Saturday, September 12, 2015

Definisi dan Urgensi

Dalam konteks bisnis  peranan sumberdaya manusia (SDM) menjadi semakin penting, hal itu karena terjadinya kompetisi baik secara lokal, nasional, regional maupun global. Hanya bisnis  yang dikelola oleh SDM mumpuni yang akan keluar sebagai pemenang dalam persaingan. 

Selanjutnya silahkan buka Modul 1 Definisi dan Urgensi, baca dengan teliti dan simak dengan baik, berikan komentar Anda di kolom yang ada di bawah ini (sertakan nama dan kode tugas):

Lihat tayangan https://youtu.be/3X1v3Uzb9WI

48 comments:

  1. A11-Astri

    Setelah membaca modul MSDM, saya mampu memahami definisi dan urgensi MSDM.
    Peranan SDM sangat diperlukan bagi para penyelenggara bisnis ataupun organisasi non bisnis.
    Kesuksesan bisnis sangat ditunjang oleh kualitas dari SDM di dalamnya, sehingga para pelaku bisnis harus dengan cermat memilih dan menjaga SDM yang berkompeten.
    Untuk mecapai hal tersebut, diperlukan implementasi MSDM yang tepat di dalamya.
    MSDM memiliki peran yang berkitan dengan pengintegrasian dan pengelolahan karyawan, budaya kerja, pengembangan organisasi, keselamatan, kesehatan, keamanan, manfaat, motivasi karyawan, komunikasi, administrasi, dan pelatihan.
    Hal yang menjadi kunci utama dalam peningkatan kerja organisasi adalah dengan memastikan aktivitas MSDM mendukung usaha organisasi yang terfokus pada produktifitas, kualitas, dan pelayanan.
    Selain itu, MSDM memiliki fungsi manajerial dan operasional yang mana kedua fungsi tersebut harus secara tepat dilakukan oleh departemen MSDM.
    Kesimpulan dari semua itu adalah, MSDM merupakan tonggak dari keharmonisan berjalannya suatu bisnis. Jika MSDM tidak dapat menjalankan fungsi nya dengan baik, maka dapat dipastikan untuk mencapai tujuan organisasi yang sama akan sulit terlaksana.

    ReplyDelete
  2. A10-Setyowati

    Setelah saya membaca modul tentang MSDM yaitu mengenai definisi dan urgensi MSDM. Prinsip suatu perusahaan sendiri dapat berjalan dengan baik adalah harus memiliki input dan proses yang baik agar output yang keluar pun baik. Untuk mewujudkan hal tersebut dalam pelaksanaannya dibutuhkan SDM yang berkualitas sebagai orang yang berperan untuk menjalankan siklus tersebut.
    Oleh karena itu dalam pelaksanaanya, bagian yang memegang tugas dalam merekrut dan mendevelop, merupakan bagian yang penting bagi kesuksesan suatu organisasi atau perusahaan.
    Oleh karena itu karyawan merupakan suatu investasi perusahaan yang harus di jaga dan dikembangkan kemampuannnya. Oleh karena itu bagian MSDM tidak hanya memikirkan bagaimana caranya mendapatkan karyawan baru sebanyak-banyaknya, namun bagaimana juga mendapatkan SDM yang berkualitas, lalu bagaimana juga mempertahankan dan mengembangkan kemampuan karyawan tersebut. Sehingga seorang karyawan dapat merasa nyaman, sehingga karyawan bisa loyal,kreatif dan lain-lain. Simbiosis mutualisme antara karyawan,atasan dan organisasi/perusahaan dapat terwujud.

    ReplyDelete
  3. A03-Rio David

    Di perusahaan tempat saya bekerja kebetulan saya punya beberapa member yang harus saya kelola. Melalui modul 1 MSDM, saya dapat mengerti pentingnya SDM bagi kemajuan suatu perusahaan. Sehingga manajemen terhadap sumber daya manusia tersebut (MSDM) menjadi hal yang penting untuk dikaji dan dipelajari. Keilumuan ini penting untuk menjadi bekal mendasar bagi saya yang harus saya dalami,
    Fokus utama MSDM ialah memberikan kontribusi bagi keberhasilan organisasi. Dengan terus mendalami ilmu ini saya berharap dapat mengaplikasikannya dalam proses pekerjaan saya di perusahaan, yang mana harapannya dapat memberikan dampak positif bagi departemen maupun perusahaan tempat saya bekerja.

