Saturday, September 12, 2015

Rekrutmen

Rekrutmen adalah proses menemukan dan merekrut kandidat dengan kualitas terbaik (bisa dari dalam atau luar organisasi) untuk lowongan pekerjaan tertentu, dilaksanakan secara efektif, tepat waktu dan hemat biaya. Proses rekrutmen meliputi analisis terhadap persyaratan pekerjaan, memilih dan menarik calon karyawan untuk pekerjaan tersebut, skrining, mempekerjakan, dan mengintegrasikan karyawan baru dengan organisasi .

Selanjutnya silahkan buka Modul 2 Rekrutmen, baca dengan teliti dan simak dengan baik, berikan komentar Anda di kolom yang ada di bawah ini (sertakan nama dan kode tugas):

Lihat tayangan https://youtu.be/NWFtKfpLCGo

47 comments:

  1. Setelah membaca modul 02 MSDM, saya mampu memahami definisi rekrutmen. Poin utama yang saya tangkap bahwa proses rekrutmen tidak hanya sekedera mencari karyawan potensial tetapi juga menjaga dan mengembangkan karyawan potensial yang sudah tergabung. Selama ini, jika mendengar kata rekrutmen hanya diasumsikan sebagai proses pencarian karyawan.

    Terdapat beberapa hal yang masih menjadi pertanyaan saya :

    1. Mengutip dari modul 02 MSDM, "kegagalan dalam perekrutan dapat menimbulkan kesulitan bagi perusahaan, termasuk dampak buruk profitabilitas." hal yang ingin saya tanyakan kegagalan perekrutan dalam bentuk seperti apa yang dapat berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan ?

    2. Jika dalam proses perekrutan sudah didapatkan kandidat yang sangat tepat sesuai kebutuhan dan memiliki kualifikasi sangat baik, tetapi dalam hal offering gaji dirasa pihak departemen HRD tidak dapat memenuhi kriteria. Manakah yang lebih diperjuangkan, tetap merekrut kandidiat tersebut ataukah tetap menjaga standar dari penawaran gaji yang ditetapkan dan melepaskan kandidat tersebut ?

    3. Tools dan parameter apa yang sering digunakan dalam menunjang proses rekrutmen berbasis SMT ?

    ReplyDelete
  2. Setelah membaca modul 02 tentang rekrutmen, saya mempelajari pengertian dari rekrutmen itu sendiri. Rekrutmen sendiri terbagi atas 2 yaitu rekrutmen internal dan eksternal. untuk rekrutmen eksternal sasaran nya adalah mahasiswa yang baru lulus kuliah atau pun karyawan yang baru resign dari pekerjaan dia yang lama.

    Ada hal yang saya ingin tanyakan juga disini, dulu saat saya melamar pekerjaan di suatu perusahaan, saya pernah mendengar bahwa perusahaan ini mempunyai list universitas mana saja yang boleh masuk di perusahaan tersebut. apakah hal itu bisa dijadikan patokan utama dalam merekrut karyawan yang berkualitas? karena setiap orang punya alasan yang beragam dalam menentukan universitas apa yang akan mereka ambil,
    Karena pada dunia kerja yang sudah saya rasakan,seseorang yang lulus dari universitas ternama, kinerja nya masih bisa di adu dengan lulusan dari universitas yang level nya dibawah universitas bagus tersebut.

    Lalu untuk perekrutan internal tentang promosi,
    Indikator apa saja yang harus dilihat dalam mempromosikan seseorang?
    Bagaimana menilai nya dengan objektive bukan subjektif?
    Karena bila mempromosikan orang yang salah akan mengakibatkan profit perusahaan turun.

    ReplyDelete
  3. Ahmad Muqorrobin ( A07-ahmad )
    Pada proses rekrutmen harus disesuaikan antara kemampuan pelamar kerja dan deskripsi pekerjaan yang ada. Agar nantinya tidak ada pekerjaan yang ditempati oleh orang yang tidak sesuai dengan kemampuan dan keterampilannya. Hal ini perlu dilakukan agar organisasi yang menerima pelamar kerja dapat berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  4. A18-Raditya

    The Right Man In the Right Place Adalah kata yang tepat diaartikan sebagai Kata lain dari rekrutmen, setelah membaca Modul 02 Mengenai rekrutmen. ada 2 jenis rekrutmen yang biasa dilakukan yg pertama rekrutmen internal dan yang kedua eksternal, dari 2 jenis rekrutmen tersebut menurut saya rekrutmen secara internal yg harus diutamakan untuk posisi-posisi struktur menengah keatas karena selain akan meregenerasi nilai-nilai effisien yg lain adalah Meningkatkan moral kerja & kedisiplinan karyawan, karena ada kesempatan promosi, Perilaku dan loyalitas karyawan semakin besar terhadap perusahaan.Biaya perekrutan relatif kecil, karena tidak perlu memasang iklan.Waktu perekrutan relatif singkat.Orientasi dan induksi tidak diperlukan lagi.Kestabilan karyawan semakin baik.
    Sedangkan untuk meregenerasi diposisi entery terendah disisipkan tenaga-tenaga freshgraduate agar terjadinya regenerasi di sistem organisasi. dimana tenaga-tenaga fresh akan memberikan inovasi-inovasi dan revisi untuk majunya sebuah organisasi

