Saturday, September 12, 2015

Motivasi Kerja

Motivasi dapat diartikan sebagai keinginan untuk melakukan sesuatu, dengan demikian motivasi hidup ialah keinginan untuk menjalani kehidupan, motivasi usaha atau bisnis adalah keinginan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis, sedangkan motivasi kerja tak lain merupakan keinginan untuk melaksanakan pekerjaan. 

Selanjutnya silahkan buka Modul 10 Motivasi Kerja, baca dengan teliti dan simak dengan baik, berikan komentar Anda di kolom yang ada di bawah ini (sertakan nama dan kode tugas):

Lihat tayangan https://youtu.be/ZAFuiKr9a80

26 comments:

  1. A14-Syahli

    Motivasi adalah keinginan untuk melakukan sesuatu, dengan demikian motivasi kerja adalah keinginan seseorang untuk melakukan pekerjaan. Sedangkan demotivasi adalah ketidakinginan dalam melakukan sesuatu, dalam hal ini adalah pekerjaan. Setiap individu memiliki motivasi yang berbeda dalam melakukan pekerjaan. Sehingga seorang manager atau atasan harus mengetahui motivsi apakah yang dimiliki oleh bawahannya agar dapat memperlakukan karyawannya sesuai dengan motivasi yang dimilikinya. Motivasi karyawan akan berbanding lurus dengan kinerja yang akan dihasilkannya. Meskipun seorang memiliki kemampuan yang baik, namun tidak memiliki motivasi, maka kinerja yang dihasilkan tidak akan maksimal.
    Terdapat lima faktor yang mempengaruhi motivasi, yaitu : kebutuhan fisik, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa memiliki, kebutuhan kekuasaan, dan kebutuhan aktualisasi diri.

    ReplyDelete
  2. A07-ahmad
    motiv merupakan suatu dorongan kebutuhan dalam diri yang dimana menyusuaikan diri terhadap lingkungannya, sedangkan motivasi adalah kondisi yang menggerakkan pegawai agar mampu mencapai tujuan dari motivnya.
    Motivasi kerja sangat penting dilaksanakan oleh seorang manajer pada karyawannya guna meningkatkan kemampuan karyawan dan loyalitas karyawan pada perusahaan dan perusahaan akan memperoleh keuntungan dari kinerja karyawan yang begitu baik.

    ReplyDelete
  3. Tujuan pemberian motivasi kerja, antara lain :
    1) Mendorong gairah dan semangat kerja bawahan,
    2) Meningkatkan moral dan kepuasan kerja karyawan;
    3) Meningkatkan produktivitas kerja karyawan;
    4) Mempertahankan loyalitas dan kestabilan karyawan perusahaan;
    5) Meningkatkan disiplin dan menurunkan tingkatan abseni karyawan;
    6) Menciptakan suasana dan hubungan kerja yang baik;
    7) Meningkatkan kreativitas dan partisipasi karyawan;
    8) Meningkatkan kesejahteraan karyawan;
    9) Mempertinggi rasa tanggung jawab karyawan terhadap tugas-tugasnya.

    ReplyDelete
  4. Tiga poin penting tujuan Motivasi Kerja :

    1. Performa kerja yang maksimal
    2. Tercapainya tujuan perusahaan
    3. Kepuasan

    ReplyDelete
  5. Motivasi berasal dari kata latin “movere” yang berarti “dorongan atau daya penggerak”. Motivasi ini diberikan kepada manusia, khususnya kepada para bawahan atau pengikut. Adapun kerja adalah sejumlah aktivitas fisik dan mental untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan.Berdasarkan beberapa pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan, bahwa motivasi kerja adalah dorongan yang tumbuh dalam diri seseorang, baik yang berasal dari dalam dan luar dirinya untuk melakukan suatu pekerjaan dengan semangat tinggi menggunakan semua kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  6. Motivasi merupakan hal yang dapat memberikan dorongan kepada indvidu dalam melakukan sesuatu. Hal tersebut dapat berasal dari faktor internal maupun eksternal.