    ReplyDelete
  4. A18-Radiya

    "My men are my money.” Quote dari Amit Kalantri. Dari Modul 01 Yang Telah saya baca. Menegenai definisi dan urgensi MSDM. dari pengertian SDM yang baik itu sendiri adalah yang komperhensip dalam berfikir dan selalu mengantisipasi tuntutan di masa depan, memiliki sikap positif, berperilaku terpuji, dan berwawasan, serta memiliki kemampuan, keterampilan , dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan diberbagai bidang serta sektor pembangunan.
    Tinggal bagaimana Cara suatu instansi atau perusahaan bahkan suatu negara mendevelop SDMnya Untuk Menjadikan SDM yang unggul dan dapat bersaing di kanca nasional maupun global tidak hanya mengembangkan, MSDM yang baik juga harus dapat meegenerasi dan memelihara SDM yang ada dengan tahapan-tahapan rancangan-rancangan Sistem MSDM yg dibuat oleh sebuah kelompok organisasi untuk menunjang bisnisnya untuk terus maju.

    ReplyDelete
  5. A13-Yudi
    untuk pengeritian msdm adalah bagaimana cara mengatur hubungan dan peranan sumber daya untuk secara efektif dan efisien agar tercapai tujuan yang maksimal. dimana secara garis besar harus ada peranan masing-masing sumber daya harus bekerja dengan baik dan bekerja sama serta memberikan kontribusi yang maksimal untuk mencapai tujuan yang telah disepakati secara maksimal sebelumnya. ini akan membuat sumber daya akan bersaing dan ingin terus maju dari sebelumnya.
    terima kasih

    ReplyDelete
  6. A23-Samsa

    Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) sangatlah dibutuhkan dalam berorganisasi sehingga tujuan, visi & misi perusahaan bisa tercapai. Jika suatu perusahaan tidak menjalankan manajemen sumber daya manusia secara optimal, dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut susah untuk maju. Karena kunci suksesnya suatu perusahaan terdapat di kualitas manusianya untuk ikut serta berkontribusi mewujudkan tujuan, visi dan misi perusahaan.

    ReplyDelete
  7. A14-Syahli

    Dengan mempelajari definisi dan urgensi MSDM, saya jadi memahami pentingnya memahami karakteristik dari setiap sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Sehingga saya dapat mengkordinir tim yang saya miliki dan dapat memaksimalkan kemampuan mereka untuk kepentingan perusahaan.

    ReplyDelete
  8. A02 - Doharmin

    Melalui Modul Definisi dan Urgensi MSDM kita dapat memahami bahwa faktor sumber daya manusia merupak faktor yang sangat penting dalam keberhasilan suatu organisasi. Manajemen sumber daya manusia menjadi fungsi dalam suatu organisasi yang berfokus mulai dari perekrutan, pengelolaan dan pengarahan dan memberikan arahan bagi orang-orang yang berkerja dalam organisasi. Pengelolaan yang baik hubungan antara karyawan dengan karyawan, karyawan dengan top manajemen akan mencipatakan sinergi yang memberikan keuntungan bagi organisasi.

    ReplyDelete
  9. Dari beberapa uraian pengertian manajemen sumber daya manusia menurut beberapa ahli, dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen sumber daya manusia atau manajemen personalia adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja dengan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perorangan, organisasi, dan masyarakat.Dengan manajemen yang baik, akan dapat memudahkan terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat, serta meningkatkan daya guna dan hasil guna unsur-unsur manajemen

    ReplyDelete
  10. A25-Tri

    Manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya. dalam hal ini

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. A05-Ikhsan

    Setelah membaca modul tersebut yakni Manajemen sumber daya manusia sangatlah penting dan diutamakan, guna untuk mengelola, mengatur dan memfasilitasi tenaga kerja agar lebih efektif, efisien dan lebih baik pada bidang kerjanya masing-masing, sehingga perusahaan dapat berkembang lebih baik.

    ReplyDelete
  13. Setelah membaca artikel ini, kini saya mengerti dan memahami arti dan tujuan manajemen sumber daya manusia dimana bertujuan untuk merumuskan kebutuhan pegawai, mengembangkan dan memberdayakan pegawai untuk memperoleh nilai maslahat optimal bagi individu pegawai yang bersangkutan, organisasi dan masyarakat yang dilayaninya. MSDM dilaksanakan untuk mewujudkan organisasi yang sehat, yaitu organisasi yang memiliki jumlah dan kualifikasi pegawai sesuai dengan beban dan tugas-tugas organisasi yang ada di dalamnya. MSDM harus mendukung tingkat ketahanan organisasi, pertumbuhan, produktivitas dan kompetisi.

