Oleh: Fauzi Ardiansyah (@B21-Fauzi)
KONSEP PERENCANAAN
Dalam manajemen, perencanaan adalah
proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan
itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan
proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan
fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan
dapat berjalan.
TUJUAN PERENCANAAN
1.
Memberikan
pengarahan baik untuk manajer maupun karyawan nonmanajerial.
2.
Mengurangi
ketidakpastian dan meminimalisir pemborosan
3.
Menetapkan
tujuan dan standar yang digunakan dalam fungsi selanjutnya, yaitu proses
pengontrolan dan pengevalusasian.
MANFAAT PERENCANAAN
1.
Memberikan
arah tindakan pada organisasi.
2.
Memfokuskan
perhatian pada sasaran-sasaran dan hasil-hasil yang hendak dicapai.
3.
Menetapkan
dasar bagi kerjasama tim.
4.
membantu
mengantisipasi permasalahan dengan memperhitungkan situasi yang akan terjadi
LINGKUP & JENIS PERENCANAAN
1.
Rencana
Strategis
2.
Rencana
Taktis
3.
Rencana
Operasional
4.
Rencana
Kontijensi
5.
Ongoing
Plans
Manejemen
Manajemen adalah suatu proses tertentu yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan2 tertentu dg menggunakan SDM dan SDA yang ada. Manajemen merupakan ilmu tentang upaya manusia untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan yg diinginkan secara efektif dan efisien
Manajemen dan organisasi memiliki hubungan yang erat dimana organisasi merupakan wadah atau tempat manajemen untuk melakukan kegiatan/mengatur berjalannya kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. Agar tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah organisasi dapat tercapai dengan baik, maka dibutuhkan pengolahan sumber daya dalam manajemen.Sumber daya dapat berupa manusia, alam, informasi, teknologi, dan lain-lain. Kemudian, sumber daya tersebut akan melalui proses manajemen yang didalamnya terdapat 4 proses, yaitu:
1.
Planning : Pada proses ini ditentukan tujuan dan cara pencapaian
yang terbaik
2. Organizing : Dalam proses ini ditentukan apa saja aktivitas/kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3.
Leading : Memotivasi anggota agar rencana yang telah dibuat dapat
dilakukan
4.
Controlling : Proses monitoring dan perbaikan dari
aktivitas yang sedang dijalankan.
UNSUR MANAJEMEN
Unsur manajemen terdiri dari "6M" yaitu:
1.
Man
(Manusia)
2.
Material
(Barang)
3.
Machine
(Mesin)
4.
Money
(Uang)
5.
Method
(Metode)
6.
Market
(Pasar)
PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN
1.
Pembagian kerja
Bila ada kejelasan tentang siapa mengerjakan apa, maka kelompok akan lebih berhasil dan berdaya guna, karena baik cara kerjanya.
2.
Disiplin
Ketaatan kepada peraturan yang telah disepakati bersama dan kesadaran anggota yang tinggi tentang tanggungjawab dan tugastugasnya amat menentukan keberhasilan manajemen
3.
Kesatuan
Perintah Perlu adanya kesatuan perintah untuk menghindari kesimpangsiuran.
4.
Kesatuan Arah
Kesepakatan arah merupakan hal yang mengikat kelompok, dimana kepentingan bersama diatas individu
5.
Mengutamakan kepentingan umum
diatas kepentingan pribadi Setiap orang dalam organisasi harus mengutamakan
kepentingan bersama (organisasi), di atas kepentingan pribadi. Misalnya
pekerjaan kantor sehari-hari harus diutamakan daripada pekerjaan sendiri.
Referensi
PROSES PERENCANAAN KEBIJAKAN DAN STRATEGI (#OMPI02C) di akses melalui :
TENTANG MANAJEMEN DAN PENERAPANNYA DALAM BERAGAM ORGANISASI
(TERMASUK INDUSTRI) (#OMPI01A) di akses melalui :
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.