Saturday, September 12, 2015

Pelatihan dan Pengembangan

Program pelatihan dan pengembangan SDM  difokuskan pada kinerja individu atau performa tim. Perencanaann dan pelaksanaan pelatihan dan pengembangan SDM  harus didasarkan pada kebutuhan organisasi, yaitu terlebih dahulu diidentifikasikan melalui analisis kebutuhan pelatihan, sehingga waktu dan uang yang diinvestasikan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik (1)

Selanjutnya silahkan buka Modul 4 Pelatihan dan Pengembangan, baca dengan teliti dan simak dengan baik, berikan komentar Anda di kolom yang ada di bawah ini (sertakan nama dan kode tugas):

Lihat tayangan https://youtu.be/YT4GzqRWLxw

33 comments:

  1. ahmad muqorrobin
    A07-ahmad
    Pelatihan dan pengembangan bukanlah solusi utama yang dapat menyelesaikan semua persoalan organisasi, lembaga atau sebuah instansi. Tetapi mengarah pada peningkatan kinerja para karyawan atau tenaga kerja yang baik dan benar. Dan tujuan pelatihan dan pengembangan adalah untuk merubah sikap, perilaku, pengalaman dan performansi kinerja.
    Dalam pelatihan pengembangan terdapat tiga tahapan penting yang harus dilakukan oleh sebuah organisasi atau instansi. Pertama tahapan penilaian. Kedua tahapan pelatihan dan pengembangan. Ketiga tahapan evaluasi.

    ReplyDelete
  2. A14-Syahli

    Pelatihan dan Pengembangan karyawan dalam sebuah perusahaan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatnya sebuah perusahaan baik dalam segi profit maupun dari segi kualitas. Karena dengan melakukan pelatihan terhadap karyawan, karyawan tersebut akan memiliki kompetensi yang lebih tinggi lagi dan lagi sehingga akan meningkatkan kinerja dari karyawan tersebut. Namun, kompetensi yang tinggi tidak dapat terutilisasi dengan baik apabila mendapat hambatan dari manajemen perusahaan itu sendiri.

    ReplyDelete
  3. A18-Raditya

    “The essence of training is to allow error without consequence.” Sebuah quote dari "Orson Scott Card"
    Kegiatan pelatihan sangat penting karena bermanfaat guna menambah pengetahuan atau ketrampilan terutama bagi yang mempersiapkan diri memasuki lapangan pekerjaan. Sedangkan bagi yang sudah bekerja akan berfungsi sebagai “charger” agar kemapuan serta kapabilitas kita selalu terjaga guna mengamankan existensi atau peningkatan karir. Jadi kalaupun itu harus mengeluarkan biaya sebetulnya tidak terlalu signifikan. Taruhlah kita jadwalkan untuk mengikuti pelatihan dengan frekuensi satu kali dalam satu tahun. Maka biaya yang dikeluarkan apabila dibagi prorata, jumlah pengeluaran rata-rata perbulan sungguh kecil dan tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh. Oleh karena itu ungkapan biaya dalam konteks pelatihan biasanya lebih populer disebut sebagai investasi. Jadi kita melakukan investasi dalam jumlah yang kecil untuk tetap survive dalam dunia kerja yang sangat kompetitif akhir-akhir ini. Segala sesuatu dapat terjadi dan berubah secara tiba-tiba. Hanya kemapuan dan upaya untuk me-“refresh” kompetensi masing-masing kita yang membuat kita selalu dapat bertahan. Jangan pernah lengah dan lalai karena yang dinilai adalah aktualisasi diri bukanlah melulu bertumpu pada kebanggan background pendidikan atau nama besar almamater.

