Wednesday, March 2, 2022

Pentingnya Peran Manajemen Dalam Organisasi Perusahaan

Oleh: Yulfara Kartini (@B08-Yulfara)

ABSTRAK

Tulisan ini membahas tentang peran manajemen yang ada di sebuah organisasi perusahaan. Latar belakang dari tulisan ini adalah kurangnya pemahaman terkait fungsi dan juga unsur-unsur yang ada dalam sebuah manajemen organisasi perusahaan, sehingga sering kali menyebabkan tidak tercapainya tujuan, keseimbangan, sasaran dan kegiatan lainnya. Selain itu juga kurangnya pencapaian sebuah efisiensi dan efektifitas dalam sebuah organisasi perusahaan. Tulisan ini disusun bertujuan agar kalangan masyarakat lebih menyadari bahwa sebuah manajemen organisasi perusahaan sangat berperan penting dengan adanya beberapa aspek didalamnya yang mampu mencapai tujuan utama dalam suatu organisasi melalui proses perencanaan, pengoperasian dan mengelola sumber daya manusia dengan efektif dan juga efisien.

Kata Kunci: Manajemen, Organisasi, Efesien.

PENDAHULUAN

Saat ini, istilah manajemen banyak dikenal di Indonesia, baik di kalangan sektor swasta, masyarakat luas maupun di kalangan sektor public. Di kalangan perguruan tinggi, ternyata hampir semua disiplin ilmu (fakultas) telah mengajarkan ilmu manajemen. Hampir semuanya menyadari akan arti pentingnya manajemen yang fungsinya diterapkan dalam organisasi untuk memperlancar tugasnya serta meningkatkan kinerja organisasi. Kinerja atau performa organisasi pada umumnya diukur malalui seberapa efektif dan efisien suatu manajemen organisasi perusahaan dalam menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk memberi kepuasan kepada pelanggan dan mencapai tujuan organisasinya. Manajemen sendiri merupakan suatu aktivitas yang berhubungan antara aktivitas yang satu dengan aktivitas yang lainnya. Aktivitas tersebut tidak hanya dalam hal mengelola sumber daya manusia yang bekerja di suatu perusahaan, melainkan mencakup banyak hal terkait perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan melalui pemanfaatan sumber daya yang ada. Peran manajemen dalam memajukan organisasi perusahaan cukup penting bila organisasi mempunyai manajer yang baik, maka suatu organisasi akan menjadi besar.

 

RUMUSAN MASALAH

     1.     Apa pengertian manajemen?

     2.     Apa saja unsur manajemen?

     3.     Bagaimana peran manajemen dalam organisasi perusahaan?

 

PEMBAHASAN

Pengertian Manajemen

Kata Manajemen berasal dari Bahasa Inggris yaitu manage, atau dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai mengendalikan atau mengelola. Dalam kata lain, Manajemen merupakan suatu aktivitas yang mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan utama dalam suatu organisasi melalui proses perencanaan, pengoperasian dan mengelola sumber daya manusia dengan efektif dan juga efisien. Pengertian Manajemen secara dasar adalah suatu seni didalam sebuah proses dan ilmu pengorganisasian contoh diantaranya adalah seperti pergerakan, pengendalian, pengawasan,pengorganisasian, serta perencanaan. Sedangkan Pengertian manajemen secara ilmu dapat disebut sebagai bagian dari disiplin ilmu yang mengenalkan serta mengajarkan tentang proses untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan organisasi baik itu tujuan usaha bersama dengan orang secara pribadi ataupun sumber milik organisasi.

      a.     Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

·    Definisi manajemen yang dikemukakan oleh Daft (2003:4) “Managementis the   attainment of organizational goals in an effective and efficient manner through planning organizing leading and controlling organizational resources”. Pendapat tersebut kurang lebih mempunyai arti bahwa manajemen merupakan pencapaian tujuan organisasi dengan cara yang efektif dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumber daya organisasi.

·  Hersey dan Blanchard (1988) mengemukakan “management is a process of working with amd through individuals and groups and other resources to accomplish organizational goals”. Proses bekerja sama antara individu dan kelompok serta sumber daya lainnya dalam mencapai tujuan organisasi adalah sebagai aktivitas manajemen. Dengan kata lain, aktivitas manajerial hanya ditemukan dalam wadah sebuah organisasi, baik organisasi bisnis, pemerintahan, sekolah, industri dan lain-lain.

·   Menurut T. Hani Handoko dalam bukunya yang berjudul Manajemen yang mengutip pernyataan Luther Gullick, mendefinisikan manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan yang secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimanan manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan.

Unsur-Unsur Manajemen

     1.  Man

Man atau manusia sangat berperan penting dalam mencapai tujuan yang sudah direncanakan, diatur dan sudah berjalan. Menjalankan proses manajemen untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien hanya dapat dijalankan oleh manusia. Karena tanpa adanya manusia tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja yang diperlukan untuk memimpin.

      2. Money

Dalam mencapai tujuan yang efisien sangat dibutuhkan modal dalam bentuk uang yang dapat memenuhi hal tersebut. Ini merupakan proses yang memanfaatkan sumber daya yang dapat mencapai tujuan efektif dan efisien. Dapat dilihat untuk membangun sesuatu memiliki uang sangatlah menunjang kelancaran.

      3. Material

Material terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi untuk mencapai hasil yang baik. Karena selain manusia yang ahli juga harus menggunakan material sebagai salah satu sarana.

