Friday, September 9, 2016

MSDM Modal Utama Peningkatan Daya Saing

I. PENDAHULUAN

Manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah kebijakan dan praktek menentukan aspek "manusia" atau posisi manusia dalam posisi manajemen, termasuk merekrut, menyaring, melatih, memberi penghargaan dan penilaian.
Tujuan manajemen sumber daya manusia secara umum adalah untuk memastikan bahwa organisasi mampu mencapai keberhasilan melalui orang.
Sumber daya manusia merupakan modal dan kekayaan yang terpenting dari setiap kegiatan manusia. Manusia sebagai unsur terpenting mutlak dianalisis dan dikembangkan, dan kemampuannya benar-benar dapat dimanfaatkan secara optimal bagi kepentingan organisasi maupun individu.

Lima prinsip pendekatan terhadap manajemen sumber daya manusia :
  1. Sumber daya manusia merupakan kekayaan yang paling penting yang dimiliki suatu organisasi sedangkan manajemen yang efektif adalah kunci bagi keberhasilan organisasi tersebut.
  2. Keberhasilan sangat mungkin dicapai manakala peraturan atau kebijaksanaan dan prosedur serta mekanisme kerja yang bertalian dengan manusia dan perusahaan tersebut saling berhubungan dan memberikan sumbangan terhadap pencapaian tujuan perusahaan dan pencapaian strategis.
  3. Budaya dan nilai perusahaan, suasana organisasi dan perilaku manajerial yang berasal dari kultur tersebut akan memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil pencapaian terbaik.
  4. Manajemen sumber daya manusia berhubungan secara integral yang menjadikan semua anggota organisasi terlibat untuk mencapai tujuan.
  5. Empat prinsip tersebut harus tertanam dalam diri setiap individu.

II. PEMBAHASAN

Sebagai faktor utama dalam proses pembangunan, sumber daya manusia selalu menjadi subjek dan objek pembangunan. Proses administrasi pun sangat dipengaruhi oleh manajemen sumber daya manusia.
Ada 3 macam klasifikasi sumber daya manusia sebagaimana disampaikan dalam Fathoni (2006:12) bahwa :
1.      Manusia atau orang yang mempunyai kewenangan untuk menetapkan, mengendalikan, dan mengarahkan pencapaian tujuan disebut administrator.
2.      Manusia atau orang yang mengendalikan dan memimpin usaha agar proses penacapaian tujuan yang dilaksanakan bisa tercapai sesuai dengan rencana disebut manajer.
3.      Manusia atau orang yang memenuhi syarat tertentu, diangkat langsung melaksanakan pekerjaan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing atau jabatan yang dipegangnya disebut karyawan.

Pada dasarnya tantangan bagi manajemen sumber daya manusia tercermin pada pentingnya perencanaan dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis :
·        Tantangan eksternal
Tantangan eksternal meliputi berbagai hal yang pertumbuhan dan perkembangannya berada di luar kemampuan organisasi untuk mengendalikannya, akan tetapi harus diperhitungkan karena pertumbuhan dan perkembangan tersebut pasti berpengaruh baik secara positif maupun negatif terhadap organisasi. Tantangan eksternal terdiri dari aspek ekonomi, aspek sosial, aspek politik, aspek perundang-undangan, dan aspek teknologi.
·        Tantangan Internal
Tantangan internal meliputi kondisi dan situasi di dalam organisasi yang dapat menghambat penyelenggaraan semua fungsi organisasi dalam hal kemampuan meningkatkan efisiensi, efektivitas dan produktivitas yang tinggi dan dapat mengganggu keberadaan organisasi. Untuk mengatasi hal-hal tersebut maka perlu diketahui faktor apa saja yang merupakan tantangan internal organisasi antara lain rencana strategis, anggaran, estimasi produksi dan penjualan, usaha atau kegiatan baru, dan rancangan bangunan organisasi dan tugas pekerjaan.

III. KESIMPULAN

Manajemen sumber daya manusia sangat penting untuk memastikan keberhasilan suatu organisasi mencapai tujuannya. Hasil dari strategi MSDM dapat membentuk budaya dan nilai kerja suatu organisasi atau perusahaan. 

2 comments:

  1. @A09-Romaria

    Komentar : Secara Keseluruhan sudah baik isi materi artikelnya. Isinya singkat dan jelas. Tinggal memperbaiki beberapa hal agar artikel ini menjadi lebih baik.

    Saran :
    Perlu ditambahkan mind maping sehingga mempermudah pembaca mengerti isi artikel ini secara singkat. Artikel ini perlu ditambahkan daftar pustaka yang digunakan penulis. Kemudian pada pokok pembahasan, perlu ditambahkan pokok permasalahan yang dibahas sehingga tidak membingungkan pembaca.

    thankyou !

    ReplyDelete
  2. @A15-Like

    Sebaiknya artikel dilengkapi dengan mind map.

    ReplyDelete