Wednesday, September 30, 2015

Pelatihan dan Pengembangan Karyawan PT. Pelabuhan Indonesia II


Pelatihan dan pengembangan SDM adalah hal utama yang harus ada dalam sebuah manajemen SDM. Pelatihan sangat penting bagi karyawan baru maupun karyawan yang sudah lama. Pelatihan didefinisikan sebagai suatu kegiatan untuk meningkatkan kinerja saat ini dan di masa mendatang.
Pelatihan sebagai bagian pendidikan yang menyangkut proses belajar untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan di luar sistem pendidikan yang berlaku dalam waktu yang relatif singkat dengan metode yang lebih mengutamakan pada praktik daripada teori. Pelatihan bertujuan agar setiap karyawan tersebut mampu menghadapi situasi – situasi yang selalu berubah. Sementara itu program pengembangan SDM bertujuan untuk mengembangkan keterampilan untuk pekerjaan masa depan. Pengembangan SDM merupakan suatu proses pendidikan jangka panjang yang mempergunakan prosedur sistematis dan terorganisir dimana karyawan manajerial mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritis guna mencapai tujuan umum.


PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) yang memiliki identitas baru menjadi IPC (Indonesia Port Corporation) perusahaan yang bergerak dibidang penyedia jasa layanan kepelabuhan di Indonesia yang dibentuk pada tahun 1960 oleh Pemerintahan Republik Indonesia sebagai pengelola pelabuhan laut di Indonesia. Adapun program pelatihan dan pengembangan di IPC yaitu program beasiswa pendidikan Pasca Sarjana dalam dan luar negeri adalah salah satu program terbaik dari IPC melakukan investasi besar-besaran pada karyawan dengan memberikan beasiswa pendidikan pasca sarjana pada Universitas ternama di dalam dan luar negeri. Tujuan dari dilaksanakannya untuk memberikan kesempatan pada karyawan berprestasi untuk meningkatkan kapabilitas dan kompetensi dalam rangka membangun profesionalisme. Program pasca sarjana ini di adakan di Universitas dalam Negeri seperti UI dan UGM, serta di Universitas Luar Negeri diantaranya Shanghai Maritime University (Cina), World Maritime University (Swedia), dan universitas lainnya. Sasarannya adalah seluruh karyawan yang memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus dalam ujian seleksi potensi akademik diantaranya tingkat pendidikan S1 dengan masa kerja selama 2 tahun.
Executive MBA merupakan program yang dirancang untuk jajaran pemimpin perusahaan (1 dan 2 level dibawah direksi) untuk melanjutkan pendidikan pasca sarjana. Pelatihan, Seminar dan Workshop yang melibatkan karyawan dengan berbagai level dari jajaran direksi, anak perusahaan hingga karyawan baru untu meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill karyawan. Port and Logistic Institute IPC membangun sebuah pusat pelatihan kepelabuhanan (port training center) untuk meningkatkan kapasitas SDM.
 Program orientasi calon karyawan. mencakup class room dan on-the-job training. Program ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi (knowledge, skill dan attitude) calon karyawan diselenggarakan selama 3 bulan dengan berbagai tahap diantaranya orientasi berprestasi dan nilai perusahaan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola, meningkatkan, dan mempertahankan motivasi yang tinggi, memberikan pemahaman terhadap nilai-nilai dan perilaku inti perusahaan, serta mempersiapkan mental sebagai seorang pekerja. Kesemaptaan bertujuan agar peserta memiliki integritas, disiplin, tanggung jawab,  bekerja sama dalam tim, sikap melayani, sigap fisik dan mental, dan pengambilan keputusan untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Orientasi Pelabuhan, Calon pegawai IPC diberikan gambaran umum tentang proses bisnis perusahaan dan keterkaitan dengan industri maritim. Orientasi Peran – Stafuntuk memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis yang dibutuhkan sebagai staf IPC. Orientasi bidang, peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan teknis pada masing-masing bidang sesuai dengan formasi dan kebutuhan perusahaan. On Job Training merupakan program penutup dari serangkaian program orientasi calon karyawan. Setelah melalui beragam program pelatihan, para calon karyawan kemudian dikirim ke salah satu dari 12 kantor cabang perusahaan PT Pelindo II untuk melakukan on job training. Program ini dilakukan dalam ragka menyiapkan calon pegawai untuk menerapkan secara langsung ilmu dan informasi  yang didapat. Program ini juga akan memberikan gambaran mengenai ragamnya kegiatan kepelabuhanan di setiap wilayah.

Sumber : disini
Daftar Pustaka :

1.      Rivai Zainal, Viethzal, dkk. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktek Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.
2.      Http://www.pelatihan-sdm.net/pelatihan-dan-pengembangan-sdm/. Diakses pada tanggal 30 September 2015.
3.      http://www.indonesiaport.co.id/sub/pelatihan-and-pengembangan.html. Diakses pada tanggal 30 September 2015.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.