Saturday, September 12, 2015

Seleksi

Seleksi merupakan tahap akhir proses rekrutmen di mana proses pengambilan keputusan mengenai siapa kandidat yang berhasil telah dilaksanakan. Hasil seleksi merupakan keputusan yang penting yang dibuat berdasarkan pada satu atau beberapa teknik seleksi, mulai dari interview, tes psikologi, tes mengenai pekerjaan, pusat penilaian, biodata, referensi, grafologi (ilmu yang berkaitan dengan tulisan tangan), dan sebagainya. 

Selanjutnya silahkan buka Modul 3 Seleksi, baca dengan teliti dan simak dengan baik, berikan komentar Anda di kolom yang ada di bawah ini (sertakan nama dan kode tugas):

Lihat tayangan https://youtu.be/XfAz1OJv8WI

37 comments:

  1. Ahmad Muqorrobin ( A07-ahmad )
    Hasil tes tidak selalu merupakan langkah pertama atau terakhir dalam proses seleksi. Akhirnya, tes penerimaan hanya merupakan suatu teknis di antara berbagai teknik yang digunakan dalam proses seleksi, karena tes hanya dapat dilakukan terhadap faktor-faktor yang bisa diuji secara mudah. Hal-hal yang tidak dapat diukur melalui pengujian mungkin sama pentingnya.

    ReplyDelete
  2. A18-Raditya
    “Resources are hired to give results, not reasons.” Sebuah quote dari Amit Kalantri, yang bisa menggambarkan proses lanjutan dari modul 02 yaitu tahapan seleksi dimodul 03. dimana ditahap ini adalah tahap pengambilan keputusan untuk memilih kandidat-kandidat yang akan bergabung disebuah organisasi atau perusahaan. dan ada tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh para calon karyawan. dimana tahaan-tahapan yang dilalui disesuaikan dengan kriteria calon pegawai yang akan dipilih. sesuai minat bakat yang dipunya oleh calon karyawan.

    ReplyDelete
  3. A13-Yudi
    Untuk proses seleksi setiap perusahaan memiliki banyak persamaan yaitu memilih kandidat pegawai diperusahaan harus dilakukan secara selektif agar kualitas kandidat pegawai sesuai dengan standar perusahaan. jadi sebelum mereka diterima menjadi pegawai kandidat harus mengikuti tahapan seleksi yang diadakan oleh perusahaan dari awal hingga akhir.
    setelah proses seleksi sudah selesai dan memasuki tahap wawancara akhir, untuk seorang spv bisa berperan dalam proses perekrutan karena nantinya kandidat tersebut akan dibawah wewenangnya.
    terima kasih

    ReplyDelete
  4. A23-Samsa

    Proses Seleksi = Penyaringan Pegawai
    Dimaksudkan semakin banyaknya pelamar, semakin sulit untuk menyeleksi calon karyawan. Dibutuhkan ketelitian untuk menentukan calon karyawan yang memenuhi semua kriteria perusahaan. Pentingnya sebuah tujuan, visi dan misi perusahaan bergantung pada proses penyeleksian apakah tepat atau tidak dengan fungsi jabatan perusahaan.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. A03-Rio
    Proses seleksi familiar sekali dalam tiap aspek kehidupan kita. Dalam segala hal, seringkali kita harus melakukan seleksi, yaitu memilih yang satu dan tidak memilih yang lainnya. Didalam perusahaan demikian halnya. Proses seleksi di dalam perusahaan sangat penting, karena hasil seleksi akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dan produktivitas perusahaan.

    ReplyDelete
  7. A14-Syahli

    Seleksi merupakan hal yang paling umum terjadi di perusahaan. hal ini dilakukan untuk menyaring SDM yang memiliki kompetensi tinggi. Di perusahaan saya yang terdahulu, bahkan menggunakan sistem seleksi selama tiga tahun terhadap calon karyawan di sebuah politeknik yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut untuk mendapatkan sumberdaya yang berkualitas dan cocok dengan perusahaan.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. A25-Tri

    Seleksi adalah bagian terpenting dalam perusahaan untuk mencari kadidat-kadidat baru dengan skill dan pengetahuan yang dicari guna memenuhi tempat pekerjaan yang kosong atau untuk regenerasi dari bagian pekerjaan tersebut,

    ReplyDelete
  10. Seleksi adalah tahapan yang paling penting bagi perusahaan, Karena dengan seleksi yang tepat ( memilih orang yang tepat dari awal) hasil yang akan didapat pun akan maksimal. Oleh karena itu dalam tahapan seleksi ini perusahaan juga memerlukan bantuan dari luar / psikolog, karena disini perusahaan tidak hanya melihat dari kemampuan skill, namun dari kepribadian, karena itu merupakan aspek yang penting juga.

