Tuesday, September 15, 2015

Program Operation Training PT.Elnusa.Tbk Tahun 2014



PT.Elnusa.Tbk adalah salah satu perusahaan energi terkemuka di Indonesia yang berdiri pada tanggal 25 Januari 1969. Elnusa (ELSA) merupakan anak usaha dari PT Pertamina (persero) yang awalnya bernama PT Electronika Nusantara. Sebagai bagian dari perusahaan pemerintah Indonesia yang bergerak dalam bidang jasa energi maka saham dari Elnusa sebagaian besar dimiliki oleh pemerintah Indonesia. 


Bisnis dan usaha yang dijalankan oleh PT Elnusa Tbk meliputi beberapa kegiatan diantaranya perdagangan, pertambangan, pembangunan dan perindustrian serta jasa dalam bidang minyak bumi dan energi terbesar di Indonesia. Dalam menjalankan usahanya PT ELSA dituntut untuk selalu mematuhi tata kelola perusahaan yang baik serta taat pada peraturan pemerintah supaya tercipta perusahaan yang kuat, solid serta dipercaya masyarakat baik di Indonesia maupun di mancanegara. PT Elnusa juga sangat peduli terhadap karyawannya, hal ini terbukti dengan diberlakukannya layanan call center di nomor 500 545 khusus karyawan mengenai layanan asuransi jiwa dan kesehatan, informasi rumah sakit, bantuan kelahiran, pemakaman, pengembangan SDM, pelatihan, karir, profil kompetensi serta kesejahteraan karyawan. 

Saat ini anak perusahaan Pertamina ini telah memiliki beberapa anak perusahaan  diantaranya  PT  Elnusa petrofin, PT Elnusa patra ritel, PT Patra nusa data, PT Sigma cipta utama serta PT Patra telokomunikasi Indonesia PT Elnusa  (ELSA) tahun 2015 ini kembali mendapatkan kontrak baru sebesar Rp 620 miliar, dari rencana tersebut ELSA menyiapkan dana sebesar Rp 500 miliar PT Elnusa Tbk.
    
Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi SDM Secara Terintegrasi Perseroan Terus Memperkuat Peran elnusa petroleum School (EPS) Sebagai Pengelola Dan Penanggung jawab Pelatihan, selama 2014 EPS memiliki 2 Program Besar Dalam Meningkatkan kompetensi karyawan, Program Pertama adalah Program Training Program, untuk mengisi gap kompetensi, Sedangkan yang kedua adalah program leasson learnt yang bertujuan memberikan pengetahuan bagi SDM perseroan terhadap industri energy beserta isu-isu terkini. 2 program tersebut adalah OTP (Operation Trainig Program) dan HTP (HSE Training Program).

Program ini Dibentuk Untuk menghasilkan insan elnusa yang terbaik untuk mengisi line bisnis elnusa di Operation project-project di berbagai divisi operation dan sekaligus untuk me-regenerasi SDM di PT.Elnusa.Tbk

Proses Rekrutment di PT.ELNUSA.Tbk :

1.    Submit data via online di www.elnusa.co.id/career/index.php
2.    Psikotest Dan TPA, Psikotes yg meliputii tes tertulis dan interview psikologi
3.    Interview User (calon Atasan)
4.    TOEIC
5.    MEDICAL CHEK UP
6.    Interview top management
7.    Diksarplin
8.    OJT

Terdapat 3 langkah yang harus dilakukan perusahaan dalam merumuskan model rekrutmen dan seleksi karyawan. Pertama, perusahaan harus menentukan sumber karyawan. Kedua, menentukan metode rekrutmen yang tepat. Ketiga, menentukan metode seleksi yang tepat berdasarkan metode yang digunakan.

Setelah menentukan metode rekrutmen, maka metode tersebut harus didukung dengan metode seleksi yang tepat. Dalam metode seleksi, perusahaan dapat memfokuskan pada tes kemampuan dan potensi akademik. Selain itu, perusahaan juga dapat menggunakan tes kemampuan verbal, tes kemampuan kualitatif, dan tes kemampuan berargumen. Penggunaan suatu metode seleksi tergantung pada kualifikasi seorang pelamar yang diinginkan oleh perusahaan.
Dalam Hal rekrutment ini elnusa investasi dengan melakukan rekrutment eksternal dari freshgraduate dan eksternal yang harapannya ada inovasi-inovasi baru yang akan dibawa lulusan baru untuk menunjang bisnis elnusa. Dengan harapan bisnisnya akan semakin maju dan dapat menguasai pasar global di bidang energi
Dengan menggunakan beberapa tahapan seleksi calon karyawan yang digunakan elnusa untuk mendapatkan calon karyawan yang berkualitas dan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan, elnusa untuk menjalankan bisnisnya, Salah satu cara yg digunakan elnusa cukup efektif dengan memberikan diksarplin kepada calon karyawan yang dilaksanakan dan dilatih oleh TNI angkatan laut (marinir) karena disana calon karyawan dilatih dan didik untuk disimplin dan loyal, selain itu calon karyawan memiliki softskill mental, fisik, dan, leadership, tim work yg baik setelah melakukan diksarplin yg di latih oleh pihak marinir, dikarenakan medan kerja yang nantinya mereka akan bekerja di laut di hutan dll diseluruh proyek elnusa


Setelah diksarplin para calon karyawan melakukan on job training, disini para calon karyawan langsung terjun dan terlibat dalam pekerjaan dengan harapan dapat menguasai dan terbiasa dalam jangka waktu yang ditentukan, yang nantinya akan dipersentasikan kepada user dan HR dalam hal ini yang menentukan calon karyawan berhak bergabung atau tidak di organisasi,
Sumber
annual report tahunan “Human Resources Reinforcement for growth readiness” PT. Elnusa Tbk 2014
https://psychosystem.wordpress.com/2011/02/09/recruitment/

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.