    ReplyDelete
  4. A13-Yudi
    pelatihan dan pengembangan memang sangat dibutuhkan oleh karyawan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan. ini akan menjadi timbal balik untuk perusahaan, apabila karyawan telah diberikan pelatihan dengan baik maka karyawan tersebut akan bisa menerapkan hasil pelatihan tersebut dalam perusahaannya dan akan meningkatkan produktivitas karyawaan serta perusahaannya.
    fungsi dari pelatihan dan pengembangan adalah untuk memperbaharui kemampuan dan pengetahuan untuk meningkatkan profesionalisme karyawan, setelah pelatihan harus ada evaluasi hasil yang didapatkan karyawan dan perusahaan dengan membandingkan hasil dengan tujuan diadakannya pelatihan tersebut.
    terima kasih

    ReplyDelete
  5. A23 - Samsa
    Pelatihan dan pengembangan karyawan mutlak dilakukan oleh perusahaan,karena penempatan karyawan secara langsung dalam pekerjaan tidak menjamin mereka akan berhasil. Karyawan baru sering merasa tidak pasti tentang peranan dan tanggung jawab mereka. Permintaan pekerjaan dan kapasitas karyawan haruslah berimbang melewati orientasi dan pelatihan. Keduanya sangatlah dibutuhkan.

    ReplyDelete
  6. A05-Ikhsan

    Menurut saya setelah membaca modul tersebut, Pelatihan dan Pengembangan itu bermanfaat bagi karyawan yang telah berstatus karyawan pada perusahaan tersebut. Karena proses pelatihan dan pengembangan memiliki pembelajaran dimana karyawan dapat dibimbing, dibina, belajar dan mengetahui tentang aspek-aspek perusahaan dalam pengembangan dan tujuan perusahaan agar lebih efektif dan efisien dalam bekerja yang tujuannya untuk perkembangan perusahaan tersebut.

    ReplyDelete
  7. Setelah membaca modul ini,saya dapat mengerti dan memahmi tujuan pelatihan dan pengembanagan.

    Adapun tujuan dari pelatihan yaitu:
    1.Untuk meningkatkan keterampilan para karyawan sesuai dengan perubahan teknologi.
    2. Untuk meningkatkan produktivitas kerja organisasi.
    3. Untuk mengurangi waktu belajar bagi karyawan baru agar menjadi kompeten.
    4. Untuk membantu masalah operasional.
    5. Memberi wawasan kepada para karyawan untuk lebih mengenal organisasinya.
    6. Meningkatkan kemampuan peserta latihan mengerjakan tugasnya yang sekarang.
    7. Kemampuan menumbuhkan sikap empati dan melihat sesuatu dari “kacamata” orang lain.
    8. Meningkatkan kemampuan menginterpretasikan data dan daya nalar para karyawan.
    9. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan para karyawan dalam menganalisis suatu permasalahan serta pengambilan keputusan.

    Adapun Tujuan pengembangan yaitu:
    1. Mewujudkan hubungan yang serasi antara atasan dan bawahan.
    2. Menyiapkan para manajer yang berkompeten untuk lebih cepat masuk ke tingkat senior (promosi jabatan).
    3. Untuk membantu mengisi lowongan jabatan tertentu.
    4. Meningkatkan semangat kerja seluruh tenaga kerja dalam organisasi dengan komitmen organisasional yang lebih tinggi.
    5. Mendorong sikap keterbukaan manajemen melalui gaya manajerial yang partisipatif.
    6. Meningkatkan kepuasan kerja.
    7. Memperlancar jalannya komunikasi yang efektif yang dapat memperlancar proses perumusan kebijakan organisasi dan operasionalnya.
    8. Mengembangkan atau merubah sikap, sehingga menimbulkan kemauan kerja sama dengan sesama karyawan dan manajemen ( pimpinan ).

    Manfaat Pelatihan dan Pengembangan
    Adapun manfaat dari pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dapat dilihat dalam dua sisi diantaranya:
    a) Dari sisi individu pegawai:
    1. Menambah pengetahuan terutama penemuan terakhir dalam bidang ilmu pengetahuan yang bersangkutan, misalnya prinsip dan filsafat manajemen yang terbaik dan terakhir.
    2. Menambah dan memperbaiki keahlian dalam bidang tertentu sekaligus memperbaiki cara pelaksanaan yang lama.
    3. Merubah sikap.
    4. Memperbaiki atau menambah imbalan atau balas jasa yang diperoleh dari organisasi tempat bekerja.
    b) Dari sisi organisasi:
    1. Menaikkan produktivitas pegawai.
    2. Menurunkan biaya.
    3. Mengurangi turn over pegawai.

