Organisasi dan Manajemen
Organisasi merupakan suatu wadah yang digunakan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan bersama dari setiap individu yang tergabung. Setiap individu tentunya mengetahui tujuan organisasi yang menjadi landasan anggota organisasi dalam melakukan berbagai tugas. Namun, setiap individu tersebut memerlukan adanya pengelolaan secara teratur supaya kinerja mereka dapat terukur dan mampu memberikan dampak secara efektif dan efisien. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, ilmu manajemen diimplementasikan sebagai pengaturan perusahaan dalam mengoptimisasi sumber daya perusahaan dalam mencapai tujuan organisasi
Manajemen
merupakan upaya perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian, dan
pengontrolan sumber daya yang ada (SDM dan SDA) untuk mencapai sasaran secara
efisien dan efektif. Manajemen mampu melakukan pengelolaan dan pembagian kerja,
tugas, dan tanggung jawab dalam pelaksanaannya di dalam organisasi. Hal yang
harus diperhatikan dalam manajemen adalah adanya pengawasan dan bimbingan untuk
kegiatan yang dilakukan orang dalam organisasi supaya tujuan dapat tercapai
yang sudah ditetapkan.
Pemahaman
mengenai efektif dan efisien mampu memberikan hasil yang maksimal dari
implementasi manajemen dalam organisasi. Efektif bermakna bahwa melakukan
kegiatan-kegiatan secara tepat dan menjalankan strategi yang paling cocok untuk
menghasilkan sesuatu sehingga tercapainya tujuan yang diharapkan. Di sisi lain,
efisien menunjukkan proses untuk produktif itu dapat diselesaikan dengan
menggunakan sumber daya secara tepat sehingga dapat dicapai waktu yang
sesingkat mungkin. Implementasi manajemen yang dapat dilakukan secara efektif
dan efisien dapat dikatakan sebagai produktif sehingga dalam pelaksanaannya
dapat memperhatikan jumlah yang dihasilkan dan kepuasan pengguna atas apa yang
dihasilkan.
Implementasi
manajemen memiliki kaitan erat dengan organisasi. Manajemen mampu memberikan
pengaturan dan pengelolaan yang teratur dalam organisasi supaya tujuan
organisasi dapat tercapai. Manajemen ini dapat mengelola berbagai asas-asas
organisasi yang menjadi fundamental dalam pelaksanaan aktivitas organisasi.
Asas-asas tersebut adalah sebagai berikut :
1.
Organisasi harus memiliki tujuan yang jelas
2.
Skala hierarki
3.
Kesatuan perintah/komando
4.
Pelimpahan wewenang
5.
Pertanggungjawaban
6.
Pembagian pekerjaan
7.
Jenjang/rentang kendali
8.
Fungsional
9.
Pemisahan
10.
Keseimbangan
11.
Fleksibilitas
12. Kepemimpinan
Perencanaan sebagai Langkah Awal Implementasi Manajemen
Sebelum melakukan implementasi
manajemen ke dalam organisasi, Perencanaan merupakan langkah awal yang penting
untuk dilakukan. Perencanaan adalah proses pemilihan informasi dan pembuatan
asumsi-asumsi mengenai keadaan di masa yang akan datang untuk merumuskan
kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan yang
telah ditetapkan sebelumnya. Langkah tersebut merupakan proses yang terpenting
dari fungsi manajemen karena fungsi-fungsi manajemen yang lain seperti
pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tidak akan dapat berjalan bila
perencanaan tidak dilakukan. Selain itu, perencanaan mampu memberikan arah
tindakan pada organisasi, menetapkan dasar bagi kerjasama tim, dan memfokuskan
perhatian pada sasaran-sasaran dan hasil-hasil yang hendak dicapai.
