Sunday, March 20, 2022

PROSES PERENCANAAN KEBIJAKAN DAN STRATEGI DALAM MANEJEMEN ORGANISASI PERUSAHAAN

 


Oleh: Fauzi Ardiansyah (@B21-Fauzi)

KONSEP PERENCANAAN

        Dalam manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan.


TUJUAN PERENCANAAN

1.      Memberikan pengarahan baik untuk manajer maupun karyawan nonmanajerial.

2.      Mengurangi ketidakpastian dan meminimalisir pemborosan

3.      Menetapkan tujuan dan standar yang digunakan dalam fungsi selanjutnya, yaitu proses pengontrolan dan pengevalusasian.

 

MANFAAT PERENCANAAN

1.      Memberikan arah tindakan pada organisasi.

2.      Memfokuskan perhatian pada sasaran-sasaran dan hasil-hasil yang hendak dicapai.

3.      Menetapkan dasar bagi kerjasama tim.

4.      membantu mengantisipasi permasalahan dengan memperhitungkan situasi yang akan terjadi

 

LINGKUP & JENIS PERENCANAAN

1.      Rencana Strategis

2.      Rencana Taktis

3.      Rencana Operasional

4.      Rencana Kontijensi

5.      Ongoing Plans

 

Manejemen

Manajemen adalah suatu proses tertentu yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan2 tertentu dg menggunakan SDM dan SDA yang ada. Manajemen merupakan ilmu tentang upaya manusia untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan yg diinginkan secara efektif dan efisien

Manajemen dan organisasi memiliki hubungan yang erat dimana organisasi merupakan wadah atau tempat manajemen untuk melakukan kegiatan/mengatur berjalannya kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. Agar tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah organisasi dapat tercapai dengan baik, maka dibutuhkan pengolahan sumber daya dalam manajemen.Sumber daya dapat berupa manusia, alam, informasi, teknologi, dan lain-lain. Kemudian, sumber daya tersebut akan melalui proses manajemen yang didalamnya terdapat 4 proses, yaitu:

 

1.      Planning          : Pada proses ini ditentukan tujuan dan cara pencapaian yang terbaik

 

2.      Organizing      : Dalam proses ini ditentukan apa saja aktivitas/kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

3.      Leading           : Memotivasi anggota agar rencana yang telah dibuat dapat dilakukan

 

4.      Controlling      : Proses monitoring dan perbaikan dari aktivitas yang sedang dijalankan.

 

UNSUR MANAJEMEN

Unsur manajemen terdiri dari "6M" yaitu:

1.      Man (Manusia)

2.      Material (Barang)

3.      Machine (Mesin)

4.      Money (Uang)

5.      Method (Metode)

6.      Market (Pasar)

 

PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN

1.      Pembagian kerja

Bila ada kejelasan tentang siapa mengerjakan apa, maka kelompok akan lebih berhasil dan berdaya guna, karena baik cara kerjanya.

2.      Disiplin

Ketaatan kepada peraturan yang telah disepakati bersama dan kesadaran anggota yang tinggi tentang tanggungjawab dan tugastugasnya amat menentukan keberhasilan manajemen

3.      Kesatuan

Perintah Perlu adanya kesatuan perintah untuk menghindari kesimpangsiuran.

4.      Kesatuan Arah

Kesepakatan arah merupakan hal yang mengikat kelompok, dimana kepentingan bersama diatas individu

5.      Mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi Setiap orang dalam organisasi harus mengutamakan kepentingan bersama (organisasi), di atas kepentingan pribadi. Misalnya pekerjaan kantor sehari-hari harus diutamakan daripada pekerjaan sendiri.

 

Referensi

PROSES PERENCANAAN KEBIJAKAN DAN STRATEGI (#OMPI02C) di akses melalui :

https://youtu.be/y8GN4Y7fN-g

TENTANG MANAJEMEN DAN PENERAPANNYA DALAM BERAGAM ORGANISASI (TERMASUK INDUSTRI) (#OMPI01A) di akses melalui :

https://youtu.be/rRvO4-6wlzw

 

 


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.