Saturday, September 12, 2015

Manajemen Talenta

Manusia memiliki kemampuan yang luar biasa sehingga menjadi sumberdaya organisasi yang paling utama. Dengan demikian kinerja organisasi sangat tergantung pada kinerja para anggotanya, dengan kata lain tergantung pada talenta sumberdaya manusianya (SDM). Menurut Afiff (2013), saat ini manajemen talenta (talent management)  telah menjadi salah satu isu yang paling penting dalam pelatihan dan manajemen SDM (Human Resources Management) suatu  organisasi. Setiap organisasi dituntut untuk tumbuh dan berkembang, termasuk memenangkan persaingan baik di tingkat lokal, nasional atau global. Dengan demikian pencarian, penempatan dan pengembangan SDM bertalenta menjadi penting. 

Selanjutnya silahkan buka Modul 12 Manajemen Talenta, baca dengan teliti dan simak dengan baik, berikan komentar Anda di kolom yang ada di bawah ini (sertakan nama dan kode tugas):

Lihat tayangan https://youtu.be/e0ma7aLODFc

24 comments:

  1. Manajemen talenta adalah serangkaian proses SDM organisasi terpadu yang dirancang untuk mengembangkan, memotivasi, dan mempertahankan produktif, terhadap karyawan yang terlibat. Tujuan dari manajemen bakat adalah untuk menciptakan kinerja tinggi, organisasi berkelanjutan yang memenuhi tujuannya strategis dan operasional dan tujuan

    Manajemen talenta adalah nama untuk sebuah program sumber daya manusia yang berlaku dari sekedar menghitung jam dan mengurus aspek hukum ketenagakerjaan. Sebaliknya, manajemen bakat berlaku untuk strategi perekrutan dan retensi, kompensasi dan penilaian dan ulasan. Dalam beberapa kasus, manajemen talenta adalah sebuah proses ditangani melalui beberapa departemen. Dalam kasus lain, mungkin hanya ditangani oleh sumber daya manusia.

    Tanggung jawab pertama manajemen talenta adalah untuk menarik dan mempertahankan karyawan yang memenuhi syarat. Tanpa fungsi utama ini, perusahaan tidak dapat mencapai potensi penuh.

    Manajemen talenta juga berarti telah menggaris-bawahi program bagi mereka yang akan beralih ke posisi baru, seperti halnya dengan promosi. Ini sering merupakan waktu yang sangat stabil untuk karyawan, yang bergerak dari posisi mereka yang mana mereka tahu bahwa posisinya tidak begitu nyaman baginya, dan dapat menyebabkan kurangnya produktivitas.

    Manajemen talenta dalam konteks ini tidak mengacu pada pengelolaan entertainer. Perusahaan terlibat dalam strategi manajemen talenta mengalihkan tanggung jawab karyawan dari departemen sumber daya manusia untuk semua manajer di seluruh organisasi

    ReplyDelete
  2. A07-ahmad
    Manajemen talenta telah diidentifikasi sebagai strategi kunci untuk mengatasi sejumlah masalah sumber daya yang sangat penting dalam pelayanan umum pada perusahaan, departemen, organisasi seperti; penuaan tenaga kerja dan tingkat pensiun yang meningkat, pasar tenaga kerja yang ketat, daya saing yang terbatas, organisasi harus memanfaatkan secara efisien semua sumber dayanya – pegawai bertalenta , material, teknik dan teknologi , modal serta metode. Bidang yang diberikan penekanana paling penting adalah sumber daya manusia bertalenta. Salah satu kemungkinan instrumen manajemen sumber daya manusia yang sukses adalah sistem manajemen talenta. Hal ini menyangkut aplikasi yang cermat terhadap prinsip-prinsip terbaik dan pendekatan yang telah terbukti dalam praktek, terutama dalam hal rekrutmen dan seleksi orang bertalenta, pengembangan, penempatan dan retensi,juga langkah yang ada dalam Roadmap untuk Manajemen Talenta yang efektif. Dalam pengembangan perlu dilakukan metode-metode seperti: counceling, mentoring, program pengembangan kepemimpinan, program pembelajaran aksi, program pelatihan, pengalaman rotasi, Strategic forum, Rapat Pemecahan Masalah dll.

