Oleh : Zahra Anisa (@B18-Zahra)
Abstrak
Manajemen organisasi adalah
proses untuk mengendalian yang dimulai dari perencaan dan pengorganisasian
terkait dengan sumber daya dalam organisasi untuk mencapai tujuan organisasi
yang bermacam-macam. Manajemen adalah suatu kegiatan yang digunakan untuk mangatur
semuanya dengan baik, agar dapat melakukan kegiatan dengan efektif dan efesien.
Manajemen Dalam kehidupan sehari-hari sangat pentig, karena dengan adanya
manajemen kita bisa mengatur semua kegiatan agar dapa dilakukan dengan efesien
dan efektif. Hadir organisasi dalam kehidupan mahasiswa dikampus tentu mampu
memberi warna tersendiri. Dimana mahasiswa dapat mengembangkan potensi yang
dimilikinya diluar perkuliahaan sehingga menjadi manusia yang siap dalam
menghadapi tantangan zaman. Dalam berorganisasi guna meningkatkan kreatifitas
dan inovasi baru dalam menjalankan tugasnya sebagai aktivis organisasi. Dengan
prinsip-prinsip manajemen suatu organisasi akan dapat mencapai tujuannya
prinsip itu pula yang seharusnya dapat diterapkan dalam pengelolaan organisasi
kemahasiswaan. Mahasiswa dapat merasakan manfaat dari adanya organisasi
kemahasiswaan yang mampu memberikan suguhan-suguhan dan dampak postif
Kata kunci: manajemen, organisasi
mahasiswa.
PENDAHULUAN
Dalam semua orang memiliki tujuan
dalam hidupnya masing-masing. Manajemen organisasi merupakan suatu hal yang
penting dalam lembaga pendididkan ataupunmasyarakat, terutama di kalangan
mahasiswa Kenapa demikian ? karena organisasi sangat bermanfat dan membantu
untuk menjalankan sebuah tujuan yang ingin dicapai dalam segi apapun itu. Maka
dari itu, penting bagi kita untuk berorganisasai sehingga kita bisa menambah
pengetahuan, pengalaman, wawasan,kekeluargaan dan menjalin hubungan social
antar sesama agar dapat melatih diridan mengembangkan potensi yang kita miliki
dengan mempelajarinya sebaikmungin, karena organisasi merupakan sekumpulan
orang-orang yang bekerja untukmencapai suatu tujuan yang sama.
organisasai juga merupakan salah
satualat komunikasi yang kuat karena dengan cara berkomunikasi
senantiasamelakukan sosialisasi dan berinteraksi satu sama lain sehingga
dapatmenghubungkan dan membangkitkan kinerja dalam suatu tim. untukmengembangkan
peranannya sebagai mahasiswa lakukan dengan cara bergabungdi organisasi
mahasiswa, karena dengan berorganisasi mahasiswa bisa lebihmengembangkan
perannya sebagai mahasiswa baik itu itu akademis maupunintelektual karena pada
dasarnya akan terjun di masyarakat, dan tidak perlukhawatir bahwa mengikuti
organisasi dapat mengganggu aktivitas perkuliahanataupun tugas, hal itu tidak
menuntuk kemungkinan untuk tidak menjadikan suatubeban, justru dengan mengikuti
organisasi kita dapat melatih mental, rasa percaya diri dan tidak gerogi karena
sudah terbiasa belajar dari organisasi tersebut.
Rumusan masalah
a. Apa
pengertian organisasi
b. Mengapa
organisasi itu penting?
c. Apa
fungsi manajemen dalam organisasi kemahasiswaan?
Tujuan
a. Untuk
mengetahui hubungan organisasi antar masyarakat
b. Untuk
mengetahui manajemen organisasi kemahasiswaan
PEMBAHASAN
1. Pentingnya
wadah yang terdapat dalam sekumpulan orang-orang yang bekerja mengemban tugas
untuk mencapai suatu tujuan yang baik, yang didalamnya terdapat struktur
pembagian kerja dan struktur tata kerja antar kelompok pemegang posisi.
Namun bagi
sebagian mahasiswa menjadi seorang akademis saja tidaklah cukup, kebutuhan akan
pengalaman dinamika kehidupan mahasiswa yang lebih berwarna mendorongnya untuk
terjun kedunia organisasi. Bagi kalangan mahasiswa menjadi organisatoris
merupakan suatu kebutuhan dan kebanggan, bahkan tidak jarang pula yang ketika
sebelum masuk perguruan tinggi tidak aktif berorganisasi namun setelah
manyandang status mahasiswa mereka menjadi aktivis kampus.
