Wednesday, September 30, 2015

Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Baru PT Denso

Berbagai masalah yang dihadapi pada era globlalisasi ini, salah satunya adalah masalah kependudukan yang semakin banyak namun tidak ditunjang dengan ketersediaan lapangan pekerjaan, sehingga kesejahteraan menjadi sebuah barang langka.
Demikian pula dalam suatu perusahaan terkadang juga mengalami permasalahan yang sama yaitu memiliki sumber daya manusia yang banyak, namun perusahaan belum dapat memaksimalkan potensi yang ada tersebut. Hal ini yang mendorong perusahaan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja.

Dalam proses penerimaan tenaga kerja pihak perusahaan harus mulai selektif, hal ini bertujuan untuk mendapatkan tenaga kerja yang benar-benar kompeten dan handal sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Tenaga kerja yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru dan dapat bekerja dengan baiklah yang dibutuhkan perusahaan.

Disamping faktor produksi seperti mesin, modal, serta alat produksi perlu di tingkatkan, sumberdaya manusianya pun perlu ditingkatkan. Maka dari itu perusahaan perlu mengadakan pelatihan dan peningkatan ketrampilan guna meningkatkan kinerja karyawan sehingga perusahaan dapat berkembang atau bahkan maju.

Pada dasarnya Pelatihan dan Pengembangan mempunyai pengertian yang berbeda menurut para ahli. Menurut T. Hani Handoko “Karyawan-karyawan baru biasanya telah memiliki pendidikan dan pelatihan dasar yang diperlukan. Mereka adalah produk dari suatu sistem pendidikan dan mempunyai pengalaman yang di peroleh dari organisasi lain yang telah memberikan pada mereka suatu tingkat pelatihan kemampuan dan kecakapan tertentu.
 Meskipun program orientasi serta latihan dan pengembangna memakan waktu dan dana, hampir semua organisasi melakukannya, dan menyebut biaya-biaya untuk berbagai program tersebut sebagai investasi dalam sumberdaya manusia. Pengertian pelatihan adalah suatu kegiatan yang dimaksudkan untuk memperbaiki penguasaan berbagai ketrampilan dan teknik pelaksanaan kerja tertentu, teliti, dan rutin. Latihan menyiapkan para karyawan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan sekarang.
Dari pengertian tersebut pelatihan dan pengembangan tidak hanya pada karyawan saja, calon karyawan pun berhak mendapatkan pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan skill berkerja dan dapat cepat beradaptasi di area kerjanya. Pelatihan tersebut di dapatkan dalam Green Card. Tujuan dari training green card adalah
·         Karyawan baru mengetahui system produksi
·         Karyawan baru mengetahui basic skill dari qualitas yang harus dipenuhi
·         Karyawan baru mengetahui standar safety yang harus di patuhi
·         Karyawan baru mengetahui aturan – aturan yang berlaku dalam berkerja
·         Karyawan baru dapat memecahkan masalah produksi (operasional)
Setelah proses training tersebut, diketahui sampai sejauh mana pemahaman yang dimiliki oleh karyawan baru. Hasil tersebut adalah sebagai data tahapan untuk penempatan karyawan baru sesuai dengan basic skill yang dia peroleh pada training tersebut. 


Daftar Pustaka

T. Hani, Handoko. 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Handoko, T. Hani. 2004. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi 2. Yogyakarta:
BPFE.
 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.