    4. Kemungkinan memperoleh keuntungan yang lebih besar, karena direalisirnya kedua manfaat tersebut terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  8. A25-Tri
    Tri Juliyan Pamungkas

    Pelatihan dan Pengembagan pada perusahaan sangatlah penting, dimana untuk melatih kemampuan karyawan serta meningkatkan kwalitas pada karyawan itu sendiri, agar nantinya dapat memberikan kontribusi yang lebih baik lagi untuk perusahaan, sehingga peusahaan mendapatkan produksifitas keuntungan yang lebih besar dari tingkat pendapatan sebelumnya.

    ReplyDelete
  9. 7 tujuan utama pengembangan adalah :
    a. Memperbaiki kinerja karyawan
    b. Meningkatkan keterampilan karyawan
    c. Memecahkan permasalahan
    d. Orientasi karyawan baru
    e. Persiapan promosi & keberhasilan manajerial
    f. Memberi kepuasan untuk kebutuhan pengembangan personal
    g. Menhindari keusangan manajerial.

    Sepakat bahwa pelatihan dan pengembangan harus ada di setiap perusahaan, demi menunjan peningkatan kemampuan karyawannya yang secara langsung dapat berefek tumbuh dan majunya suatu departemen serta perusahaan.

    ReplyDelete
  10. Pedro Subekti A09
    #4. Pelatihan & Pengembangan

    Dalam suatu perusahaan/organisasi mencapai tujan dan sasarannya, perusahan membutuhkan peran aktif dari SDM-nya. Dan tak semua karyawan dapat memenuhi tuntutan perusahaan tsb., maka salah satu jalan keluarnya adalah melakukan pelatihan dan pengmbangan pada SDM, sehingga mereka dapat bekerja lebih produkstif dan efektif. Tentunya sudah dialukan identifikasi terlebih dahulu sesuai kebutuhannya, sehingga waktu dan uang yang diinvestasikan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.
    Berikut tahapan proses dalam pelatihan:
    1. Memperhatikan strategi dan tujuan Organisasi/Perusahaan
    2. Mengidentifikasi kebutuhan Pelatihan
    3. Menentukan tujuan program pelatihan
    4. Memilih metode pelatihan dan menentukan pelatih
    5. Pelaksanaan program pelatihan
    6. Evaluasi hasil

    ReplyDelete
  11. Pelatihan dan pengembangan karyawan sdm bertujuan untuk memperbaiki kinerja, meningkatkan keterampilan karyawan,menghindari keusangan manajerial,memecahkan permasalahan,orientasi karyawan baru.
    Dalam membuat sistem pelatihan dan pengembangan harus diperhatikan tujuan program pelatihan, metode dan menengah pelatih,pelaksanaan program pelatihan,evaluasi hasil.
    Pengembangan sdm ini sangat penting, karena dengan meningkatnya kemampuan sdm, kualitas dari perusahaan tersebut meningkat

    ReplyDelete
  12. A01-Fitra

    Pelatihan dan pengembangan memang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan karyawan untuk dapat melakukan pekerjaannya secara efektif dan efisien. Meningkatkan pemahaman karyawan terhadap suatu bidang kerja yang memungkinkan karyawan untuk menciptakan solusi dari permasalahan yang sedang ada didalamnya. Sehingga pada akhirnya hal ini akan memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak. Bagi perusahaan, semakin baik kualitas / kinerja karyawan maka semakin baik pula kontribusinya terhadap perusahaan. Sedangkan bagi karyawan, ilmu dan pengalaman yang didapatkan akan bermanfaat sebagai bekal dalam pengembangan karirnya.

    ReplyDelete
  13. A-21 Yusuf
    Saya mendapatkan pengetahuan bahwa Pelatihan dan pengembangan sering kita dengar dalam dunia kerja di perusahaan, dan organisasi. Hal ini dapat diasumsikan bahwa pelatihan dan pengembangan sangat penting bagi tenaga kerja untuk bekrja lebih menguasai dan lebih baik terhadap pekerjaan yang dijabat atau akan dijabat kedepan. Salah satu fungsi manajemen surmberdaya manusia adalah training and development artinya bahwa untuk mendapatkan tenaga kerja pendidikan yang bersumberdaya manusia yang baik dan tepat sangat perlu pelatihan dan pengembangan. Hal ini sebagal upaya untuk mempersiapkan para tenaga kerja untuk menghadapi tugas pekerjaan jabatan yang dianggap belum menguasainya.

