Friday, September 18, 2015

Rekrutmen Front Office Staff Pada Badan Penerbit dan Publikasi UGM

 Sebuah perusahaan, badan ataupun lembaga dalam menjalankan organisasinya tentunya mengharapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia yang berkualitas bisa didapatkan dengan melalukan rekrutmen. 


ekrutmen merupakan serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian, dan pengetahuan yang diperlukan guna menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian (1). Adapun tujuan rekrutmen adalah menerima pelamar sebanyak-banyaknya sesuai dengan kualifikasi kebutuhan perusahaan dari berbagai sumber, sehingga memungkinkan terjaring calon karyawan dengan kualitas tertinggi dari yang terbaik (2). Sedangkan dasar dalam perekrutan karyawan adalah keahlian, pengalaman, kesehatan fisik, pendidikan, umur, kerjasama, kejujuran, inisiatif dan kreatif serta kedisiplinan(3).  Dalam melakukan rekrutmen, sebuah perusahaan, badan ataupun lembaga tentunya mempunyai prosedur-prosedur tersendiri yang cukup ketat agar proses perekrutan calon karyawan (pegawai) bisa lebih efektif. 

Adapun tahapan atau langkah proses rekrutmen yang efektif antaralain adalah sebagai berikut: 
1. Identifikasi jabatan yang lowong dan jumlah tenaga kerja yang diperlukan. 
2. Mencari informasi jabatan. Hal ini dilakukan sebagai landasan dalam membuat persyaratan jabatan agar dalam penerapannya tidak ditemui ketidakjelasan yang mengganggu proses selanjutnya. 
3. Menentukan kandidat yang tepat. Pencarian kandidat dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dari dalam perusahaan dan dari luar perusahaan. 
4. Memilih metode rekrutmen yang paling tepat untuk jabatan. Ada banyak metode rekrutmen yang dapat dipilih oleh perusahaan dalam melakukan rekrutmen antaralain lewat iklan, employee refferals, walk-ins & write-ins, perusahaan pencari tenaga kerja, lembaga pendidikan, organisasi buruh, dan lain sebagainya. 
5. Memanggil kandidat. Calon karyawan yang memenuhi persyaratan jabatan akan dipanggil untuk selanjutnya dalam tahap proses seleksi. 
6. Menyaring dan menyeleksi kandidat. 
7. Penawaran kerja. Hal terpenting dalam tahap ini adalah petugas rekrutmen harus menyiapkan kandidat cadangan untuk berjaga-jaga kalau kandidat pertama menolak tawaran kerja atau terjadi hal-hal yang tidak terduga. 
8. Memonitor. Saat kandidat sudah ditetapkan menjadi pegawai maka yang bersangkutan masih perlu dibantu agar dapat bekerja secara optimal dan waktu yang lama. 

Selain itu, petugas rekrutmen perlu mengkaji ulang cara-cara yang dipakai dalam merekrut untuk mencegah masalah-masalah yang timbul setelah pegawai diterima bekerja (4). Salah satu badan yang melakukan rekrutmen untuk mencari staf baru adalah Badan Pelaksana dan Publikasi Universitas Gadjah Mada (BPP UGM). BPP UGM melakukan rekrutmen untuk mengisi lowongan Front Office Staff. BPP yang berdiri sejak Februari 2015 ini merupakan badan yang bergerak dalam mendukung percetakan produk publikasi civitas akademika baik berbentuk jurnal ataupun buku. Badan ini bertujuan mendorong penerbitan jurnal ilmiah agar bertaraf internasional. Adapun kualifikasi untuk lowongan ini adalah mahasiswa UGM aktif, tidak menempuh KKN-PPM selama masa kontrak, memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik, memiliki waktu minimal 4 jam per hari (5 hari kerja) serta bersedia dengan sistem kontrak selama 8 bulan. Sedangkan tahapan seleksinya adalah pelamar mengirimkan surat lamaran kerja yang dilampiri foto, CV dan copy transkrip nilai (terakhir) untuk dilakukan seleksi administrasi. 

Pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan diumumkan melalui web http://publikasi.ugm.ac.id dan akan diundang untuk mengikuti wawancara. Setelah itu akan diumumkan kandidat yang lolos sebagai pegawai yang baru (5). Mengingat pencarian kandidat yang diterapkan BPP UGM di atas maka dapat disimpulkan bahwa rekrutmen yang dilakukan termasuk rekrutmen internal. 

Daftar Pustaka 
(1)Simamora, Henry. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN
(2) http://stiebanten.blogspot.co.id/2011/05/pengertian-rekrutmen-dan-seleksi.html (3)Hasibuan, Malayu. Manajemen Sumber Daya Manusia. 2001. Jakarta: Bumi Aksara. 
(4) https://artikelduniakerja.wordpress.com/2009/08/31/proses-rekrutmen-yang-efektif/ (5) http://ft.ugm.ac.id/2015/04/rekrutmen-front-office-staff-pada-badan-penerbit-dan-publikasi-ugm/

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.