Sunday, March 27, 2016

Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Oleh : Saiful Munajat


ABSTRAK
Pelatihan dan pengembangan sering kita dengar dalam dunia kerja di perusahaan, organisasi, lembaga, atau bahkan dalam instansi pendidikan.
Hal ini dapat diasumsikan bahwa pelatihan dan pengembangan sangat penting bagi tenaga kerja untuk bekerja lebih menguasai dan lebih baik terhadap pekerjaan yang dijabat atau akan dijabat keepan. Tidak terlalu jauh dalam instansi pendidikan, pelatihan dan pengembangan sering dilakukan sebagai upaya meningkatkan kinerja para tenaga kerja pendidikan yang dianggap belum mampu untuk mengemban pekerjaanya karena factor perkembangan kebutuhan masyarakat dalam pendidikan. Secara deskripsi tertentu potensi para pekerja pendidikan mungkin sudah memenuhi syarat administrasi pada pekerjaanya, tapi secara actual para pekerja pendidikan harus mengikuti atau mengimbangi perkembangan pendidikan sesuai dengan tugas yang dibuat atau yang akan dijabatnya, pengembangan karyawan melalui pendidikan dan pelatihan memberi manfaat kepada kedua belah pihaknya yaitu karyawan dan perusahaan. Dimana manfaat yang diperoleh karyawan adalah adanya peningkatan kemampuan atau keterampilan mereka. Sedangkan manfaat yang diperoleh keseluruhan meningkatkan produktivitas perusahaan.


PERMASALAHAN
Perusahaan memiliki tujuan dan sasaran perusahaan untuk dapat memperoleh laba maksimal yang ingin dicapainya. Sumber daya manusia memegang peranan paling penting dan potensial bagi keberhasilan suatu perusahaan mengingat sumber daya manusia merupakan penentu kegiatan perusahaan baik perencanaan, pengorganisasian serta pengambilan keputusan
Seiring berkembangnya ilmu dan pengetahuan yang makin maju maka perusahaan dituntut untuk lebih dapat menjalankan karyawannya lebih terampil dan terlatih dalam mengerjakan tugasnya. Oleh karena itu perusahaan berinisiatif untuk mengadakan program pelatihan dan pengembangan bagi karyawan karena pelatihan dan pengembangan membuat mereka lebih percaya diri sehingga menimbulkan rasa puas dalam bekerja dan lebih dihargai, serta mampu berusaha untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan bagian penjualan.

PEMBAHASAN
Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat dipreiksi bahwa karyawan akan bertambah atau meningkat secara berarti apabila diberikan pelatihan dan pengembangan karyawan maka dapat dipastikan karyawan akan lebih baik atau meningkat secara signifikan. Seperti yang telah diuraikan di atas, maka dapatlah dikatakan bahwa pentingnya pelatihan dan pengembangan.
Simamora (2004) mengatakan pelatihan dan pengembangan ditujukan untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi kerja para karyawan. Pelatihan ditujuakn untuk meningkatkan prestasi kerja saat ini, sedangkan pengembangan ditujukan untuk meningkatkan prestasi saat ini dan masa yang akan datang. Pelatihan diarahkan untuk membantu karyawan melaksanakan pekerjaan saat ini secara lebih baik. Pengembangan mewakili investasi pengembangan yang berorientasi masa depan pada diri karyawan. Baik karyawan manajerial maupun non manajerial barangkali akan lebih banyak menerima pelatihan yang bersifat teknis dibandingkan dengan manajer yang lebih banyak menerima pengembangan dalam bentuk ketrampilan konseptual atau analitis dan ketrampilan hubungan manusiawi untuk memperdalam wawasan mereka guna membawa rekrutmen pada tujuan yang strategis dan spesifik.

Tujuan pelatihan menurut Mangkunegara ( 2006 ; 52 ) antara lain :
1.      Meningkatkan penghayatan jiwa dan ideology
2.      Meningkatkan produktivitas kerja
3.      Meningkatkan kualitas kerja
4.      Meningkatkan perencanaan sumber daya manusia
5.      Meningkatkan sikap moral dan semangat kerja
6.      Meningkatkan rangsangan agar karyawan mampu berprestasi secara maksimal
7.      Meningkatkan kesehatan dan keselamatan
8.      Menghindarkan keseragaman
9.      Meningkatkan perkembangan pribadi karyawan

Rivai ( 2004 ) : 2005 ) menyatakan bahwa, “pelatihan adalah proses secara sistematis mengubah tingkah laku karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Pelatihan berkaitan dengan keahlian dan kemampuan karyawan untuk melaksanakan pekerjaan sat ini. Pelatihan memiliki orientasi saat ini dan membantu karyawan untuk mencapai keahlian dan kemampuan tertentu agar berhasil dalam melaksanakan pekerjaannya. Sedangkan pengembangan adalah suatu proses bagaimana manajemen mendapatkan pengalaman, keahlian dan sikap untuk menjadi atau meraih sukses sebagai pemimpin dalam organisasi mereka. Karena itu kegiatan pengembangan ditujukan membantu karyawan untuk dapat menangani jawabannya di masa mendatang, dengan memperhatikan tugas dan kewajiban yang dihadapi sekarang”. Oleh karena itu maka setiapperusahaan berusaha untuk terus dapat meningkatkan prestasi kerja maupun ketrampilan yang dimiliki karyawanya. Dan untuk meningkatkan itu semua maka salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan pelatihan dan pengembangan. Mondy and Noe ( 2005 ) manyatakan bahwa, “pelatihan dan pengembangan adalah jantung dari satu usaha yang dirancang secara kontinyu untuk meningkatkan kemampuan serta kinerja organisasi. Pelatihan mempersiapkan karyawan dengan pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan pekerjaan mereka saat ini. Pengembangan mencakup kegiiatan belajar di luar pekerjaan saat ini dan memiliki focus jangka panjang”.


REFERENSI :
Mangkunegara. A. A. Anwar Prabu. 2006. Perencanaan dan pengembangan SDM.
Bndung: Refika Aditama
Rivai, Veithzal. 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan:Dari Teori
ke Praktik Jakarta : Raja Grafindo Persada
Simamora, Henry. 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kedua, Yogyakarta :
STIE YKPN


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.