    Ada 4 tujuan manajemen SDM adalah sebagai berikut:
    a. Tujuan Sosial
    Tujuan sosial manajemen sumber daya manusia adalah agar organisasi atau perusahaan bertanggungjawab secara sosial dan etis terhadap keutuhan dan tantangan masyarakat dengan meminimalkan dampak negatifnya.

    b. Tujuan Organisasional
    Tujuan organisasional adalah sasaran formal yang dibuat untuk membantu organisasi mencapai tujuannya.

    c. Tujuan Fungsional
    Tujuan fungsional adalah tujuan untuk mempertahankan kontribusi departemen sumber daya manusia pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

    d. Tujuan Individual
    Tujuan individual adalah tujuan pribadi dari tiap anggota organisasi atau perusahaan yang hendak mencapai melalui aktivitasnya dalam organisasi.

    ReplyDelete
  14. Manajemen sumber daya manusia merupakan sistem yang terdiri dari banyak aktivitas interdependen (saling terkait satu sama lain). dalam manajemen SDM faktor yang diperhatikan adalah manusia itu sendiri. MSDM sangat membutuhkan manusia sebagai penunjang manajemen dalam perusahaan. sehinggan manajemen SDM ini sangat dibutuhkan disetiap perusahaan

    ReplyDelete
  15. #1. Definsisi & Urgensi MSDM

    Setelah saya membaca modul #1 ini, saya sadar sangatlah penting sebuah Manajemen Sumber Daya Manusia dalam sebuah Perusahaan/Organisasi, dimana MSDM lah yang berperan besar dalam mengelola SDMnya dalam dalam rangka mencapai tujuan Perusahaan.
    MSDM memungkinkan karyawan untuk nerkontribusi efektif dan produktif secara komprehensif terhadap pencapaian tuuan dan sasaran organisasi/Perusahaan.
    Untuk mencapai hal tsb. adapun aktifitas-aktifitas yang saling berkaitan adalah : Perencanaan, dan analisis SDM, Kesetaraan bekerja, Perekrutan/staffing, Pengembangan Kompensasi dan keuntungan, Kesehatan, Keselamatan dan kemanan kerja, serta hubungan industrial.
    Disamping itu adapun fingsu dari MSDM adalah : Manajerial dan Operasional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pedro Subekti A09
      #1. Definsisi & Urgensi MSDM

      Setelah saya membaca modul #1 ini, saya sadar sangatlah penting sebuah Manajemen Sumber Daya Manusia dalam sebuah Perusahaan/Organisasi, dimana MSDM lah yang berperan besar dalam mengelola SDMnya dalam dalam rangka mencapai tujuan Perusahaan.
      MSDM memungkinkan karyawan untuk nerkontribusi efektif dan produktif secara komprehensif terhadap pencapaian tuuan dan sasaran organisasi/Perusahaan.
      Untuk mencapai hal tsb. adapun aktifitas-aktifitas yang saling berkaitan adalah : Perencanaan, dan analisis SDM, Kesetaraan bekerja, Perekrutan/staffing, Pengembangan Kompensasi dan keuntungan, Kesehatan, Keselamatan dan kemanan kerja, serta hubungan industrial.
      Disamping itu adapun fingsu dari MSDM adalah : Manajerial dan Operasional

      Delete
  16. A07-ahmad
    karena MSDM berarti mengatur, mengurus SDM berdasarkan visi perusahaan agar tujuan organisasi dapat dicapai secara optimum,staffing dan personalia dalam organisasi, meningkatkan kinerja, mengembangkan budaya korporasi yang mendukung penerapan inovasi dan fleksibilitas.
    perencanaan tenaga kerja, pengembangan tenaga kerja, penilaian prestasi kerja, pemberian kompensasi, pemeliharaan tenaga kerja, dan pemberhentian.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. A01-Fitra

    Setelah membaca dan mencoba memahami defini MSDM, saya setuju jika saat ini penerapannya menjadi hal yang urgent untuk diterapkan.
    Seperti yang telah kita ketahui di dunia industri, jumlah perusahaan kian meningkat dari tahun ke tahun. diantaranya adalah perusahaan yang baru berdiri, perusahaan ekspansi, namun ada juga perusahaan yang tidak mampu bertahan menghadapi persaingan hingga akhirnya gulung tikar.
    Terdapat beberapa hal yang menjadi kunci agar perusahaan mampu bertahan, diantaranya adalah kualitas produk / pelayanan, inovasi, dan SDM-nya.
    Jika di evaluasi lebih lanjut SDM lah yang menjadi kunci utamanya karena merekalah yang melakukan segala aktifitas kerja termasuk menghasilkan / memastikan kualitas produk dan menciptakan inovasi untuk berkembang. Oleh karena itu perlu adanya MSDM untuk memastikan SDM telah terkualifikasi dan ditempatkan di posisi yang sesuai, mendapatkan pelatihan yang tepat, dikelola secara efektif, dan berkomitmen pada kesuksesan organisasi/perusahaan.

