Mengetahui fungsi dan tujuanManajemen dan organisasi
Yongki Putra (@B-10)
ABSTRACT
Manajemen merupakan proses khas yang menggerakan
organisasi adalah sangat penting, karna tanpa manajemen yang efektif tidak akan
ada usaha yang berhasil cukup lama, tercapainya tujuan organisasi baik tujuan
ekonomi, sosial, politik, untuk sebagian besar tergantung kepada kemampuan para
manajer dalam organisasi yang bersangkutan. Manajemen memberikan efektivitas
pada usaha manusia. Istilah manajemen berhubungan dengan usaha untuk tujuan
tertentu dengan jalan menggunakan sumber-sumber yang tersedia dalam organisasi
dengan cara yang sebaik mungkin Biasanya
Manajemen Organisasi dapat ditemui di perusahaan yang bergerak pada bidang
sumber daya. Karena memang perencanaan dalam manajemen ini untuk mengarahkan
manusia, untuk mencapai tujuan organisasi.
Dimana, dengan keberadaan manajemen ini
diharapkan kinerja yang diberikan SDM dapat lebih efektif untuk mencapai tujuan
organisasi.Dengan keberadaan manajemen ini juga diharapkan dapat membentuk
kerja sama yang baik sehingga tujuan organisasi lebih cepat tercapai.
(Kata Kunci:
Manajemen,Organisasi,Efektif)
PENDAHULUAN
Organisasi selalu
terkandung unsur kelompok ( lebih dari 2 orang ) manusia maka manajemen pun
biasanya digunakan dalam hubungan usaha suatu kelompok manusia, walaupun
manajemen itu dapat pula ditetapkan terhadap usaha-usaha individu. Banyak para
pakar manajemen, berbagi pendapat tersebut saling berbeda satu sama lain
walaupun terdapat unsur kesamaannya. Dari persamaan atau perbedaan pendapat
yang disebabkan perbedaan sudut pandang tersebut diharapkan dapat diperoleh
pandangan yang jelas dan menyeluruh tentang manajemen. Manajemen
dapat didefinisikan sebagai penggunaan perencanaan, pengorganisasian,
pengerjaan, pengarahan, dan fungsi pengendalian dalam cara yang paling efisien
tujuan-tujuan. Managemen organisasi adalah aktivitas perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), penggerakan (Actuating), dan pengawasan (Controlling), dimana semua aktivitas tersebut bertujuan untuk mencapai
target organisasi. Manajemen organisasi adalah semua aktivitas
organisasi yang berhubungan dengan perencanaan, mengorganisir, melengkapkan
Tenaga Kerja, mengarahkan, dan mengawasi.
RUMUSAN MASALAH
1. Apa saja tujuan pengorganisasi ?
2. Apa saja fungsi dari manajemen organisasi?
PEMBAHASAN
1. Tujuan Pengorganisasian
Tujuan
pengorganisasian adalah agar dalam pembagian tugas dapat dilaksanakan dengan
penuh tanggungjawab. Dengan pembagian tugas diharapkan setiap anggota
organisasi dapat meningkatkan keterampilannya secara khusus (spesialisasi)
dalam menangani tugas-tugas yang dibebankan.
a.Membantu
Koordinasi
Memberi tugas
pekerjaan kepada unit kerja secara koordinatif agar tujuan organisasi dapat
melaksanakan dengan mudah dan efektif. Koordinasi dibutuhkan tatkala harus
membagi unit kerja yang terpisah dan tidak sejenis, tetapi berada dalam satu
organisasi.
b.Memperlancar
Pengawasan
Membantu
pengawasan dengan menempatkan seorang anggota manajer yang berkompetensi dalam
setiap unit organisasi. Dengan demikian sebuah unit dapat ditempatkan di dalam
organisasi secara keseluruhan sedemikian rupa agar dapat mencapai
sasaran kerjanya walaupun dengan lokasi yang tidak
sama. Unit-unit operasional yang identik dapat disatukan dengan
sistem pengawasan yang identik pulasecara terpadu.
c.Maksimalisasi
Manfaat Spesialisasi
Membantu
seorang menjadi lebihahli dalam pekerjaan-pekerjaan tertentu. Spesialisasi
pekerjaan dengan dasar keahlian dapat menghasilkan produk yang
berkualitas tinggi, sehingga kemanfaatan produk dapat memberikan kepuasan dan
memperoleh kepercayaan masyarakat pengguna.
d.Penghematan Biaya
Tumbuh
pertimbangan yang berkaitan dengan efisiensi. Dengan demikian pelaku organisasi
akan selalu berhati-hati dalam setiap akan menambah unit kerja baru yang
notabene menyangkut penambahan tenaga kerja
yang relatif banyak membutuhkan biaya tambahanberupa gaji/upah. Penambahan unit
kerja sebaiknya dipertimbangkan berdasarkan nilai sumbangan
pekerja baru dengan tujuan untuk menekan upah buruh yang berlebihan.
e.Meningkatkan
kerukunan hubungan antar manusia
Masing-masing
pekerja antar unit kerja dapat bekerja saling melengkapi, mengurangi
kejenuhan, menumbuhkan rasa saling membutuhkan, mengurangi pendekatan
materialistis. Untuk ini pihak manajer harus mampu mengadakan
pendekatan sosial dengan penanaman rasa solidaritas dan berusaha menampung
sertamenyelesaikan berbagai perbedaan yang bersifat individual.
