Friday, March 25, 2016

Seleksi Sumberdaya Manusia





Abstrak
Seleksi merupakan sebuah proses pemilihan orang-orang proses yang memiliki kualifikasi yang tepat untuk mengisi jabatan yang kosong dalam sebuah organisasi. Proses seleksi dibagi menjadi tahapan-tahapan yang memiliki fungsi utama yaitu :
Pengumpulan Informasi, Prediksi, Pembuatan Keputusan. Proses ini dilakukan secara selektif agar mendapatkan kandidat pekerja yang dapat bersama sama memajukan organisasi atau perusahaan.
Keyword: Seleksi, Informasi, Prediksi, Keputusan

Pengertian dan Tujuan Seleksi
            Seleksi merupakan suatu proses lanjutan dari proses rekrutmen. Seleksi merupakan sebuah proses pemilihan orang-orang proses yang memiliki kualifikasi yang tepat untuk mengisi jabatan yang kosong dalam sebuah organisasi. Menurut Simamora (2004), seleksi merupakan proses pemilihan dari sekelompok pelamar yang paling memenuhi kriteria seleksi untuk posisi yang tersedia di dalam perusahaan. Di dalam Manajemen Sumber Daya Manusia proses rekrutmen dan seleksi tenaga kerja sangat penting. Seleksi bertujuan untuk mendapatan calon pekerja yang memiliki keterampilan pada bidang yang sesuai dengan posisi kerja yang dibutuhkan perusahaan, sehingga pekerja diharapkan dapat bekerja sama memajukan suatu organisasi atau perusahaan.

Syarat-syarat Seleksi
Efektifitas seleksi dapat ditentukan melalui informasi yang diperoleh melalui syarat-syarat yang ditentukan. Informasi-informasi yang diperoleh melalui syarat-syarat tersebut akan dijadikan masukan bagi seorang manajer dalam mengambil keputusan penerimaan dan penempatan seorang pekerja. Syarat-syarat yang dimaksud adalah:
1.      Informasi analisis jabatan, yang memberikan deskripsi jabatan spesifikasi jabatan dan standar-standar prestasi yang disyaratkan setiap jabatan.
2.      Rencana-rencana sumber daya manusia. Yang memberikan informasi kepada manajer tentang tersedia atau tidaknya lowongan pekerjaan dalam organisasi.
3.      Keberhasilan fungsi rekrutmen yang akan menjamin manajer bahwa tersedia sekelompok orang yang akan dipilihnya                                                                                                            (Gomes 2003)

Proses Seleksi
          Proses seleksi merupakan serangkaian langkah kegiatan yang dilakukan untuk memutuskan kelayakan calon pekerja untuk bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi. Langkah-langkah ini mencakup pemaduan kebutuhan-kebutuhan kerja pelamar dan organisasi. Penarikan dan seleksi dalam departemen personalia sering digabungkan dan disebut Employment function.
Proses seleksi diawali dengan rekrutmen yang dapat dilakukan secara internal, eksternal, dan sistem dasar manajemen talenta. Proses internal dapat dilakukan dengan cara rapat intern perusahaan atau organisasi itu sendiri, menggunakan papan pengumuman atau secara intranet. Proses eksternal dapat melalui sistim pusat informasi yang menyediakan iklan untuk lowongan pekerjaan, atau dapat melalui agen konsultan tenaga kerja. Sedangkan rekrutmen berdasarkan sistim manajemen talenta dengan menggunakan sistim yang terencana dan selektif mulai dari pemeliharaan dan pengembangan karyawan bersangkutan.


Fungsi Seleksi
          Seleksi merupakan suatu proses lanjutan dari proses rekrutmen. Seleksi merupakan sebuah proses pemilihan orang-orang proses yang memiliki kualifikasi yang tepat untuk mengisi jabatan yang kosong dalam sebuah organisasi. Proses seleksi sendiri dibagi menjadi tahapan-tahapan yang memiliki fungsi utama yaitu : Pengumpulan Informasi, Prediksi, Pembuatan Keputusan.
Pengumpulan informasi berfungsi untuk mengumpulkan informasi selengkap mungkin terhadap calon pegawai yang telah mengikuti proses rekrutmen. Dengan memperhitungkan informasi yang telah dikumpulkan baik dari masa lalu maupun masa kini yang kemudian dijadikan acuan untuk memperkirakan tentang perilakunya di masa mendatang. Pembuatan keputusan merupakan langkah akhir dari proses seleksi. Prediksi terhadap perilaku calon pegawai baru dapat dijadikan dasar untuk mengambil kebijakan tentang diterima atau tidaknya calon pegawai baru tersebut (Irianto Jusuf 2001).
           
Kesimpulan
            Seleksi dalam suatu organisasi dilakukan untuk memperoleh calon  pekerja yang terkualifikasi untuk mengisi posisi yang dibutuhkan suatu perusahaan. Proses seleksi dapat dilakukan melalui tahapan-tahapan yang memiliki fungsi untuk pengumpulan informasi, prediksi, dan pembuatan keputusan.. Proses ini dilakukan secara selektif agar mendapatkan kandidat pekerja terampil yang dapat bersama sama memajukan organisasi atau perusahaan.

Daftar Pustaka
Gomes, Faustino Cardoso. 2003. Manajemen SDM. Yogyakarta: Andi Offset
Irianto Jusuf. 2001. Prinsip-prinsip Dasar Manajemen Pelatihan. Jakarta: Insani Cendikia
Sutrisno, Edy. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
Simamora, Henry. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN

No comments:

Post a Comment