Friday, March 25, 2016

Proses Seleksi PT AHM


Oleh : Ardhinata Bayu Kurniawan
       41615120102

Seleksi merupakan proses untuk mencocokkan kualifikasi calon karyawan dengan kebutuhan PT Astra Honda Motor.

Proses Awal dan Tes Psikologi
Tahap awal dari proses seleksi adalah seleksi administratif, yaitu menyeleksi kelengkapan berkas untuk menentukan apakah calon karyawan sudah memenuhi persyaratan atau belum.
Contoh berkas yang diminta oleh perusahaan adalah: Ijasah, Riwayat hidup, Domisili/keberadaan status, Surat lamaran, Sertifikat keahlian, Pas foto, Copy indentitas (KTP, Passport, SIM, dll), Pengalaman kerja, dl. Tahap selanjutnya adalah psikotes antara lain tes logika aritmatika, tes logika penalaran, tes analog verbal, kraeplien/pauli, wartegg test, draw a man test (dam), dan menggambar pohon. Tahap akhir dari serangkaian tes psikologi adalah interview dengan psikolog. 



Proses Interview
Proses interview adalah tahapan menanyakan berbagai pertanyaan kepada calon karyawan, karyawan di haruskan menjawab dan menceritakan pengalaman sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Perbedaan karakteristik dari dari proses interview terletak pada siapa yang memberikan pertanyaan. Pada interview psikolog lebih ditekankan untuk pertanyaan seputar kepribadian calon karyawan. Interview user lebih kepada hal-hal teknis dilapangan, teori yang berkaitan dengan pekerjaan, cara menyelesaikan permasalahan terkait pekerjaan, dan cara bekerja sama dari calon karyawan. Interview HR biasanya hanya menekankan pada keyakinan calon karyawan untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Proses Medical dan Pengumuman
Calon karyawan yang telah lolos dari tahap-tahap seleksi sebelumnya seperti user cocok dengan dia, nilai tes psikologi sangat memuaskan, bukan menjadi jaminan bahwa dia diterima. Apabila terdapat kelainan pada fisik yang berkaitan dengan standar kesehatan karyawan pada perusahaan tersebut, sepandai apapun calon karyawan pasti akan gagal pada tahap ini. Tes kesehatan adalah serangkaian tes medical yang dilakukan oleh dokter untuk diketahui kelainan apa yang dimiliki calon karyawan agar tidak menjadi penghambat dalam pekerjaan. Setelah calon karyawan dinyatakan lolos dari tes kesehatan, hal terakhir adalah briefing kontrak dan pengumuman akhir dari perusahaan. Pada tahap ini adalah tahapan yang ditunggu-tunggu oleh calon karyawan. 

Proses on the Job Training
Setelah calon karyawan berdiskusi terkait kontrak, hal yang dilakukan adalah proses OJT (On The Job Training). Proses ini berbeda dengan perusahaan-perusahaan yang lain. Proses yang dilakukan selama 6 bulan di PT AHM ini menentukan kelayakan karyawan tetap. Penilaian proses OJT didasarkan oleh,
A. Introduction AHM      bobot 15%
B. OJT Lapangan          bobot 40%
C. Final Presentasi      bobot 45%


A. Introduction AHM
Adalah tes tertulis yang diberikan setelah dilakukannya training terkait perusahaan, pengetahuan dasar teknis, dll.

B. OJT Lapangan
Setelah menjalani training AHM selama 1 bulan dan mengetahui proses dasar di AHM Sunter, selanjutnya adalah penempatan seksi. Penempatan seksi ini didasarkan pada judul tugas akhir yang terkait dengan proses produksi. Selama 5 bulan ini peserta OJT dituntut melakukan improvement yang strategis terkait perubahan yang relevan di bagian masing-masing. Sikap dan tingkah laku, cara menjalin kerjasama dan skill juga menjadi poin penilaian atasan apakah peserta OJT layak untuk menjadi karyawan tetap atau tidak.

C. Final Presentasi
Selama 5 bulan menjalani OJT lapangan, kegiatan-kegiatan yang dilakukan dan improvement yang dibuat dilaporkan pada Final Presentasi. Pada tahap ini peserta OJT mempresentasikan laporan tersebut ke atasan setingkat Departement Head dan bahkan Division Head untuk S1. 


Setelah peserta OJT mempresentasikan laporannya dari penguji melakukan penilaian dan evaluasi terkait kelayakan menjadi karyawan tetap hingga akhirnya peserta OJT menjadi karyawan tetap.

DAFTAR PUSTAKA
Sjafri Mangkuprawira., Dr., Ir., Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Ghalia Indonesia, 2003.
Achmad S. Rukky, Meningkatkan SDM yang berkualitas, 2003.

Simamora, Henry, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Penerbitan, STIE YKPN, 1995.

1 comment:

  1. CARA MELAMAR KE PT. AHM LEWAT APA ?


    TERIMA KASIH

    ReplyDelete