    ReplyDelete
  3. Seperti artikel yang saya lampirkan, peperangan di dunia industri seringkali kita lihat adalah perang teknologinya, atau perang dalam sisi proses produksinya. Namun kita lupa bahwa semua itu tidak dapat ada tanpa adanya manusia. Sehingga dewasa ini, perusahaan sudah mulai melihat pentingnya semua karyawannya memiliki talenta dengan diadakannya pelatihan dan pengembangan. Selain itu dalam proses perekrutan awal pun, talenta menjadi poin penting yang harus dimiliki oleh semua pelamar untuk layak masuk dalam dunia kerja.

    ReplyDelete
  4. Dalam kondisi tekanan pertumbuhan globalisasi dan persaingan di lingkungan bisnis dan organisasi saat ini, sumber daya manusia/karyawan yang bertalenta tampak menjadi keunggulan kompetitif utama dan menjadi aspek penting bagi organisasi. Bisnis dan organisasi yang ingin bertahan hidup dan tumbuh, dan menyalip pesaing yang ada perlu meningkatkan nilai tambah karyawan bertalenta dalam menumbuhkan kompetisi. Untuk menerapkan keunggulan kompetitifnya, bisnis dan organisasi harus menarik, mengembangkan dan mempertahankan karyawan bertalenta tersebut.

    ReplyDelete
  5. Dalam kondisi tekanan pertumbuhan globalisasi dan persaingan di lingkungan bisnis dan organisasi saat ini, sumber daya manusia/karyawan yang bertalenta tampak menjadi keunggulan kompetitif utama dan menjadi aspek penting bagi organisasi. Bisnis dan organisasi yang ingin bertahan hidup dan tumbuh, dan menyalip pesaing yang ada perlu meningkatkan nilai tambah karyawan bertalenta dalam menumbuhkan kompetisi. Untuk menerapkan keunggulan kompetitifnya, bisnis dan organisasi harus menarik, mengembangkan dan mempertahankan karyawan bertalenta tersebut

    ReplyDelete
  6. A14-Syahli

    Manajemen talenta merupakan sistem strategis yang terstruktur dan terencana dengan terpadu dari proses rekrutmen sampai mengembangkan karyawan yang bertalenta.

    Keuntungan manajemen talenta untuk perusahaan adalah :
    1. Meningkatkan Produktivitas
    2. Meningkatkan kapabilitas
    3. Komitmen dari karyawan yang memiliki nilai
    4. Mengurangi Turnover
    5. Meningkatnya karyawan cadangan/Pengganti

    ReplyDelete
  7. a25-Tri

    Tanggung jawab pertama manajemen talenta adalah untuk menarik dan mempertahankan karyawan yang memenuhi syarat. Tanpa fungsi utama ini, perusahaan tidak dapat mencapai potensi penuh.

    Manajemen talenta juga berarti telah menggaris-bawahi program bagi mereka yang akan beralih ke posisi baru, seperti halnya dengan promosi. Ini sering merupakan waktu yang sangat stabil untuk karyawan, yang bergerak dari posisi mereka yang mana mereka tahu bahwa posisinya tidak begitu nyaman baginya, dan dapat menyebabkan kurangnya produktivitas.

    ReplyDelete
  8. Dalam perkembangan globalisasi dunia, setiap perusahaan tentunya berupaya agar perusahaan tersebut semakin meningkat dan besar, hal itu membutuhkan dukungan dan kinerja yang baik dari semua karyawan, oleh karena itu dalam proses rekrutmen perusahaan harus mencari bibit yang bertalenta dan memang bisa dikembangkan talenta nya, selain itu proses pengembangan karyawan untuk membuat karyawan tersebut semakin meningkat kinerja nya juga harus dipikirkan dan diatur dengan baik, karena bisa saja sebenarnya karyawan tersebut bertalenta namun, karena penanganan dari perusahaan terhadap pengembangan manajemen karyawan belum baik, perusahaan tersebut akan kehilangan karyawan yang bertalenta

    ReplyDelete
  9. a23 - Samsa

    Manajemen talenta diperlukan untuk melihat potensi-potensi karyawan sehingga penempatan posisi karyawan pada suatu departemen bekerja secara optimal.
    Ilmu ini haruslah sangat didukung oleh manajemen HRD dan atasan bagian masing-masing.

