Oleh: Laykha Fitriani Az Zahra (@B17-Layka)
ABSTRAK
Manajemen
merupakan suatu proses yang dapat mempengaruhi perkembangan organisasi. Manajemen
ialah ilmu tentang upaya manusia yang memanfaatkan dan mengelola semua sumber
daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif dan
efisien. Setiap organisasi pasti memiliki sebuah tujuan, apa pun organisasi
tersebut. Idealnya, segala aktivitas yang dilakukan oleh organisasi tersebut
harus mengacu pada tujuan utama yang sudah ditetapkan. Ada organisasi yang
berhasil ada pula yang gagal dalam pencapaian tujuannya. Hal ini ditentukan
oleh bagaimana pengelolaan sumber daya yang dimiliki dalam pencapaian tujuan
yang diharapkan. Maka dari itu tulisan ini dibuat agar pembaca mengetahui bahwa
manajemen itu diperlukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan secara berdaya
guna serta berhasil guna.
Kata
kunci: Manajemen, Organisasi, Sumber Daya
PENDAHULUAN
Seperti
yang kita tahu, organisasi merupakan kumpulan manusia. Kita juga tahu, dalam
organisasi tidak hanya ada manusia, tapi ada juga struktur dan tujuan. Tentu
saja, dalam mencapai tujuan tersebut, tidak hanya melibatkan manusia melainkan
juga sumber daya yang lain, seperti dana, mesin/peralatan dan cara kerja yang
penting bagi organisasi untuk diproses guna mencapai tujuannya. Bagaimana
mengelola itu semua merupakan perkara manajemen. Artinya, di dalam organisasi perlu
ada pengelolaan atau manajemen. Manajemen ialah ilmu tentang upaya manusia yang
memanfaatkan dan mengelola semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai
tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien. Setiap organisasi pasti
memiliki sebuah tujuan, apa pun organisasi tersebut. Artinya, manajemen akan
diperlukan oleh setiap organisasi apa pun dengan ukuran organisasi sebesar apa
pun. Dengan demikian, kita sudah mendapat sedikit gambaran apa yang dimaksud
dengan manajemen. Tentu saja gambaran tersebut belum sepenuhnya utuh. Namun,
setidaknya sudah ada gambaran yang dapat kita gunakan untuk membangun pemahaman
kita atas manajemen.
PEMBAHASAN
Pengertian
Manajemen
Secara
etimologis, kata manajemen berasal dari berbagai bahasa, yang pertama yaitu
dari bahasa Prancis kuno yakni menagement, yang berarti seni
melaksanakan dan mengatur. Lalu, dalam bahasa Italia, yaitu meneggiare yang
memiliki arti mengendalikan. Sedangkan dalam bahasa Inggris berasal dari kata to
manage yang artinya mengelola atau mengatur. Adapun definisi manajemen
secara etimologis dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan sebuah aktivitas
mengatur atau mengelola. Manajemen ialah ilmu tentang upaya manusia yang
memanfaatkan dan mengelola semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai
tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien. Berikut ini juga disampaikan
definisi manajemen menurut para ahli di antaranya ialah menurut George. R Terry,
Manajemen adalah suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan
untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui
pemanfaatan SDM dan sumber- sumber lainnya.
Menurut
James A. F Stoner Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan
penggunaan sumber daya organisasi yang lain, dalam rangka mencapai tujuan
organisasi yang telah ditetapkan. Jadi kesimpulan umum dari definisi manajemen
di antaranya ialah yang disebut manajemen itu ada atau terjadi di dalam suatu
organisasi. Dalam pengertian manajemen selalu terkandung adanya suatu atau
beberapa tujuan tertentu yang akan dicapainya. Di dalam pencapaian tujuan itu
melibatkan manusia dan sumber-sumber lainnya dan dilakukan dengan melalui tahap-tahap
kegiatan atau proses tertentu dengan cara yang paling efisien.
Arti Penting Manajemen bagi Organisasi
Manajemen
dalam sebuah organisasi akan sangat dibutuhkan dalam setiap aktivitas
perusahaan atau organisasi bisnis untuk mencapai tujuan yang diharapkan dengan
efektif dan efisien. Sebuah organisasi yang tidak menjalankan proses
manajemennya dengan baik, maka dipastikan semua proses kerjanya tidak efektif
dan efisien. Adapun menurut T. Hani Handoko, arti penting manajemen bagi
organisasi terdiri atas 3 (tiga), yaitu:
1. Untuk
mencapai tujuan organisasi.
Sebagaimana diketahui bahwa setiap organisasi pasti
memiliki visi, misi, serta tujuan Manajemen dalam hal ini membantu bagaimana
mewujudkannya.