2. Penting
nya berorganisasi
Disisi lain
organisasi juga sangat penting dalam kehidupan. Karena seperti yang telah
dijelaskan sebelumnya bahwasanya pentingnya sebuah organisasi dalam kehidupan
yaitu:
a.
Melatih mental agar ketika berbicara tidak gugup
b. Pengembangan diri untuk meningkat intergritas
kepribadian yang dapat menerapkan, meningkatkan dan mengembangkan ilmu
kepengetahuan
c.
Menjadi mahasiswa yang kritis
d.
Menambah teman
3. Fungsi
manajemen dalam organisasi mahasiswa
Dalam pembahasan
sebelumnya sudah dijelaskan bahwa salah satu ranah
manajemen adalah
organisasi, maka dalam hal keorganisasian Salam (2014: 30)
mengatakan bahwa
secara sederhana manajemen diartikan mengelola, mengatur
sumber daya
organisasi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang
diinginkan.
Manajemen merupakan suatu proses yang terdiri dari serangkaian
kegiatan
menggerakan seluruh sumber daya organisasi agar secara sinergik menuju
pencapaian
tujuan organisasi secara efektif dan efisien.
pencapaian
tujuan organisasi secara efektif dan efisien.
Organisasi itu
sendiri secara bahasa berasal dari istilah Yunani organon dan
istilah Latin
organum yang berarti alat, bagian, anggota, atau badan (Manullang,
2012: 59).
Secara istilah, banyak pendapat berbeda terkait pendefinisian organisasi
tergantung dari
sudut pandang siapa yang mendefinisikan. Namun secara garis
Manullang besar
organisasi memiliki tiga ciri, yaitu:
1) Adanya
sekelompok orang
2) Terjadinya
hubungan dalam suatu kerjasama yang harmonis
3) Tujuan
bersama yang dicapai melalui kerja organisasi yang didasarkan atas
hak, kewajiban
dan tanggung jawab masing-masing anggotanya.
Pentingnya peran
penting manusia dalam tubuh organisasi mendorong
setiap orang
yang terlibat didalamnya untuk menjunjung tinggi perilaku
organisasi
(organizational behavior). Perilaku organisasi ini sangat penting
untuk diterapkan
dalam berorganisasi, hal ini dikarenakan perilaku organisasi
itu terkait
dengan apa yang dilakukan individu dalam suatu organisasi dan
bagaimana
perilaku mereka mempengaruhi kinerja organisasi.
Dalam
organisasi, kebutuhan akan manajemen tidak terelakkan lagi,
karena dalam
pelaksanaannya manajemen memiliki empat fungsi pokok, yaitu
Planning,
Organizing, Actuating, dan Controlling (POAC).
- Planning
berarti memutuskan apa yang harus terjadi di masa depan (hari ini,
minggu depan,
bulan depan, tahun depan, setelah lima tahun, dan
seterusnya) dan
membuat rencana untuk dilaksanakan.
-Organizing
berarti menciptakan suatu struktur organisasi dengan bagianbagian yang
terintegrasi sedemikian rupa sehingga hubungan antar bagianbagian satu sama
lain dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan
keseluruhan
struktur tersebut. Pengorganisasia juga dapat dimaknai sebagai
upaya membuat
penggunaan maksimal dari sumber daya yang dibutuhkan
untuk
melaksanakan rencana dengan baik.
-Actuating
adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota
kelompok
berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan
manajerial dan
usaha-usaha organisasi.
-Controlling
adalah proses pengawasan performa setiap unsur untuk
memastikan bahwa
jalannya organisasi sesuai dengan rencana yang telah
ditetapkan
KESIMPULAN
Dalam kehidupan yang serba
canggih ini manajemen sangat berperan penting
dalam kehidupan. Jadi, manajemen
harus dilakukan dalam segala sesuatu didunia ini.
Karena semua yang dilakukan perlu
adanya manajemen agar dapat terlaksana dengan
baik, walaupun manajemen sangat
sulit dilakukan karena setiap manusia terkadang
ingin bebas melakukan hal yang
mereka inginkan tanpa adanya konsep apa yang harus
dilakukannya dan merasa bosan
bahkan sungkan untuk menepati manajemen jadwal
yang sudah dibuat.
Dalam suatu organisasi, manajemen
sangat dibutuhkan. Dengan manajemen
organisasi akan berjalan dengan
baik, karena dalam prosesnya manajemen memiliki
empat fungsi pokok, yaitu
planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian),
actuating (bertindak) dan
controlling (pengawasan). Jika fungsi-fungsi tersebut dapat
dijalankan dengan baik maka bukan
hal yang mustahil tujuan organisasi akan dapat
tercapai secara efektif dan
efisien.
Astuti, A. R. T. (2019). Manajemen Organisasi (Teori dan Kasus). IAIN Parepare Nusantara Press.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.