Saturday, September 12, 2015

Manajemen Kompensasi

Manajemen Kompensasi memeiliki posisi yang strategis, antara lain menyangkut sarana untuk menarik dan mempertahankan karyawan yang berbakat. Untuk dapat bersaing di pasar lokal, nasional atau global, setiap organisasi termasuk perusahaan perlu memanfaatkan fungsi dan modal sumberdaya manusia (SDM) secara optimal. Dengan demikian diperlukan adanya proses pengintergrasian antara sumberdaya manusia, sumberdaya informasi dan program strategis untuk pengembangan organisasi.

Selanjutnya silahkan buka Modul 9 Manajemen Kompensasi, baca dengan teliti dan simak dengan baik, berikan komentar Anda di kolom yang ada di bawah ini (sertakan nama dan kode tugas):

Lihat tayangan https://youtu.be/W06s7tSR0KA

29 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Tujuan manajemen kompensasi adalah untuk membantu organisasi mencapai keberhasilan strategis sambil memastikan internal equity dan external equity.Internal equity (keadilan internal) memastikan bahwa jabatan yang lebih menantang atau orang yang mempunyai kualifikasi lebih baik dalam organisasi dibayar lebih tinggi. Sedangkan external equity (keadilan eksternal) menjamin bahwa pekerjaan mendapatkan kompensasi secara adil dalam perbandingan dengan pekerjaan yang sama di pasar tenaga kerja.

    ReplyDelete
  3. A13-Yudi

    Dengan memberikan kompensasi dari perusahaan kepada para pegawainya, diharapkan pegawai dapat meningkatkan produktifitas kerja dan meningkatkan prestasi kerjanya. Dengan begitu perusahaan juga akan mendapatkan timbal balik berupa laba/benefit yang besar juga.

    ReplyDelete
  4. A-16 Abdirama
    Dengan adanya kompensasi dari perusahaan maka karyawan akan lebih giat dalam bekerja dan dapat lebih produktif.dan dengan adanya kompensasi ini tujuan tujuan perusahan dapat lebih tercapai.pembagian kompensasi pun harus secara adil dan merata agar tidak ada kecemburuan sosial

    ReplyDelete
  5. A23 - samsa

    Kompensasi diberikan bergantung kepada hasil kerja dari suatu karyawan. Perusahaan akan selalu memberikan apresiasi terhadap karyawan yang memberikan hasil kerjanya secara maksimal.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. A20-Denis

    Kompensasi / upah adalah sebuah imbalan balas jasa dari apa yang telah seseorang kerjakan. Fungsi dari kompensasi salah satunya adalah penggunaan SDM secara efisien dan mendorong stabilitas ekonomi.
    Kompensasi juga mempunyai tujuan yang sangat penting bagi perkembangan suatu perusahaan. Karena tanpa adanya kompensasi, perusahaan tersebut tidak akan berkembang. Salah satu tujuan kompensasi adalah : Memperoleh karyawan yang memenuhi persyaratan, mempertahankan karyawan yang ada, menjamin keadilan, menghargai prilaku yang diinginkan, mengendalikan biaya-biaya dan mematuhi peraturan-peraturan legal.

    ReplyDelete
  8. A14-Syahli

    Manajemen kompensasi merupakan salah satu bidang manajemen sumber daya manusia yang paling sulit dan menantang karena mengandung banyak umur dan memiliki dampak yang cukup panjang bagi tujuan-tujuan strategik organisasi. Tantangan yang dihadapi manajemen adalah menciptakan kondisi untuk memotivasi karyawan agar memberikan kinerja yang maksimal demi kemajuan perusahaan. Kompensasi dapat diberikan dalam tiga bentuk yaitu : finansial langsung, finansial tidak langsung dan kompensasi non finansial.

    ReplyDelete
  9. A07-ahmad
    Manajemen kompensasi juga mempunyai tujuan yang sangat penting bagi perkembangan suatu perusahaan. Karena tanpa adanya kompensasi, perusahaan tersebut tidak akan berkembang. Salah satu tujuan kompensasi adalah : Memperoleh karyawan yang memenuhi persyaratan, mempertahankan karyawan yang ada, menjamin keadilan, menghargai prilaku yang diinginkan, mengendalikan biaya-biaya dan mematuhi peraturan-peraturan legal.

