Friday, March 25, 2016

Memahami Proses Seleksi



A.     Latar Belakang

Karyawan adalah suatu aset utama pada setiap perusahaan. Peran karyawan sanagat menentukan berhasil tidaknya suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Perusahaan harus selalu berusaha untuk memperoleh dan menempatkan karyawan yang qualified pada setiap jabatan dan pekerjaannya, supaya pelaksanaannya ldapat berhasil sesuai rencana. Seleksi merupakan suatu proses dimana suatu organisasi memilih orang – orang terbaik dari suatu daftar pelamar yang memenuhi kriteria seleksi untuk posisi – posisi yang tersedia untuk diisi ( ivancevich, 1992 dan Byars dan rue , 1997 ). Hal ini mengandung arti bahwa, semua program seleksi pada dasarnya berusaha mengidentifikasi pelamar yang memiliki peluang tertinggi untuk memenuhi atau melampaui standard kinerja organisasi.  
B.      Tujuan Proses Seleksi

Tujuan diadakannya seleksi karyawan yaitu untuk mendapatkan tenaga kerja yang paling tepat untuk memangku jabatan tertentu, hal ini diartikan bahwa tenaga kerja tersebut dapat memberikan sumbangsih atau prestasinya pada perusahaan. Pada umumnya tujuan seleksi, yaitu:

1.      Untuk mendapatkan karyawan yang memenuhi syarat dan mempunyai kualitas yang dibutuhkan oleh perusahaan ( jujur, disiplin, terampil, kreatif, loyal, dan berdedikasi tinggi ).

2.      Untuk mengukur kemampuan calon karyawan atau pelamar, apakah dapat mengerjakan pekerjaan tertentu yang dibutuhkan

3.      Untuk menyiapkan dan membentuk kader – kader karyawan yang dapat menunjang kegiatan perusahaan di masa yang akan datang.

C.     Kriteria Seleksi

User perlu memutuskan kriteria seleksi untuk mengevaluasi pelamar-pelamar untuk posisi yang kosong. Kriteria seleksi adalah karateristik yang berasal dari deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan. Kriteria seleksi biasanya dapat dirangkum dalam beberapa kategori ; pendidikan, pengalama kerja, kondisi fisik dan karakteristik keperibadian masing – masing calon peserta atau pelamar.

D.     Proses seleksi

Dalam prosedur seleksi karyawan, berbagai macam metode dan alat seleksi dapat dipergunakan untuk menemukan individu yang paling sesuai dengan tuntutan pekerjaan. Walaupun tidak ada prosedur baku yang dapat dipakai untuk memilih karyawan, namun ada tahapan – tahapan yang paling umum digunakan dalam proses seleksi yan mencakup:

a.       Penyaringan pelamar

b.       Memeriksa surat lamaran dan administrasi

c.       Melaksanakan tes

d.       Melaksanakan wawancara

e.       Melaksanakan tes kesehatan

Urutan – Urutan dalam tahapan tersebut tidak baku, tergantung pada situasi dan kondisi perusahaan , artinya implementasi keenam hal tersebut dilakukan secara berbeda – beda dalam setiap organisasi.

Daftar pustaka



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.