    ReplyDelete
  5. A13-Yudi
    untuk rekrutmen perusahaan memang bisa dibagi menjadi 2 yaitu rekrutmen internal dan eksternal.
    banyak faktor perusahaan lebih memilih proses secara internal seperti tidak membutuhkan banyak biaya, sudah mengetahui tahapan/alur kerja dari perusahaan tersebut. untuk rekrutmen eksternal juga dibutuhkan untuk mencari inovasi baru dari kandidat yang baru dan untuk meregenerasi pegawai perusahaan.
    jadi kedua rekrutmen tersebut sama pentingnya dan tinggal bagaimana perusahaan tersebut membutuhkan sesuai dengan kualifikasi jabatannya.
    terima kasih

    ReplyDelete
  6. A03-Rio
    Kegagalan dalam perekrutan dapat menimbulkan kesulitan bagi setiap perusahaan, termasuk dampak buruk pada profitabilitas. Di sisi lainnya perekrutan yang tidak memadai dapat menyebabkan kekurangan tenaga kerja. Statement di atas saya sangat setuju, beberapa perusahaan yang seringkali tidak punya standar dan alasan yang tepat dalam melakukan perekrutan akan menghadapi permasalahan ini, yaitu masuknya tenaga-tenaga kerja baru yang sama sekali tidak kualifaid terhadap pekerjaan yang ada.
    Pembahasan akhir mengenai management talenta sendiri saya sudah cukup familiar, karena tempat saya bekerja sudah cukup lama dalam proses rekrutmen mengutamakan pelamar-pelamar yang punya basic talenta dalam berolahraga (atlit). Biasanya atlit bulutangkis, futsal, voli dan cabang olahraga lainnya.
    Sistem perekrutan seperti ini saya lihat cukup efektif, terlihat dari perolehan piala-piala dan penghargaan dalam kegiatan-kegiatan PORSE (terkait olahraga) antar pabrik.

    ReplyDelete
  7. A23-Samsa

    Jika dilihat sekilas proses rekrutmen terlihat mudah, tetapi jika kita lihat langkah-langkah dalam perekrutan itu akan terlihat sangat kompleks dan membutuhkan ketelitian dalam hal merekrut karyawan. Proses perekrutan karyawan adalah hal yang paling mendasar untuk mewujudkan tujuan, visi dan misi perusahaan. Itu dibuktikan oleh pemilihan orang yang tepat dalam suatu departemen. Jika menempatkan orang yang salah didalam suatu fungsi organisasi, maka dapat dipastikan organisasi tersebut mengalami disfungsional.

    ReplyDelete
  8. A14-Syahli

    Setelah mempelajari tentang rekrutmen, saya baru menyadari ternyata proses rekrutmen tidak semudah yang saya tahu. sebelum mengadakan rekrutmen, sebuah perusahaan melakukan analisis-analisis agar pada saat rekrutmen mendapat SDM yang tepat untuk posisi yang tepat. Sebelumnya mempelajari rekrutmen, saya menganggap rekrutmen merupakan proses simpel dalam mencari seseorang untuk posisi yang kosong/lowong.

    ReplyDelete
  9. A05-Ikhsan

    Dalam Perekrutan karyawan dari yang saya pelajari dan pahami, rekrutmen sangatlah penting pada setiap industri maupun perusahaan terkait dalam pemilihan calon karyawan yang tepat dan sesuai kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pandangan saya mengenai rekrutmen yakni memberikan kesenggangan ataupun lowongan kepada calon yang mampu dan memenuhi kriteria untuk ikut serta/bergabung dalam suatu organisasi maupun industri.

    ReplyDelete
  10. Doharmin - A02

    Perekrutan karyawan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan suatu organisasi sehingga dapat mununjang effektifitas dan effisiensi dalam perkerutan karyawan itu sendiri. Ada perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga ahli atau expert dibidang tertentu untuk suatu posisi tertentu, secara otomatis perusahaan akan mencari orang yang harus benar-benar tepat dalam posisi tersebut. Disisi lain ada juga beberapa posisi yang tidak memerlukan tenaga expert karena dapat di kembangakan sendiri oleh manajemen melalui training yang tersedia pada peruasahaan tersebut, tentu pemberian upah terhadap masing-masing kandidat diatas berbeda kerena adanya perbedaan persayaratan dalam pemilihan kandidat. Jadi perekrutan itu sendiri tidak lepas dari kebutuhan dan kemampuan perusahaan itu sendiri dalam mengelola sumber daya manusia.