Bentuk-bentuk perencanaan dapat
dibedakan atas :
-
Kebijaksanaan (policy) adalah rencana yang
menerangkan keseluruhan batasan kegiatan secara umum dan komprehensif yang
menjadi pegangan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan
-
Prosedur adalah rencana yang mendefinisikan tata
cara pengerjaan suatu kegiatan secara kronologis
-
Metode adalah rencana yang menerangkan
tindakan-tindakan yang harus dilakukan untuk menjalankan suatu kegiatan
-
Standard yaitu suatu gambaran pencapaian yang
diharapkan dari kegiatan-kegiatan yang direncanakan
-
Anggaran yaitu rencana mengenai penerimaan dan
pengeluaran uang dalam suatu kegiatan
-
Program adalah rencana komprehensif yang
menyangkut pemakaian sumber daya secara integratif termasuk jadwal pelaksanaan
kegiatan-kegiatan
Langkah-langkah dalam melakukan
perencanaan terdiri dari :
1.
Menetapkan tujuan
2.
Mengumpulkan informasi
3.
Merencanakan upaya atau kegiatan
4.
Mengurangi hambatan dan resiko
5.
Menentukan sumber daya dan bantuan
6.
Melaksanakan rencana
7.
Evaluasi hasil
Perencanaan manajemen organisasi dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien tentu dihadapkan dengan kendala-kendala. Kendala yang dihadapi seperti lemahnya informasi dan terlalu berfokus pada masa kini. Organisasi tidak mempunyai data yang cukup untuk melakukan perencanaan yang baik dan data historik untuk melihat pola atau tren yang dapat membantu mengambil keputusan. Hal tersebut dapat menghambat proses perencanaan yang sedang berjalan. Kendala lain yang dapat ditemukan adalah ketidakmampuan membuat rencana yang baik, kurangnya komitmen dalam proses pembuatan rencana, dan proses perencanaan hanya mengandalkan unit perencanaan organisasi. Oleh karena itu, perencanaan juga menyiapkan strategi dalam pelaksanaan manajemen dalam organisasi.
Strategi merupakan suatu
kegiatan komprehensif yang menentukan petunjuk dan pengarahan yang kritis
terhadap pengalokasian sumber daya untuk mencapai sasaran jangka panjang organisasi.
Strategi yang dibuat untuk perencanaan organisasi tersebut diharapkan mampu
menghadapi lingkungan yang kompetitif. Strategi memiliki tingkatan-tingkatan
yaitu strategi korporasi, strategi unit bisnis, dan strategi fungsional.
Strategi fungsional biasanya dirumuskan oleh manajemen puncak untuk
mengendalikan kepentingan dan operasi perusahaan yang memiliki lebih dari satu
lini usaha. Tujuannya adalah untuk mengarahkan pengalokasian sumber daya untuk
perusahaan secara total yang berhubungan dengan penggunaan sumber daya untuk
melakukan berbagai keputusan. Selanjutnya, strategi unit bisnis menyangkut
kepentingan dan operasi bisnis unit tertentu. Secara khusus keputusan strategi
unit bisnis meliputi pemilihan bauran produk, fasilitas lokasi, atau teknologi
baru dan sebagainya. Strategi ini berupaya menentukan pendekatan apa yang
sebaiknya diambil unit bisnis itu untuk pasarnya dan bagaimana sebaiknya bisnis
dilakukan dengan sumber daya dan kondisi pasarnya. Terakhir, strategi tingkat
fungsional mengarahkan kegiatan dalam bidang fungsional untuk beroperasi yang
mendukung setiap unit bisnis dalam organisasi.
Tahapan perencanaan menjadi langkah awal organisasi dalam mencapai tujuan organisasi supaya dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Referensi
https://youtu.be/SBCSmTPbJ30
MANAJEMEN UNTUK PENGELOLAAN ORGANISASI YANG LEBIH EFEKTIF DAN EFISIEN (#OMPI01B)
https://youtu.be/_YIDBW1T4nQ MANAJEMEN ITU KETIKA URUSAN DIURUS OLEH PENGURUS (#OMPI01C)
https://youtu.be/Q1wp64IoH6M
PERENCANAAN YANG BAIK UNTUK KEBERHASILAN PENCAPAIAN VISI DAN MISI ORGANISASI (#OMPI02E)
https://youtu.be/y8GN4Y7fN-g
PROSES PERENCANAAN KEBIJAKAN DAN STRATEGI (#OMPI02C)
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.