    ReplyDelete
  10. A18-Raditya

    o Manajemen talenta sangat penting bagi perusahaan yang memposisikan karyawannya sebagai asset perusahaan. Karyawan berusaha bekerja untuk atasan terbaik sedangkan organisasi berusaha untuk menjadi perusahaan terbaik untuk tempat bekerja. Untuk mewujudkan tujuan ini, penting memperoleh, memotivasi, terlibat dan mengembangkan talenta terbaik.
    o Orang ingin bekerja untuk perusahaan yang membayar kompensasi yang adil, hidup dan kerja dengan dukungan program keseimbangan, memberikan kesempatan untuk belajar dan tumbuh, memberi mereka perasaan afiliasi dengan perusahaan dan menawarkan mereka pekerjaan yang berarti.
    o Seperti ditunjukkan dalam kompensasi kasus praktis, kurangnya pengakuan serta area kerja yg tidak disukai dan keseimbangan kehidupan yang negatif, akan menentukan apakah seseorang akan tinggal atau meninggalkan perusahaan. Selain itu, fungsi SDM yg sibuk dengan mengelola proses standar, daripada berfokus pada menjadi mitra bisnis strategis, menawarkan nasihat kredibel, dan mendukung fungsi bisnis lainnya.
    o Alstom mencoba untuk melawan retensi talenta dengan solusi individu, bagaimanapun, karena mereka belum berhubungan erat, dikomunikasikan dan cukup dibebankan masih ada ruang untuk perbaikan. Perhatian manajer tetap fokus dalam pelaksanaan serangkaian proses dan alat untuk mempertahankan orang-orang, daripada berkonsentrasi pada orang-orang dan kebutuhan riil mereka.
    o Dalam Prakteknya terbukti bahwa para profesional melihat aspek yang berbeda dari praktek MT dan tidak adanya pertentangan tetapi juga tidak ada kaitan langsung dengan DM.
    o DM pada manajemen puncak mampu menjadi sarana komunikasi dan koordinasi yang setara tanpa terjebak ras dan budaya individu yang berbeda tetapi tidak terbukti mampu menjadi solusi bagi dampak negative dan retensi dari TM.

    ReplyDelete
  11. A19-Sri

    Proses manajemen talenta secara garis besar dibagi menjadi tiga tahapan proses, yang pertama adalah melakukan pengembangan pada proses penerimaan karyawan yang ingin masuk ke perusahaan dengan hanya memilih calon karyawan yang memiliki potensi dan dedikasi tinggi terhadap perusahaan.
    Yang kedua adalah pengembangan dan pemeliharaan aset-aset karyawan yang sudah dimiliki.
    Yang terakhir adalah menarik sebanyak mungkin kemampuan, kompetensi, dan dedikasi setiap karyawan agar bisa menyumbangkan hasil kerja terbaik mereka untuk kemajuan perusahaan.

    ReplyDelete
  12. Manajemen talenta sangat dibutuhkan karyawan karena untuk pengembangan perusahaan dan untuk regenerasi karyawan.
    Dengan begitu karyawan akan mendapat profit dari karyawan tersebut karena prestasi kerjanya

    ReplyDelete
  13. Pandangan saya manajemen talenta itu sangat penting, karena seorang pegawai memiliki kelebihan masing-masing dimana pekerjaannya sesuai dengan minat dan kemahirannya.