      4. Machine

Dalam kegiatan ini, mesin sangat dibutuhkan. Karena penggunaan mesin dapat memberikan kemudahan atau menghasilkan suatu keuntungan yang lebih besar dan juga mampu menciptakan efisiensi kerja.

      5. Method

Suatu metode atau tata cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan. Perlu diingat meskipun metodenya baik, sedangkan manusia yang melaksanakannya tidak mengerti maka hasilnya tidak akan memuaskan.

      6.  Market

Memasarkan produk menjadi hal penting, apabila barang yang di produksi tidak laku maka proses produksi akan berhenti. Agar dapat menguasai pasar dibutuhkan kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera dan kemampuan konsumen.

Peran Manajemen dalam Organisasi Perusahaan

Manajemen pada prinsipnya adalah tentang bagaimana mengatur kegiatan agar berjalan dengan baik dalam mencapai tujuan secara optimal sesuai dengan yang diinginkan. Tujuan tersebut akan berhasil apabila kemampuan manusia yang terbatas baik dari segi pengetahuan, teknologi, maupun skill yang dimiliki dapat dikembangkan dengan menjalankan pekerjaan serta tanggung jawab kepada orang lain sehingga membentuk kerjasama yang baik. Karena manajemen sangat dibutuhkan oleh sebuah organisasi, karena tanpa manajemen semua akan sia-sia dan pencapaian tujuan tentunya akan sulit. Manajemen dalam organisasi sangat diperlukan karena untuk mencapai tujuan, untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan, sasaran dan kegiatan lainnya. Selain itu juga untuk mencapai sebuah efisiensi dan efektifitas.

Dalam manajemen sendiri memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

      1. Perencanaan (Planning)

Dengan adanya perencanaan maka memungkinkan untuk mengikat sumber daya sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan, lebih terarah dan komitmen terhadap tujuannya, serta dapat dimonitoring sehingga kegiatan korektif dapat diambil.

      2. Pengorganisasian (Organaizing)

Pengorganisasian merupakan fungsi manajemen yang kedua dan merupakan langkah strategis untuk mewujudkan suatu rencana organisasi. Langkah ini   berupa  pembuatan  rancangan dan pengembangan suatu organisasi yang akan dapat melaksanakan   program secara sukses.

      3. Penyusunan Personalia (Staffing)

Penyusunan Personalia ini adalah proses penarikan (recruitment), latihan dan pengembangan serta penempatan posisi dengan melihat potensi yang sesuai dengan standarisasi yang diciptakan.

      4. Pengarahan (Directing)

Pada prinsipnya pengarahan ini merupakan kegiatan pemberian motivasi. Dengan kata lain, pengarahan berfungsi untuk membuat atau juga mendapatkan anggota untuk melakukan apa yang diinginkan, namun tetap mengacu pada peraturan yang ada.

      5. Pengawasan (Controlling)

Pengawasan atau controlling atau yang diistilahkan dengan pengendalian adalah penemuan dan penerapan cara dan fasilitas atau alat untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Jadi, hal terpenting dalam manajemen sebuah organisasi adanya kesamaan pemahaman diantara semua komponen organisasi. Kesamaan pemahaman yang dimaksud adalah terkait peran, posisi, situasi dan kondisi antar sumber daya manusia. Jika hal ini tidak terlaksana, maka akan sangat sulit sekali menjalankan kegiatan-kegiatan yang sudah dirancang agar dapat ter-realisasi dengan baik, karena masih ada suatu kesenjangan dan ketidak harmonisan didalam sebuah organisasi.

 

KESIMPULAN

Manajemen merupakan suatu aktivitas yang mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan utama dalam suatu organisasi melalui proses perencanaan, pengoperasian dan mengelola sumber daya manusia dengan efektif dan juga efisien. Meskipun tujuan suatu organisasi cenderung berbeda, namun dengan adanya manajemen organisasi dalam perusahaan mampu membentuk kinerja karyawan yang lebih efektif terutama dalam hal koordinasi. Selain itu untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan dan sasaran, maka dibutuhkan prinsip dari manajemen yang diawali dengan perencanaan yang matang, dilanjutkan dengan pengorganisasian yang baik, lalu penyusunan staff dilihat dari potensi yang dimiliki, setelah itu pengarahan yang bertujuan membangun motivasi dan yang terakhir adalah pengawasan yang menjamin bahwa semua kegiatan diatas dilaksanakan sesuai dengan yang sudah dirancang.

 

DAFTAR PUSTAKA

Burhan, dkk. 2020. Mekanisme Manajemen Organisasi. Institut Agama Islam Negeri Parepare. Sumatera Selatan.

Halisa, Novia Nour. 2020. Peran Manajemen Sumber Daya Manusia "Sistem Rekrutmen, Seleksi, Kompetensi dan Pelatihan" Terhadap Keunggulan Kompetitif: Literature Review. Adi Publisher.

Maftuchah, Viniyanti. 2020. Manajemen dan Organisasi. Sekolah Tinggi Ilmu Muhammadiyah. Jakarta.

Mahmud, Fauzi. 2015. Peran Manajemen dalam Organisasi Perusahaan. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Modul 1, 2 dan 3 Penunjang Perkuliahan Organisasi dan Manajemen Perusahaan.

Oktora, Adriyani. Modul Perkuliahan Organisasi dan Manajemen Perusahaan. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Suprihanto, John. 2014. Manajemen. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Retieved from http://eprints.unpam.ac.id/7080/3/BAB%20II.pdf

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.