Friday, March 25, 2016

Proses Seleksi Di PT Krakatau Steel & Group (Artikel)


Seleksi karyawan bertujuan untuk menyaring tenaga kerja yang berkualitas, sesuai dengan kriteria yang diperlukan oleh perusahaan.

Standar seleksi, dari tiap-tiap perusahaan memiliki cara yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik perusahaannya. Adapun tahapan seleksi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan peleburan baja dapat diambil garis besar adalah sebagai berikut:

1. Seleksi administrasi, ditahapan ini panitia menyeleksi calon karyawan sesuai dengan persyaratan yang diminta perusahaan. Memeriksa kelengkapan berkas, mecocokan dengan kriteria yang dibutuhkan dan memverifikasi keaslian dari dokumennya.

2. Tes psikotes, pada tahapan ini panitia menyeleksi calon karyawan berdasarkan alat tes psikologi. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui kondisi kepribadian dan mental dari calon karyawan, mengukur batas emosi, mengukur etos kerja dan mengukur tingkat kecerdasan calon karyawan.

3. Tes kesehatan, Tahapan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik calon karyawan.

4. Wawancara Direksi. Jika calon karyawan memiliki kompetensi yang bagus pada tahap ini sebenarnya adalah tahapan yang sangat santai karena hampir 80% yang lolos pada tahap ini akan diterima kerja.

5. Orientasi. Pada tahapan ini calon karyawan dituntut untuk bisa memahami proses bisnis perusahaan secara garis besar. dibagian akhir panitia mempersyaratkan laporan inovasi maupun improvisasi yang akan dilakukan jika diterima kerja.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.