2. Fungsi Manajemen Organisasi
Fungsi dari
manajemen ini terbagi menjadi beberapa tahapan. Dimana tahapan-tahapan tersebut
tentunya memiliki fungsi tersendiri untuk tercapainya tujuan. Berikut dibawah
adalah berbagai fungsi dari manajemen dalam sebuah organisasi.
a. Planning
Planning juga
sering disebut dengan fungsi perencanaan yang menyiapkan kegiatan dalam
organisasi. Bagian satu ini cukup penting, karena memang sebuah rencana harus
digarap dengan matang. Hal itu untung menghindari terjadinya kebingungan akan
tujuan di masa yang akan datang.
Fungsi
perencanaan ini juga sangat berguna untuk menentukan anggaran dari sebuah
kegiatan organisasi. Baik itu untuk kegiatan yang rutin maupun kegiatan yang
tidak rutin.
b. Lead
Lead memiliki
arti sebagai fungsi pengarahan. Setelah memiliki fungsi perencanaan, manajemen
satu ini juga memiliki fungsi pengarahan. Fungsi satu ini sangat bermanfaat
untuk mengarahkan rencana yang sudah dibuat sebelumnya.
Sehingga
apapun yang dilakukan terarah dan tidak keluar dari apa yang sudah direncanakan
sebelumnya. Selain itu, fungsi satu ini juga akan semakin mempermudah dalam
mencapai tujuan, karena semua kegiatannya terarah.
c. Controlling
Tentunya yang
satu ini bisa juga disebut dengan sebutan fungsi kontrol. Tidak jauh berbeda
dengan fungsi pengarahan sebelumnya. Fungsi satu ini berguna untuk mengawasi
setiap kegiatan agar selalu sesuai arahan.
Sehingga jika
sewaktu-waktu terjadi hal di luar arahan, maka akan lebih cepat tertangani.
Jika terjadi kesalahan yang tidak diinginkan pun ketua organisasi dapat segera
mengambil tindakan. Sehingga fungsi satu ini juga sangat dapat menipiskan
tingkat terjadinya kesalahan.
d. Organizing
Fungsi
Pengorganisasian adalah sebutan lain untuk fungsi organizing. Dalam fungsi ini
diharapkan pemimpin organisasi dapat merencanakan dan memberikan kebijakan yang
efektif. Sehingga membuat kinerja para sumber daya manusia juga menjadi lebih
baik.
Dengan kata
lain, kebijakan yang dibuat harus sesuai dengan kriteria yang dimiliki dengan
sumber daya manusia. Misalnya ingin membuat kegiatan yang bersifat memasarkan,
maka bagian yang ditunjuk adalah bagian pemasaran. Jika pengorganisasian
dilakukan dengan baik, maka kemungkinan hasilnya pun juga akan baik.
e.Motivation
Motivasi
tentunya juga sangat turut mengambil andil yang sangat besar untuk sebuah
keberhasilan organisasi. Karena dengan sumber daya manusia yang termotivasi,
maka akan semakin meningkatkan kinerjanya. Motivasi tersebut dapat berupa
pemberian penghargaan pada anggota yang terbaik.
Maka hal
tentunya akan membuat anggota lain menjadi semakin termotivasi untuk menjadi
yang terbaik. Karena semua anggota berlomba-lomba menjadi yang terbaik, maka
tentunya akan mempermudah tercapainya suatu tujuan dalam organisasi.
f. Staffing
Fungsi satu
ini juga disebut dengan fungsi kepegawaian. Dimana fungsi ini berguna pada saat
merekrut anggota yang baru. Fungsi ini juga berguna untuk membentuk suasana
kerja yang nyaman. Karena dengan suasana yang nyaman maka kemungkinan akan
berdampak baik untuk kinerja anggota.
g. Time
Management
Selain itu,
manajemen waktu juga sangat penting. Karena dengan memanajemen waktu,
diharapkan dapat menghasilkan kinerja yang efektif dari para anggota. Selain
itu, supaya tujuan dari sebuah organisasi tercapai tepat pada waktunya.
Tentunya juga melatih anggota agar menjadi pribadi yang tepat waktu.
KESIMPULAN
Manajemen
merupakan kegiatan pokok yang dilakukan seorang pimpinan karena dia menjabat
sebagai manajer untuk mengolah input menjadi output melalui proses manajemen.
Dengan demikian, istilah manajemen mengacu kepada suatu proses mengkoordonai
dan mengintegrasikan kegiatan-kegiatan kerja agar diselesaikan secara efisien
dan efektif dengan dan melalui orang lain.
Pada umumnya,
fungsi manajemen dibagi menjadi beberapa fungsi, yaitu merencanakan,
mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan kegiatan dalam rangka usaha
untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien.
DAFTAR PUSTAKA
Amirullah, dkk.
2004. Pengantar Manajemen.Yogyakarta: Graha Ilmu
Wiludjeng, Sri.
2007. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Garaha Ilmu
Ivancevich
(1992), Organisasi : perilaku, struktur, proses. Edisi 5, Terjemahan, Jilid 2,
Jakarta ; Penerbit Erlangga.
Koontz, Harold & Cyril
O’Donnel & Heinz Weihrich. 1986. Manajemen. Jilid 2. Terjemahan:Gunawan
Hutauruk. Jakarta: Penerbit Jakarta.
George R. Terry, Dasar-Dasar Manajamen, PT Bumi Aksara, Jakarta
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.