Wednesday, January 11, 2017

Hubungan Agen Perubahan dengan Manajemen Talenta



Dalam setiap perusahaan, manusia merupakan sumber daya yang paling penting. Perusahaan harus selalu mampu mempertahankan SDM terbaik dan tercerdas yang mereka miliki, yang memiliki kemampuan untuk selalu bekerja keras, mengembangkan keahliannya, dan mampu bersaing dalam kemajuan teknologi yang semakin pesat.
Setiap organisasi yang baik selalu mengevaluasi nilai dari setiap investasi yang mereka lakukan, termasuk investasi sumber daya manusia lewat manajemen talenta. Pertanyaannya bukan pada apakah perusahaan harus menerapkan metrik tertentu untuk mengukur dampak dari investasi yang mereka lakukan terhadap performa mereka, tetapi lebih pada memilih metrik yang mana yang akan menguntungkan perusahaan.
Salah satu tantangan terberat yang dihadapi perusahaan di seluruh dunia adalah membangun dan mempertahankan sumber aliran bakat atau talenta. Perusahaan harus merekrut, melatih, mengelola kinerja mereka, memberikan kompensasi dan penghargaan, serta mempertahankan talenta yang paling baik. Belum ada suatu solusi yang pas untuk tantangan ini. Terlebih lagi, penelitian mengenai manajemen talenta yang masih sangat terbatas sehingga pertanyaan mengenai strategi yang tepat dan dampak yang mungkin terjadi dalam performa perusahaan juga belum terjawab (Lawler, 2008). Oleh karena itu, kebanyakan perusahaan masih menggunakan penilaian yang bersifat subyektif dalam mengukur efektifitas strategi HR yang mereka terapkan (Becker, Huselid, dan Ulrich, 2001)

A.    Pengertian, Pandangan dan Faktor Manajemen Talenta
Manajemen talenta (atau manajemen suksesi) adalah proses analisis , pengembangkan, dan pemanfaatan talenta yang berkelanjutan dan efektif untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Hal ini melibatkan proses tertentu yang membandingkan talenta saat ini di suatu departemen dengan kebutuhan strategi bisnisnya. Hasil ini mengarah pada pengembangan dan implementasi strategi yang sesuai untuk mengatasi kesenjangan atau surplus talenta.
Terdapat tiga pandangan mengenai manajemen talenta (Collongs dan Mellahi, 2009; Lewis dan Heckman, 2006; dan Silzer dan Dowell, 2010). Pandangan pertama menekankan pada human capital. Pandangan kedua melihat manajemen talenta sebagai  sebuah proses dimana karyawan melakukan antisipasi dan memenuhi kebutuhan mereka akan human capital. Pandangan ketiga melihat manajemen talent sebagai instrument untuk mencapai outcome ekonomi.
Faktor yang mempengaruhi manajemen talenta:
(a) strategi mempertahankan SDM
(b) strategi pemilihan SDM
(c) strategis pelatihan
(d) keberadaan SDM dalam organisasi
(e) keinginan SDM untuk tetap bekerja di organisasi
(f) penerimaan kinerja organisasi.

B.     Manfaat Sistem Manajemen Talenta Bagi Perusahaan :
a)      Meningkatkan penerimaan kepada pemegang saham (return on investment) dan kapitalisasi pasar
b)      Meningkatkan kepuasan pelanggan
c)      Meningkatkan penerimaan dan profitabilitas
d)     Meningkatkan efisiensi biaya melalui reduksi pemborosan terus-menerus
e)      Meningkatkan kualitas, produktivitas dan kapabilitas
f)       Menurunkan waktu siklus (cycle time)
g)      Mengaitkan usaha-usaha individual dengan sasaran bisnis
h)      Meningkatkan komitmen terhadap karyawan bernilai tinggi
i)        Menurunkan tingkat keluar-masuk karyawan (employees turnover ratio)
j)        Memadankan pekerjaan dan keterampilan karyawan
k)      Mengidentifikasi dan menangani : pengembangan karir pegawai, keanekaragaman

Manfaat Sistem Manajemen Talenta Bagi Karyawan:
a)      Meningkatkan motivasi dan komitmen; mengembangkan dan mengkomunikasikan jalur karir.
b)      Meningkatkan pengetahuan tentang kontribusi kepada sasaran perusahaan
c)      Meningkatkan kepuasan kerja, dll.

C.    Peran Mitra Keterkaitan Peran Agen Perubahan Terhadap Manajemen Talenta
Peran agen perubahan merancang dan mengelola kapasitas perubahan dan perubahan budaya (Ulrich, 1997). Ada lima hal yang menantang organisasi dalam perubahan yaitu:
(1) globalisasi
(2) profitabilitas melalui pertumbuhan
(3) teknologi
(4) modal intelektual
(5) berubah, berubah dan terus berubah
Sebelum perubahan budaya dalam organisasi bisa efektif, seharusnya lakukan perencanaan perubahan terlebih dahulu.  Pertama dimulai dengan self-learning dan self-knowledge sebagai wujud peran agen perubahan untuk mengimplementasikan konsep personal balance scorecard (PBSC) dan organizational balance scorecard  (OBSC), sehingga perubahan yang direncanakan akan bisa terlaksana dengan baik. Integrasi tersebut dipaparkan lewat PBSC dan OBSC dalam proses pengembangan kompetensi dan akhirnya akan menghasilkan efektifitas manajemen talenta. (Elissa, Tina and Nidhi, 2005; Anonymous, 2007; Edward, 2005; Cheryl, 2005; Anonymous, 2005; Ulrich, 1997).
Strategi manajemen talenta pada perusahaan seharusnya disesuaikan dengan visi, tujuan, dan strategi perusahaan, agar SDM perusahaan dapat secara dinamis pula menyesuaikan strategi bersaing menghadapi perubahan lingkungan bisnis. (Carol, 2004; Jyotsna, 2007). Manajemen talenta dapat meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja karyawan dalam mecapai business performance yang diharapkan (Taleo, 2006; Michiel and Jan, 2005; Ian, 2007; Rakesh and Jyotsna, 2009).

D.    Kesimpulan
Pelaksanaan manajemen talenta dengan fokus yang kuat pada strategi bisnis memiliki dampak yang secara statistik tinggi dan signifikan terhadap keuntungan perusahaan. Peneliti menemukan bahwa terdapat kecenderungan untuk perusahaan dapat memiliki strategi yang fokus pada menarik dan mempertahankan karyawan yang bertalenta, menekankan pada proses belajar dan memiliki nilai terhadap pengembangan kualitas kerja dan kualifikasi.

E.     Daftar Pustaka
Rachmawati, Meida. 2014. Journal Review : Strategi Untuk Menerapkan Talent Management (Manajemen Talenta) Dalam Perusahaan. Jurnal Ilmiah Among Makarti Vol 7, No 14.
Kusumawijaya, Ida Ketut. 2011. Peran Mitra Strategis dan Agen Perubahan dalam Manajemen Talenta dan Kinerja Manajer. Jurnal Siasat Bisnis Vol 15, No 1.
http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/418-artikel-soft-competency/20196-sekilas-tentang-manajemen-talenta
http://rajapresentasi.com/2014/05/cara-menyusun-strategi-manajemen-talenta-talent-management/
http://allboutmystudy.blogspot.co.id/2015/06/manajemen-talenta.html


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.