Luthfia Hamidah (@34-Luthfia)
Pengertian
Manajemen
Manajemen
merupakan ilmu atau proses tentang upaya manusia dalam menentukan serta
mencapai tujuan dengan menggunakan SDM dan SDA yang ada secara efektif maupun
efisien. Manajemen perlu dilakukan guna mencapai tujuan atau target dari
individu ataupun kelompok tersebut secara kooperatif menggunakan sumber daya
yang tersedia.
Prinsip
Manajamen
1.
Pembagian kerja (Division of
Work): Pembagian kerja harus sesuai dengan kemampuan dan keahlian tenaga kerja
agar efektivitas dan efisiensi.
2.
Wewenang dan tanggung jawab
(Authority and Responsibility): Setiap pekerjaan harus memberikan tanggung
jawab sesuai wewenangnya.
3.
Disiplin (Discipline): Disiplin
merupakan kepatuhan dan ketaatan pada pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
4.
Kesatuan Perintah (Unity of
Command): Karyawan perlu mengetahui pihak yang harus bertanggung jawab sesuai
wewenangnya.
5.
Kesatuan Arah (Unity of
Direction): Kegiatan dalam organisasi sebaiknya diarahkan oleh satu orang saja
dengan menggunakan satu perencanaan.
6.
Mengutamakan kepentingan umum
di atas kepentingan pribadi (Subordination of Individual Interest to the Common
Good): Kepentingan organisasi secara keseluruhan harus berada di atas
kepentingan pribadi.
Unsur
Manajemen
1.
Man (Manusia): Unsur manajemen
yang paling penting dalam mencapai tujuan perusahaan adalah sumber daya
manusia.
2.
Methods (metode): Methods atau
metode adalah unsur manajemen yang diperlukan untuk mengatur prosedur maupun
standar operasional berjalannya suatu kegiatan.
3.
Machines (mesin): Machines atau
mesin adalah unsur manajemen yang berupa barang. Mesin dapat berupa peralatan
logistik maupun teknologi yang dibutuhkan dalam suatu kegiatan.
4.
Materials (bahan): Materials
atau bahan adalah unsur manajemen berupa bahan baku yang dibutuhkan dalam suatu
kegiatan. Pemilihan bahan baku hingga penggunaanya harus dilakukan sebaik dan
seefektif mungkin sehingga tidak ada bahan yang terbuang sia-sia.
5.
Money (uang): Money atau uang
merupakan unsur yang mendasari semua kegiatan. Uang harus dikelola dengan bijak
dan efisien.
6.
Market (pasar): Market atau
pasar adalah unsur selanjutnya dari manajemen terutama untuk bisnis atau usaha.
Perencanaan
Perencanaan berasal dari kata rencana,
artinya rancangan atau rangka sesuatu yang akan dikerjakan. Dari pengertian
sederhana tersebut dapat diuraikan beberapa komponen penting, yakni tujuan (apa
yang ingin dicapai), kegiatan (tindakan-tindakan untuk merealisasikan tujuan)
dan waktu (kapan bilamana kegiatan tersebut hendak dilakukan). Perencanaan
strategis merupakan perencanaan untuk mencapai tujuan organisasi dengan
menggunakan sumber daya yang ada. Perencanaan strategis sangat penting dalam
organisasi karena perencanaan strategis ini berlaku bagi organisasi secara
keseluruhan.
Bagaimana
Melakukan Sebuah Perencanaan Strategis?
Sebuah organisasi harus memiliki tools atau
alat untuk mengembangkan strategi manajemen yang menjamin tercapainya kinerja
(performance) yang optimal kedepannya.
Sebuah organisasi juga harus memiliki
kerangka kerja (framework) yang bertujuan agar dapat mengelola sesuatu
kedepannya, mengelola situasi yang sangat komplek, dapat mengembangkan arah dan
tujuan serta mampu mengintegrasikan unsur belajar bersama dalam proses
perencanaan.
Pentingnya
Perencanaan Strategis
Terdapat 3 alasan pentingnya perencanaan
strategis:
1.
Kebutuhan akan perencanaan
strategis makin dirasakan dalam kehidupan organisasi. Karena, sebuah
perencanaan strategis merupakan titik awal dalam memahami dan menilai tindakan
dalam sebuah organisasi.
2.
Perencanaan Strategis
memberikan kerangka dasar bagi perencanaan lain. Karena, semua kegiatan
organisasi akhirnya bergantung pada strateginya sebagai batasan yang dapat
memberikan gambaran secara umum untuk proses perencanaan berikutnya.
3.
Memahami perencanaan strategis
(yang bisa sangat rumit dan canggih) memudahkan untuk memahami perencanaan
lainnya. Maka dari itu setiap organisasi harus memiliki pemahaman yang lebih
dalam tentang perencanaan yang memiliki posisi utama sebagai dasar dari
keseluruhan perencanaan.
Referensi
TENTANG MANAJEMEN DAN PENERAPANNYA DALAM
BERAGAM ORGANISASI (TERMASUK INDUSTRI) (#OMPI01A)
https://www.youtube.com/watch?v=rRvO46wlzw&list=PLVyZVPSRXKXjntjNwU30kl7tbDWPUqqHs&index=7&t=23s
PERENCANAAN STRATEGIS UNTUK KEBERHASILAN
ORGANISASI (#OMPI02A)
https://www.youtube.com/watch?v=YOGeSWqYtjs&list=PLVyZVPSRXKXjntjNwU30kl7tbDWPUqqHs&index=4&t=52s
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.