Saturday, March 19, 2022

PERENCANAAN DAN MANAJEMEN DI ORGANISASI MANAJEMEN PERUSAHAAN INDUSTRI

 

PERENCANAAN DAN MANAJEMEN DI ORGANISASI MANAJEMEN PERUSAHAAN INDUSTRI

Mochamad Yudha Eka Putra ( @B11-Yudha )




Perencanaan

 

Pengertian Perencanaan

    Perencanaan merupakan proses pemilihan informasi dan pembuatan asumsi – asumsi mengenai keadaan di masa yang akan datang untuk merumuskan kegiatan – kegiatan yang perlu dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya.

 

Bentuk – Bentuk Perencanaan

·         Kebijaksanaan ( Policy ) adalah rencana yang menerangkan keseluruhan batasan kegiatan secara umum dan komprehensif yang menjadi pegangan dalam pelaksanaan kegiatan – kegiatan.

·         Prosedur adalah rencana yang mendefinisikan tata cara pengerjaan suatu atau kegiatan secara kronologis.

·         Metode adalah rencana yang menerangkan tindakan – tindakan yang harus dilakukan untuk menjalankan suatu kegiatan.

·         Program adalah Rencana Kompherensif yang menyangkut pemakaian sumber daya secara integratif termasuk jadwal pelaksanaan kegiatan – kegiatan.

 

Perencanaan Pengambilan Keputusan

     Perencanaan adalah rangkaian proses pengambilan keputusan yaitu proses penetuan “Course of action” untuk memecahkan suatu persoalan. Sebagai contoh adalah rencana strategis.

 

Perspektif Rencana

·         Horizon Waktu, perbedaan horizon waktu perencanaan menimbulkan perbedaan dalam hal kepastian rencana. Rencana jangka panjang dapat dipastikan memiliki sifat yang lebih kurang pasti dibandingkan dengan sebuah rencana jangka pendek.

 

·         Elemen Rencana, Elemen utama renca strategis adalah tujuan, program dan kebijakan bagi keseluruhan organisasi sedangkan elemen pokok dari rencana taktis yang berjangka waktu lebih pendek adalah jawaban bagaimana mendayagunakan sumber daya perusahaan untuk memenangkan kompetisi dengan perusahaan – perusahaan yang lain.

 

Manajemen

 

Apa Itu Manajemen ?

    Secara Etimologi kata manajemen diambil dari bahasa Perancis kuno, yaitu menagement, yang artinya adalah “seni dalam mengatur dan melaksanakan”.

    Manajemen dapat juga didefinisikan sebagai upaya perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efisisen dan efektif.

 

Mengapa Manajemen Diperlukan ?

·         Pekerjaan yang berat akan terasa sulit dikerjakan secara sendiri, sehingga diperlukan pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab dalam pelaksanaannya.

 

·         Menghindari terjadinya pemborosan karena dalam prosesnya akan mengoptimalkan man, money, method, matherial, machines, dan market secara optimal.

 

Pengertian Efektivitas dan efesiensi

    Efektif berarti “doing the right thing” yang bermakna melakukan kegiatan – kegiatan secara tepat dan menjelankan strategi yang paling cocok untuk menghasilkan sesuatu sehingga tercapainya tujuan yang diharapkan.

    Efisiensi berarti “doing the thing right” yang menunjukkan proses untuk produktif itu diselesaikan dengan menggnakan sumber daya secara tepat dalam waktu yang sesingkat mungkin.

 

Pengertian Organisasi

    Organisasi adalah institusi atau wadah tempat orang berinteraksi dan bekerja sama sebagai suatu unit terkoordinasi terdiri setidaknya dua orang atau lebih yang berfungsi mencapai satu sasaran atau serangkaian sasaran.

 

Hubungan Manajemen Dan Organisasi

     Organisasi dan manajemen memiliki hubungan yang erat, dimana organisasi merupakan wadah atau tempat manajemen melakukan kegiatan. Artinya manajemenlah yang mengatur berjalannya kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.

Sistem Manajemen

§  Manajemen Bapak ( Paternalistic Management )

 

Setiap usahan dan aktivitas bawahan selalu mengikuti jejak pemimpin.

 

Kelebihian : jika pemimpin pada proporsi yang benar, pekerjaan dapat dikerjakan dengan cepat sehingga tercapai dengan baik.

 

Kekurangan :

-          Kemajuan organisasi terbatas, sebab hanya tergantung kepada kecakapan pemimpin.

-          Bawahan menjadi orang – orang yes man saja, sehingga daya pikir dan kreativitasnya tidak ada.

 

REFERENSI

·         PERENCANAAN YANG BAIK UNTUK KEBERHASILAN PENCAPAIAN VISI DAN MISI ORGANISASI (#OMPI02E)

https://youtu.be/Q1wp64IoH6M

 

·         MANAJEMEN UNTUK PENGELOLAAN ORGANISASI YANG LEBIH EFEKTIF DAN EFISIEN (#OMPI01B)

https://youtu.be/SBCSmTPbJ30



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.