Wednesday, September 23, 2015

Seleksi Karyawan di PT. Lucid Communications



Veitzhal Rifai berkata Seleksi merupakan kegiatan dalam manajemen SDM (sumber daya manusia) yang dilakukan setelah proses rekrutmen seleksi dilaksanakan. Hal ini berarti telah terkumpul sejumlah pelamar yang memenuhi syarat untuk kemudian dipilih mana yang dapat ditetapkan karyawan dalam suatu perusahaan.
Proses pemilihan ini dinamakan seleksi¹. Agus Sunyoto menegaskan bahwa seleksi merupakan usaha menjaring dari mereka yang dianggap nantinya bisa menyesuaikan diri dengan pekerjaan yang ditawarkan, mereka dianggap dapat memperlihatkan unjuk kerja yang diharapkan oleh para pemimpin organisasi².

Pada perusahaan PT. Lucid Communications proses seleksi karyawan terdapat banyak langkah-langkah yang harus dilakukan bila calon karyawan ingin mendapatkan pekerjaan di perusahaan kami. Proses seleksi calon karyawan PT. Lucid Communications sesuai dengan SOP/prosedur di perusahaan, dari proses pasang iklan di berbagai media maupun online dan cetak, perusahaan memilih yang sekiranya calon karyawan memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. PT. Lucid Communications memberikan kriteria yang sesuai pekerjaan, syarat-syarat harus terpenuhi dan good looking.

Tahap seleksi calon karyawan PT. Lucid Communications, dilakukan dengan cara interview calon karyawan dengan tujuan mengetahui kepribadian, perilaku, dan pengalaman kerja yang sudah dilakukan oleh nya. Pada tahapan seleksi ini merupakan dari  tahap sebelum seleksi yakni rekrutmen. Penyeleksian calon karyawan PT Lucid Communications mempunyai ketentuan berlaku pada perusahaan, yakni dapat bekerja sesuai pada jam yang ditentukan oleh perusahaan, dapat bekerja pada waktu yang mendesak bilamana terdapat permintaan klien pada jam-jam tertentu, dapat bersosialisasi dengan baik, mudah bergaul serta mudah belajar dengan hal-hal yang baru.

Setelah adanya tahap penyeleksian, PT. Lucid Communications akan mempertimbangkan kinerja dan kemampuan sang calon karyawan perusahaan dalam bekerja sesuai yang diinginkan perusahaan.
Simamora (2004) menjelaskan proses seleksi dibuat dan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan kepegawaian suatu perusahaan atau organisasi. Ketelitian dari proses seleksi bergantung pada beberapa faktor, yaitu³ :

1.      Konsekuensi seleksi yang salah diperhitungkan.
2.      Yang mampu mempengaruhi proses seleksi adalah kebijakan perusahaan dan sikap dari manajemen.
3.      Waktu yang tersedia untuk mengambil keputusan seleksi yang cukup lama.
4.      Pendekatan seleksi yang berbeda umumnya digunakan untuk mengisi posisi-posisi di jenjang yang berdeda di dalam perusahaan.
5.      Sektor ekonomi dimana individu akan dipilih baik swasta, pemerintah atau nirlaba juga dapat mempengaruhi proses seleksi.

Dasar seleksi merupakan penerimaan pegawai baru yang hendaknya berpedoman pada dasar tertentu yang telah digariskan secara internal maupun eksternal oleh perusahaan. Menurut Hasibuan (2008) dasar-dasar tersebut antara lain :

1.      Kebijakan perburuhan atau tenaga kerja oelh pemerintah
2.      Jabatan
3.      Ekonomi Rasional
4.      Etika Sosial

 
Daftar Pustaka
1.      Forum.kompas.com/threads/288632-Pengertian-Seleksi-dan-Cara-Proses-Seleksi-Menurut-Para-Ahli
2.      Forum.kompas.com/threads/288632-Pengertian-Seleksi-dan-Cara-Proses-Seleksi-Menurut-Para-Ahli
3.      Sahabudinrasyid.blogspot.co.id/2014/11/rekrutmen-dan-seleksi-karyawan.html
4.      Sahabudinrasyid.blogspot.co.id/2014/11/rekrutmen-dan-seleksi-karyawan.html

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.