    ReplyDelete
  11. A05-Ikhsan

    Dari modul yang saya baca, menurut saya seleksi yakni proses pemilihan dari aspek-aspek karyawan yang memenuhi kriteria pada bagian/jabatan yang akan diduduki pada perusahaan tersebut. atau dapat disebut pula seleksi memilah atau memungut para calon karyawan yang telah mendaftar dan memenuhi syarat pada perusahaan tersebut.

    ReplyDelete
  12. Setelah membaca artikel tentang seleksi, sekarang saya mengerti apa tujuan dan arti seleksi.

    Proses Seleksi merupakan untuk mempertemukan syarat-syarat yang diinginkan dengan orang yang akan diterima menjadi karyawan dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan perusahaan sesuai dengan yang tertera pada uraian jabatan, sehinggga semboyan daripada The Right Man On The Right Place akan menjadi kenyataan.

    Tujuan diadakannya seleksi karyawan yaitu untuk mendapatkan tenaga kerja yang paling tepat untuk memangku jabatan tertentu, hal ini diartikan bahwa tenaga kerja tersebut dapat memberikan prestasinya pada perusahaan. Pada umumnya tujuan seleksi, yaitu:
    Untuk mendapatkan para karyawan yang memenuhi syarat dan mempunyai kualitas sebagaimana yang dibutuhkan( jujur, disiplin, terampil, kreatif, loyal, dan berdedikasi tinggi).
    Untuk mengukur kemampuan calon karyawan atau pelamar, apakah dapat mengerjakan pekerjaan tertentu yang dibutuhkan.
    Untuk menyiapkan dan membentuk kader-kader karyawan yang dapat menunjang kegiatan perusahaan di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  13. Seleksi adalah proses pemilihan dari sekelompok pelamar, orang atau orang-orang yang paling memenuhi criteria seleksi untuk posisi yang tersedia berdasarkan kondisi yang ada pada saat ini yang dilakukan perusahaan. Seleksi merupakan hal yang sangat penting karena berbagai keahlian yang dibutuhkan oleh organisasi untuk mencapai tujuannya melalui proses seleksi. Seleksi merupakan motivasi. Sekiranya orang tepat telah diseleksi, maka proses motivasi dengan sendirinya akan berjalan baik disebabkan orang itu sudah memiliki sikap dan perilaku yang baik, dan menunaikan tugas-tugasnya dengan system yang tertata.

    ReplyDelete
  14. Proses seleksi merupakan rangkaian tahap-tahap khusus yang digunakan untuk memutuskan pelamar mana yang akan diterima. seleksi adalah kegiatan dalam manajemen SDM yang dilakukan setelah proses rekrutmen selesai dilaksanakan. proses seleksi adalah langkah-langkah yang harus dilalui oleh para pelamar sampai akhirnya memperoleh keputusan bahwa ia diterima atau ditolak sebagai karyawan baru.

    ReplyDelete
  15. Pedro Subekti A09
    #3. Seleksi

    Seleksi merupakan tahap akhir proses rekrutmen dimana proses pengambilan keputusan mengenai siapa kandidat yang berhasil telah dilaksanakan. Proses seleksi yang baik akan menghindarkan perusahaan dari biaya tinggi sebagai akibat kasus keluar - masuknya karyawan.
    Adapun langkah-langkah dalam proses ini :
    1. Seleksi awal
    2. Tes Pekerjaan
    3. Seleksi Wawancara
    4. Verifikasi Referensi
    5. Evaluasi Medis
    6. Wawancara Spv.
    7. Realisasi pritnijau pekerjaan
    8. Pengambilna keputusan