    ReplyDelete
  19. A-21 Yusuf
    Saya mendapatkan pengetahuan bahwa Sumber Daya Manusia memerlukan pengelolaan yang sistematis dan terarah, agar proses pencapaian tujuan organisasi dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Ini berarti bahwa, manajemen Sumber Daya Manusia merupakan hal yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan, besar atau kecil, apapun jenis industrinya.
    Aspek Manajemen Sumberdaya Manusia menduduki posisi penting dalam suatu perusahaan/organisasi karena setiap organisasi terbentuk oleh orang-orang, menggunakan jasa mereka, mengembangkan keterampilan mereka, mendorong mereka untuk berkinerja tinggi, dan menjamin mereka untuk terus memelihara komitmen pada organisasi merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi.

    ReplyDelete
  20. Manajemen sumber daya manusia merupakan sistem yang terkait satu sama lain. MSDM dilaksanakan untuk mewujudkan organisasi yang sehat, yaitu organisasi yang memiliki jumlah dan kualifikasi pegawai sesuai dengan beban dan tugas-tugas organisasi yang ada di dalamnya. MSDM harus mendukung tingkat ketahanan organisasi, pertumbuhan, produktivitas dan kompetisi.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. A-22pinkan
    setelah membaca modul msdm,kita dapat memahami bahwa MSDM memiliki peran yang berkitan dengan pengintegrasian dan pengelolahan karyawan, budaya kerja, pengembangan organisasi, keselamatan, kesehatan, keamanan, manfaat, motivasi karyawan, komunikasi, administrasi, dan pelatihan.
    Hal yang menjadi kunci utama dalam peningkatan kerja organisasi adalah dengan memastikan aktivitas MSDM mendukung usaha organisasi yang terfokus pada produktifitas, kualitas, dan pelayanan.

    ReplyDelete
  23. A-22pinkan
    setelah membaca modul msdm,kita dapat memahami bahwa MSDM memiliki peran yang berkitan dengan pengintegrasian dan pengelolahan karyawan, budaya kerja, pengembangan organisasi, keselamatan, kesehatan, keamanan, manfaat, motivasi karyawan, komunikasi, administrasi, dan pelatihan.
    Hal yang menjadi kunci utama dalam peningkatan kerja organisasi adalah dengan memastikan aktivitas MSDM mendukung usaha organisasi yang terfokus pada produktifitas, kualitas, dan pelayanan.

    ReplyDelete
  24. Y57-Fuad
    Saya menjadi lebih mengerti & memahami apa dan bagaimana Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) serta perannya yang sangat penting dalam suatu perusahaan/organisasi dalam mencapai dan mewujudkan visi dan misinya.
    MSDM memiliki fungsi manajerial sebagai sebuah bagian dari organisasi dalam mengelola internalnya serta fungsi operasional dengan kontribusi teknis/khususnya terhadap organisasi.
    MSDM mengalami perkembangan sejalan dengan tuntutan jaman dimulai hanya menjalankan tugas administrasi kepegawaian (personalia), bagian pendukung pencapaian strategik organisasi melalui SDM (SDM Strategik) dan penyedia serta pengembang talenta-talenta yang dibutuhkan organisasi untuk bertahan & bertumbuh di masa depan (Manajemen Talenta).

    ReplyDelete
  25. Y48-Arifin

    Setelah membaca modul ini saya dapat mengerti pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam perusahaan atau organisasi, dalam hal perekrutan, pengelolaan dan pengarahan dimana hal tersebut untuk menunjang potensi maksimal yang dimiliki oleh individu atau tim agar menghasilkan kinerja organisasi yang tinggi.
    Tidak hanya itu juga dengan MSDM kita juga dapat memetakan calon individu tersebut cocok dan pantas di tempatkan di bagian mana agar talenta yang di milikinya tidak sia-sia.