    ReplyDelete
  11. A-25

    Rekrutmen adalah sebuah proses dimana sebuah perusahan mencari dan menganalisa SDM yang terbaik untuk memenuhi syarat akan kebutuhan karyawan atau pekerja dalam menciptakan lingkungan pekerjaan yang dinamis dan menambahkan peluang bagi SDM untuk bekerja guna memperoleh keuntungan yang banyak bagi perusahaan itu sendiri.

    ReplyDelete
  12. Setelah membaca artikel rekrutmen, kini saya mengerti dan memahami tujuan rekrutmen. Proses rekrutmen memiliki beberapa tujuan, antara lain:
    1. Untuk memikat sekumpulan besar pelamar kerja sehingga organisasi akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk melakukan pemilihan terhadap calon-calon pekerja yang dianggap memenuhi standar kualifikasi organisasi.
    2. Tujuan pasca pengangkatan (post-hiring goals) adalah penghasilan karyawan-karyawan yang merupakan pelaksana-pelaksana yang baik dan akan tetap bersama dengan perusahaan sampai jangka waktu yang masuk akal.
    3. Upaya-upaya perekrutan hendaknya mempunyai efek luberan (spillover effects) yakni citra umum organisasi haruslah menanjak, dan bahkan pelamar-pelamar yang gagal haruslah mempunyai kesan-kesan positif terhadap perusahaan.

    ReplyDelete
  13. Rekrutmen adalah proses menarik, skrining, dan memilih orang yang memenuhi syarat pekerjaan. Semua perusahaan dalam industri apa pun bisa mendapatkan keuntungan dari kontingensi atau mempertahankan perekrut profesional atau proses alih daya untuk agen perekrutan.

    ReplyDelete
  14. Rekrutmen merupakan salah satu hal yang penting dalam praktik-praktik Manajemen Sumber Daya Manusia. Suatu perusahaan harus mempunyai gambaran tentang hasil analisis pekerjaan dan rancangan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan sehingga perlu ada pengisian jabatan dengan Sumber Daya Manusia yang cocok dan berkualitas untuk pekerjaan tersebut. rekrutmen sebagai proses untuk mendapatkan sejumlah SDM yang berkualitas untuk menduduki suatu jabatan atau pekerjaan dalam suatu perusahaan. Tujuan dari rekrutmen itu sendiri adalah menerima pelamar sebanyak-banyaknya sesuai dengan kualifikasi kebutuhan perusahaan dari berbagai sumber sehingga memungkinkan akan terjaring calon karyawan dengan kualitas tertinggi dari yang terbaik.

    ReplyDelete
  15. Pedro Subekti A09
    #2. Rekrutmen

    Rekrutmen adaah proses menemukan dan merekrut kandidat dengan kualitas terbaik (bisa dari dalam atau luat organisasi) untuk lowongan pekerjaan tertentu, dilaksanakan secarfa efektif, tepat watu dan hemat biaya.
    Rekrutmen merupakan pintu pertama dalam proses MSDM, dimana kandidat akan dites sesuai prosedur yang ada. Dengan prosedur yang tepat, maka akan mendapatkan kandidat dengan potensi yang tepat pula.
    Rerutmen dilakukan secara internal & eksternal, tergantung kebutuhan organisasi/perushaan dalam mencapai tujuan dan sasarannya.

    ReplyDelete
  16. A01-Fitra

    Rekrutmen adalah cara yang paling efektif untuk mencari calon karyawan (atau anggota dalam suatu organisasi) yang dapat melakukan fungsi kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
    Proses rekrutmen yang terbagi menjadi 2 yaitu internal dan eksternal merupakan solusi yang positif. Dengan adanya rekrutmen internal, maka seseorang yang sebelumnya telah bekerja/mengabdi di suatu perusahaan memiliki kesempatan untuk memilih fungsi kerja yang diinginkan, tentu saja dengan memenuhi persyaratan yang diberikan. Biasanya hal ini dilakukan oleh perusahaan yang sudah cukup lama berdiri. Sedangkan rekrutmen eksternal memberikan kesempatan bagi para fresh graduate atau karyawan berpengalaman yang ingin bergabung dalam suatu perusaahaan tertentu dan memanfaatkan pengalamannya untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan. Biasanya hal ini dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang baru saja berdiri dan yang telah cukup lama berdiri namun masih kandidat internal yang tersedia tidak mencukupi.

    ReplyDelete
  17. A-21 Yusuf
    Saya mendapatkan pengetahuan bahwa Salah satu kunci utama dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional adalah terletak pada proses rekrutmen, Merupakan sebuah kewajiban dalam sebuah organisasi dan perusahaan-perusahan harus melakukan penyaringan untuk anggota atau para pekerja yang baru. Untuk itulah rekrutmen tenaga kerja dibutuhkan untuk menyaring para pelamar yang ingin melamar. Dalam organisasi, rekrutmen ini menjadi salah satu proses yang penting dalam menentukan baik tidaknya pelamar yang akan melamar pada organisasi tersebut.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Saya menarik kesimpulan bahwa agar produktifitas dalam suatu organisasi/perusahaan, diperlukan sejumlah pegawai atau karyawan yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam memenuhi kebutuhan pegawai/perusahaan tersebut dapat dilakukan dengan cara rekrutmen. Rekrutmen adalah serangkaian aktifitas mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian dan pengetahuan yang diperlukan untuk menutupi kekurangan yang didentifikasi dalam perencanaankepegawaian. Aktivitas rekrutmen dimulai calon mulai dicari dan berakhir pada saat lamaran mereka serahkan.

