Friday, September 9, 2016

Peranan dan Penerapan KYT Training Di Ricoh Company


Gambar 1. Ricoh. Co. Ltd


Para trainee tentunya berusaha untuk mendapatkan teknologi, keterampilan dan pengetahuan setiap harinya.
Tetapi apabila selama menjalankan training dan praktek kerja kita mendapat luka atau cedera, maka tujuan utama keselamatan tidak akan tercapai dengan sempurna.





      Ricoh Company, Ltd. (Jepang: 株式会社リコー, Kabushiki-gaisha Rikō) adalah sebuah perusahaan Jepang mengkhususkan dalam bidang optik dan gambar. Produknya termasuk kamera, printer, dan sebagainya. Didirikan pada tahun 1936 dengan nama Riken Kankoshi Co., Ltd. Pusatnya di Tokyo, Jepang. 

      Sepanjang karirnya di Ricoh Company, karyawan bisa mendapatkan keuntungan dari pelatihan yang berkesinambungan, dalam rangka untuk menambah nilai pengetahuan yang diperoleh dan meningkatkannya. Mengembangkan keterampilan karyawan dan meningkatkan kinerja upaya mendukung strategi di Ricoh Company.























































      Di Ricoh sendiri dalam pelatihan karyawan baru menerapkan sistem KYT. Di Jepang yang disebut KYT adalah singkatan dari ; [Kiken = bahaya, Yochi = firasat,Training = pelatihan], ada kalanya disebut juga KYK (KikenYochi Kunren) yang artinya sama Tujuannya adalah kita sudah merasakan firasat adanya bahaya, sehingga kita dapat mendahului keamanan dan higienisnya.  Sekarang, di berbagai daerah di Jepang, program ini diselenggarakan di macam-macam jenis pekerjaan, cara ini sangat bermanfaat untuk pencegahan kecelakaan. KYT kebanyakan dilakukan ketika apel pagi atau ketika TBM [Tools Box Meeting], sementara pelaksanaan yang dilakukan sendirian disebut dengan [Hitori KY = KY sendirian].


Pertama-tama, sebelum memulai pekerjaan :


1.      Memahami akan adanya bahaya seperti apa.

2.      Memikirkan secara teliti bagaimana caranya menanggulangi bahaya tersebut

3.      Melakukan tindakan berdasarkan pertimbangan tadi, cara berpikir seperti ini dilakukan    dalam semua jenis pekerjaan. (Ini merupakan dasar pencegahan cedera di mana pun, bukan hanya ketika sedang bekerja saja). 



KYT menjadi semakin berkembang,  lalu melakukan prakiraan tingkat bahaya dan secara bergiliran melakukan evaluasi dalam menghadapi bahaya berdasarkan firasat, lalu menentukan prioritas penanggulangan dan pencegahan bencana yang efisien, dengan melaksanakan cara penanggulangan terbaru ini. Bahaya-bahaya itu kemudian diprediksi secara kongkrit, berapa besar frekuensi dan kemungkinan menimbulkan bencana (frekuensi  terendah = 1 - tertinggi = 3), berapa besar ukuran cedera dan lukanya (luka ringan 1 – tewas 3), keduanya dikombinasikan, lalu ditentukan resikonya, terakhir; menentukan prioritas  penanggulangannya.


  Tujuan Training KYT

·         Mengetahui dan memahami tentang masalah-masalah keselamatan kerja

·         Memahami peranan mereka dalam aktifitas keselamatan kerja

·         Dapat melihat potensi bahaya yang mungkin akan terjadi

·         Mampu mencari solusi untuk menanggulangi potensi bahaya

·         Dapat membuat standarisasi agar potensi tersebut tidak timbul kembali

·         Meningkatkan kepedulian terhadap masalah-masalah keselamatan 



Materi Training KYT

·         Sejarah perkembangan dunia industri

·         Regulasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja

·         Konsep keselamatan kerja

·         Latihan menduga bahaya

·         Pembuatan Safety Map

·         Identifikasi, Pengelompokan dan Penanganan Safety Problem Finding

·         Eliminasi Bahaya

·         Persiapan dan implementasi KYT

·         Peranan pimpinan kerja 


      Di Ricoh Company sangat mengedepankan keselamatan para pekerjanya. Karena keselamatan menjadi dasar segala aktifitas. Bila dalam bekerja mengabaikan keselamatan, dampaknya pasti mengarah pada kualitas, efektifitas dan kecepatan pelayanan juga akan terabaikan.



Daftar pustaka :

Husna Ummu. 2015. Training KYT dan Hazard Identification. Mitra Prima Indonesia

Ghorpade, J. V. 1998. Job Analysis: A Handbook for Human Resource Director. Prentice Hall

Japan International Training Cooperation Organization. 2009. Kiken Yochi Training. JITCO
https://id.wikipedia.org/wiki/Ricoh

7 comments:

  1. @02-SYLVANA
    Tanggapan:Training yang dilakukan di Ricoh company sangat baik karena sebelum mulai bekerja dilakukannya pelatihan agar tidak terjadinya kecelakaan kerja dan pegawai lebih memahami tata cara kerja
    Saran: Sebaiknya pelatihan jangan dilakukan hanya pada awal mulai perekrutan. tapi dilakukan pelatihan secra berkala agar dapat terefresh.

    ReplyDelete
  2. @A14-David
    Comment : Isi artikel menarik namun tidak dilengkapi mind mapping dan format penulisan tidak baku. Sebaiknya dilengkapi mind mapping dan format penulisannya diperbaiki.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Nama : Dinda Juliskha yanti
    Nim: 43218110220

    Menurut saya dari artikel ini kita dapat banyak belajar mengenai Ricoh Company yang sangat mengedepankan keselamatan para pekerjanya. Karena keselamatan menjadi dasar segala aktifitas. Bila dalam bekerja mengabaikan keselamatan, dampaknya pasti mengarah pada kualitas, efektifitas dan kecepatan pelayanan juga akan terabaikan.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  4. Nama : Nurring Tyas

    Nim : 41617110119



    Menurut saya artikel diatas memberi gambaran / contoh tentang perusahaan yang melakukan sistem training dengan baik agar tidak terjadi kecelakaan kerja. Dan sistem ricoh company perlu dicontoh oleh perusahaan lain agar resiko kecelakaan kerja dapat selalu terminimalisir

    ReplyDelete
  5. Nama : Nurring Tyas

    Nim : 41617110119



    Menurut saya artikel diatas memberi gambaran / contoh tentang perusahaan yang melakukan sistem training dengan baik agar tidak terjadi kecelakaan kerja. Dan sistem ricoh company perlu dicontoh oleh perusahaan lain agar resiko kecelakaan kerja dapat selalu terminimalisir

    ReplyDelete
  6. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Kepentingan keselamatan bagi karyawan saat bekerja memang sangat penting, di mana karyawan diibaratkan sebagai aset dalam suatu perusahaan. KYT yang diterapkan pada Ricoh Company patut untuk dicontoh setiap perusahaan.

    ReplyDelete
  7. Nama : Feralvin Satria L. H
    Nim : 41617110045

    Menurut saya artikel diatas memberi gambaran / contoh tentang perusahaan yang melakukan sistem training dengan baik agar tidak terjadi kecelakaan kerja. Dan sistem ricoh company perlu dicontoh oleh perusahaan lain agar resiko kecelakaan kerja dapat selalu terminimalisir

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.