    ReplyDelete
  26. Y55-Hilman

    Setelah membaca dan memahami modul ini devinisi dan urgensi MSDM memang tidak dapat dipisahkan wajib ada di system perusahaan . Tidak memandang bisnis skala kecil atau pun bisnis skala besar manajemen dan organisasi(MSDM)memang dasar yang harus diterapkan .
    peningkatan kerja organisasi dengan memastikan aktivitas MSDM mendukung usaha organisasi yang terfokus pada produktifitas, kualitas, dan pelayanan.
    Dari proses pengintegrasian dan pengelolahan karyawan, budaya kerja, pengembangan organisasi, keselamatan, kesehatan, keamanan, manfaat, motivasi karyawan, komunikasi, administrasi, dan pelatihan . Hal ini lah yang menjadi tolak ukur serta sebagai jaminan kemajuan dan perkembangan berdirinya suatu perusahaan

    ReplyDelete
  27. Y53-SYLVIA
    Setelah membaca modul ini, saya mengerti dan memahami mengenai Manajemen Sumber Daya Manusia baik dari segi definisi, fungsi, urgensi dan perkembangannya. Dimana MSDM mampu mengoptimalkan potensi total yang ada pada individu atau tim untuk menghasilkan kinerja organisasi yang berdaya saing.

    ReplyDelete
  28. Y46-Reno

    Setelah membaca beberapa penjelasan dan mindmapping dari MSDM, saya lebih memahami posisi dan tugas MSDM dalam sebuah organisasi/perusahaan.
    secara sederhana Manajemen Sumber Daya manusia dapat diartikan sebagai "pengatur anggota" dalam organisasi tersebut. dikaitkan denga urgensi MSDM yang tdk hanya mengatur tetapi juga mengoptimalkan skill dan potensi SDM tsb di dalam organisasi.
    dengan adanya MSDM, fungsi suatu organisasi menjadi tertata dan mengetahui scope dan tanggung jawab masing2 sektor, secara manajerial untuk merencanakan dan mengelola aset SDM agar sesuai dengan kebutuhan organisasi, begitu pula fungsi operational sebagai "executor" yang bertanggung jawab melaksanakan tugas sesuai perencanaan yang disepakati dengan fungsi manajerial.
    dalam perkembanganya, MSDM tidak dapat luput dari tugas sebagai lembaga yang mengatur karyawan/anggota perusahaan. disamping definisi awal, urgensi, dan fungsi MSDM. perkembangan MSDM semakin luas dengan adanya Dept. Personalia, Manajeman talenta, SDM stratejik hingga proses recruitment, Training untuk pegawai, prospek kedepanya seorang anggota hingga industrial relation antara anggota dengan organisasi yang dewasa ini menjadi polemik yang masih berkepanjangan, itu semua untuk satu "goal" yaitu agar tujuan organisasi (perusahaan) dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

    ReplyDelete
  29. Y39-Sumaryono
    setelah saya membaca modul tentang definisi dan urgensi MSDM saya mejadi lebih mengerti pentingnya Manajemen SDM dalam membangun sebuah perusaan karena, dengan manajemen SDM yang baik perusahaan akan memiliki karyawan yang memiliki kompetensi yang bagus sehingga tujuan dari perusahaan, karyawan maupun lingkungan dapat terpenuhi.
    Manajemen SDM dapat digunakan untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh individu atau tim sehingga akan menghasilkan output yang lebih baik. MSDM menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan dan pengelolaan karyawan.
    degan pengoptimalan Manajeman SDM tidak menutup kemungkinan individu atau tim akan memiliki daya saing yang tinggi anatar individu maupun tim.

    ReplyDelete
  30. Y40-Vincentius
    Saat saya melihat modul tentang MSDM itu sendiri, saya sekarang mulai mendapatkan pemahaman baru dan wawasan baru. dari awal yang saya tidak memahami sekarang saya bisa memahami maksud dari pada MSDM (Management Sumber daya Manusia) yang diamana dimaksudkan me-manage dan mengkoordinasi banyak individual dalam sebuah organisasi atau kelompok. Untuk mengeluarkan dan memaksimalkan semua hal yang ada dalam individual manusia itu sendiri sebagai manusia yang bisa melakukan apa saja. Dan melihat apakah individual itu bisa untuk dibimbing menjadi lebih baik dengan semua kemampuan yang dia miliki atau tidak. Hal ini berguna di setiap elemen masyarakat saat ini tidak hanya untuk orang-orang yang bekerja untuk sebuah perusahaan namun juga untuk orang orang yang ingin membuka lapangan pekerjaaan baru. Agar mereka bisa memaksimalkan banyak individu untuk mengembangkan lapangan pekerjaan baru yang mereka ciptakan sendiri. Menurut saya secara keseluruhan hal ini adalah dan merupakan sebuah pilar atau dalam kata lain merupakan sebuah penopang untuk mencipatakan sebuah organisasi yang baik dengan MSDM yang baik maka bisa menciptakan individu individu yang unggul dan luar biasa.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Y62-Ardhinata

