Pengaruh
Manajemen Waktu pada Produktivitas Manusia
Oleh : Putri Virginia Valensi ( @B30 - Putri)
ABSTRAK
Manajemen Waktu merupakan
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan produktivitas
terhadap waktu. karena waktu merupakan pengaruh
sumber daya manusia yang penting, oleh karena itu harus dikelola secara efisien
dan efektif. Yang di mana sumber daya manusia merupakan kunci keberhasilan
organisasi atau target agar tetap bertahan dan berkembang dengan baik. Pengembangan
sumber daya manusia merupakan upaya terencana dan berkelanjutan yang dilakukan
oleh manajemen waktu yang efektif untuk meningkatkan produktivitas manusia.
produktivitas secara umum adalah kemampuan setiap orang, sistem atau suatu
perusahaan dalam menghasilkan sesuatu yang diinginkan dengan cara memanfaatkan
sumber daya secara efektif dan juga efisien.
Kata Kunci : Manajemen Waktu, SDM, Produktivitas
Manusia, Pengaruh Manajemen waktu
PENDAHULUAN
Dalam kehidupan moderen seperti
sekarang ini, semua orang dituntut untuk dapat lebih profesional dalam bekerja
maupun menjalani kehidupan pribadi. Tuntutan tersebut sangat dirasakan ketika
upaya pelayanan dalam berbagai bidang menjadi hal yang sangat fatal. Untuk itu,
dalam menjalani kehidupan terutama dalam menyelesaikan pekerjaannya, seseorang
perlu melakukan manajemen diri. Manajemen waktu merupakan salah satu manajemen
diri dalam upaya agar seseorang dapat lebih professional bekerja. Manajemen
waktu adalah suatu kemampuan untuk mengalokasikan waktu dan sumber-sumber untuk
mencapai tujuan. Keterampilan dalam mengelola waktu adalah bagaimana kita
meluangkan waktu untuk memprioritaskan dan mencapai beberapa tujuan kehidupan
serta menghasilkan kesejahteraan atau meningkatkan Sumber Daya Manusia. Hal ini
merupakan proses untuk menyusun dan mencapai tujuan, memperkirakan waktu dan
sumber-sumber waktu yang dibutuhkan untuk mencapai masing-masing tujuan dan
mendisiplinkan diri sendiri memfokuskan pada tujuan. Manusia yang efektif dapat
mengelola waktu sehingga dapat meningkatkan produktivitas.
PEMBAHASAN
PENGERTIAN MANAJEMEN WAKTU
Menurut Mary Parker Follet,
sebagaimana dikutip oleh Erni, manajemen diartikan sebagai seni dalam
menyelesaikan sesuatu melalui orang lain. Erni juga mengutip pendapat dari
Nickels, McHugh and McHugh. Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk
mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya
organisasi lainnya. Adapun sarana atau alat manajemen untuk dapat mencapai
tujuan adalah men, money, materials, machines, methods, dan markets. ujuan
manajemen waktu adalah untuk mencapai target dalam waktu yang sudah ditetapkan.
Dengan begitu, waktu akan dimanfaatkan sebaik mungkin.
PROSES PENGELOLAAN MANAJEMEN
WAKTU MENINGKATKAN SDM
Sumber daya manusia (SDM) merupakan
salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan di samping faktor
yang lain seperti modal. Oleh karena itu, Pengembangan SDM harus dikelola
dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi. Pengelolaan
waktu secara efektif dan efisien dapat dilakukan dengan beberapa langkah
sebagai berikut:
a. Perencanaan Waktu
Perencanaan waktu merupakan
penentuan waktu yang tepat agar sesuai dan tepat dengan tujuan yang
direncanakan berkaitan dengan waktu, maka rencana membuat jadwal bisa harian,
mingguan, dan bulanan.Rencana dibuat dengan menitikberatkan prioritas kerja
seseorang
b. Pengorganisasian Waktu
Pengorganisasian waktu adalah
kegiatan mengidentifikasi, mengelompokkan, menganalisis kegiatan dan mengelola
waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
c. Pengkoordinasian Waktu
Pengkoordinasian waktu adalah
kegiatan untuk mengkoordinasikan dan menyelaraskan kegiatan agar kegiatan dapat
tercapai secara efektif dan efisien serta sesuai dengan perencanaan waktu yang
telah dibuat serta tujuan yang diinginkan.
d. Pengawasan Waktu
Pengawasan waktu adalah kegiatan
untuk menyesuaikan jadwal kegiatan dengan yang telah direncanakan
sebelumnya.Tujuannya adalah untuk mengoreksi jadwal yang tidak sesuai dengan
rencana, ketepatan waktu dan kualitas pekerjaan yang hasilkan pada masing-masing
kegiatan.Ini dijadikan sebagai bahan pertimbangan menyusun jadwal selanjutnya.
DAMPAK MANAJEMEN WAKTU PADA
PRODUKTIVITAS MANUSIA
Dampak Manajemen yang Baik
1. Tugas Tertata Dengan Rapi
2. Mempercepat Segala Urusan
3. Melatih Disiplin
4. Bertanggung Jawab
Dampak Manajemen Waktu Yang
Buruk
1. Penumpukan tugas
2. Hasilnya tidak memuaskan
3. Menjadikan diri malas
KESIMPULAN
manajemen waktu adalah kemampuan
atau upaya untuk mencapai target dalam waktu yang sudah ditetapkan.
Dengan begitu, waktu akan dimanfaatkan sebaik mungkin dapat
meningkatkan Sumber daya manusia meningkat sehingga membuat manusia lebih
produktif. Membuang waktu dengan sia-sia tanpa disadari sebenarnya juga
menjadi sumber ketidakefektifan. Semakin baik manajemen waktu maka semakin baik
pula produktivitas manusia. Sebaliknya, buruk buruk waktu maka semakin
buruk pula efektivitas produktivitas manusia.
DAFTAR PUSTAKA
Taylor. 1990. Manajemen Waktu
Menurut Para Ahli. Jakarta: Gramedia
Rifai, M. 2016. Dasar-dasar
Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efetif dan Efisien.
Perdana Publishing
Atkinson, Philip E. 1991. Manajemen Waktu yang
Efektif. Jakarta : Binarupa Aksara.
Siagian, Sondang P. 2003. Manajemen Sumber Daya
Manusia, Cetakan ke 9. Jakarta : Bumi Aksara.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.