Wednesday, March 23, 2016

Karakteristik Penyeleksian Anggota Paduan Suara Kampus



Pada jenjang perkuliahan ukm merupakan sasaran atau sarana yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk mngembangkan diri baik dalam hobbi yang digemari serta pengetahuan akan organisasi yang ia miliki.
Banyak unit kegiatan yang menjadi pilihan bagi mahasiswa/I salah satunya adalah paduan suara. Paduan suara sendiri merupakan unit kegitan mahasiswa yang berkembang pada dunia olah suara.
            Pada masa pengrekrutan anggota baru tentu kegiatan mahasiswa ini memiliki  standart yang mereka miliki untuk suatu anggota, yang ,menghasilkan suatu proses atau rangkaian yang cukup panjang. Hal ini terjadi dikarenakan banyak hal yang sudah menjadi prtimbangan, banyak hal yang perlu dipertahankan, serta menjadi titik acuan. Proses pengrekrutan itu sendiri memiliki  syarat umum, diantaranya mahasiswa yang mendaftar tentu adalah mahasiswa aktif di kampus tersebut, calon anggota minimal memiliki pengalaman di dalam oalah suara, serta beberapa persyaratan formulir yang harus dilengkapi. Setelah proses pengisian data barulah dimulai tahapan- tahapan seleksi pada calon anggota baru:
1.    Tes Menyanyi
Pada tahap ini para calon akan diminta untuk menyanyikan lagu  bebas 1 dan lagu nasional. Banyak suara yang baik akantetapi penilaian saat mulai bernyanyi, ketepatan nada pada setiap lagu serta vibra yang terkontrol yang menjadi dasar awal pada penyeleksian. Jika berhasil akan menghadapi tahap berikutnya.
2.    Tes Kepribadian
Disini para peserta yang lolos dari tahap 1 akan di ajak untuk lebih rileks sebelum tahap sealanjutnya. Pada tahap ini para penyeleksi menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan kepribadian, motivasi, karakter dan sebagainya  agar dapat mengenal karakter yang dimiliki oleh para calon.Dan jika memenuhi standart maka para calon akan masuk k tahap yang ke 3
3.    Tes Nada
Bukan hanya tes nada, pada tahap ini peserta di ajak masuk  kedalam ruangan untuk bertemu  dengan pelatihnya langsung. Peserta di uji tentang pemahaman dasar  tentang not angka dan cara membunyikannya. Setelah not angka selesai dilanjutkan dengan pemahaman akan not balok serta penyebutannya. Juga pada tahap ini pesertadiminta untuk menyanyikan potongan lagu yang mereka ketahui.
4.    Jika tahap ke 3 sudah lolos, maka pada terakhir ini, para psessrta diuji kemampuannya dalam mamainkan alat musik, atau pemahaman dasar dalam bermain music.
Setelah selessai semua rangkaian yang ada para peserta tidak dengan langsung dinyatakan lulus, akan tetapi melewati tahapan penyeleksian peserta lagi, dikaji dan direview ulang hasil setiap tahapan tes yang peserta lalui. Jika para penyeleksi merasa sesuai dengan standart yang dimiliki barulah disampaikan hasil dari pemilihan. Dengan diumumkan oleh panitia penyelenggara.

No comments:

Post a Comment