    ReplyDelete
  20. menurut saya, Merupakan sebuah kewajiban dalam sebuah organisasi dan perusahaan-perusahan dalam melakukan penyaringan untuk anggota atau para pekerja yang baru. Untuk itulah rekrutmen tenaga kerja dibutuhkan untuk menyaring para pelamar yang ingin melamar. Dalam organisasi, rekrutmen ini menjadi salah satu proses yang penting dalam menentukan baik tidaknya pelamar yang akan melamar pada organisasi tersebut.

    ReplyDelete
  21. Y-59 Renward Panyel Siahaan
    Proses rekrutmen dalam sebuah perusahaan atau organisasi merupakan hal yang paling penting, dan harus dilakukan secara selektif demi kemajuan perusahaan tersebut. Berdasarkan modul ini saya dapat menarik kesimpulan bahwa rekrutmen dapat dilakukan melalui 3 cara yaitu : internal (rapat perusahaan,papan, pengumuman), Eksternal(agensi tenaga konsultan tenaga kerja, pusat informasi periklanan lowongan kerja), dan Basic Manajemen Sistem Talenta melalui sistem strategis yang terstruktur, terencana, terpadu. Dilakukan mulai dari proses rekrutmen pemeliharaan sampai pengembangan karyawan bersangkutan. Proses rekrutmen seorang karyawan juga dapat didasarkan pada produktifitas karyawan tersebut dalam menjalankan pekerjaannya.

    ReplyDelete
  22. B02. Y-55 Hilman Arifin Koeswara
    Setelah memahami proses rekrutmen bisa dipahami proses ini adalah bagian dari re-generasi SDM disuatu perusahaan/organisasi.
    Dari rekrutmen calon kandidat diseleksi agar dapat diketahui personal kemampuan minat dan bakat untuk dicocokkan penempatan dibagian pekerjaan dalam perusahan/organisasi.
    Ada 3 cara/metode dalam melakukan proses rekrutmen yaitu :
    1. Rekrutmen internal
    2. Rekrutmen External dan
    3. Rekrutmen Berbasic manajemen sistem talenta
    Dalam prosesnya calon kandidat yang ingin ikut serta dalam proses rekrutmen mengikuti beberapa tahapan tes, Perusahaan/organisasi biasanya mempunyai standard beberapa tahapan tes rekrutment dengan cara jika pelamar minat bergabung dengan perusahaan/organisasi tsbt maka pelamar diwajibkan melakukan pendaftaran calon peserta seleksi biasanya dengan cara mengisi formulir applikasi web, mengirim curriculum vitae soft file ke email atau hard file via post lengkap, setelah itu tim rekrutmen akan melakukan proses seleksi sistem gugur dengan tahapan proses sebagai berikut :
    1. Seleksi adminstrasi
    2. Psikotes
    3. Interview HRD
    4. Interview USEE
    5. Tes kesehatan
    Jika peserta seleksi lolos dari tahapan-tahapan tersebut makan kandidat diterima didalam perusahaan/organisasi tsbt dan selanjutnya mengikuti proses pembimbingan training untuk pengembangan SDM dan ditempatkan dibagian pekerjaan diperusahaan/organisasi.

    ReplyDelete
  23. B02, Y37 Tarma Wijaya

    Perkembangan dan pertumbuhan perusahaan perlu didukung dengan sumber daya manusia yang kompeten dan memiliki kinerja yang unggul. Proses penyiapan sumber daya manusia yang kompeten dimulai melalui proses perencanaan SDM yang sistematis.

    Melalui perencanaan SDM inilah dilakukan penetapan strategi untuk memperoleh, memanfaatkan, mengembangkan, dan mempertahankan SDM sesuai dengan kebutuhan perusahaan sekarang dan pengembangannya di masa depan.

    Selanjutnya, terdapat tiga prinsip utama yang perlu diperhatikan dengan cermat ketika melakukan proses perencanaan SDM :
    1. Tujuan Perencanaan SDM harus dihubungkan dengan program dan kegiatan bisnis yang diemban oleh setiap unit kerja berdasarkan beban kerjanya. Strategi dan rencana bisnis ke depan merupakan dasar yang sangat penting untuk mulai menyusun perencanaan SDM
    2. Penetapan persyaratan atau kualifikasi SDM yang tepat harus dirancang dan dipergunakan dalam rekrutmen dan seleksi. Perencanaan SDM yang baik juga selalu diawali dengan penetapan kualifikasi SDM yang jelas dan diterapkan secara konsisten dalam proses rekrutmen/seleksi.
    3. Proses perencanaan SDM harus juga disertai dengan prediksi permintaan (demand) dan persediaan (supply) pasar tenaga kerja (internal dan eksternal). Perencanaan SDM harus didasarkan pada prediksi yang cukup akurat dan dilakukan secara kontinyu, mengenai pola demand dan supply tenaga kerja, baik pada sisi internal perusahaan ataupun sisi eksternal