    Salah satu faktor internal untuk memotivasi diri dalam bekerja adalah pemenuhan kebutuhan fisik sehingga setiap orang senantiasa melakukan kerja untuk dapat membiayai kebutuhan fisik tersebut. Selain itu, aktualisasi diri juga dapat dikategorikan sebagai faktor internal yang dapat mempengaruhi motivasi kerja.

    Salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi motivasi kerja adalah ekosistem perusahaan, apakah ekosistem tersebut memberikan suasana yang kondisif untuk meningkatkan kinerja karyawan. Selain itu, arahan dan semangat yang diberikan oleh manajer kepada bawahannya juga dapat dikategorikan sebagai faktor eksternal dalam memotivasi kerja.

    ReplyDelete
  7. A-13 Yudi

    Motivasi kerja merupakan bagian yang urgen dalam suatu perusahaan yang berfungsi sebagai alat untuk pencapaian tujuan atau sasaran yang ingin dicapai.
    Motivasi kerja kerja karyawan lebih didasarkan atas financial dan kesempatan berkarir, apabila karyawan memotivasi dirinya untuk bekerja lebih baik dia akan mendapatkan financial dan peningkatan jabatan sesuai dengan prestasi kerja yang dilakukannya.

    ReplyDelete
  8. Rata-rata dalam 5 tahun bekerja di area kerja yang sama, pekerjaan yang sama, rekan kerja yang sama membuat seorang pekerja bisa menjadi sangat jenuh dikarenakan kegiatan yang monoton. Motivasi kerja perlu dimengerti oleh manajemen suatu perusahaan agar terus ditanamkan terhadap semua pekerja agar rasa jenuh tidak terus ada.Berdasarkan teori kebutuhan Maslow, manajemen setidaknya harus mengerti hal ini agar mengerti bagaimana motivasi kerja dapat ditumbuhkan. Beberapa teori kebutuhan maslow adalah :
    1. Fisiologi
    2. Rasa aman
    3. Sosial
    4. Harga diri
    5. Aktualisasi diri
    Dengan memberikan rasa aman, dan juga menumbuhkan dan menghargai setiap pekerja, dapat menumbuhkan motivasi bekerja yang pada akhirnya akan berefek juga terhada produktifitas baik dari pekerja maupun perusahaan.

    ReplyDelete
  9. Motivasi kerja karyawan begitu penting baik bagi karyawan sendiri maupun bagi perusahaan yang memiliki karyawan. Motivasi kerja karyawan juga bukan hanya tanggung jawab sebelah pihak saja, namun keduanya memiliki tanggung jawab untuk meningkatkannya. Seorang karyawan, tidak boleh hanya mengharap perusahaan memberikan motivasi. Sebaliknya, pemilik perusahaan tidak boleh hanya menyuruh karyawan untuk memiliki motivasi kerja. Keduanya harus proaktif membangkitkan motivasi kerja karyawan sebab akan memberikan pengaruh positif bagi keduanya.

    ReplyDelete
  10. Meskipun anda sangat mencintai pekerjaan anda, ada kalanya motivasi kerja anda berada pada titik terendah. Ada beberapa alasan yang menyebabkan hal ini terjadi, namun hal terpenting yang perlu anda ketahui adalah hal ini terjadi pada siapapun pada titik tertentu. Jika anda mengikuti beberapa tips yang tertera dalam modul sederhana berikut, mungkin anda bisa mendapatkan kembali hal-hal yang memotivasi anda.

    ReplyDelete
  11. Yang merupakan pekerjaan yang sulit dalam memotivasi sumber daya manusia adalah menggabungkan faktor individu dengan faktor organisasi setiap pekerja yang sangat beraneka ragam, karena motivasi seseorang itu dipengaruhi oleh dasar pendidikannya dan kebutuhan-kebutuhannya.

    ReplyDelete
  12. Pemberian motivasi kerja diberikan agar karyawan dapat meningkatkan produktivitas kerjanya , meningkatkan kreativitas, menumbuhkan loyalitas kepada perusahaan, mendorong gairah dan semangat kerja,
    Hal ini bisa dilakukan dengan rotasi atau pemberian penghargaan kepada karyawan, contohnya rotasi kerja dengan tingkat jabatan yang lebih tinggi dari sebelumnya, sebuah penghargaan dan tanggung jawab baru tersebut akan membuat karyawan tertantang dan merasa dipercaya oleh perusahaan.

