Thursday, March 31, 2016

Efektifitas Program Pelatihan dan Pengembangan Bagi Karyawan dan Perusahaan.

Abstrak

Pekerjaan, karyawan, perusahaan, dan tujuan perusahaan memang tidak bisa dipisahkan menjadi satu persatu bagian. Perusahaan melalui manajemen merumuskan sebuah tujuan, yang kemudian bersama-sama dicapai dengan karyawan melalui Manajemen Sumber Daya Manusia yang baik.
Proses merekrut, menyeleksi dan mampekerjakan karyawan pada satu jabatan tertentu tidaklah cukup untuk mencapai tujuan perusahaan, apalagi perusahaan hendak meningkatkan kemampuan setiap individu maupun organisasi. Proses pelatihan adalah melatih dan memberikan knowledge yang sesuai dengan job desk dan pekerjaan karyawan ybs, proses pelatihan erat kaitanya dengan pengembangan, disamping karyawan diberikan suatu ilmu baru/tambahan, karyawan juga dilatih untuk mengembangkan diri guna meningkatkan kualitas individu maupun  demi tercapainya tujuan perusahaan/organisasi.

Tujuan

Pelatihan dan pengembangan brtujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan karyawan dalam pekerjaan tertentu, juga sebagai prasyarat dalam proses promosi untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Pelatihan dan Pengembangan di setiap perusahaan mempunyai tahapan, proses dan prasyarat yang beragam. Sistem Pelatihan dan Pengembangan disusun sedemikian rupa guna tercapainya tujuuan pelatihan dan pengembangan tsb dalam aplikasinya nanti di pekerjaan,

Proses dan Aplikasi

Dalam sebuah sesi seminar yang bertujuk 4th Corporate university summit yang diselenggarakan oleh Pertamina(25/05)lalu, Muhammad Nuh, Menteri Pendidikan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, tenaga kerja kita masih didominasi oleh mereka yang jenjang pendidikanya lebih rendah dari perguruan tinggi, yakni 76,1 juta orang atau sekitar 62,92% dari total tenaga kerja indonesia. Beiau mengungkapkan bahwa kualitas hidup manusia itu terdiri dari tiga hal utama. Pendidikan, kesehatan dan pendapatan perkapita.

Penerapan proses pelatihan dan pengembangan bersifat variatif dan mempunyai kompleksitas yang beragam, untuk jabatan, pekerjaan dan sifat pkerjaan itu sendiri. Misal program pelatihan dan pengembangan manajer tentu akan berbeda dengan staff, khususnya dalam sisi kepemimpinan dan perencanaan organisasi. Aplikasi proses ini saya berikan contoh karyawan baru di perusahaan jasa perminyakan yang ada di Indonesia.


  1. Karyawan baru yang berstatus karyawan kontrak, diberikan file yang berisi tentang prasyarat yang harus dipenuhi selama masa kontrak, diantaranya program school & development yang akan dilakukan pada bulan ketiga setelah penandatanganan kontrak.
  2. Selama masa pre-school (sebelum pelatihan) karyawan diberikan materi2 terkait bidang pekerjaan dan departemen tsb. yang paling ditekankan disini adalah proses Kesehatan dan keselamatan kerja (K3). selain itu diberikan materi terkait departemenya secara manual handbook.
  3. proses enroll program school. pada tahap ini karyawan akan mendaftarkan program pelatihan/school yang sebelumnya sudah didiskusikan dengan manajer terkait dan manajer SDM.
  4. Online test. tes ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan awal karyawan sebelum melakukan program pelatihan. jika tidak lulus, makan karyawan akan diberikan waktu maksimal 3 kali dalam proses pre-test ini.
  5. proses pemilihan tempat pelatihan, terdapat 4 training center perusahaan yang dapat dipilih oleh karyawan, dengan pertimbangan dari manajer bagian. training center tsb berada di, Tulsa Oklahoma USA, Texas USA, Dubai UAE, dan Tyunmen Russia.
  6. Proses pelatihan dilakukan sekitar 3-6 bulan, tergantgung pada tingkat jabatan/ level pendidikan karyawan saat mendaftar di perusahaan.
  7. Setelah program school selesai, karyawan akan diberikan project lapangan. Hal ini untuk melihat aplikasi dari materi school yang didapat selama program pelatihan nya di training center.
  8. Manajer bagian akan mereview dan meneruskan hasil review pekerjaan dan pelatihan karyawan kepada manajer SDM.
  9. Karyawan ditetapkan sebagai karyawan tetap.

Kesimpulan

Proses Pelatihan dan Pengembangan merupakan lanjutan pada proses manajemen SDM ketika kandidat seleksi lulus dan diterima sebagai karyawan. proses ini sebaiknya dilaksanakan dengan rancangan yang matang dari perusahaan, tentang manfaat dan aplikasinya dikemudia hari, karena proses pelatihan dan pengembangan memerlukan biaya lebih. Akan tetapi jika tujuan organisasi dapat dicapai secara efektif dengan program pelatihan dan pengembangan, tentunya sudah menjadi keharusan yang tidak dapat di tawar lagi.


Daftar Pustaka

  • http://portalhr.com/category/people-management/learning-development/, dilihat pada 1 april 2016 pukul 1:47 a.m.
  • http://sdmberkualitas.blogspot.co.id/search/label/Pelatihan%20%26%20Pengembangan
  • http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=search&mod=document&select=title&q=pelatihan+dan+pengembangan&button=Search+Document, dilihat pada 1 april 2016 pukul 1:47 a.m.




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.