    ReplyDelete
  24. B02, Y-59 Renward Panyel Siahaan
    Proses rekrutmen dalam sebuah perusahaan atau organisasi merupakan hal yang paling penting, dan harus dilakukan secara selektif demi kemajuan perusahaan tersebut. Berdasarkan modul ini saya dapat menarik kesimpulan bahwa rekrutmen dapat dilakukan melalui 3 cara yaitu : internal (rapat perusahaan,papan, pengumuman), Eksternal(agensi tenaga konsultan tenaga kerja, pusat informasi periklanan lowongan kerja), dan Basic Manajemen Sistem Talenta melalui sistem strategis yang terstruktur, terencana, terpadu. Dilakukan mulai dari proses rekrutmen pemeliharaan sampai pengembangan karyawan bersangkutan. Proses rekrutmen seorang karyawan juga dapat didasarkan pada produktifitas karyawan tersebut dalam menjalankan pekerjaannya.

    ReplyDelete
  25. B-02, Y46-Reno

    Proses penyeleksian pegawai / calon pegawai tidak bisa dilepaskan dari peran Manajemen SDM di sebuah organisasi.

    Proses rekrutmen di beberapa perusahaan sangat bervariatif, beberapa bersifat simpel dan tidak terlalu banyak tahapan, tetapi tidak sedikit organisasi/perusahaan yang menerapkan sistem rekrutmen berbasis manajemen talenta yang sudah sangat tersusun, terintegrasi denga sistem perusahaan dan selain untuk menemukan kandidat pegawai, sistem ini juga berbasis pengembangan karyawan kedepanya.

    diantara semua proses penyeleksian, tujuan dilaksanakan rekrutmen tetaplah sama. mencari, menyeleksi calon pegawai yang kualifikasi nya sesuai dengan jabatan yang dilamarnya.

    Dewasa ini, perkembangan sistem pencarian kandidat sudah sangat modern, dimulai dari pencarian kandidat sendiri oleh perusahaan, kerjasama dengan yayasan tenaga kerja, bahkan sampai berbasis online application. yang membuat kandidat semakin bervariatif, yang membuat daya saing semakin tinggi ditengah proses rekrutmen tsb.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. B-02, Y57-Fuad

    Saya menjadi memahami bahwa proses rekruitmen memegang peranan yang cukup penting dalam proses penyediaan SDM pada suatu organisasi. Banyak organisasi baik besar maupun kecil menerapkan sistem rekruitmen disesuaikan dengan kebutuhan standar kualifikasinya.

    Metode rekruitmen ada 3, yaitu Rekruitmen Internal, External dan Manajemen Sistem Talenta (MST). Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    Rekruitment Internal memiliki kelebihan sebagai sarana jenjang dan jalur karir dan kandidat sudah memiliki pengetahuan dasar yang cukup terhadap nilai-nilai dan budaya organisasi. Sedangkan kelemahannya adalah kurangnya kreatifitas akan ide-ide baru untuk pengembangan organisasi.

    Rekruitment Eksternal memiliki kelebihan sebagai bisa mendapatkan kandidat yang mungkin lebih baik karena membawa ide-ide baru dari luar organisasi untuk diterapkan dengan tujuan memberi nilai tambah bagi organisasi itu sendiri. Kelemahannya adalah perlu adanya sesi induksi agar kandidat memahami dan mampu menerapkan nilai-nilai dan budaya organisasi.

    Sedangkan rekrutmen dengan Manajemen Sistem Talenta saat ini dipercaya menjadi metode yang terbaik saat ini karena basis Talenta sudah dipersiapkan/direncanakan matang ke dalam standar kompetensi kualifikasi rekrutmen baik untuk kandidat yang berasal dari internal dan eksternal organisasi. Manajemen Sistem Talenta juga dikembangkan untuk memetakan jalur karir sdm pada organisasi tersebut sesuai dengan rencana strategi organisasi dalam melaksanakan misi untuk mencapai visinya.

    ReplyDelete
  28. B02, Y-38 Beny Mansel Sinaga

    Perusahaan/Organisasi yang berkembang tentunya memiliki Management & SDM yang berkualitas & mumpuni. Recruitment merupakan wadah yang tepat untuk menjaringnya.
    Calon tenaga kerja yang akan direkrut dapat diambil dari internal organisasi maupun eksternal organisasi. Perekrutan tenaga kerja dari dalam biasanya dilakukan oleh organisasi/perusahaan yang telah lama berjalan dan memiliki sistem karir yang baik. Perekrutan tenaga kerja dari dalam memiliki keuntungan, diantaranya adalah tidak mahal, promosi dari dalam dapat memelihara loyalitas dan integritas pegawai, dan tidak diperlukan masa adaptasi yang terlalu lama, karena sudah terbiasa dengan atmosfir yang ada. Namun demikian perekrutan dari dalam juga berarti terjadinya pembatasan terhadap bakat yang sebenarnya tersedia bagi organisasi dan mengurangi peluang masuknya pemikiran baru.

