agus Rahman / 41615120068
    Saya sangat setuju dengan pernyataan bahwa manajemen karir adalah salah satu cara yang efektif dalam meningkatkan karir seseorang didalam perusahaan tersebut

    ReplyDelete
  64. Priyo Dwi Wijaksono/41615120035
    Proses dimana organisasi untuk menyesuaikan minat, karir individual, dan kemampuan organisasi dalam merekrut karyawan. Manajemen karir melibatkan kegiatan lain yang saling berhubungan, antara lain perencanaan karir, pengebangan karir dan konseling karir, serta pengambilan keputusan karir.

    ReplyDelete
  65. Irfan Nasir Alamien. 41216110051

    Ya menejemen karir sangat penting, untuk memupuk merintis sebuah ide bisnis, tetutama untuk bisnis pemula, sebagi modal awal untuk terbentuknya bisnis yang baik.

    ReplyDelete
  66. Dwi Prastika - 43117110345

    Berdasarkan artikel di atas, memiliki manajemen karir sangatlah penting karena kesejahteraan yang diukur dengan kemapanan hidup sejalan dengan jenjang karir yang dapat diraih dan mapu dikelola dengan baik.

    Manajemen karir bukan hanya berlaku untuk para karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan, melainkan berlaku juga untuk para pebisnis.

    Misal di awal membangun bisnis, seorang pengusaha yang merintis bisnisnya dari nol. Dia akan bekerja sebagai atasan juga bawahan. Karena menangani atau mengawasi langsung mulai dari pemilihan ide, implementasi ide sampai pada penjualan dan pencatatan administrasinya.

    Dengan semakin berkembangnya bisnis tersebut, maka dia akan membutuhkan tenaga ahli yang bisa membantunya mengelola bisnis. Dari sinilah jenjang karir seorang pebisnis mulai naik tingkat.

    ReplyDelete
  67. Management karir sangat penting. Mempermudah perencanaan dalam melakukan wirausaha

    ReplyDelete
  68. Selamat malam pak Atep..
    Saya setuju dengan bacaan di atas, karena dalam hidup penting sekali kita memahami apa itu manajemen karir. Agar kita tahu langkah apa yang akan kita lakukan di kehidupan mendatang. Karena Manajemen karir adalah proses di mana organisasi mencoba untuk menyesuaikan minat, karir individual, dan kemampuan organisasi dalam merekrut karyawan. Proses tersebut melibatkankegiatan lain yang saling berhubungan, antara lain perencanaan karir, pengembangan dan konseling karir, serta pengambilan keputusan karir.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  69. setuju dengan perlunya Development of Career Goal
    dalam proses berkarir,yakni mempengaruhi perilaku melalui direct attentions, stimulating effort, serta facilitating the development strategies (Loke dan Lartham) kemampuan dan keahlian lewat pengalaman kerja. Jadi kemajuan karir diperoleh dalam pengabdian

    ReplyDelete
  70. May Suci KND - 41117110057

    artikel baak sangat membantu
    saya setuju dengan bapak.
    Perkembangan karir sangat penting bagi kelangsungan hidup seseorang sesuai dengan tujuannya. Semakin baik karirnya akan semakin baik pula kehidupan seseorang apabila mampu mengelolanya dengan baik.Adanya perkembangan karir membuat karyawan menjadi termotivasi untuk bekerja lebih baik demi kemajuan pribadi dan perusahaan

    ReplyDelete