Oleh: Rafi Akmal Suryatama (41620010043)
Pengertian Strategi
Secara Bahasa Strategi berasal dari Bahasa Yunani yaitu 'Stratogos' artinya ilmu para jenderal untuk memenangkan pertempuran dengan sumber daya terbatas
Secara Istilah strategi merupakan suatu pendekatan yang semua berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, serta eksekusi dalam aktivitas yang memiliki kurun waktu tertentu.
Hubungan Perencanaan Strategi dengan Manajemen Strategi
Perencanaan Strategi
- Adalah kegiatan, yang menentukan tujuan dan mempertimbangkan lingkungan internal dan eksternal untuk merancang, mengimplementasikan, dan menyesuaikan strategi, untuk mendapatkan keunggulan kompetitif
- adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan dan pengevaluasian keputusan yang berfokus pada proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran
- Menjaga kepentingan banyak pihak
- Memberi arah untuk mencapai tujuan
- Mengantisipasi perubahan'
- Mencapai efektivitas serta efisiensi
- Membantu membuat keputusan terbaik
- Meningkatkan kemampuan untuk mengatasi masalah (Problem Solving)
- Meningkatkan keuntungan atau provit perusahaan
- Meningkatkan efektivitas dan efisiensi setiap kegiatan operasional perusahaan
- Tahap perumusan strategi
- Tahap implementasi
- Tahap Evaluasi Strategi
- Memberikan arah jangka panjang yang akan di tuju
- Membantu organisasi beradaptasi pada perubahan yang terjadi
- Membuat suatu organisasi menjadi lebih efektif
- keterlibatan anggota organisasi dalam pembuatan strategi akan lebih memotivasi mereka pada tahap pelaksanaannya
- mengidentifikasikan keunggulan komparatif suatu organisasi dalam lingkungan yang semakin beresiko
Pengertian Manajemen
Manajemen adalah suatu proses tertentu yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasia, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan-tujuan tertentu dengan menggunakan SDM dan SDA yang ada
Hal Penting Dalam Manajemen
- Adanya tujuan yang ingin di capai
- Tujuan dapat di capai dengan menggunakan kegiatan orang lain
- kegiatan-kegiatan orang laiin itu harus di bimbing dan di awasi
- Planning (Perencanaan)
- Organizing (Pengorganisasian)
- Penggerakan (Actuating)
- Pengawasan (Controlling)
Organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki visi dan misi yang sama. Dalam organisasi tidak hanya terdapat manusia, melainkan juga ada struktur dan tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, tidak hanya melibatkan manusia saja, melainkan juga sumber daya lain, seperti dana, mesin, dan cara kerja yang penting bagi organisasi untuk di proses guna mencapai tujuannya. Manajemen diperlukan untuk mengelola dan mengatur jalannya organisasi agar dapat mencapai tujuan yang di inginkan.
Tipe kegiatan Manajemen
1. Perencanaan Strategik
Merupakan kegiatan manajemen tingkat atas, sebagai proses evaluasi lingkungan luar organisasi dan penerapan tujuan organisasi
2. Pengendalian Manajemen
Sistem untuk meyakinkan bahwa organisasi telah menjalankan strategi yang sudah di tetapkan secara efektif dan efisien
3. Pengendalian Operasional
Sistem untuk meyakinkan bahwa tiap-tiap tugas tertentu telah dilaksanakan secara efektif dan efisien
Tipe Keputusan Manajemen
- Keputusan Terprogram (Progammed Decision)
- Keputusan Setengah Terprogram (Semi - Programmed Decision)
- Keputusan Tidak Terprogram (Non - Programmed Decision)
Kang Atep Afia Channel. 2022 "Perencanaan Strategi Manajemen Strategi dan Kepemimpinan (#OMPI02B)" https://www.youtube.com/watch?v=DDU8QNXwW_o&list=PLVyZVPSRXKXjntjNwU30kl7tbDWPUqqHs&index=2
Kang Atep Afia Channel. 2022 "Manajemen itu Ketika Urusan Diurus oleh Pengurus (#OMPI01C)" https://www.youtube.com/watch?v=_YIDBW1T4nQ&list=PLVyZVPSRXKXjntjNwU30kl7tbDWPUqqHs&index=5
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.