Wednesday, March 30, 2016

Pentingnya Pelatihan Kerja

Oleh : Dwi Fahrianto
Sumber Daya Manusia dalam suatu perusahaan merupakan aset penting bagi perkembangan perusahaan. Untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan kerja para karyawan, banyak perusahaan mengadakan pelatihan kerja/training sebelum karyawan memulai kerja.
Di dalam dunia kerja, telinga kita akrab dengan istilah pelatihan kerja atau training. Sumber Daya Manusia dalam suatu perusahaan merupakan aset penting bagi perkembangan perusahaan. Untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan kerja para karyawan, banyak perusahaan mengadakan pelatihan kerja/training. Biasanya training dilakukan sebelum memulai kerja atau pada saat awal masuk kerja
Pelatihan kerja adalah sebuah fasilitas yang diberikan perusahaan bagi para karyawan dalam rangka peningkatan kualitas. Berikut ini ada beberapa fungsi penting dalam melaksanakan proses pelatihan kerja. Bukan hanya itu, dengan kita mengikuti pelatihan kerja, maka kita akan banyak mendapatkan manfaat.
Mewujudkan sistem pelatihan kerja nasional yang sangatlah efektif serta efesien dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga kerja dalam lingkungan kerja yang baru bagi mereka.
Dapat memberikan arahan-arahan serta pedoman yang baik dalam penyelenggaraan, pembinaan, serta pengendalian pelatihan kerja tersebut yang nantinya akan diikuti oleh karyawan-karyawan baru.
Terus mengoptimalkan pendayagunaan serta pemberdayaan hampir seluruh sumber daya pelatihan kerja yang digelar oleh beberapa perusahaan untuk merekrut karyawan barunya.
Guna menyesuaikan diri terhadap tuntutan pekerjaan serta operasional-operasional industri ketika hari pertama memasuki dunia kerja. Guna mengurangi waktu belajar bagi para karyawan baru agar menjadi individu yang kompeten. Guna mempersiapkan dengan matang promosi tenaga kerja terhadap beberapa jabatan yang lebih rumit serta sulit, juga mempersiapkan tenaga kerja yang akan ditempatkan pada jabatan yang lebih tinggi yaitu tingkatan pengawasan atau tingkatan manajerial.
Pentingnya pelatihan kerja untuk diikuti adalah untuk hasil dalam jangka panjang bagi para karyawan dimasa datang dan tentunya untuk perusahaan dalam waktu dekat.
Seseorang karyawan yang telah diberikan pelatihan kerja yang tepat akan memiliki keterampilan yang lebih baik, berikut adalah ciri-ciri karyawan yang telah memiliki keterampilan dengan baik:
1.      Tahu dan mengerti apa yang harus dikerjakan.
2.      Mempunyai gerak kerja yang cepat dan tepat.
3.      Jarang sekali melakukan kesalahan dan kekeliruan dalam bekerja.
4.      Sudah mempunyai kiat-kiat tertentu dalam melaksanakan pekerjaan.
5.      Produktivitas kerja meningkat dari biasanya.
Apabila pelatihan kerja tidak dilakukan dalam suatu perusahaan, maka akan terlihat pada gejala-gejala sebagai berikut:
1.      Sering berbuat kesalahan dalam melaksanakan pekerjaan.
2.      Tidak pernah berhasil memenuhi standard kerja seperti yang harapkan.
3.      Mempunyai pola pikir yang sempit dan picik.
4.      Tidak mampu menggunakan peralatan yang lebih canggih dalam bekerja.
5.      Produktivitas kerja tidak pernah meningkat.
6.      Kesinambungan perusahaan tidak bisa dijamin.
7.      Rasa kepedulian karyawan yang rendah terhadap perusahaan.
8.      Perusahaan tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan lain.
9.      Perusahaan selalu ketinggalan dalam memberikan pelayanan yang baik
Sumber:


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.