    Setelah mempelajari definisi dan urgensi Manajemen Sumber Daya manusia saya mengerti bahwa dalam suatu organisasi, penerapan manajemen sumber daya manusia adalah penting. Manajemen sumber daya manusia berfungsi untuk mengatur hubungan dan peran sumber daya manusia (tenaga kerja) secara efektif dan efisien agar dapat mencapai tujuan bersama suatu organisasi. Pengelolaan sumber daya manusia bersifat unik, manusia merupakan sumber utama dalam menjalankan organisasi / perusahaan / bisnis, karena fungsi manusia sebagai pelaku, pengelola dan sebagai pelaksana dalam proses produksi dalam bisnis . Kunci dasar dalam mempertahankan bisnis adalah bagaimana manusia yang ada dalam organisasi memiliki kemampuan bekerja.

    ReplyDelete
  33. Y44-Muhammad AR
    Setelah saya simak dan amati mengenai Managemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Berperan penting dalam suatu organisasi untuk membentuk suatu pendekatan yang strategis dalam mengelola Orang, baik dalam bentuk budaya kerja dan lingkungan.Pada Dasarnya dalam Dunia Industri dalam mengatur dan mengelola manusia adalah suatuMotorik yang sangat penting demi terciptanya kualitas perusahaan yang bermutu tinggi,jika Hal tersebut telah teracapai makan maka akan berhimbas pada daya saing perusahaan.
    Dengan Daya saing yang besar ini, maka akan dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut nantinya Akan memiliki peluang yang lebih baik agar mampu memperoleh keuntungan yang maksimal Maupun tujuan yang telah ditetapkan dari awal akan tercapai secara keseluruhan.imbasnya Bagi sumber daya manusia yang ada maka akan mendapatkan penghargaan bahkan upah gaji Yang meningkat,sehingga dpat dipergunakan untuk kehidupan yang lebih baik kedepannya.

    ReplyDelete
  34. Y59-Renward
    Definisi, Urgensi, dan Fungsi dari MSDM merupakan hal penting dalam meningkatkan kualitas SDM. Setelah membaca modul ini saya lebih mengerti bahwa definisi dan urgensi dalam MSDM ini bertujuan untuk mengelola orang, budaya kerja, dan lingkungan. Pengelolaan orang yang dilakukan harus disertai dengan mengoptimalkan potensi untuk menghasilkan kinerja organisasi yang berdaya saing tinggi, sehingga tercipta kondisi yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan SDM yang ada. Dalam mencapai suatu keadaan yang menguntungkan fungsi dari MSDM ini berperan dalam pengelolaan SDM lebih selektif lagi. Pengelolaan yang dilakukan berdasarkan fungsi manajerial (perencanaan, pengorganisasian, staffing, pengarahan, dan pengendalian), dan fungsi operasional (pengadaan, pengembangan, kompensasi, pemeliharaan, dan integrasi). MSDM semakin dikembangkan dengan adanya Dept.personalia, SDM strategik, dan Manajemen talenta untuk membentuk SDM berkualitas tinggi yang dapat mencapai tujuan perusahaan.

    ReplyDelete
  35. Y62-Ardhinata

    Setelah mempelajari definisi dan urgensi Manajemen Sumber Daya manusia saya mengerti bahwa dalam suatu organisasi, penerapan manajemen sumber daya manusia adalah penting. Manajemen sumber daya manusia berfungsi untuk mengatur hubungan dan peran sumber daya manusia (tenaga kerja) secara efektif dan efisien agar dapat mencapai tujuan bersama suatu organisasi. Pengelolaan sumber daya manusia bersifat unik, manusia merupakan sumber utama dalam menjalankan organisasi / perusahaan / bisnis, karena fungsi manusia sebagai pelaku, pengelola dan sebagai pelaksana dalam proses produksi dalam bisnis . Kunci dasar dalam mempertahankan bisnis adalah bagaimana manusia yang ada dalam organisasi memiliki kemampuan bekerja.

