Friday, September 16, 2016

Sumber Rekrutmen Secara Internal Pada PT AEP

1.      PENDAHULUAN
      Sumber daya manusia adalah salah satu yang paling berpengaruh dalam kemajuan suatu perusahaan. Tanpa sumber daya manusia yang berbobot mustahil perusahaan bisa berkembang dengan baik didalam persaingan bisnis yang sangat ketat seperti saat ini. Maka dari itu perusahaan wajib merekrut orang-orang yang memiliki kualitas terbaik.

Pengertian Rekrutmen

Hal pertama yang harus dilakukan perusahaan untuk memiliki sumber daya manusia yang berbobot adalah merekrut dan menyeleksi orang-orang yang berkualitas terbaik. Rekrutmen menjadi salah satu gerbang utama untuk bergabung kedalam suatu perusahaan atau organisasi. Handoko (2008) menjelaskan bahwa rekrutmen merupakan proses pencarian dan pemikatan para calon karyawan (pelamar) yang mampu untuk melamar sebagai karyawan. Sementara menurut Hasibuan (2008) menyatakan bahwa rekrutmen merupakan usaha mencari dan mempengaruhi tenaga kerja, agar mau melamar lowongan pekerjaan yang ada dalam suatu organisasi.
- Tujuan Rekrutmen

Rekrutmen adalah cara mendapatkan karyawan yang terbaik, yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dari proses rekrutmen juga bisa diketahui bakat-bakat yang dimiliki calon-calon karyawan atau pelamar, sehingga memudahkan untuk memposisikan ke divisi-divisi perusahaan sesuai dengan kemampuan calon-calon karyawan tersebut dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Seperti yang disebutkan oleh Simamora (2004), tujuan rekrutmen adalah sebagai berikut :
a.    Untuk memikat sekumpulan besar pelamar kerja sehingga organisasi akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk melakukan pemilihan terhadap calon-calon pekerja yang dianggap memenuhi standar kualifikasi organisasi.
b.    Tujuan pasca pengangkatan (post-hiring goals) adalah penghasilan karyawan-karyawan  yang merupakan pelaksana-pelaksana yang baik dan akan tetap bersama dengan perusahaan sampai jangka waktu yang masuk akal.
c.    Upaya-upaya perekrutan hendaknya mempunyai efek luberan (spillover effects) yakni citra umum organisasi haruslah menanjak, dan bahkan pelamar-pelamar yang gagal haruslah mempunyai kesan-kesan positif terhadap perusahaan

- Sumber rekrutmen
a. Sumber Internal 
Sumber internal menurut Hasibuan (2008) adalah karyawan yang akan mengisi lowongan kerja yang diambil dari dalam perusahaan tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan mutasi atau memindahkan karyawan yang memenuhi spesifikasi jabatan atau pekerjaan tersebut. Pemindahan karyawan bersifat vertikal (promosi atau demosi) maupun bersifat horizontal. Jika masih ada karyawan yang dapat memenuhi spesifikasi pekerjaan, sebaiknya perusahaan mengambil dari dalam perusahaan khususnya untuk jabatan manajerial. Hal ini sangat penting untuk memberikan kesempatan promosi bagi karyawan yang ada. Adapun metode internal antara lain melalui :
a.       Papan pengumuman dikantor.
b.      Internet (email kantor).
c.       Rapat perusahaan.

b. Sumber Eksternal
            Menurut Hasibuan (2008), sumber eksternal adalah karyawan yang akan mengisi jabatan yang lowong yang dilakukan perusahaan dari sumber-sumber yang berasal dari luar perusahaan. Metode  ekternal berasal dari :
a.       Iklan dimedia cetak.
b.      Masuk dalam situs pencarian pekerjaan.
c.       Referensi dari kerabat.


2. PEMBAHAN
- Penerapan Rekrutmen di PT AEP
            Setiap perusahaan memiliki cara tersendiri untuk menentukan pilihan sumber rekrutmen, ada perusahaan yang memilih untuk bersumber dari internal dan ada pula yang memilih melalui eksternal. Pilihan tersebut sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Sama halnya dengan PT AEP, perusahaan agency tersebut memilih dari internal untuk mengisi posisi-posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Misalnya dibutuhan seorang Creative Director, maka akan dicari dan dipilih dari posisi Associate Creative Director dari perusahaan tersebut dengan beberapa seleksi dan pertimbangan. Jika pada posisi Associate Creative Director menjadi Creative Director masih dalam latar belakang dan divisi yang sama, perusahaan inipun memberlakukan perekrutan untuk karyawan yang berbeda latar belakangnya. Seperti awalnya berada pada posisi Procurement yang termasuk divisi finance bisa menjadi Traffic yang masuk kedalam divisi creative, dengan manajemen mempertimbangkan orang tersebut mampu dan ada kesepakatan perusahaan dengan karyawan tersebut.

-  Kelebihan dan Kekurangan dari Sumber Rekrutmen Internal di PT AEP
            Terdapat kelebihan dan kekurangan dalam rekrutmen secara internal, kelebihan dan kekurangan yang terjadi di PT AEP antara lain sebagai berikut :
A. Kelebihan
a.       Tenaga kerja yang direkrut sudah mengetahui bagaimana organisasi tersebut berjalan, sedikit banyak mengetahui cara kerja dalam organisasi barunya.
b.      Selain tenaga kerja tersebut sudah memahami organisasi didalam perusahaan dengan baik, sebaliknya perusahaan pun sudah mengetahui karakter tenaga kerjanya. Bagaimana kinerja, kebiasaan-kebiasaan dikantor dan lain-lain.
c.       Karena sudah saling mengetahui maka tidak ada proses adaptasi yang lama, tujuan akan lebih cepat tercapai.
d.      Karyawan akan lebih semangat berkreasi, mendorong motivasi dan  loyal terhadap perusahaan karena melihatnya ada peluang kenaikan karir.

B. Kekurangan
a.       Tenaga kerja didalam perusahaan terbatas dan ruang lingkup sempit.
b.      Pola pikir sulit berkembang karena tidak adanya orang baru maka jarang munculnya ide-ide baru.

3. KESIMPULAN
      Diantara pilihan sumber rekrutmen internal dan eksternal, yang lebih banyak dipilih oleh perusahaan adalah sumber rekrutmen internal. Karena kebanyakan karyawan yang direkrut secara eksternal menunjukan ketidakberhasilan, PT AEP menerapkan merekrut karyawannya secara internal. Selain karena merekrut karyawan secara eksternal cenderung lebih sulit berhasil, PT AEP  juga melihat lebih banyak kelebihan dari pada kekurangan dalam merekrut karyawannya secara internal.



DAFTAR PUSTAKA

Hani, Handoko T. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hasibuan, M. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia: Dasar dan Kunci Keberhasilan, Edisi     Revisi Cetakan Ke-1, Jakarta (ID): PT Bumi Aksara.
Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, Cetakan Ke-1.             Yogyakarta: STIE YKPN.








1 comment:

  1. @A18-NOVENA KARINA PUTRI
    Untuk Daftar pustaka masih kurang banyak refrensnya dan tidak ada jurnal .

    ReplyDelete