    ReplyDelete
  14. A-16 Abdirama
    yang saya harapkan dari Pelatihan dan pengembangan SDM mempunyai tujuan yang terdiri dari beberapa tujuan antara lain:

    Memutakhirkan keahlian seorang individu sejalan dengan perubahan teknologi. Melalui pelatihan SDM, pelatih (trainer) memastikan bahwa setiap individu dapat secara efektif menggunakan teknologi-teknologi baru.
    Mengurangi waktu belajar seorang individu baru untuk menjadi kompeten dalam pekerjaan.
    Membantu memecahkan persoalan operasional.
    Mengorientasikan setiap individu terhadap organisasi.
    Memberikan kemampuan yang lebih tinggi dalam melaksanakan tugas dalam bekerja.
    Meningkatkan tingkat professionalisme para karyawan

    ReplyDelete
  15. Pelatihan lebih terarah pada peningkatan kemampuan dan keahlian SDM organisasi yang berkaitan dengan jabatan atau fungsi yang menjadi tanggung jawab individu yang bersangkutan saat ini (current job oriented). Sasaran yang ingin dicapai dari suatu program pelatihan adalah peningkatan kinerja individu dalam jabatan atau funsi saat ini.
    Pengembangan lebih cenderung bersifat formal, menyangkut antisipasi kemampuan dan keahlian inividu yang harus dipersiapkan bagi kepentingan jabatan yang akan datang.
    Pelatihan dan pengembangan merupakan salah satu solusi terhadap sejumlah problem penurunan kualitas kinerja organisasi atau lembaga dan instansi yang disebabkan oleh penurunan kemampuan dan keusangan keahlian yang dimiliki oleh karyawan atau tenaga kerja. Pelatihan dan pengembangan bukanlah solusi utama yang dapat menyelesaikan semua persoalan organisasi, lembaga atau sebuah instansi. Tetapi mengarah pada peningkatan kinerja para karyawan atau tenaga kerja yang baik dan benar. Dan tujuan pelatihan dan pengembangan adalah untuk merubah sikap, perilaku, pengalaman dan performansi kinerja.

    ReplyDelete
  16. pelatihan dan pengembangan sangat penting bagi tenaga kerja untuk bekrja lebih menguasai dan lebih baik terhadap pekerjaan yang dijabat atau akan dijabat kedepan. Salah satu fungsi manajemen surmberdaya manusia adalah training and development artinya bahwa untuk mendapatkan tenaga kerja pendidikan yang bersumberdaya manusia yang baik dan tepat sangat perlu pelatihan dan pengembangan.

    ReplyDelete
  17. TugasB04, Y59-Renward
    Pelatihan dan pengembangan merupakan suatu proses meningkatkan keterampilan kandidat dari yang sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi dan keahlian kandiat dalam menjalankan pekerjaannya. Pelatihan dan pengembangan dalam prosesnya harus dilakukan pada pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan atau promosi suatu jabatan, dengan didukung pelatih yang tepat pula. Pelatihan dan pengembangan juga berfungsi untuk memperbaiki sistem manajerial lama dengan yang baru demi mendapatkan suatu improvement yang tepat dalam pelaksanaannya.