    ReplyDelete
  36. Y - Irsan Wahyu Nugraha
    Setelah menyimak dan mempelajari beberapa penjelasan tentang manajemen sumber daya manusia ( MSDM ), dapat diartikan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur berkelanjutan yang bertujuan untuk mendirikan atau membuat suatu organisasi di perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya. Selain itu manajemen sumber daya manusia (MSDM ) tidak lain untuk mengingatkan semua pihak tentang nilai tenaga kerja yang merupakan manusia. Mereka bukan hanya sekedar mesin yang menjalankan tugas - tugas yang diberikan, Para tenaga kerja juga memiliki hak-hak yang harus diterima dan dinikmati. Sebab secara langsung , manajemen yang baik akan berpengaruh pada setiap SDM itu sendiri.

    ReplyDelete
  37. Y47-MuhammadFW
    From the video we could learn that human resource management is not as easy as we imagine before, there is kind of base, purpose, and method of each necessary departement or organization.
    Each organization, directorate, division, even departement must be need difference necessary and treatment to develop human resource to be able compete localy or internationally and individually or collectively.
    So this is obviously a great course to learn how to create the qualified human resources.

    ReplyDelete
  38. Y36-Franciska
    Saya mulai memahami pentingnya MSDM dalam organisasi, setelah membaca modul definisi dan urgensi. Diketahui bahwa dalam suatu organisasi dibutuhkan MSDM dalam mengelola (definisi) dan mengoptimalkan kerja suatu individu maupun team (urgensi) untuk menghasilkan kinerja yang tinggi dan mencapai output yang maksimal.

    ReplyDelete
  39. Y58-Vionna

    Setelah membaca modul yang telah diberikan serta menyimak video yang ditampilkan, dapat saya pahami bahwa berhasilnya suatu kegiatan organisasi/bisnis tidak lepas dari peranan manajemen sumber daya manusia (MSDM). Sumber daya manusia menjadi salah satu asset terpenting dalam sebuah bisnis/organisasi karena dapat melakukan pendekatan secara komprehensif dalam mengelola karyawan, serta budaya kerja dan lingkungan ditempat kerja. Tidak mudah dalam melakukan tugas MSDM karena dari awal mereka harus melakukan perekrutan dan harus bisa memilih kandidat yang memiliki kemampuan dan keterampilan bekerja dengan baik. Peranan MSDM harus mampu mengelola dengan baik agar kebijakan dari perusahaan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  40. Y52 - Yenny
    MSDM adalah pengelolaan manusia dan hubungan manusia dalam organisasi yang merupakan suatu kunci dalam keberhasilan dan pertumbuhan bisnis. Hal ini yang dapat kita liat dalam perusahaan besar seperti Toyota. Kunci kesuksesan Toyota adalah Toyota Culture yang meneliti ‘sistem manusia’ untuk menyuntikkan prinsip-prinsip dasarnya, yaitu kepercayaan, kesejahteraan bersama, dan kesempurnaan di dalam pabrik-pabrik, dealer-dealer, dan kantor-kantornya di seluruh dunia. (Sumber:http://portalhr.com/berita/belajar-dari-budaya-toyota/)
    SDM merupakan jantung dan jiwa Toyota Way yang ditunjukkan dengan semangat Toyota yaitu 'we build people before we build products'.
    Berati urgensi MSDM sangat diperlukan sebagai tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan. Semakin besar nilai urgensi MSDM semakin besar keberhasilan perusahaan. Hal ini bisa diwujudkan dengan meningkatkan SDM yang ada sehingga menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas yang akan menopang perusahaan untuk maju dan berkembang. Salah satu caranya yaitu dengan mengadakan pelatihan SDM. Pelatihan SDM dapat dilakukan dengan training, kompetisi maupun QCC.
    Dengan melihat perkembangan MSDM, dapat ditarik kesimpulan bahwa perkembangan dunia yang pesat membuat kita sebagai manusia harus selalu menjalankan prinsip perbaikan terus menerus (continual improvement) agar tidak kalah dengan generasi muda di bawah kita.