    ReplyDelete
  29. B02,Y56 Antonio Vivaldi S

    Proses Rekrutmen dalam suatu perusahaan mempunyai peranan penting dalam regenerasi SDM, untuk mendapatkan SDM yang qualified. Melalui proses ini pula akan diketahui bakat,minat, dan penempatan yang sesuai. Proses rekrutmen sendiri ada 3 macam :
    1. Internal
    Proses Rekrutmen melalui rapat
    perusahaan, papan pengumuman,
    intranet.
    2. Eksternal
    Proses rekrutmen dapat melalui
    konsultan,agensi tenaga kerja,pusat
    lowongan kerja, atau biro perikanan.
    3. Basis Manajemen Sistem Talenta
    sistem rekrutmen yg terstruktur dan ternyata. Mulai dari rekrutmen pemeliharaan, hingga pengembangan karyawan tsb. Tingkat produktifitas karyawan terhadap pekerjaannya juga dapat berpengaruh pada proses rekrutmen. Misalnya, perusahaan melihat potensi lebih pada seorang karyawan. Maka perusahaan tsb akan memberikan bimbingan dan kesempatan yang lebih bagi karyawan tsb dibidang keahlian nya.

    ReplyDelete
  30. B02, Y-39 Sumaryono
    proses rekrutmen merupakan salah satu faktor penting dalam menemukan SDM yang berkualitas bagi suatu perusahaan. proses ini bertujuan untuk mencari SDM yang berkualitas sehingga dengan adanya SDM yang berkualitas akan memberikan manfaat bagi perusahaan. pada umumnya proses rekruitmen dapat dilakukan melalui proses rekrutmen internal, ekternal maupun rektrutmen yang berbasis manajemen sistem talenta (MST). setiap perusahaan meiliki proses rekrutmen yang berbeda tergantung dengan kebutuhan perusahaan masing-masing. pada umumnya proses rekrutmen perusahaan terdiri dari 5 tahapan diantaranya,
    1. Seleksi administrasi
    2. psikotes
    3. wawancara HRD
    4. wawancara User
    5. kesehatan
    calon kryawan yang lolos biasanya akan dihubungi oleh pihak perusahaan dan akan ditempatkan sesuai dengan kemampuan masing-masing. oleh karena itu, proses rekrutmen sangat penting dalam sebuah perusahaan untuk menemukan SDM yang berkualitas.

    ReplyDelete
  31. Rekrutmen ialah suatu proses menemukan kandidat untuk SDM berkualitas terbaik, untuk suatu lowongan tertentu.Selain itu, harus dilaksanakan pula dengan efektif dan hemat biaya.Rekrutmen sendiri terbagi menjadi 2 yaitu rekrutmen internal dan rekrutmen eksternal.
    Rekrutmen internal ialah proses menemukan kandidat untuk suatu lowongan tertentu yang ditujukan kepada karyawan perusahaan tersebut. Biasanya rekrutmen internal diumumkan di spot-spot sekitar perusahaan (papan pengumuman, intranet, rapat). Rekrutmen eksternal biasanya menggunakan agensi tenaga kerja, konsultan, pusat informasi lowongan kerja, dan periklanan.
    Rekrutmen berbasis sistem manajemen talenta antara lain, suatu sistem strategis dan terpadu yang meliputi rekrutmen, pemeliharaan dan pengembangan karyawan.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Rekrutmen adalah proses untuk mencari atau menemukan calon karyawan yang pas sesuai dengan kekosongan yang dibutuhkan, sehingga kekosongan tersebut dapat di isi dengan orang yang tepat. Oleh karena itu dalam pemilihan calon karyawan biasanya dilakukan sangat ketat dengan tahapan - tahapan sebagai berikut :
    1. Psikotest
    2. Interview Hrd
    3. Interview User
    4. Tes kesehatan

    Dengan adanya syarat atau tahapan seperti diatas, dapat disimpulkan bahwa hampir semua perusahaan berharap calon karyawan yang lulus seleksi, benar - benar mempunyai kesiapan, baik secara mental maupun attitude.

    ReplyDelete
  34. B02; Y-40 Vincentius
    Setelah melihat modul tentang Rekruitment dan mempelajari lebih luas dari beberapa sumber. Proses rekruitment memang cukup rumit, dimana setiap perusahaan mempunyai standarisasi berbeda terkait proses rekruitmen. dan terlebih proses rekruitment membutuhkan beberapa langkah untuk mendapatkan SDM sesuai yang dibutuhkan. maka dari itu wajar kalau banyak sekali lowongan pekerjaan namun masih banyak juga pengangguran karena proses rekruitmen memang sangat ketat. Dan juga hal ini guna mendapatkan manusia berkualitas guna membangun perusahaan itu sendiri.