    ReplyDelete
  18. Tugas B04, Y39-Sumaryono
    pelatihan dan pengembangan merupakan hal yang cukup penting dalam menentukan produktivitas karyawan karena, dengan adanya pelatihan dan pengembngan diharapkan karyawan dapat meningkatkan produktivitas kerja seiring dengan bertambahnya keterampilan dan keahlian yang diperoleh dari proses tersebut. setiap perusahaan hendaknya mealkukan pelatihan dan atau pengembangan untuk semua elemen perusahaan. pelatihan biasanya diberikan kepada karyawan baru, karywan masa percobaan ataupun karyawan tetap suatu perusahaan.
    pelatihan dan pengembangan dapat dijadikan salah satu solusi dalam menurunya kinerja karywan. di perusahaan tempat saya bekerja pelatihan untuk karyawan baru biasanya berupa pengenalan profil perusahaan, K3, dan instrumentasi (untuk bagian Laboratorium QC).
    pelatihan dan pengembagan dilakukan berdasarkan kebutuhan dari perusahaan. setelah melakukan proses analisa kebutuhan biasanya persusahaan melalui departemen HR dengan bantuan Manager bagian dan atau supervisor akan mendesain bentuk pelatihan dan pengembangan yang akan dilakukan.
    setelah proes pelatihan dan pengembangan dijalankan maka akan dilakukan evaluasi untuk menentukan efektivitas dari kegiatan tersebut.

    ReplyDelete
  19. Tugas B04, Y46-Reno

    Pelatihan dan Pengembangan dewasa ini menjadi salah satu dasar strategi MSDM dalam peningkatan kualitas dan skill karyawan yang bersangkutan. Sempat ada beberapa issu yang menyatakian pelatihan hanyalah sebuah formalitas belaka untuk program promosi jabatan yang sedang diproses, padahal inti utama pelatihan dan pengembangan adalah mencetak SDM yang lebih kompeten dalam bidang pekerjaan yang di emban nya, meningkatkan skill, mencegah keusangan manajerial, dengan tujuan satu, yaitu meningkatnya produktifitas karyawan dan perusahaan.

    ReplyDelete
  20. Tugas B04-wulan

    pelatihan merupakan proses pembelajaran yang melibatkan pada perolehan keahlian, pengembangan lebih kepada peningkatan kemampuan. dengan sama-sama memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan sampai dapat memberikan kepuasan untuk kebutuhan pengembangan personal. pelatihan dan pengembangan merupakan hal yang cukup penting untuk meningkatkan kemampuan karyawan.

    ReplyDelete
  21. Tugas B04,Y44-Muhammad AR

    Pelatihan dan pengembangan merupakan suatu aktifitas yang perlu dilakukan untuk memperbaiki kinerja, meningkatkan keterampilan karyawan,menghindari keusangan manajerial,memecahkan permasalahan,orientasi karyawan baru. dengan adanya pelatihan dan pengembanagan ini tentunya dapat menambah SDM dari suatu karyawan baik dari segi skill, pengatahuan dan attitude dalam bekerja dan juga dapat menghasilkan dan memberikan kontribusi yang besar bagi peruahaan

    ReplyDelete
  22. Tugas B04, Y37-Tarma

    Untuk perusahaan yang menganggap bahwa karyawannya adalah aset, kegiatan pelatihan dan pengembangan karyawannya adalah suatu hal yang memang patut untuk dilakukan. Karena hal itu tidak terlepas dari kebutuhan perusahaan terhadap tenaga kerja yang memiliki kualitas tinggi. Dengan demikian jika tenaga kerjanya berkualitas maka hasil kerjaannya pun dapat dipertanggung jawabkan dan bisa jadi perusahaan akan mengantongi keuntungan besar karena dijalankan oleh tenaga kerja yang profesional. Begitupun sebaliknya, perusahaan bisa saja merugi dikarenakan tenaga kerjanya belum mendapatkan pelatihan.

    ReplyDelete
  23. Tugas B04, Y36-Franciska

    Pengertian pelatian adalah proses yang sistematis dimana SDM mendaatkan pengetahan dan keterampilan dan diarahkan untuk membantu karyawan melakukan pekerjaan yang lebih baik.
    Pengertian pengembangan ialah investasi masa depan yang berorientasi pada karyawan.
    Pelatihan dan pengembangan bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan karyawan, menghindari keusangan manajerial, memecahkan permasalahan, orientasi karyawan baru,persiapan promosi dan keberhasilan manajerial dan memberi kepuasan untuk kebutuhan pengembangan personal.


    ReplyDelete
  24. Tugas B04, Y45-Dewi

    Salah satu fungsi manajemen sumber daya manusia adalah training and development artinya bahwa untuk mendapatkan tenaga kerja yang baik dan tepat sangat perlu pelatihan dan pengembangan. Pelatihan dan pengembangan dapat meningkatkan kualitas karyawan dimana hal tersebut sangat penting untuk menaikkan kinerja perusahaan sehingga dapat tercapai visi dan misi organisai.

