Monday, March 21, 2022

PERENCANAAN MANAJEMEN DALAM MENGELOLA SEBUAH ORGANISASI BISNIS

 Oleh : Indah Setyawati (@B14 - Setyawati)

Gambar 1. mind mapping

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah sebuah proses dimana untuk mengatur sesuatu yang dilakukan dan dijalankan oleh sebagian kelompok atau organisasi dimana mereka memiliki tujuan yang dapat dicapai dengan cara bekerja sama. Proses ini juga didukung dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Sebuah organisasi yang sedang berkembang tentunya membutuhkan manajemen dalam mengatur perkembangan organisasinya. 


Pengertian Organisasi Bisnis

Organisasi bisnis berasal dari 2 kata, organisasi dan juga bisnis. Bisnis sendiri merupakan semua aktivitas yang telah diorganisasikan oleh sejumlah orang  di bidang industri. Sedangkan organisasi lebih merujuk ke perkumpulan orang serta aktivitas guna mencapai suatu tujuan tertentu.

Menurut Raymond Em Glos menyatakan pengertian organisasi bisnis di dalam bukunya yang berjudul “Business: Its Nature and Enviroment: An Introduction”. Menurutnya, bisnis merupakan semua kegiatan yang telah diorganisasikan oleh banyak orang yang mana mereka berkecimpung di dunia perindustrian dan kemudian sebuah organisasi atau perusahaan akan melakukan berbagai perbaikan standar serta kualitas produknya.


Pengertian Perencanaan

Perencanaan adalah fungsi manajemen yang pertama dan terpenting. Itu dibutuhkan di setiap tingkat manajemen. Dengan tidak adanya perencanaan, semua kegiatan bisnis organisasi akan menjadi tidak berarti. Pentingnya perencanaan semakin meningkat mengingat ukuran organisasi yang semakin besar dan kompleksitasnya.

Perencanaan kembali menjadi penting karena lingkungan bisnis yang tidak pasti dan terus berubah. Dengan tidak adanya perencanaan, mungkin bukan tidak mungkin tetapi pasti sulit untuk menebak kejadian yang tidak pasti di masa depan.


Manfaat Perencanaan

berikut ini beberapa manfaat perencanaan: 

  • Mengarah pada tindakan yang bertujuan.
  • Menghindari kesalahan atau risiko.
  • Memungkinkan pendelegasian tugas (kekuasaan).
  • Memungkinkan koordinasi.
  • Metode yang digunakan bisa lebih baik.
  • Bisa berhemat atau ekonomis dana.
  • Bisa menghemat tenaga manajemen.
  • Sebagai dasar untuk pengendalian.

LANGKAH-LANGKAH PERENCANAAN STRATEGIS

  1. Penentuan Tujuan (Visi, Misi)
  2. Pengembangan Profil Perusahaan/Organisasi
  3.  Analisa Lingkungan Eksternal
  4.  Analisa Internal Perusahaan, Kekuatan dan Kelemahan Organisasi.
  5.  Identifikasi Kesempatan dan Ancaman Strategi.
  6.  Pembuatan Keputusan Strategi, Mencakup Identifikasi, Penilaian dan Pemilihan Berbagai Alternatif Strategi
  7. Pengembangan Strategi Perusahaan/organisasi.
  8. Implementasi Strategi.
  9. Peninjauan Kembali Dan Evaluasi.

Kesimpulan

    Untuk mengelola organisasi bisnis diperlukan pengelolaan atau manajemen serta orang yang bertanggung jawab yang disebut manajer. Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan. Kegiatan yang ada dalam organisasi atau perusahaan antara lain meliputi kegiatan pemasaran, produksi, personalia, keuangan dan administrasi keuangan.

Referensi

Fiki Ariyanti. Manajemen, Pengertian Manajemen, Fungsi, dan Jenis Keilmuan yang Harus Kamu Tahu. cermati.com.

URGENSI PERENCANAAN DALAM MENGELOLALA ORGANISASI BISNIS. Diakses melalui https://youtu.be/KWZIKWGZ5Dk

TENTANG MANAJEMEN DAN PENERAPANNYA DALAM BERAGAM ORGANISASI. Diakses melalui https://youtu.be/rRvO4-6wlzw

 

 

 


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.