    ReplyDelete
  35. B02, Y58-vionna

    Setelah melihat modul tentang rekrutmen menurut saya, Sumber daya manusia (SDM) dalam suatu perusahaan memegang peranan yg sangat penting dalam menentukan kemajuan dan tercapainya visi dan misi suatu organisasi/perusahaan. Rekrutmen merupakan bagian yg sangat penting yg harus dilakukan bagi suatu perusahaan karna rekrutmen merupakan kegiatan dalam menyeleksi calon karyawan baru yg memiliki talenta sehingga dapat membantu mewujudkan tujuan perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

    ReplyDelete
  36. Setelah membaca modul mengenai rekrutmen. Disini saya memahami bahwa proses rekrutment yang dilakukan oleh perusahaan tidaklah mudah untuk mencari SDM yang berkuaitas dan tepat yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sehingga setiap perusahaan mempunyai kriteria sendiri-sendri tergantung standar yang dibutuhkan. Proses rekrutment juga tidak dilakukan cepat, banyak proes yang harus dilalui oleh calon karyawan untuk dapat masuk kedalam perusahaan, ini yang menjadikan setiap calon karyawan harus dapat memahami apa yang dimau oleh perusahaan sebelum melakukan proses lamaran.

    ReplyDelete
  37. Tugas B02 Y45-Dewi

    Pengadaan (Procurement) adalah merupakan fungsi operasional yang utama dari MSDM. Pengadaan tenaga kerja merupakan masalah yang penting. Mencari tenaga kerja tidak semudah membeli dan menempatkan sebuah mesin. Tidak seperti mesin, manusia memiliki pikiran, perasaan, status dan pendidikan yang tidak mudah diatur sepenuhnya untuk mencapai tujuan perusahaan. Rekrutmen yang baik harus memperhatikan job description dan kebutuhan perusahaan baik itu kualitas atau kuantitas agar tujuan rekrutmen dapat tercapai secara efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  38. B02, Y-44 Muhammad AR
    Setelah saya memlihat dan membaca modul mengenai Recruitment dapat disimpulkan yaitu Rrecruitment menemukan/ mrecuit kandidat yang berpotensi/yang terbaik untuk lowongan kerja tertentu ada, 3 metode recruitmen:
    1. Internal menemukan kandidat dari papan pengumuman, rapat perusahaan dan intranet
    2. Eksternal menemukan kandidat melalui agen tenaga kerja,konsultan periklanan, pusat informasi lowongan kerja
    3. Basis management sistem talenta menemukan kandidat proses yang terencana atau terstruktur mulai dari pemeliharaan sampai pengembangan

    Dengan Adaya 3 metode ini tentunya menjadi daya sarana infomasi yang effisien walaupun ada kelebihan dan kekurangannya, tentunya setiap prushaan yang akan melakukan proses recruitment memilih sarana yang lebih efektif demi berlangsung nya tahapan2n seleksi yang tidak membutuhkan waktu lama baik tahap Psikotes, wawancara,interview, kesehatan dan lain-lain

    ReplyDelete
  39. B02, Y-54 Estu
    Rekrutmen merupakan program wajib suatu perusahaan, dalam rangka untuk meningkatkan SDM demi kemajuan perusahaan itu sendiri. Setiap perusahaan mempunyai tahap-tahap seleksi ataupun metode tersendiri. Namun pada dasarnya ada 3 metode seperti yang telah saya pelajari di Modul 2, yaitu :
    1. Internal, Penarikan tenaga kerja yang berasal dari sumber internal dilakukan dengan cara memberdayakan pegawai yang sudah ada.
    2. Eksternal, yaitu Penarikan tenaga kerja dari sumber eksternal dilakukan dengan merekrut pegawai dari luar perusahaan seperti melalui agen tenaga kerja, konsultan periklanan, pusat informasi lowongan kerja.
    3. Basis Management Sistem Talenta, Penarikan Tenaga kerja melalui proses yang terencana atau terstruktur mulai dari pemeliharaan sampai pengembangan.
    Dengan adanya metode diatas, perusahaan akan lebih efisien, tepat waktu, dan hemat biaya.
    Posted by Estu Adi Sambudi at 8

    ReplyDelete
  40. Y61- Klara Proses Rekrutmen dalam suatu perusahaan mempunyai peranan penting dalam menentukan regenerasi SDM dan juga mendapatkan SDM yang berkualitas. Melalui proses rekruitment suatu perusahaan akan mengetahui bakat,minat, dan penempatan yang sesuai untuk calon yg mereka seleksi. Proses rekrutmen sendiri ada 3 macam :
    1. Internal Proses Rekrutmen melalui rapat perusahaan, papan pengumuman, dan web perusahaan yg dikhususkan bagi internal.
    2. Eksternal Proses rekrutmen dapat melalui konsultan,agensi tenaga kerja,pusat lowongan kerja, atau biro periklanan.
    3. Basis Manajemen Sistem Talenta merupakan suatu cara rekrument yang sangat bermanfaat bagi pengembangan karir bagi calon karyawan yang benar-benar memiliki talenta dan memberi keuntungan yg positif bagi keduabelah pihak.