    ReplyDelete
  10. Kompensasi / upah adalah sebuah imbalan balas jasa dari apa yang telah seseorang kerjakan.
    Kompensasi juga mempunyai tujuan yang sangat penting bagi perkembangan suatu perusahaan. Karena tanpa adanya kompensasi, perusahaan tersebut tidak akan berkembang. Salah satu tujuan kompensasi adalah : Memperoleh karyawan yang memenuhi persyaratan, mempertahankan karyawan yang ada, menjamin keadilan, menghargai prilaku yang diinginkan, mengendalikan biaya-biaya dan mematuhi peraturan-peraturan legal.

    ReplyDelete
  11. Kemajuan dan perkembangan suatu industri atau perusahaan sangat ditunjang oleh karyawannya yang berprestasi dan memiliki produktivitas dalam melaksanakan pekerjaannya. Beberapa faktor yang menunjang timbulnya prestasi dan produktivitas dari pekerja adalah :
    1. Pelatihan kerja
    2. Kepemimpinan ; Sikap dari seorang pemimpin terhadap bawahannya, misalnya tegas serta merangkul karyawan di saat-saat yang diperlukan.
    3. Kompensasi
    Kompensasi disini terbagi dua, yaitu :
    a. Kompensasi finansial langsung
    = Gaji pokok
    b. Kompensasi finansial tidak langsung
    = Tunjangan - tunjangan serta fasilitas tambahan dalam hal kesehatan dan transportasi

    ReplyDelete
  12. Tantangan yang dihadapi manajemen kompensasi adalah menciptakan kondisi untuk memotivasi karyawan agar memberikan kinerja yang maksimal demi kemajuan perusahaan. Kompensasi dapat diberikan dalam tiga bentuk yaitu : finansial langsung, finansial tidak langsung dan kompensasi non finansial.

    ReplyDelete
  13. Program-program kompensasi penting bagi perusahaan, karena mencerminkan upaya organisasi untuk mempertahankan sumberdaya manusianya. Selain itu kompensasi sering merupakan komponen-komponen biaya yang paling besar dan penting. Bila pengupahan dan penggajian tidak diadministrasikan secara tepat, perusahaan bisa kehilangan para karyawannya yang baik dan harus mengeluarkan biaya untuk menarik, menyeleksi, melatih dan mengembangkan penggantinya. Bahkan apabila karyawan tidak keluar, mereka mungkin menjadi tidak puas terhadap perusahaan dan menurunkan produktivitas mereka.

    ReplyDelete
  14. Kompensasi disini diartikan sebagai saling menguntungkan satu sama lain, misalnya perusahan memiliki pekerja yang terampil, ulet, dan gigih dalam bekerja, perusahaan mendapatkan keuntungan yang banyak dari hasil kerja para pekerja tersebut,begitu pun sebaliknya perusahan memberikan hak dari karyawan tersebut dengan tepat waktu dan memberikan bonus tamabahan dari profit yang dihasilkan oleh pekerja tsb.

    ReplyDelete
  15. Untuk kompensasi sendiri tidak hanya berkutat pada gaji atau upah, memang gaji atau upah yang besar tentunya akan menarik banyak pelamar kerja untuk bisa masuk di perusahaan tersebut, namun tunjangan lain juga yang harus dipikirkan baik pelamar maupun perusahaan yaitu tunjangan kesehatan, keselamatan kerja , tunjangan hari tua, transportasi,dll.
    Sebagai pelamar yang pintar ada baiknya menanyakan tunjangan tersebut, tidak hanya berkutat pada gaji saja.