    ReplyDelete
  13. A19-Sri

    Karyawan merupakan salah satu bagian penting dalam berdirinya sebuah perusahaan. Faktor motivasi jelas memiliki hubungan langsung dengan kinerja individual para karyawan selain daripada kemampuan dan faktor lingkungan kerjanya. Maka sangatlah strategis, apabila pengembangan kinerja individual karyawan dimulai dari peningkatan motivasi kerjanya.

    Adalah tugas manajemen agar karyawan memiliki semangat dalam pekerjaannya. Biasanya, karyawan yang puas dengan apa yang diperolehnya, maka ia pun akan memberikan lebih dari apa yang diharapkan oleh perusahaannya tersebut. Baik dari segi kedisiplinan, tanggung jawab, maupun profesionalisme dalam pekerjaannya. Apa yang dibutuhkan karyawan adalah dasar dari lahirnya sebuah motivasi.

    ReplyDelete
  14. A-18

    1.Motivasi kerja adalah dorongan yang tumbuh dalam diri seseorang, baik yang berasal dari dalam dan luar dirinya untuk melakukan suatu pekerjaan dengan semangat tinggi menggunakan semua kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya.
    2.Kaitan motivasi kerja dengan unjuk kerja dapat diungkapkan sebagai berikut: unjuk kerja (performance)adalah hasil interaksi antara motivasi kerja, kemampuan (abilities), dan peluang (opportunities), dengan kata lain unjuk kerja adalah fungsi dari motivasi kerja kali kemampuan kali peluang.
    3.Beberapa cara untuk meningkatkan motivasi kerja ialah sebagai berikut. Memotivasi lewat sentuhan-sentuhan kecil Mengobarkan semangat bawahan dengan cara membuat mereka merasa penting Memberikan kritik yang konstruktif untuk bawahan Menggunakan taktik untuk mengatasi bawahan yang tidak loya

    ReplyDelete
  15. Setelah saya telaah motivasi kerja merupakan kemauan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan. Adanya motivasi kerja ini yang tumbuh bersama karyawan tidak lain didukung oleh aspek aspek perusahaan entah dari kenyamanan dalam bekerja, kepuasan bekerja dalam perusahaan tersebut dan reward atau bonus dari perusahaan.

    ReplyDelete
  16. Setelah saya telaah motivasi kerja merupakan kemauan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan. Adanya motivasi kerja ini yang tumbuh bersama karyawan tidak lain didukung oleh aspek aspek perusahaan entah dari kenyamanan dalam bekerja, kepuasan bekerja dalam perusahaan tersebut dan reward atau bonus dari perusahaan.

    ReplyDelete
  17. A-01 fitra
    Modul ini memberikan pemahaman mengenai pentingnya motivasi kerja bagi perusahaan dan apa saja yang mempengaruhinya. Berdasarkan prakter memang benar bahwa yang dapat memotivasi kerja di perusahaan diantaranya adalah gaji, benefit (bonus), keselamatan kerja, lingkungan kerja yang aman dan nyaman. Untuk itu sudaha seharusnya tiap perusahaan selalu melakukan evaluasi dan pengembangan terhadap hal-hal yang mempengaruhi motivasi kerja agar dapat meningkatkan produktivitas.

    ReplyDelete
  18. Y61-Klara
    Motivasi kerja karyawan adalah sesuatu yang menciptakan semangat kerja karyawan atau pekerja, termasuk diantaranya adalah kata-kata pembangkit semangat.
    Untuk menghasilkan produk yang bermutu dengan hasil yang banyak, sebuah perusahaan memerlukan karyawan atau pekerja yang termotivasi supaya lebih rajin lagi, memiliki hasrat keinginan dan semangat juang yang kokoh.