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. B02, Y-49 Oky
    Proses Rekrutmen yang dilakukan pada setiap perusahaan memiliki posisi penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia pada perusahaan tersebut yang nantinya akan berdampak pada keberlangsungan perusahaan itu sendiri. oleh karena itu proses rekrutmen adalah hal penting yang wajib dilakukan oleh setiap perusahaan.
    Dari modul yang saya pelajari ada beberapa poin yang saya dapat mengenai rekrutment, Pengertian rekrutment secara umum adalah sebuah proses mencari, menemukan, dan merekrut kandidat dengan kualitas terbaik dari dalam ataupun luar organisasi itu sendiri, dengan kualifikasi tersendiri untuk lowongan pekerjaan tertentu.
    Proses rekrutment itu sendiri pada dasarnya memiliki 3 metode dasar.
    1.Rekrutmen internal, bisa melalui intranet, papan pengumuman, ataupun rapat perusahaan.
    2.Rekrutmen eksternal, dapat dilakukan melalui agensi tenaga kerja, konsultan, biro periklanan, atau pusat informasi lowongan kerja
    3. Rekrutmen berbasis system manajemen talenta, adalah rekrutmen yang menggunakan suatu system yang strategis, terencana, dan terstuktur mulai dari rekrutmen itu sendiri, pemeliharaannya, sampai pengembangan diri karyawan yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. B02, ( Kode Peserta N/A ) Javan Nazir
    Setelah saya membaca modul 02 tentang rekrutmen dengan seksama, proses rekrutmen merupakan salah satu inti dari seluruh proses management sumber daya manusia. Proses rekrutmen merupakan proses fundamental dalam perusahaan untuk memilih dan menyeleksi karyawan secara efektif dan efisien sehingga tidak adanya pemborosan dalam proses tersebut. Proses rekrutmen bukan hanya sekedar proses seleksi saja, namun mencakup upaya menjaga karyawan yang dipilih dan mengembangkan karyawan tersebut. Ada 3 jenis rekrutmen,
    yaitu :

    1.Rekrutmen Internal : Merupakan proses rekrutmen yang ada di dalam organisasi perusahaan tersebut. Biasanya penyebaran berita lowongan ada di intranet perusahaan, papan pengumuman atau dalam rapat perusahaan. Dari apa yang saya pahami disini, rekrutmen internal merupakan proses rekrutmen dalam cakupan perusahaan yang sama namun bisa beda seksi, departemen ataupun divisi atau biasa dikenal di dalam dunia kerja dengan kata ‘rotasi’ lintas seksi, departemen maupun divisi.

    2.Rekrutmen Eksternal : Merupakan proses rekrutmen dengan menambah tenaga kerja dari luar perusahaan. Media penyebaran berita lowongan kerjanya pun banyak, bisa melalui agensi tenaga kerja, konsultan rekrutmen, pusat informasi lowongan kerja, balai latiahan kerja dan juga dengan periklanan.

    3.Rekrutmen Berbasis Sistem Talenta : Merupakan suatu sistem terpadu dimulai dari proses rekrutmen, memelihara, sampai mengembangkan karyawan bertalenta. Jadi dengan kata lain, rekrutmen berbasis sistem talenta akan menjadikan karyawan tersebut sebagai ahli di suatu bidang sesuai dengan bakat yang dia miliki. Maka dengan rekrutmen berbasis sistem talenta, karyawan harus terus menerus dikembangkan. Saya rasa metode rekrutmen berbasis sistem talenta sangat bagus karena dapat mengurangi biaya kesalahan karena rekrutmen dan pengembangan manusia yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan bakat dan keahliannya.

    Dewasa ini, pada kondisi ekonomi sangat tidak stabil dan banyak perusahaan yang memotong biaya rekrutmen yang besar bahkan menghentikan proses rekrutmen. Di perusahaan tempat saya bekerja bahkan lebih memilih jenis rekrutmen internal atau bersifat rotasi. Karena seperti dikatakan tadi bahwa merekrut orang dari luar ( eksternal ) membutuhkan biaya lebih.

    ReplyDelete
  45. Tugas P02, @A03-MELINDA

    Tujuan utama rekruitmen adalah mencari pelamar sebanyak-banyaknya yang sesuai dengan klasifikasi atau spesisikasi yang dibutuhkan oleh organisasi sehingga memungkinkan terjaring calon karyawan yang kompeten, memiliki kuallitas yang tinggi dan gaji yang terbaik. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut diperlukan penerapan prinsip-prinsip dari rekruitmen dan dengan memadupadankan sumber rekruitmen agar dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi saat prose rekruitmen sehingga tercapinya suatu tujuan rekruitmen.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.