    ReplyDelete
  16. A19-Sri


    Kompensasi merupakan balas jasa yang diberikan oleh organisasi / perusahaan kepada karyawan, yang dapat bersifat finansial maupun non finansial, pada periode yang tetap. Kompensasi sangat berpengaruh bagi perusahaan maupun bagi karyawan perusahaan. Kompensasi/Upah bermanfaat bagi perkembangan karyawan dan bagi perusahaan keuntungannya para karyawan akan bekerja lebih giat lagi.
    Besarnya kompensasi yang diberikan ditentukan oleh:
    1) Harga / Nilai pekerjaan,
    2) Sistem kompensasi yang diterapkan, dan
    3) Faktor-faktor yang mempengaruhi kompensasi

    ReplyDelete
  17. A18-RADITYA

    1. Pengertiankompensasi merupakan segala sesuatu yang diterima karyawan sebagai pengertian kontribusi jasa mereka pada perusahaan.
    2. Tujuan manajemen kompensasi secara umum adalah untuk membentu perusahaan mencapai tujuan keberhasilan strategi perisahaan dan menjamin terciptanya keadilan internal dan eksternal.
    3. Komponen-kompeonen kopensasi terdiri dari : gaji, upah, insentif, dan kompensasi tidak langsung.
    4. Faktor-faktor yang mempengaruhi system kompensasi antara lain:
    a. Produktivitas
    b. Kemampuan untuk membayar
    c. Kesediaan untuk membayar
    d. Suplai dan permintaan
    e. Organisasi karyawan
    f. Berbagia peraturan dan perundang-undangan.

    ReplyDelete
  18. Menurut pandangan saya manajemen kompensasi sangatlah baik bilamana diterapkan pada setiap perusahaan, yang mana kompensasi tersebut akan membuat seorang karyawan nyaman dan tenang didalam pekerjaan tempat ia bekerja. Kompensasi ini bisa bermacam macam tergantung dengan kelayakan pegawai, keahlian, dll.

    ReplyDelete
  19. A-01 fitra

    Seperti yang tertulis pada modul manajemen kompensasi,secara umum kompensasi memang mempengaruhi kinerja/dapat memotivasi kinerja karyawan. Selain itu juga untuk menarik calon karyawan baru untuk bekerja di perusahaan tersebut, dan selain itu juga untuk mempertahankan karyawan berkualitas yang dimiliki,menerapkan aturan hukum yang berlaku, dan meraih keunggulan kompetitif. Kompensasi yang diberikansendiri bermacam-macam, tidak hanya dalam bentuk uang namun juga jaminan sosial, perlindungan hukum, hari libur, dsb (tergantungkebijakan perusahaan masing-masing). Hal ini juga lah yang biasanya menjadi pertimbangan para karyawan untuk tetap tinggal di suatu perusahaan atau memilih perusahaan yang lain.

    ReplyDelete
  20. Y46-Reno

    Setelah menyaksikan video materi tentang manajemen kompensasi, pemberian kompensasi atau upah yang diberikan kepada karyawan didasarkan atas beberapa faktor.

    kompensasi didefinisikan sebagaipnghargaan bagi keryawan yg berkontribusi dalam mewujudkan tujuan perusahaan melalui bekerja. kompensasi terdiri dari finansial langsung dan finansial tidak langsung.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Y53-SYLVIA

    Semakin tinggi kompensasi maka akan semakin tinggi tingkat kepuasan kerja karyawan. Dengan tercapainya puncak kepuasan pegawai terhadap kompensasi, maka dengan sendirinya akan tercapai puncak motivasi dan kinerja pegawai.

    ReplyDelete
  23. y43-wulan

    Kompensasi salah satu cara yang paling efektif bagi departemen personalia guna meningkatkan prestasi kerja, motivasi serta kepuasan kerja karyawan. Sistem kompensasi yang baik akan mampu memberikan kepuasan bagi karyawan dan memungkinkan perusahaan memperoleh, mempekerjakan, dan mempertahankan karyawan.

    ReplyDelete
  24. Y36-Franciska
    Kompensasi merupakan sesuatu yang diterima karyawan sebagai pengganti kontribusi jasa mereka pada perusahaan. Pemberian kompensasi merupakan salah satu pelaksanaan fungsi MSDM yang berhubungan dengan semua jenis pemberian penghargaan individual sebagai pertukaran dalam melakukan tugas keorganisasian.

    ReplyDelete
  25. Y39-Sumaryono
    Manajemen kompensasi merupakan salah satu hal yang penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan karena hal ini terkait dengan motivasi kerja karyawan yang akan mempengaruhi produktivitas kerja.

    ReplyDelete
  26. Y39-Sumaryono
    Manajemen kompensasi merupakan salah satu hal yang penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan karena hal ini terkait dengan motivasi kerja karyawan yang akan mempengaruhi produktivitas kerja.