    ReplyDelete
  16. Doharmin - A02

    Melalui modul ini saya dapat memahami beberapa hal tentang seleksi yakni:

    1. Seleksi dilakukan untuk pemilihan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan
    2. Pemilihan kandidat bisa dari dalam maupun luar perusahaan
    3. Ada 8 langkah seleksi yaitu: Seleksi awal, tes kerja, seleksi wawancara, verifikasi referensi, evaluasi medis, wawancara pengawasan, preview pekerjaan yang realistis, dan pengambilan keputusan
    4. Perlu adanya perencanaan dan pengembangan terhadap proses seleksi
    5. Dengan proses seleksi berbasis kompetensi maka perusahaan dapat mendapatkan kandidat yang kompeten sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

    ReplyDelete
  17. A01-Fitra

    Seleksi yang dilakukan dalam suatu proses rekrutmen merupakan penentu dalam pemilihan kandidat untuk dijadikan karyawan. Dengan serangkaian tahapan yang dilakukan diharapkan karakter dari para kandidat dapat terlihat sehingga dapat dipilih yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Proses seleksi juga memerlukan strategi yang baik karena hal ini mempengaruhi produktivitas karyawan pada saat bekerja nantinya (yang dipengaruhi oleh kemampuan, kesehatan, dan kepribadian karyawan) dan juga loyalitasnya terhadap perusahaan (mempengaruhi efektifitas rekrutmen dan biaya yang dieluarkan).

    ReplyDelete
  18. A-21 Yusuf
    Saya mendapatkan pengetahuan bahwa Pelaksanaan seleksi merupakan salah satu bagian penting dalam aktivitas atau kegiatan Manajemen Sumber Daya Manusia terutama untuk pengadaan tenaga kerja, karena dengan adanya seleksi maka akan menghasilkan karyawan-karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan baik dan segi jumlah maupun mutu, yang akan menjamin kelancaran tugas-tugas dan jalannya aktivitas. Dan tujuan dasar dari proses seleksi adalah untuk memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

    ReplyDelete
  19. A-16 Abdirama
    Dalam seleksi proses pengambilan keputusan pengangkatan yang berjalan dengan baik sangat tergantung pada dua prinsip dasar proses seleksi. Prinsip pertama yaitu perilaku dimasa lalu merupaka predictor terbaik atas perilaku dimasa yang akan datang. Pengetahuan tentang apa yang telah dikerjakan oleh seseorang dimasa silam merupakan idikator terbaik dari apa kemungkinan dilakukanya pada masa yang akan datang. Prinsip kedua adalah organisasi harus menghimpun data yang handal dan sahih sebanyak mungkin, sepanjang masih layak secara ekonomis dan setelah itu memanfaatkannya data tadi untuk menyeleksi pelamar kerja.

    ReplyDelete
  20. Seleksi maksudnya pemilihan tenaga kerja yang sudah tersedia. Seleksi pada dasarnya bertujuan untuk mendapatkan tenaga kerja yang memenuhi syarat dan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan deskrifsi pekerjaan yang ada atau sesuai dengan kebutuhan organisasi/perusahaan.

    Beberapa kualifikasi berikut ini menjadi dasar dalam proses seleksi, yaitu Keahlian, Pengalaman, Usia, Jenis kelamin, Pendidikan, Kondisi fisik, Tampang, Bakat, Temperamen, dan Karakter.

    ReplyDelete
  21. menurut saya, seleksi merupakan salah satu bagian penting dalam aktivitas atau kegiatan Manajemen Sumber Daya Manusia terutama untuk pengadaan tenaga kerja, karena dengan adanya seleksi maka akan menghasilkan karyawan-karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan baik dan segi jumlah maupun mutu.

