Sunday, March 6, 2022

PENYELESAIAN MASALAH DENGAN DAILY MANAGEMENT SYSTEM

naqi min gil @B02_Naqi



Daily Management atau manajemen harian adalah proses berkelanjutan yang memastikan pekerjaan dilakukan dengan cara yang benar dan dalam waktu yang tepat, untuk mencapai kesuksesan bisnis sesuai dengan tujuan strategis perusahaan.


Biasanya karyawan mengetahui apa yang terjadi di shop floor melalui rapat harian, standup meeting, atau gemba. Jenis rapat harian seperti ini memastikan orang yang tepat melakukan pekerjaan yang tepat pada waktu yang tepat dan memungkinkan karyawan untuk segera mengambil tindakan korektif ketika terjadi masalah atau progress dinilai tidak memuaskan.


Yang dilakukan manajemen harian hanya membuat seluruh proses di atas lebih efisien, karena mempercepat pengumpulan, analisis, dan komunikasi informasi melalui bantuan digitalisasi. Semuanya disimpan dan dapat diakses dalam platform manajemen yang terpusat, memungkinkan manajemen untuk meningkatkan proses dan membuatnya lebih ramping. Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari implementasi manajmen harian antara lain:

  • Membuat just do it improvement untuk mempercepat penyelesaian masalah

  • Memperoleh visibilitas real-time terhadap status setiap tugas, akses, atau proses

  • Memantau pelaksanaan tugas-tugas penting

  • Melihat grafik kinerja di semua level

  • Menerima peringatan masalah untuk mengambil tindakan korektif lebih awal

  • Mengidentifikasi akar penyebab masalah yang menghambat produktivitas

  • Mendorong budaya akuntabilitas

  • Memungkinkan top management fokus pada perbaikan area masalah yang bernilai tinggi

  • Mengurangi pemborosan

 

Manajemen harian terdiri dari:

  1. Planning (perencanaan): Manajemen harian membutuhkan pemahaman tentang apa yang akan diminta atau diperlukan, dan kemampuan organisasi. Ini juga membutuhkan mengetahui jadwal staf Anda, dan menghitung waktu jauh dari pekerjaan produksi.
  2. Doing (pelaksanaan): Manajemen harian mengharuskan para manajer atau supervisor menginformasikan tim tentang rencana tersebut, dan bahwa tim tahu apa harapan dan targetnya. Mereka juga perlu tahu apa yang harus dilakukan ketika ada masalah.
  3. Checking (pemeriksaan): Tim dan manajer harus memantau kemajuan. Dengan standar yang jelas dan langkah yang mapan, masalah menjadi jelas.
  4. Acting (penindakan): Manajemen harian membutuhkan tindakan segera untuk membuat proses kembali ke jalurnya. Ini juga membutuhkan tindakan countermeasure—tindakan yang diambil untuk mengurangi/menghilangkan akar penyebab masalah yang menghambat tim/organisasi mencapai tujuannya—untuk mengembangkan perbaikan permanen ketika ada masalah berulang.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.