Thursday, September 8, 2016

Penempatan Karyawan Berdasarkan Prinsip The Right Man On The Right Place


DEFINISI MSDM

Manajemen sumber daya manusia di singkat MSDM adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan atau peranan sumber daya
tenaga kerja yang di miliki oleh individu secara efesien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal (1).Manusia selalu berperan aktif dan dominan dalam setiap kegiatan organisasi, karena manusia menjadi perencana, pelaku, dan penentu terwujudnya tujuan organisasi. Tujuan tidak mungkin terwujud tanpa peran aktif karyawan meskipun alat-alat yang dimiliki perusahaan begitu canggih.Alat-alat canggih yang dimiliki perusahaan tidak akan ada manfaatnya bagi perusahaan, jika peran aktif karyawan tidak diikutsertakan. Mengatur karyawan sangat sulit dan kompleks, karena mereka mempunyai pikiran, perasaan, status, keinginan, dan latar belakang yang berbeda. Oleh karena itu, disinilah pentingnya manajemen sumber daya manusia untuk mengatur, merencanakan, memimpin serta mengendalikan manusia agar dapat bekerja dengan baik untuk mencapai suatu tujuan bersama yang efektif dan efisien.

 URGENSI MSDM

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pemimpin dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi, promosi, dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang ditetapkan (2).Tujuan utama  manajemen sumber daya manusia adalah untuk meningkatkan kontribusi pegawai terhadap organisasi dalam rangka mencapai produktivitas organisasi yang bersangkutan. Hal ini dapat di pahami karena semua kegiatan organisasi dalam mencapai tujuan, tergantung kepada manusia yang mengelola organisasi yang bersangkutan. Oleh sebab itu, sumber daya manusia tersebut harus dikelola agar dapat berdaya guna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan organisasi.

 PERMASALAHAN

Manajemen penempatan manusia yang tepat dan sesuai dengan kompetensinya akan berdampak pada kenerja yang optimal dan akan membuat perusahaan menjadi lebih baik, akan tetapi jika tidak tepat akan membuat karyawan ataupun perusahaan menjadi rugi.Saya bekerja di perusahaan yang bergerak dalam bidang kontraktor batu bara yang mana banyak pegawainya yang berada di lapangan dan kebanyakan jauh dari tempat mereka berasal, maka dari itu perlu manajemen yang baik agar orang yang bekerja bisa betah dan bekerja dengan baik.Dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini banyak sekali pekerjaan yang saya lihat kurang optimal dalam melakukan, yang mana akibatnya berdampak pada unit yang sering breakdown unschedule.Permasahanya bukan karena unit yang sudah tua akan tetepi karena man power yang kurang kompeten dan merasa paling senior.Hal ini terjadi karena tidak ada regulasi yang baik yang di lakukan perusahaan.

PEMBAHASAN                                                                                                                   

Perencanaan merupakan suatu keharusan, karena masa yang akan datang mengandung perubahan dan ketidak tentuan, maka seorang manager harus dapat memberikan keseimbangan terhadap usaha -usahanya dengan memberikan pertimbangan yang tepat kepada banyak variabel untuk waktu yang akan datang, yang sulit dan dapat mempengaruhi usaha – usahanya (4).Dalam Masalah di atas perusahaan harus berpedoman pada prinsip – prinsip penempatan kerja yang diantaranya adalah sebagai berikut :


1.       Prinsip kemanusiaan

Prinsip yang menganggap manusia sebagai unsur pekerja yang mempunyai persamaan harga diri, kemauan, keinginan, cita-cita, dan kemampuan harus di hargai posisinya sebagai manusia yang layak tidak di anggap mesin.

2.       Prinsip Demokrasi

Prinsip ini menunjukan adanya saling menghormati, saling menghargai, dan saling mengisi dalam melakasanakan pekerjaan.  

3.       Prinsip the right man on the right place

Prinsip ini penting di laksanakan dalam arti bahwa penempatan setiap orang dalam setiap organisasi yang berarti bahwa  penempatan setiap orang dalam organisasi perlu didasarkan pada kemampuan, keahlian, pengalaman, serta pendidikan yang di miliki oleh orang yang bersangkutan.