    ReplyDelete
  41. Y45-Dewi

    Sumber Daya Manusia adalah asset perusahaan yang paling berharga. Asset perusahaan seperti mesin, tanah, ataupun gedung semua orang yang memiliki uang pasti bisa membelinya. Namun tidak hal nya dengan Sumber Daya Manusia. Suatu perusahaan tidak bisa dengan mudahnya mendapatkan SDA berkualitas yang bisa bersinergi dengan perusahaan secara baik. Hal tersebut tentunya diperlukan demi tercapainya visi dan misi perusahaan.
    Sumber Daya Manusia yang baik harus didukung dengan Manajemen Sumber Daya Manusia yang baik juga. Bahkan MSDM yang baik dapat merubah SDM yang kurang menjadi jauh lebih baik dan berharga bagi perusahaan. Karena jika MSDM saja sudah tidak bisa berjalan dengan baik maka SDM tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Asset yang sudah ada sebelumnya seperti mesin, material, dan gedung tidak dapat menghasilkan apa-apa karena SDA nya tidak terkelola dengan baik.

    ReplyDelete
  42. Y37-Tarma

    MSDM sangat penting dalam mengelola tenaga kerja agar tidak mudah pindah, terutama karyawan yang kinerjanya bagus. Karena perusahaan yang menerapkan pola msdm yang baik menjadikan karyawan itu sebagai aset, sehingga perlu diperhatikan.

    ReplyDelete
  43. Y61-Klara
    MSDM merupakan salah satu penunjang kemajuan suatu perusahaan untuk menjadi pedoman dalam menetapkan program rekrut, seleksi, pengembangan, kompensasi,pemeliharaan, kedisiplinan dan penilaian karyawan sehingga produktivitas kerja para karyawan bisa meningkat sehingga memberikan keuntungan pada kedua belah pihak baik bagi karyawan itu sendiri maupun bagi perusahaan.

    ReplyDelete
  44. Y56-Antonio
    MSDM punya peranan penting bagi perusahaan dalam meraih kesuksesan. Melalui urgensi MSDm kita memperoleh pemahaman untuk memperoleh sdm yang berkualitas, bagaimana proses nya, mengelola dan mengembangkan sdm itu sendiri. Membentuk karakter dan budaya kerja yang baik. Sehingga nantinya akan menunjang efeketifitas dan efisiensi dalam bekerja.

    ReplyDelete
  45. A05-TITO

    Kesuksesan dan daya saing sangat tergantung pada tingkat efisiensi dan efektifitas operasional dan strategik. Tingkat efisiensi dan keefektifan operasional meliputi restrukturisasi operasi, penurunan biaya operasi, peningkatan kualitas barang dan jasa, inovasi secara terus menerus, dan pengembangan produk baru. Dalam praktiknya sehingga dapat berjalan baik tentunya diperlukan SDM yang berkualitas. Pelaksanaan MSDM yang baik merupakan Fondasi untuk membentuk SDM yang berkualitas sebelum perusahaan fokus pada pencapaian visi - misi.

    Konsep dasar MSDM menyatakan bahwa “setiap karyawan adalah manusia, bukan mesin dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis”. (Afia, 2016) Dalam praktiknya di perusahaan SDM juga dikenal dengan sebutan Aset. Akan tetapi harus digarisbawahi bahwa SDM sebagai Aset bukan hanya fix assets dalam neraca keuangan tapi aset tetap baik bergerak tak bergerak, aset di sini paling penting sumber daya manusia”. (Wicaksono, 2015) Hal ini berarti bahwa dengan Pengolahan serta Pengembangan Sistem Manajemen SDM yang baik, juga dapat menambah value perusahaan dalam mencapai visi - misi, serta menghadapi obstacles yang ada.

    Kedua point diatas merupakan sebagian hasil dari pemahaman saya dalam mempelajari definisi dan urgensi MSDM.

    ReplyDelete
  46. @Ao3-MELINDA

    Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor penting yang terdapat dalam sebuah organisasi. Namun, diperlukan pendekan bidang ilmu agar SDM dapat berperan dan berpartisipasi aktif sehingga tujuan maupun visi dan misi sebuah perusahaan dapat tercapai. Manajemen Sumberdaya Manusia (MSDM)adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan SDM secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan.

    Untuk itu penerapan Fungssi MSDM di sebuah organisasi sangatlah penting agar visi-misi/tujuan organisasi dapat tercapai.

    ReplyDelete
  47. @A01-ISLAMIA
    Setelah mempelajari tentang MSDM saya dapat mengambil kesimpulan yakni sumber daya manusia (SDM) memiliki peranan penting dalam sebuah organisasi karena setiap manusia memiliki karakter yang berbeda untuk itu perlu dikelola dan dilakukan pendekatan untuk mencapai tujuan bersama perusahaan dengan melaksanakan fungssi fungsinya yakni fungsi manajerial dan fungsi operasional

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.