    ReplyDelete
  22. B02, Y57-Fuad
    Pemahaman saya tentang Proses Seleksi adalah proses dimana kandidat yang memenuhi syarat dapat dipilih dari pelamar yang telah mengirimkan jasa mereka dan data mereka berupa lamaran kepada perusahaan untuk pekerjaan yang diiklankan.
    Seleksi merupakan sebuah proses penyaringan dimana setiap perusahaan memiliki prosedur seksinya masing-masing.
    Prosedur seleksi yang umum dilaksanakan ada 8 tahapan, yaitu:
    1. Seleksi Awal
    2. Tes Pekerjaan
    3. Seleksi Wawancara
    4. Verifikasi Referensi
    5. Evaluasi Medis
    6. Wawancara Supervisor
    7. Realisasi Pratinjau Pekerjaan
    8. Pengambilan Keputusan

    Selain cara tersebut di atas, ada cara yang lebih terkini dan diyakini merupakan langkah inovatif proses seleksi, yaitu dengan Seleksi Berbasis Kompetensi.

    ReplyDelete
  23. B02, Y46-Reno

    Setelah menjabaran tentang proses seleksi, saya medapatkan kesimpulan bahwa proses seleksi sangat vital dalam organisasi, karena prusahaan tentunya mengharapkan kandidat yang terbaik dari semua kandidat. Proses seleksi melibatkan beberapa tingkatan organisasi, dari mulai supervisor hingga level direktur maupun CEO (untuk jabatan tertentu).
    Seleksi berbasis kompetensi merupakan proses yang paling baik dewasa ini. karena karyawan tidak hanya memiliki kualifikasi minimal yang diharapkan, tetapi juga memiliki kompetensi lebih sebagai added value yang dapat diaplikasikan di pekerjaan nya.

    ReplyDelete
  24. B03,Y55-Hilman
    Seyogyanya proses seleksi dilakukan untuk menentukan kandidat terbaik dari sekian banyaknya pelamar, dilihat dari beberapa aspek seleksi yaitu kebutuhan perusahaan, skill dan kemampuan calom pelamar.

    *Ada 8 langkah seleksi yaitu: Seleksi awal, tes kerja, seleksi wawancara, verifikasi referensi, evaluasi medis, wawancara pengawasan, preview pekerjaan yang realistis, dan pengambilan keputusan


    ReplyDelete
  25. Tugas B03, Y52-Yenny
    Seleksi berarti memilih kandidat terbaik dari kandidat lainnya dengan beberapa proses. Setiap proses akan memilih kandidat yang bagus dan mengeliminasi kandidat yang kurang bagus hingga akhirnya mendapatkan kandidat terbaik sesuai kebutuhan.
    Biasanya ada 8 proses yang dilakukan yaitu seleksi awal, tes kerja, seleksi wawancara, verifikasi referensi, evaluasi medis, wawancara pengawasan, preview pekerjaan yang realistis, dan pengambilan keputusan

    ReplyDelete
  26. Proses seleksi merupakan proses yang sangat penting bagi perusahaan dikarena hasil dari seleksi tersebut akan menentukan pilihan terhadap karyawan baru yang kompeten sesuai dengan kompetensi utama perusahaan. Untuk memperoleh karyawan yang sesuai dengan kompetensi utama perusahaan maka hasil seleksi akan diperoleh setelah dilakukan beberapa tahapan, yaitu: langkah awal yang berupa penyaringan surat lamaran pekerjaan agar dapat melihat latar belakang si pelamar, kemudian adanya beberapa test baik itu psikotes maupun tes mengenai pengetahuan dengan bidang yang terkait, berikutnya melakukan wawancara baik dengan pihak HRD maupun User, setelah itu dilakukan evaluasi medis, dari tahapan berikut maka akan di ambil keputusan siapa yang menjadi kandidat terbaik untuk bergabung dengan perusahaan.

    ReplyDelete
  27. Penyeleksian karyawan adalah tahapan dimana hanya kandidat yang terbaiklah yang akan diterima perusahaan. Tahapan seleksinya relatif, karena tiap perusahaan memiliki kriteria tersendiri. Namun begitu proses seleksi secara umum adalah sebagai berikut:
    - seleksi administrasi
    - tes psikotes & tes potensi akademik
    - wawancara user
    - tes kesehatan
    - wawancara direksi
    - orientasi pekerjaan

