Wednesday, September 7, 2016

Pentingnya MSDM pada proses Rekrutmen


                Sebuah perusahaan seharusnya memiliki Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang baik. Berdasarkan pengertiannya MSDM merupakan kegiatan yang mengatur tentang cara pengadaan tenaga kerja, melakukan pengembangan,
memberikan kompensasi, pemeliharaan dan pemisahan tenaga kerja melalui proses-proses manajemen dalam rangka mencapai tujuan organisasi (Yuli, 2005:15). MSDM juga dapat diartikan sebagai proses mendayagunakan manusia sebagai tenaga kerja secara manusiawi, agar potensi fisik dan psikis yang dimilikinya berfungsi bagi pencapaian tujuan perusahaan. Sesuai dengan pengertian tersebut bahwa MSDM memiliki peran yang penting pada suatu perusahaan. MSDM berperan penting dalam pengelolaan manusia di perusahaan yaitu sebagai fungsi manajerial dan fungsi operasional. Oleh karena itu MSDM harus dikelola dengan baik sehingga kebijakan dan praktik dapat berjalan sesuai yang diinginkan perusahaan.
                MSDM dan proses rekrutmen memiliki hubungan yang erat karena proses rekrutmen merupakan bagian dari peranan MSDM dalam perusahaan. Proses rekrutmen merupakan serangkaian proses dalam penerimaan anggota baru dalam suatu perusahaan . Adanya proses rekrutmen disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja dan biasanya melalui proses rekrutmen calon pekerja. Kebutuhan tenaga kerja yang banyak menyebabkan suatu perusahaan melakukan proses rekrutmen beberapa kali dalam satu periode. Hal tersebut sering terjadi terutama dalam perusahaan besar yang bertujuan agar jumlah kebutuhan tenaga kerja dapat terpenuhi. Disinilah MSDM diterapkan yaitu dalam melakukan serangkaian proses rekrutmen yang terdiri dari penyusunan strategi perekrutan, melakukan seleksi, dan pengembangan lanjutan. Suatu perusahaan tidak sembarang dapat melakukan proses rekrutmen. Namun harus dengan persiapan dan strategi yang matang. Oleh karena itu dibutuhkan suatu unit terkait yang khusus akan melakukan proses rekrutmen. Biasanya proses perekrutan dilakukan oleh departemen sumber daya manusia, yang mana departemen sumber daya manusia bertanggung jawab dalam mengelola dan menerapkan MSDM.
                Sebelum melakukan proses rekrutmen, departemen sumber daya manusia akan memikirkan dengan matang penyusunan strategi dalam merekrut. Departemen sumber daya manusia bertanggung jawab dalam menentukan kualifikasi-kualifikasi pekerjaan, bagaimana calon pekerja akan direkrut, serta pemilihan waktu dan tempat perekerutan. Dalam hal ini sangat penting untuk melakukan evaluasi kebutuhan sumber daya manusia dan juga analisis pekerjaan / keterampilan yang dibutuhkan. Dalam penyusunn strategi harus diterapkan adanya manajemen sumber daya manusia yang baik agar dapat berkesinambungan antara strategi yang telah dibuat dengan proses seleksi yang akan dilaksanakan.
                Setelah mengetahui penyusunan dan strategi perekrutan dengan baik maka departemen sumber daya manusia mulai melakukan seleksi. Proses seleksi calon pekerja ini merupakan proses yang panjang karena biasanya terdiri dari beberapa tahap. Proses seleksi sendiri terdiri dari tahap seleksi administratif yang mana menjadi tahap awal bagi proses seleksi. Yaitu departemen SDM akan menyesuaikan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan dengan kualifikasi yang dimiliki oleh calon pekerja. Dari tahap ini dapat dilakukan penyaringan terhadap calon pekerja yang memenuhi kualifikasi dan tidak. Setelah ditentukan calon pekerja yang memenuhi kualifikasi maka akan lanjut ke tahapan berikutnya yaitu tahap seleksi berdasarkan hasil tes. Tes yang dilakukan dalam proses perekrutan dapat berbagai macam. Seperti tes psikologi yang bertujuan untuk mencari kandidat yang paling tepat sesuai kriteria dan karakter jabatan yang sedang dibutuhkan. Kemudian dilakukan beberapa tes mengenai teori dan keterampilan yang berkaitan langsung dengan pekerjaan yang diminati. Tahapan tes yang paling penting yaitu wawancara / interview karena perekrut dapat berinteraksi langung dengan calon pekerjanya. Interview biasanya terdiri dari dua tahap yaitu interview HRD dan interview user. Interview HRD merupakan proses wawancara yang bertujuan untuk menggali informasi apa yang pernah dilakukan seara nyata oleh calon pekerja. ­­­­­­ Interview HRD lebih mendekatkan kepada personal si calon pekerja. Sedangkan interview user bertujuan mengetahui keahllian berdasarkan pengalaman kerja yang pernah dilakukan pada pekerjaan sebelumnya. Interview user lebih mendekatkan kepada keterampilan dan kemampuan dalam mengelola pekerjaan. Tahapan terakhir dalam proses seleksi yaitu tes kesehatan. Tes kesehatan dilakukan untuk mengetahui dan memastikan bahwa calon pekerja yang telah memenuhi kualifikasi tersebut memang dalam keadaan sehat dan siap untuk bekerja. Pada proses seleksi ini MSDM berperan untuk memastikan proses seleksi berjalan dengan baik. Dengan banyaknya proses seleksi yang harus dilakukan maka departemen sumber daya manusia harus benar-benar melakukan manajemen sumber daya manusia dengan baik. Departemen sumber daya manusia harus mengerahkan seluruh kemampuan untuk berkontribusi penuh terhadap proses seleksi. Hal tersebut tidak akan dapat tercapai tanpa adanya manajemen sumber daya manusia yang baik.
                Peran MSDM tidak hanya sebatas pada proses rekrutmen calon pekerja saja. MSDM ikut berperan dalam proses selanjutnya yaitu proses pengembangan. Setelah ditentukan calon pekerja yang lolos dan memenuhi kualifikasi maka langkah yang dilakukan adalah melakukan proses pengembangan terhadap SDM baru. Hal tersebut bertujuan agar para SDM baru dapat menjadi SDM yang benar-benar berkualitas dan dapat bekontribusi dengan maksimal di perusahaan. Proses pengembangan yakni meliputi pemberian training / pelatihan kepada para karyawan baru. Biasanya karyawan baru diharuskan untuk mengikuti OJT/On the Job Training. OJT merupakan metode pelatihan dengan cara pekerja ditempatkan dala kondisi pekerjaan yang sebenarnya, dibawah bimbingan dan pengawasan dari pegawai yang telah bepengalaman / supervisor. MSDM berperan dalam proses OJT yaitu menentukan/mengatur bagaimana langkah yang tepat agar para sumber daya manusia yang baru dapat melakukan OJT dengan maksimal sehingga berdampak baik bagi perusahaan.
                Dari keseluruhan proses rekrutmen tidak akan berjalan dengan maksimal apabila tidak adanya peran manajemen sumber daya manusia didalamnya. Sangat penting adanya agar setiap proses / kegiatan yang berlangsung dapat selaras dengan tujuan yang diharapkan. Keterlibatan setiap individu dalam perusahaan diatur dalam managemen sumber daya manusia agar proses bekerja tetap terarah dan sesuai tujuan.

