Wednesday, March 23, 2016

Proses Seleksi Karyawan di PT ZXY (Perusahaan Farmasi)


Proses seleksi karyawan di sebuah perusahaan merupakan salah satu tahap krusial dalam menentukan perkembangan perusahaan tersebut karena hal ini menyangkut dengan SDM. Dimana, SDM merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang kemajuan perusahaan. Seleksi merupakan tahapan yang dilakukan setelah proses rekrutmen. Terdapat beberapa definisi seleksi menurut para ahli diantaranya,
Menurut Rivai (2008), seleksi merupakan salah satu kegiatan dalam manajemen SDM yang dilakukan setelah proses rekrutmen selesai dilaksanakan. Hal ini berarti telah terkumpul sejumah pelamar yang memenuhi persyaratan untuk kemudian dipilih sebagai karyawan dalam perusahaan tersebut.
Menurut Sunyoto (2008), proses seleksi adalah usaha menjaring SDM yang dianggap bisa menyesuaikan dengan pekerjaan yang ditawarkan, kandidat dianggap dapat memperlihatkan kinerja yang diharapkan oleh perusahaan.
Menurut Sikula (2002), Selecting is choosing. Any alection is is a collection of things chosen. The selection process involves picking out by preference some objects or things from amomg others. In reference to staffing and employment, selection refers specifically to the deciation to hire a limited number of workers from a group of potential employees. (penyeleksian adalah pemilihan. Menyelidiki merupakan suatu pengumpulan dari suatu pilihan. Proses seleksi melibatkan pilihan dari berbagai objek dengan mengutamakan beberapa objek saja yang dipilih. Dalam pegawaian, seleksi lebih secara khusus mengambil keputusan dengan membatasi jumlah pegawai yang dapat dikontrakkerjakan dari pilihan sekelompok calon-calon pegawai yang berpotensi).
Contoh kasus:
Proses seleksi di PT. ZXY secara umum dibagi menjadi 4 tahapan yaitu seleksi administrasi, Psikotes, wawancara dan tes kesehatan. Proses seleksi administrasi dilakukan dengan pengumpulan berkas seperti Curiculum Vitae, Surat Lamaran, dan dokumen penunjang lainnya. Setelah melakukan seleksi administrasi maka perusahaan akan meminta kandidat terpilih untuk mengikuti tahap Psikotes. Tahapan ini dilakukan untuk mengetahui tipe kepribadian kandidat sehingga pihak perusahaan dapat menentukan kesesuaian kandidat dengan kebutuhan perusahaan. Setelah melewati tahapan ini kandidat akan diminta untuk wawancara. Tahap wawancara dibagi menjadi 2 tahap yaitu wawancara oleh HRD dan User (Supervisor dan atau manager). Tahap wawancara dilakukan untuk mengetahui tingkat kepantasan kandidat untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Setelah ketiga tahap tersebut selesai maka akan dilakukan tes kesehatan untuk memastikan bahwa kandidat yang telah dipilih dalam kondisi sehat sehingga dapat mengurangi risiko untuk perusahaan pada nantinya. Setelah semua tahapan di atas terpenuhi maka kandidat akan diminta untuk menandatangani surat perjanjian kerja yang telah dinegoisasi sebelumnya. Setelah masuk dan bergabung dengan perusahaan tersebut karyawan akan ditempatkan sesuai dengan keahlian dan passion masing-masing.
Proses rekruitmen di PT. ZXY juga dilakuakan dengan metode rekruitmen internal dimana, posisi ditawarkan kepada karyawan yang sudah berada di perusahaan tersebut dan karyawan tersebut dipandang memiliki kemampuan untuk mengisi posisi yang sedang kosong tersebut. Pemilihan karyawan tersebut dilakukan dengan beberapa tahapan penting diantaranya pengusulan oleh atasan kepada HRD.

Daftar Pustaka
Rivai, Veitzhal. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Sikula, A. E. 2002. Personnel Administrasion and Human Resources Management, John Wiley and Sons Inc: Santa Barbara
Sunyoto, M. A. Psikologi Industri dan Organisasi. Universitas Indonesia: Jakarta

No comments:

Post a Comment