    ReplyDelete
  19. Y46-Reno

    Karyawan merupakan asste perusahaan yang harus diberikan sebuah pencapaian dalam karier nya, dan perusahaan wajib memberikan wadah yang baik untuk mengembangkan diri, salah satunya adalah motivasi kerja.

    dalam bekerja, tentunya setiap pegawai mempunyai motivasi nya masing-masing. dan pemahaman motivasi yang berbeda-beda. akan tetapi pada intinya motivasi / kondisi yg menolong/menjadi sebab seseorang melakukan kegiatan/pekerjaan dengan kesadaran nya sendiri sangatlah penting untuk dapat di fahami dengan baik oleh pekerja maupun perusahaan, demi terciptanya iklim kerja yang kondusif.

    ReplyDelete
  20. Y55-Hilman
    Motivasi kerja sangat penting sebagai penunjang pekerja agar tidak merasa bekerja tidak dibawah tekanan, motivasi kerja dapat menimbulkan sikologis pekerjan bekerja dengan sungguh sungguh menimbulkan inovasi yang baru agar suatu pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dan sempurna

    ReplyDelete
  21. Y59-Renward
    Motivasi kerja merupakan hal penting yang mendasari seeorang untuk mau melakukan suatu pekerjaan dengan baik dan sungguh-sungguh. Motivasi kerja dimulai dari diri sendiri dan dapat berkembang lagi dengan adanya faktor dari luar atau organisasi tempat bekerja. Contoh: bonus, gaji, tempat kerja, dll.

    ReplyDelete
  22. y44-Muhammad AR
    Pemberian motivasi kerja diberikan agar karyawan dapat meningkatkan produktivitas kerjanya , meningkatkan kreativitas, menumbuhkan loyalitas kepada perusahaan, mendorong gairah dan semangat kerja,
    Hal ini bisa dilakukan dengan rotasi atau pemberian penghargaan kepada karyawan, contohnya rotasi kerja dengan tingkat jabatan yang lebih tinggi dari sebelumnya, sebuah penghargaan dan tanggung jawab baru tersebut akan membuat karyawan tertantang dan merasa dipercaya oleh perusahaan
    Tiga poin penting tujuan Motivasi Kerja :

    1. Performa kerja yang maksimal
    2. Tercapainya tujuan perusahaan
    3. Kepuasan

    ReplyDelete
  23. Y36-Franciska
    Motivasi berasal dari kata motive, yang berarti dorongan. Dengan demikian motivasi berarti suatu kondisi yang mendorong atau menjadi sebab seseorang melakukan suatu perbuatan/kegiatan, yang berlangsung secara sadar.
    Pada dasarnya motivasi dapat mamacu karyawan untuk bekerja keras sehingga dapat mencapai tujuan mereka. Hal ini akan meningkatkan produkitvitas kerja karyawan sehingga berpengaruh pada pencapaian tujuan perusahaaan., sumber motivasi ada tiga faktor, yakni (1). Kemungkinana untuk berkembang, (2). Jenis pekerjaan ,dan (3). Apakah mereka dapat merasa bagga menjadi bagian dari perusahaan tempat mereka bekerja.

    ReplyDelete
  24. M. Isa Ibrahim 41616110113

    Motivasi kerja merupakan kemauan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan. Adanya motivasi kerja ini yang tumbuh bersama karyawan tidak lain didukung oleh aspek aspek perusahaan entah dari kenyamanan dalam bekerja, kepuasan bekerja dalam perusahaan tersebut dan reward atau bonus dari perusahaan.

    ReplyDelete
  25. Jamalludin Nurrahman-41515110135

    Motivasi kerja melingkupi beberapa komponen yaitu:

    Kebutuhan, hal ini terjadi bila seseorang individu merasa tidak ada keseimbangan antara apa yang dimiliki dan yang diharapkan.
    Dorongan, dorongan merupakan kekuatan mental untuk melakukan perbuatan atau kegiatan tertentu.
    Tujuan, tujuan merupakan hal yang ingin dicapai oleh individu.

    ReplyDelete
  26. BAYU CAHYO SAPUTRO / 41216110109
    poin penting tujuan Motivasi Kerja :
    Performa kerja yang maksimal
    Tercapainya tujuan perusahaan / Tujuan karir seseorang

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.