4.       Prinsip equal pay for equal work 

Pemberian balas jasa terhadap karyawan baru didasarkan atas hasil prestasi kerja yang di dapat oleh pegawai yang bersangkutan.

5.       Prinsip Kesatuan Arah

Prinsip ini di terapkan dalam perusahaan terhadap setiap karyawan yang bekerja agar dapat melaksanakan tugas-tugas, di butuhkan kesatuan arah, kesatuan pelaksanaan tugas sejalan dengan program dan rencana yang di gariskan.

6.       Prinsip Kesatuan Tujuan

Prinsip ini erat hubungannya dengan kesatuan arah artinya arah yang dilaksanakan karyawan harus di fokuskan pada tujuan yang di capai.

7.       Prisip Kesatuan Komando

Karyawan yang bekerja selalu di pengaruhi adanya komando yang di berikan sehingga setiap karyawan hanya mempunyai satu orang atasan.

8.       Prinsip Efisiensi dan Produktifitas Kerja

Prinsip ini merupakan kunci ke arah tujuan perusahaan karena efisiensi dan produktifitas kerja harus   dicapai dalam rangka mencapai tujuan perusahaan (3).


SOLUSI

Dalam kasus di atas bisa di gunakan Prinsip the right man on the right place karena menurut saya prinsip ini sangat penting, sehebat apapun sumber daya manusia di perusahaan ini jika tidak di tempatkan sesuai bidangnya maka akan berdampak pada kurangnya inovasi yang akan mereka lakukan.Selain prinsip di atas regulasi juga penting sebagai solusi, karena dengan regulasi akan ada penyegaran baik itu suasana, ataupun tempat kerja yang baru.Sehingga karyawan akan optimal dalam melakukan pekerjaanya, dan regulasinya sesuai dengan prinsip di atas.

KESIMPULAN DAN SARAN

SDM itu sangat berperan penting dan harus di kelola dengan baik agar dapat mengahasilkan output yang efektif untuk perusahaan.Dengan menggunakan Prinsip the right man on the right place di harapkan perusaan bisa memaksimalkan sumber daya yang ada sesuai dengan kemampuanya.Maka dari itu perencanaan tenaga kerja secara efektif dan efisien agar sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam membantu terwujudnya tujuan.

Karyawan yang direncanakan dengan baik diharapkan mampu menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan maksimal serta mempunyai kinerja yang mampu diandalkan.Pengorganisasian merupakan kegiatan untuk mengorganisasi semua karyawan dengan menetapkan pembagian kerja, hubungan kerja, delegasi wewenang, integrasi dan koordinasi dalam bagan organisasi. Karyawan yang berada dalam suatu posisi yang jelas tugas dan wewenangnya akan merasa nyaman dalam bekerja sehingga mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab (5).




DAFTAR PUSTAKA

(1) . Anonim.2016.Manajemen Sumber Daya Manusaia.Dalam :


(2). Anonim.2016.Pengertian Dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia.Dalam :


(3). Isfahani.Alifia.2012.Faktor Penempatan SDM.Dalam :


(4).Unmul.Fisip.2014.Studi Tentang Prinsip – Prinsip Penempatan Pegawai Pada Kantor Kelurahan Air Putih               Samarinda Ulu.Dalam :



(5).Lindarto.Wiwien.2012.Pengaruh Perencanaan Pengorganisasian.Dalam :





1 comment:

  1. Nama : Anna Deo Rika Sinabutar
    NIM : 44218110104

    right man on the right place, merupakan suatu paham dimana menempatkan seseorang yang memiliki kemampuan sesuai dengan bidangnya seperti menempatkan individu yang memiliki kemapuan tentang teknologi modern di tempatkan dibidang IT/teknologi di dalam perusahaan sehingga dapat menguntungkan perusahan karena dengan right man in the right place indiviu dapat bekerja secara efektif dan efisien.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.