    ReplyDelete
  14. Pandangan saya manajemen talenta itu sangat penting, karena seorang pegawai memiliki kelebihan masing-masing dimana pekerjaannya sesuai dengan minat dan kemahirannya.

    ReplyDelete
  15. Manajemen talenta adalah serangkaian proses SDM organisasi terpadu yang dirancang untuk mengembangkan, memotivasi, dan mempertahankan produktif, terhadap karyawan yang terlibat. Tujuan dari manajemen bakat adalah untuk menciptakan kinerja tinggi, organisasi berkelanjutan yang memenuhi tujuannya strategis dan operasional dan tujuan

    ReplyDelete
  16. A-01 fitra
    Informasi mengenai pengertian dan cara mengembangkan SDM bertalenta memberikan pemahaman dan gambaran tentang yang disebut dengan manajemen talenta. Dimana sebenarnya manajemen talenta ini tidak hanya dapat diterapkan di perusahaan, namun juga di kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  17. Y46-Reno

    perusahaan yang menerapkan sistem talent management dapat dikatakian perusahaan yg baik dan sudah memiliki sistem MSDM yang tersusun baik. karena dengan sistem talent management, perusahaan sudah memperhatikan denganbaik karyawannya mulai dari proses rekrutmen di awal sampai peningkatan karier karyawan diperusahaan

    ReplyDelete
  18. Tugas B12, Y-55,Hilman
    Management talenta secara umum ialah perusahaan harus menyadari bahwa karyawan adalah aset penting bagi perusahaan . Karena dengan begitu karyawan bertalenta dapat berkembang seiring dengan pengalaman pekerjaan yang telah dilalui di perusahaan tsbt . Talenta terbaik pun akan selalu muncul jika perusahaan tersebut rutin memproges karyawan bertalenta untuk berkembang seperti melakukan pelatihan training tes promosi secara berkala

    ReplyDelete
  19. Menurut Rada (2008) mengungkapkan bahwa talent managemen merupakan sekelompok kompetensi yang diperoleh di dalam diri individu untuk mencapai nilai tertinggi (berdasarkan potensi dan kompetensinya) serta memastikan bahwa organisasi telah menempatkan seseorang dengan benar pada fungsi dan peran yang sesuai.
    Dalam mempersiapkan calon pemimpin masa depan, kompensasi dan benefit yang menarik atau pelatihan-pelatihan terbaik saja tidak cukup. Orang-orang seperti ini juga perlu dimotivasi, dimonitor, dan sesekali mendapat penghargaan terhadap apa yang mereka capai, termasuk menghargai cara berpikir, ide-ide, dan kreativitas yang mereka miliki di masa sering kali sangat berbeda dengan karyawan pada umumnya.

    ReplyDelete
  20. Y42-Mutiara

    Manajemen talenta sangat penting bagi perusahaan karena dengan mengelola dan mengembangkan bakat bakat karyawan mampu meningkatkan produktivitas karyawan, meningkatkan prestasi organisasi tersebut

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Y40 - Vincentius

    Menurut pendapat saya setelah mempelajari tentang ini. saya mengambil kesimpulan bahwa Manajemen talenta sangat dibutuhkan karyawan karena untuk pengembangan perusahaan dan untuk regenerasi karyawan.
    Dengan begitu karyawan akan mendapat profit dari karyawan tersebut karena prestasi kerjanya

    ReplyDelete
  23. Talent management atau manajemen bakat adalah suatu proses manajemen SDM terkait tiga proses. Pertama, mengembangkan dan memperkuat karyawan baru pada proses pertama kali masuk perusahaan (onboarding). Kedua, memelihara dan mengembangkan pegawai yang sudah ada di perusahaan. Ketiga, menarik sebanyak mungkn pegawai yang memiliki kompetensi, komitmen dan karakter bekerja pada perusahaan.

    ReplyDelete
  24. y44-Muhammad AR
    Dengan adnya mangement talennta tentunya seorang karyawan termotivasi untuk memeperlihatkan kemampuan didunia insutri demi terkolal dan meningkatnya SDM dengan baik

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.