Friday, March 4, 2022

Pengaruh Manajemen Waktu pada Produktivitas Manusia

 

Pengaruh Manajemen Waktu pada Produktivitas Manusia

Oleh : Putri Virginia Valensi ( @B30 - Putri)


 

ABSTRAK

Manajemen Waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan produktivitas terhadap waktu.  karena waktu merupakan pengaruh sumber daya manusia yang penting, oleh karena itu harus dikelola secara efisien dan efektif. Yang di mana sumber daya manusia merupakan kunci keberhasilan organisasi atau target agar tetap bertahan dan berkembang dengan baik. Pengembangan sumber daya manusia merupakan upaya terencana dan berkelanjutan yang dilakukan oleh manajemen waktu yang efektif untuk meningkatkan produktivitas manusia. produktivitas secara umum adalah kemampuan setiap orang, sistem atau suatu perusahaan dalam menghasilkan sesuatu yang diinginkan dengan cara memanfaatkan sumber daya secara efektif dan juga efisien.

Kata Kunci : Manajemen Waktu, SDM, Produktivitas Manusia, Pengaruh Manajemen waktu

PENDAHULUAN

Dalam kehidupan moderen seperti sekarang ini, semua orang dituntut untuk dapat lebih profesional dalam bekerja maupun menjalani kehidupan pribadi. Tuntutan tersebut sangat dirasakan ketika upaya pelayanan dalam berbagai bidang menjadi hal yang sangat fatal. Untuk itu, dalam menjalani kehidupan terutama dalam menyelesaikan pekerjaannya, seseorang perlu melakukan manajemen diri. Manajemen waktu merupakan salah satu manajemen diri dalam upaya agar seseorang dapat lebih professional bekerja. Manajemen waktu adalah suatu kemampuan untuk mengalokasikan waktu dan sumber-sumber untuk mencapai tujuan. Keterampilan dalam mengelola waktu adalah bagaimana kita meluangkan waktu untuk memprioritaskan dan mencapai beberapa tujuan kehidupan serta menghasilkan kesejahteraan atau meningkatkan Sumber Daya Manusia. Hal ini merupakan proses untuk menyusun dan mencapai tujuan, memperkirakan waktu dan sumber-sumber waktu yang dibutuhkan untuk mencapai masing-masing tujuan dan mendisiplinkan diri sendiri memfokuskan pada tujuan. Manusia yang efektif dapat mengelola waktu sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

PEMBAHASAN

PENGERTIAN MANAJEMEN WAKTU

Menurut Mary Parker Follet, sebagaimana dikutip oleh Erni, manajemen diartikan sebagai seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain. Erni juga mengutip pendapat dari Nickels, McHugh and McHugh. Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya. Adapun sarana atau alat manajemen untuk dapat mencapai tujuan adalah men, money, materials, machines, methods, dan markets. ujuan manajemen waktu adalah untuk mencapai target dalam waktu yang sudah ditetapkan. Dengan begitu, waktu akan dimanfaatkan sebaik mungkin.

PROSES PENGELOLAAN MANAJEMEN WAKTU MENINGKATKAN SDM

Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan di samping faktor yang lain seperti modal. Oleh karena itu, Pengembangan SDM harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi. Pengelolaan waktu secara efektif dan efisien dapat dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut:

a. Perencanaan Waktu

Perencanaan waktu merupakan penentuan waktu yang tepat agar sesuai dan tepat dengan tujuan yang direncanakan berkaitan dengan waktu, maka rencana membuat jadwal bisa harian, mingguan, dan bulanan.Rencana dibuat dengan menitikberatkan prioritas kerja seseorang

b. Pengorganisasian Waktu

Pengorganisasian waktu adalah kegiatan mengidentifikasi, mengelompokkan, menganalisis kegiatan dan mengelola waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

c. Pengkoordinasian Waktu

Pengkoordinasian waktu adalah kegiatan untuk mengkoordinasikan dan menyelaraskan kegiatan agar kegiatan dapat tercapai secara efektif dan efisien serta sesuai dengan perencanaan waktu yang telah dibuat serta tujuan yang diinginkan.

d. Pengawasan Waktu

Pengawasan waktu adalah kegiatan untuk menyesuaikan jadwal kegiatan dengan yang telah direncanakan sebelumnya.Tujuannya adalah untuk mengoreksi jadwal yang tidak sesuai dengan rencana, ketepatan waktu dan kualitas pekerjaan yang hasilkan pada masing-masing kegiatan.Ini dijadikan sebagai bahan pertimbangan menyusun jadwal selanjutnya.

DAMPAK MANAJEMEN WAKTU PADA PRODUKTIVITAS MANUSIA

Dampak Manajemen yang Baik

1. Tugas Tertata Dengan Rapi

2. Mempercepat Segala Urusan

3. Melatih Disiplin

4. Bertanggung Jawab

Dampak Manajemen Waktu Yang Buruk

1. Penumpukan tugas

2. Hasilnya tidak memuaskan

3. Menjadikan diri malas

KESIMPULAN

manajemen waktu adalah kemampuan atau upaya untuk mencapai target dalam waktu yang sudah ditetapkan. Dengan begitu, waktu akan dimanfaatkan sebaik mungkin dapat meningkatkan Sumber daya manusia meningkat sehingga membuat manusia lebih produktif. Membuang waktu dengan sia-sia tanpa disadari sebenarnya juga menjadi sumber ketidakefektifan. Semakin baik manajemen waktu maka semakin baik pula produktivitas manusia. Sebaliknya, buruk buruk waktu maka semakin buruk pula efektivitas produktivitas manusia.

 

DAFTAR PUSTAKA

Taylor. 1990. Manajemen Waktu Menurut Para Ahli. Jakarta: Gramedia

Rifai, M. 2016. Dasar-dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efetif dan Efisien. Perdana Publishing

Atkinson, Philip E. 1991. Manajemen Waktu yang Efektif. Jakarta : Binarupa Aksara.

Siagian, Sondang P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ke 9. Jakarta : Bumi Aksara.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.