Friday, September 9, 2016

Peranan MSDM dalam dunia Kerja



Manajemen sumber daya manusia atau yang sering disingkat dengan MSDM sangat di perlukan dalam dunia ketenagakerjaan karena dalam dunia kerja di perlukan untuk ilmu yang beguna untuk memanage atau mengatur masalah ketenagakerjaan atau kepegawaian.
Secara individu menurut penulis pengertian Manajement sumber daya manusia dalam dunia kerja adalah ilmu dimana untuk mengatur hubungan antara suatu perusahaan dan karyawan supaya terjalin hubungan yang baik sehingga tujuan atau goal dari perusahaan akan tercapai dengan memaksimal.

1.      PENDAHULUAN.

Menurut para ahli ada beberapa macam pengertian MSDM diantaranya yaitu ;
·                     Manajemen sumber daya manusia (human resources management) adalah pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa, dan pengelolaan individu anggota organisasi atau kelompok pekerja (Henry Simamora, 1999:3).
·                     Manajemen sumber daya manusia didefinisikan sebagai suatu perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi (Anwar Prabu Mangkunegara, 2001:2)
·                     Manajemen sumber daya manusia adalah penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai titik tujuan-tujuan individu maupun organisasi (Handoko, 2000:4)
·                     Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi (Mangkunegara, 2002:2)

2.      PERANAN DAN FUNGSI

Dalam dunia ketenagakerjaan manajemen sumber daya manusia mempunyai beberapa fungsi diantaranya stuffing/ employment, performance evaluation, training and development.
a.Staffng/Employmcnt
Fungsi ini sangat fital dalam suatu perusahaan karena jika menempatkan seorang karyawan yang tidak tepat untuk melakukan pekerjaan maka akan berakibat fatal dan perusahaan akan mengalami kerugina akan hal ini. Pentingnya departemen sumber daya manusia dalam proses proses perekrutan sangat berpengaruh dalam staffing nantinya pada suatu perusahaan, departemen tersebut harus tahu betul altar belakang si pelamar. Latar belakang si pelamar akan sangat berpengaruh nantinya ketika si pelamar bekerja dalam perushaan tersebut. Background pendidikan dan pengalaman akan memepengaruhi efktifas dan effisiensi dalam bekerja.

b. Performance Evaluation

            Penilaian kinerja sumber daya manusia merupakan tanggung jawab departemen sumber daya manusia dan para manajer. Para manajer menanggung tanggung jawab utama untuk mengevaluasi bawahannya dan departemen sumber daya manusia bertanggung jawab untuk mengembangkan bentuk 
penilaian kinerjayang efektif dan memastikan bahwa penilaian kinerja tersebut dilakukan oleh seluruh bagian perusahaan. Departemen sumber daya rnanusia juga perlu melakukan pelatihan terhadap para manajer tentang bagaimana membuat standar kinerja yang baik dan membuat penilaian kinerja yang akurat.

C. Training and Development

Departemen sumber daya manusia bertanggung jawab untuk membantu para manajer menjadi pelatih dan penasehat yang baik bagi bawahannya, menciptakan program pelatihan dan pengembangan yang efektif baik bagi karyawan baru (orientasi) maupun yang sudah ada (pengembangan keterampilan), terlibat dalam program pelatihan kerja dan pengembangan tersebut, memperkirakan kebutuhan perusahaan akan program pelatihan dan pengembangan, serta mengevaluasi efektifitas progam pelatihan dan pengembangan. Tanggung jawab departemen sumber daya manusia dalam hal ini juga menyangkut masalah pemutusan hubungan kerja Tanggung jawab ini membantu restrukturisasi perusahaan dan memberikan solusi terhadap konflik yang terjadi dalam perusahaan.

3.      PEMBAHASAN

Dalam kenyatanya meskipun departemen sumber daya manusia telam menempatkan seorang pekerja dengan background dan pengalaman yang mumpuni, namun tidak semuanya mereka bisa bekerja secara efektif dan efisien. Faktor tersebut dikarenakan bukan hanya background pendidikan dan pengalaman yang kurang mumpuni namun perbedaan tujuan antara si pekerja dengan sebuah perusahaan kadang tidak lah sepaham di karenakan komunikasi yang kurang. Pentingnya komunikasi dalam penyampaian tujuan perusahaan kepada pekerja sangatlah penting dimana dengan kominkasi yang efektif dan jelas akan sangat berpengaruh terhdapa performance pekerja. Kurangnya pengarahan dan training yang di berikan kepada pekerja baru yang masuk dalam perusahaan akan berpengaruh juga dalam prforma si pekerja, jika si pekerja tidak mendapat training yang cukup untuk pekerjaan yang ia handle maka tentunya akan mengakibatkan tidak tercapainya goal suatu perusahaan.

Untuk mengatasi permasalahan – permasalahan tersebut diantaranya departemen sumber daya selaku yang bertugas untuk merekrut pegawai baru harus tahu betul background dan latar belakang si pelamar atau si calon pekerja. Dengan mengetahui latar balakang dan background si pelamar akan sangat mempermudah apakah si pelamr cocok untuk posisi yang sedang di butuhkan. Pengarahan dan training untuk si pekerja baru sangat berpengaruh dalam tercapainya goal perusahaan. Pengarahan dan training di awal pekerja ketika memulai kerja akan membuat para pekrja paham goal apa yang perusahaan inginkan. Dengan memberikan training yang sesuai dengan yang akan pekerja lakukan akan membuat pekerja bekerja secara maksimal, efektif dan efisien sehingga gaol perushaan akan tercapai.

KESIMPULAN.

Pentingnya manajemen sumber daya manusia dalam lingkungan kerja sangat berpengaruh terhadap goal yang akan di capai oleh suatu perusahaan, dengan manajemen yang terorganisir dengan baik dan tertata amakan akan menghasilkan lingkungan kerja yang kondusif sehingga membuat para pekerja bekerja secara efektif, efisien dan maksimal.




DAFTAR PUSTAKA / REFRENSI



 Tugas P01







No comments:

Post a Comment