    ReplyDelete
  28. Tugas B03, Y37-Tarma

    Penyeleksian karyawan adalah tahapan dimana hanya kandidat yang terbaiklah yang akan diterima perusahaan. Tahapan seleksinya relatif, karena tiap perusahaan memiliki kriteria tersendiri. Namun begitu proses seleksi yang saya fahami dari materi ini adalah sebagai berikut:
    1. Seleksi Awal
    2. Tes Pekerjaan
    3. Seleksi Wawancara
    4. Verifikasi Referensi
    5. Evaluasi Medis
    6. Wawancara Supervisor
    7. Realisasi Pratinjau Pekerjaan
    8. Pengambilan Keputusan

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. B-03, Y36-Franciska
    Seleksi ialah usaha pertama yang harus dilakukan perusahaan untuk memperoleh karyawan yang berkualitas dan kompeten yang akan menjabat serta mnegerjakan semua pekerjaan pada perusahaan.
    Langkah-langkah seleksi antara lain;
    Seleksi Awal, Tes Pekerjaan, Seleksi Wawancara, Verifikasi Referensi, Evaluasi Medis, Wawancara Supervisor, Realisasi Pratinjau Pekerjaan, Pengambilan Keputusan.

    ReplyDelete
  31. B-03, Vincentius
    Setelah melihat dan mendengarkan materi tentang seleksi, saya mengambil kesimpulan bahwa. proses seleksi adalah proses dimana kandidat yang memenuhi syarat dapat dipilih dari pelamar yang telah mengirimkan jasa mereka dan data mereka berupa lamaran kepada perusahaan untuk pekerjaan yang di tawarkan.

    ReplyDelete
  32. Tugas B03, Y45-Dewi

    Proses seleksi adalah proses memilih kandidat terbaik untuk menjadi karyawan. Proses tersebut harus dilakukan dengan benar dan terintegrasi sehingga proses seleksi tidak menjadi sia-sia. Pada saat proses seleksi perusahaan akan memilih karyawan yang berkineja tinggi demi menaikkan kinerja perusahaan itu sendiri

    ReplyDelete
  33. y44-Muhammad AR, Tugas B03
    Setelah Melihat dan mengetahui bagaimana materi mngenai seleksi ini dapat diambil kesimpulan bahwa setiap perushaan yang mngajukan tawaran ketenaga kerjaan pasti melalui tahap seleksi, dengan adanya tahap-tahap proses seleksi ini tentunya calon karyawan berjuang dan berssaing demi menggapai tujuan hidupnya adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam proses seleksi yaitu :
    Seleksi Awal, Tes Pekerjaan, Seleksi Wawancara, Verifikasi Referensi, Evaluasi Medis, Wawancara Supervisor, Realisasi Pratinjau Pekerjaan, Pengambilan Keputusan, disertakankan dengan adanya tes seleksi kompetensi untuk mngetahui kualitas calon karyawan yang akan diterima diperusaahan tersebut

    ReplyDelete
  34. Y47-MuhammadFW, Tugas B03
    Setelah mempelajari materi yang diberikan, diberitahukan bahwa sebelum sumber daya manusia masuk sebelumnya diseleksi terlebih dahulu melalui beberapa tahap menurut kriteria yang dibutuhkan, serta interview dengan user agar user dapat mengetahui bagaimana calon sumber daya manusianya

    ReplyDelete
  35. Y47-MuhammadFW, Tugas B03
    Setelah mempelajari materi yang diberikan, diberitahukan bahwa sebelum sumber daya manusia masuk sebelumnya diseleksi terlebih dahulu melalui beberapa tahap menurut kriteria yang dibutuhkan, serta interview dengan user agar user dapat mengetahui bagaimana calon sumber daya manusianya

    ReplyDelete
  36. Y-59 Renward, Tugas B03
    Seleksi merupakan faktor penting dalam mencari kandidat pekerja yang memiliki keterampilan yang baik. Hal ini harus dilakukan secara selektif agar calon pekerja dapat memberikan profit bagi perusahaan dan memeberikan kemajuan bagi perusahaan tersebut.

    ReplyDelete
  37. Y-61,Klara, Tugas B03
    Menyangkut prediksi tentang keberhasilan seseorang di masa yang akan datang pada jabatan tertentu. Melalui proses seleksi dilakukan pemilihan atau pencocokan untuk mengurangi kemungkinan perusahaan menerima pegawai yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.