Thursday, September 17, 2015

Proses Rekrutmen PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk

Rekrutmen merupakan salah satu hal yang penting dalam praktik-praktik Manajemen Sumber Daya Manusia. Suatu perusahaan harus mempunyai gambaran tentang hasil analisis pekerjaan dan rancangan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan sehingga perlu ada pengisian jabatan dengan Sumber Daya Manusia yang cocok dan berkualitas untuk pekerjaan tersebut.
Rekrutmen pada hakikatnya merupakan proses menentukan dan menarik pelamar yang mampu untuk bekerja dalam suatu perusahaan. Dapat dikatakan rekrutmen sebagai proses untuk mendapatkan sejumlah SDM yang berkualitas untuk menduduki suatu jabatan atau pekerjaan dalam suatu perusahaan.
Tujuan dari rekrutmen itu sendiri adalah menerima pelamar sebanyak-banyaknya sesuai dengan kualifikasi kebutuhan perusahaan dari berbagai sumber sehingga memungkinkan akan terjaring calon karyawan dengan kualitas tertinggi dari yang terbaik. Kegiatan rekrutmen dilakukan ketika sebuah perusahaan atau organisasi memerlukan tenaga kerja dan membuka lowongan sampai mendapatkan calon yang diinginkan sesuai dengan jabatan atau lowongan yang ada.
Seperti halnya salah satu perusahaan perbankan berbasis syariah yang ada di Indonesia ini yaitu PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk. melakukan perencanaan perekrutan SDM  dengan menambah karyawan baru di masing-masing kantor cabangnya, rencana tersebut perlu diadakannya tindakan.Tindakan ini juga harus direncanakan, karena proses tindakan ini sebagai penentu jalur mana yang akan digunakan untuk merekrut karyawan baru, bisa melalui pelamar yang melamar langsung via website dari Bank Syariah Mandiri (pendaftaran online) atau melalui job fair yang biasa diadakan di tempat-tempat tertentu. Namun, proses perekrutan dan rencana tindakan yang ditetapkan ini juga perlu diadakaannya konfirmasi dan permintaan khusus dari masing-masing kantor cabang. Setelah rencana perekrutan SDM, rencana tindakan yang akan dilakukan, dan konfirmasi dari masing-masing kantor cabang, terciptalah lowongan pekerjaan yang teridentifikasi, misalnya sebagai contoh di PT. Bank Syariah Mandiri ingin melakukan penambahan karyawan baru pada bagian program Regular dan Management Development Program (MDP) dengan mengikutsertakan perusahaan tersebut pada job fair yang diadakan di Gelora Bung Karno dengan jumlah karyawan  yang tidak diketahui oleh pelamar baik untuk program regular atau MDP.

Setelah diketahui lowongan pekerjaannya, pelamar akan diberikan informasi mengenai deskripsi pekerjaan. Biasanya akan diberitahukan lowongan apa saja yang sedang dibutuhkan dalam perusahaan tersebut. Pemberitahuannya bisa datang langsung ke booth BSM yang telah tersedia melalui karyawan dari BSM itu sendiri atau dari brosur dan poster yang ada di booth BSM, pelamar bisa langsung membacanya sendiri. Deskripsi pekerjaan untuk program Regular (bagian Frontliner) melayani nasabah, memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada nasabah Bank Syariah Mandiri, menangani keluhan nasabah secara efektif, menawarkan produk-produk perbankan yang ada di BSM, dan melaksanakan tugas lainnya yang ditunjukkan atasan.
Selain deskripsi pekerjaan, akan tertera pula persyaratan bagi calon pelamar yang bisa disebut sebagai spesifikasi pekerjaan. BSM memiliki standar sendiri untuk calon pelamar yang akan mengikuti proses seleksi seperti berpenampilan menarik dan belum menikah,  pendidikan minimum D3 (Lebih diutamakan S1) , IPK minimal 2.75 (akreditasi A), usia maksimal 27 tahun, dan persyaratan lainnya. Deskripsi dan spesifikasi pekerjaan ini biasanya tertera pada brosur dan poster yang ada di booth BSM. Setelah calon pelamar memiliki ketertarikan dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan oleh BSM, pelamar masuk dalam tahapan seleksi administrasi. Seleksi administrasi yaitu pelamar menyerahkan berkas lamaran yang akan diperiksa kesesuaiannya dengan kriteria yang dibutuhkan oleh Bank BSM dan pelamar harus mengisi formulir yang tersedia dengan lengkap dan jelas.

Sumber : disini 

Daftar Pustaka :
1.      Rivai Zainal, Viethzal, dkk. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktek Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.
2.       Http://www.syariahmandiri.co.id/category/karir/lowongan/regular/, Diakses 17 September 2015.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.