    ReplyDelete
  27. Y61-Klara
    Pengalaman menunjukkan bahwa kompensasi yang tidak memadai dapat menurunkan prestasi kerja, motivasi kerja, dan kepuasan kerja karyawan, bahkan dapat menyebabkan karyawan yang potensial keluar dari perusahaan.

    ReplyDelete
  28. Y59-Renward
    Manajemen kompensasi merupakan kegiatan merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan serta mengembangkan sistem dan mekanisme kompensasi dalam suatu organisasi sehingga terbentuk suatu keseimbangan penerimaan antara individu dan organisasi.
    Tujuan manajemen kompensasi efektif,meliputi:
    1. Memperoleh SDM yang Berkualitas
    Kompensasi yang sudah cukup tinggi sangat dibutuhkan untuk memberi daya tarik kepada pelamar. Tingkat pembayaran harus responsive terhadap penawaran dan permintaan pasar kerja karena para pengusaha berkompetensi untuk mendapatkan karyawan yang diharapkan.

    2. Mempertahankan Karyawan yang Ada
    Para karyawan dapat keluar jika besaran kompensasi tidak kompetitif dan akibatnya akan menimbulkan perputaran karyawan yang semakin tinggi.

    3. Menjamin Keadilan
    Manajemen kompensasi selalu berusaha agar keadilan internal dan eksternal dapat terwujud. Keadilan internal mensyaratkan bahwa pembayaran dikaitkan dengan nilai relative sebuah pekerjaan sehingga pekerjaan yang sama dibayar dengan besara yang sama. Keadilan eksternal berarti pembayaran terhadap pekerja merupakan yang dapat dibandingkan dengan perusahaan lain di pasar kerja.

    4. Penghargaan terhadap Perilaku yang Diinginkan
    Pembayaran hendaknya memperkuat perilaku yang diinginkan dan bertindak sebagai insentif untuk perbaikan perilaku di masa depan, rencana kompensasi efektif, menghargai kinerja, ketaatan, pengalaman, tanggung jawab, dan perilaku-perilaku lainnya.
    5. Mengendalikan Biaya
    System kompensasi yang rasional membantu perusahaan memperoleh dan mempertahankan para karyawan dengan biaya yang beralasan. Tanpa manajemen kompensasi efektif, bisa jadi pekerja dibayar dibawah atau diatas standar.

    6. Mengikuti Aturan Hukum
    System gaji dan upah yang sehat mempertimbangkan factor-faktor legal yang dikeluarkan pemerintah dan menjamin pemenuhan kebutuhan karyawan.

    7. Memfasilitasi Pengertian
    System manajemen kompensasi hendaknya dengan mudah dipahami oleh spesialis SDM, manajer operasi, dan para karyawan.

    8. Meningkatkan Efesiensi Administrasi
    Program pengupahan dan penggajian hendaknya dirancang untuk dapat dikelola dengan efisien, membuat system informasi SDM optimal, meskipun tujuan ini hendaknya sebagai pertimbangan sekunder disbandingkan dengan tujuan-tujuan lain.

    ReplyDelete
  29. y44-Muhammad AR
    Manajemen kompensasi juga mempunyai tujuan yang sangat penting bagi perkembangan suatu perusahaan. Karena tanpa adanya kompensasi, perusahaan tersebut tidak akan berkembang. Salah satu tujuan kompensasi adalah : Memperoleh karyawan yang memenuhi persyaratan, mempertahankan karyawan yang ada, menjamin keadilan, menghargai prilaku yang diinginkan, mengendalikan biaya-biaya dan mematuhi peraturan-peraturan legal.
    Tujuan manajemen kompensasi adalah untuk membantu organisasi mencapai keberhasilan strategis sambil memastikan internal equity dan external equity.Internal equity (keadilan internal) memastikan bahwa jabatan yang lebih menantang atau orang yang mempunyai kualifikasi lebih baik dalam organisasi dibayar lebih tinggi. Sedangkan external equity (keadilan eksternal) menjamin bahwa pekerjaan mendapatkan kompensasi secara adil dalam perbandingan dengan pekerjaan yang sama di pasar tenaga kerja

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.