    ReplyDelete
  25. Tugas B04, Y52-Yenny

    Pelatihan dan pengembangan sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja karyawan yang salah satu manfaatnya untuk meningkatkan produktivitas. Dengan demikian maka perusahaan akan berkembang dan tujuan perusahaan akan tercapai.

    ReplyDelete
  26. Pelatihan yang bagus dan terencana dengan pengajar yang bagus akan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang bagus dan berkualitas.
    Akan lebih bagus lagi apabila diberlakukan pelatihan kelas dan praktikum, karyawan akan menyerap hal yang disampaikan dengan sempurna

    ReplyDelete
  27. Tugas B04, Y47 MuhammadFW
    Pelatihan yang bagus dan terencana dengan pengajar yang bagus akan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang bagus dan berkualitas.
    Akan lebih bagus lagi apabila diberlakukan pelatihan kelas dan praktikum, karyawan akan menyerap hal yang disampaikan dengan sempurna

    ReplyDelete
  28. Tugas B04, Y42-Mutiara

    Pelatihan dan pengembangan didalam perusahaan sangat penting dan bermanfaat untuk perusahaan. Pelatihan dan pengembangan diperusahaan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan karyawan yang bergunan untuk menjadikan perusahaan semakin baik karena mempunyai sdm yang mumpuni sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai dan mampu mengikuti perkembangan zaman.

    ReplyDelete
  29. Tugas B04,Y55-Hilman
    Pelatihan merupakan hal yang sangat penting didalam organisasi/managemen diperusahaan . Kerena dengan pelatihan man power bisa mengupgrade skiil didalam bidang pekerjaan ber inovasi dengan tujuan mengikuti perkembangan dan persaingan kualitas produk dipasaran

    ReplyDelete
  30. Tugas B04, Y58-Vionna

    Pelatihan dan pengembangakan penting dilakukan guna meningkatkan keterampilan karyawan serta melatih karyawan dalam memecahkan masalah yg ada. Pelatihan diharapkan dapat membantu karyawan melakukan pekerjaan yg lebih baik. Pengembangan adalah investasi masa depan yg berorientasi pada karyawan.

    ReplyDelete
  31. Dalam modul setelah saya melihat nya dalam video yang ada dan materi yang ada. Pelatihan dan pengembangan sangat penting bagi tenaga kerja untuk lebih menguasai pekerjaan yang ada saat ini yang menjadi tanggung jawabnya. Salah satu fungsi manajemen sumberdaya manusia adalah memberikan training and development yang dimana artinya bahwa untuk mendapatkan tenaga kerja pendidikan yang bersumberdaya manusia yang baik dan tepat sangat perlu pelatihan dan pengembangan.

    ReplyDelete
  32. Tugas B04, Y-40 Vincentius
    Dalam modul setelah saya melihat nya dalam video yang ada dan materi yang ada. Pelatihan dan pengembangan sangat penting bagi tenaga kerja untuk lebih menguasai pekerjaan yang ada saat ini yang menjadi tanggung jawabnya. Salah satu fungsi manajemen sumberdaya manusia adalah memberikan training and development yang dimana artinya bahwa untuk mendapatkan tenaga kerja pendidikan yang bersumberdaya manusia yang baik dan tepat

    ReplyDelete
  33. Y-61,Klara,Tugas B04
    Suatu perusahaan akan meningkat produktivitas kerja bila adanya kerja sama dan hubungan baik antara pimpinan dan karyawannya. Karena dengan meningkatkan produktivitas karyawan otomatis akan meningkatkan produktivitas perusahaan. Produktivitas disamakan dengan hasil kerja dari seseorang karyawan, hasil produktivitas yang dicapai oleh seorang karyawan haruslah dapat memberikan kontribusi yang penting bagi perusahaan yang dilihat dari segi kualitas dan kuantitas yang dirasakan oleh perusahaan dan sangat besar manfaatnya bagi kepentingan perusahaan di masa sekarang dan yang akan datang

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.