Perencanaan Dalam Manajemen Pengelolaan
Organisasi Yang Lebih Efektif dan Efisien
Dinda Damarisa Anggadewi (@B19-Dinda)
1.
Manajemen
Manajemen adalah upaya perencanaan, pengkoordinasian,
pengorganisasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara
efisien dan efektif. Secara umum, manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan
seseorang dalam mengatur kegiatan yang dikerjakan individu atau kelompok.
Sistem atau manajemen harus dilakukan untuk memenuhi target yang akan dicapai
oleh individu atau kelompok tersebut dalam sebuah kerjasama dengan
mengoptimalkan sumber daya yang ada. Penerapan manajemen dapat ditemukan salah
satunya dalam organisasi.
2.
Organisasi
Organisasi adalah institusi atau wadah tempat orang
berinteraksi dan bekerja sama sebagai suatu unit yang terkoordinasi dan terdiri
dari setidaknya dua orang atau lebih yang berfungsi untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan.
3.
Pengolahan
Sumber Daya Dalam Manajemen
Manajemen dan organisasi memiliki hubungan yang erat
dimana organisasi merupakan wadah atau tempat manajemen untuk melakukan
kegiatan/mengatur berjalannya kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi
tersebut. Agar tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah organisasi dapat
tercapai dengan baik, maka dibutuhkan pengolahan sumber daya dalam manajemen.
Sumber daya dapat berupa manusia, alam, informasi,
teknologi, dan lain-lain. Kemudian, sumber daya tersebut akan melalui proses
manajemen yang didalamnya terdapat 4 proses, yaitu:
a.
Planning
: Pada proses ini ditentukan tujuan dan
cara pencapaian yang terbaik
b. Organizing : Dalam
proses ini ditentukan apa saja aktivitas/kegiatan yang akan dilakukan untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
c.
Leading :
Memotivasi anggota agar rencana yang telah dibuat dapat dilakukan
d. Controlling : Proses monitoring dan perbaikan dari aktivitas yang sedang dijalankan.
4.
Perencanaan
Perencanaan merupakan proses pemilihan informasi dan pembuatan asumsi-asumsi mengenai keadaan di masa yang akan datang untuk merumuskan kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Perencanaan dibuat untuk menghadapi masa depan dan mencerminkan upaya yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Perencanaan merupakan rangkaian dari proses pengambilan keputusan yaitu proses “course of action” untuk memecahkan suatu persoalan.
5.
Langkah-langkah
Perencanaan
a.
Menetapkan
Tujuan
Rumuskanlan
tujuan secara spesifik, realistis, menantang terukur dan terbatas waktu agar
tujuan dapat menimbulkan komitmen dan menjadi sumber motivasi.
b.
Mengumpulkan
Informasi
Jumlah dan
kualitas informasi yang dibutuhkan dalam proses pencapaian tujuan sangat
tergantung pada prespektif perencanaan.
c.
Merencanakan
Upaya atau Kegiatan
Informasi
adalah acuan objektif yang sangat untuk menentukan upaya atau kegiatan yang
perlu dilakukan untuk mencapai tujuan.
d.
Mengurangi
Hambatan dan Resiko
Setiap
manajer harus berusaha memperkirakan hambatan dan resiko yang mungkin dihadapi
dan merencanakan tindakan untuk menguranginya sampai ketingkat yang moderat.
e.
Menentukan
Sumber Daya dan Bantuan
Pelaksanaan
rencana melalui serangkaian upaya memerlukan dukungan sumber daya dan keahlian.
f.
Melaksanakan
Rencana
Pelaksanaan
rencana adalah proses operasionalisasi upaya, pemecahan persoalan dan mobilisasi
sumber daya dan keahlian serta bantuan yang diperlukan.
g.
Evaluasi
Hasil
Langkah terakhir adalah penilaian atas hasil-hasil yang telah dapat dicapai.
6.
Kesimpulan
Manajemen adalah upaya perencanaan, pengkoordinasian,
pengorganisasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara
efisien dan efektif. Manajemen dan organisasi memiliki hubungan yang erat
dimana organisasi merupakan wadah atau tempat manajemen untuk melakukan
kegiatan/mengatur berjalannya kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi
tersebut. Agar tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah organisasi dapat
tercapai dengan baik, maka dibutuhkan pengolahan sumber daya dalam manajemen. Sumber
daya seperti manusia, alam, informasi, teknologi, dan lain-lain akan melalui
proses manajemen yang didalamnya terdapat 4 proses, yaitu: planning,
organizing, leading, and controlling.
Perencanaan dibuat untuk menghadapi masa depan dan
mencerminkan upaya yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
Perencanaan ada kaitannya dengan antisipasi dan prediksi, tentang bagaimana
organisasi beradaptasi dengan kondisi eksternal maupun internal di masa yang
akan datang sekaligus pada perumusan kegiatan apa saja yang akan dilakukan
untuk mencapai visi, misi, dan tujuan organisasi dengan efektif dan efisien.
Referensi
MANAJEMEN UNTUK PENGELOLAAN ORGANISASI YANG LEBIH
EFEKTIF DAN EFISIEN (#OMPI01B)
Tersedia online : https://youtu.be/SBCSmTPbJ30
PERENCANAAN YANG BAIK UNTUK KEBERHASILAN PENCAPAIAN
VISI DAN MISI ORGANISASI (#OMPI02E)
Tersedia online : https://youtu.be/Q1wp64IoH6M
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.