DAFTAR PUSTAKA
Rizky, Rahmat Nur. 2014. Pengembangan dan Pelatihan Metode On The Job Training. http://rahmadnurrizky.blogspot.co.id/2014/04/pengembangan-dan-pelatihan-metode-on.html . Diakses pada : 08 September 2016.
Ayu, Irine. 2015. Rekrutmen Karyawan : Definisi, Tujuan, Proses dan Kendala Rekrutmen. https://irrineayu.wordpress.com/2015/03/22/rekrutmen-karyawan-definisi-tujuan-proses-dan-kendala-rekrutmen/ . Diakses pada : 08 September 2016.
Anonim. Rekrutmen Karyawan : Definisi, Tujuan, Proses dan Sistem Rekrutmen. http://www.insanperforma.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=143%3Arekrutmen-karyawan-definisi-tujuan-proses-dan-sistem-rekrutmen-&catid=38%3Anews&lang . Diakses pada : 08 September 2016.
Anonim. Pengertian dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia. http://www.kajianpustaka.com/2016/02/pengertian-dan-fungsi-manajemen-sumber-daya-manusia.html . Diakses pada : 08 September 2016.
Universitas Wijaya Putra Surabaya. 2009. Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia. http://digilib.uwp.ac.id/digilib/files/disk1/1/--timpengaja-16-1-msdm.pdf . Diakses pada 08 September 2016.
               

2 comments:

  1. @A03-MELINDA
    Artikel yang anda sampaikan sudah cukup bagus hanya saja dalam penuisan artikel tersebut tidak diberikan pembatas (Sub-bab) sehingga membuat pembaca lelah dan bingung akan arah dan tujuan
    Saran diberikan sub-bab sehingga mempermudah pembaca dalam memahami artikel anda

    ReplyDelete
  2. @A13-RANIE
    Materi perlu ditambahkan faktor atau ditambah elemen - elemen yang mempengaruhi manajemen sumber daya manusia agar dapat menjelaskan secara keseluruhan isi materi

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.