2. Untuk menjaga keseimbangan di antara
tujuan-tujuan yang saling bertentangan.
Adapun yang kita ketahui bahwa di dalam organisasi
memiliki keanekaragaman, semisal dalam hal ini sumber daya manusia meliputi pemikiran,
persepsi, sudut pandang, metode, dan lain sebagainya. Perbedaan itu memicu
adanya pertentangan atau perselisihan jika tidak dikelola dengan baik. Oleh
karena itu, dengan adanya manajemen, maka semaksimal mungkin berusaha untuk
menciptakan proses kerja yang kondusif, hubungan kerja harmonis satu dengan
lainnya, sehingga tujuan antara organisasi akan segera bisa tercapai.
3. Untuk
mencapai efisiensi dan efektivitas.
Organisasi dalam Sebuah pelaksanaannya menuntut semua
sumber daya yang dimiliki untuk dapat efektif dan efisien. Hal ini menjadi
penting dikarenakan organisasi mengharapkan semaksimal mungkin bisa mengurangi
biaya dengan mengoptimalkan proses dan hasil kerja dalam rangka tercapainya
tujuan organisasi.
Fungsi
Manajemen dalam Organisasi
Aktivitas
manajemen mencakup spektrum yang sangat luas, sebab dimulai dari bagaimana
menentukan arah organisasi di masa depan, menciptakan kegiatan-kegiatan
organisasi, mendorong terbinannya kerjasama antara sesama anggota organisasi,
serta mengawasi kegiatan dalam mencapai tujuan. Dengan kata lain manajemen
memiliki peranan yang sangat strategis dalam mengefektifkan usaha organisasi. Dalam
rangka mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien itulah, manajemen
harus difungsikan sepenuhnya pada setiap organisasi. Fungsi-fungsi manajemen
tersebut terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, Penggerakan dan pengawasan
·
Perencanaan
Perencanaan merupakan tindakan awal dalam aktivitas
manajerial pada setiap organisasi. Perencanaan merupakan salah satu fungsi
manajemen, sehingga dengan demikian perencanaan adalah merupakan salah satu
syarat mutlak untuk dapat melaksanakan manajemen yang baik. Dan untuk membuat
suatu perencanaan yang baik kita harus memikirkan secara matang jauh-jauh
sebelumnya tindakan-tindakan yang akan dilakukan kemudian.
·
Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan fungsi manajemen yang kedua
dan merupakan langkah strategis untuk mewujudkan suatu rencana organisasi.
Menurut Winadi (1990) pengorganisasian ialah suatu proses di mana pekerjaan
yang ada dibagi dalam komponen-komponen yang dapat ditangani dan
aktivitas-aktivitas mengkoordinasikan hasil yang dicapai untuk mencapai tujuan
tertentu. Sejalan dengan pendapat di atas Terry (1973) menjelaskan bahwa
pengorganisasian merupakan usaha penciptaan hubungan tugas yang jelas antara
personalia, sehingga dengan demikian setiap orang dapat bekerja bersama-sama
dalam kondisi yang baik untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.
·
Penggerakan
Penggerakan merupakan salah satu fungsi manajemen
berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga
kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna
maksimal kepada organisasi. Fungsi ini menyangkut agar sumber daya bekerja di
arah yang benar sesuai dengan tujuan perusahaan
·
Pengawasan
Sebagai salah satu fungsi manajemen, pengawasan
merupakan tindakan terakhir yang dilakukan para manajer pada suatu organisasi.
Pengawasan merupakan proses pengamatan atau pemantauan terhadap
pelaksanaan kegiatan organisasi untuk menjamin agar supaya semua pekerjaan yang
sedang dilakukan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan
sebelumnya. Dengan pengawasan diharapkan penyimpangan dalam berbagai hal dapat
dihindari sehingga tujuan dapat tercapai. Apa yang direncanakan dijalankan
dengan benar sesuai hasil musyawarah dan pendayagunaan sumber daya material
akan mendukung terwujudnya tujuan organisasi.
KESIMPULAN
Manajemen
merupakan suatu proses yang dapat mempengaruhi perkembangan organisasi. Manajemen
ialah ilmu tentang upaya manusia yang memanfaatkan dan mengelola semua sumber
daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif dan
efisien. Setiap organisasi pasti memiliki sebuah tujuan, apa pun organisasi
tersebut. Untuk mencapai tujuan dalam organisasi, tidak hanya melibatkan
manusia melainkan juga sumber daya yang lain. Maka dari itu perlu adanya manajemen
dalam sebuah organisasi yang sangat dibutuhkan dalam setiap aktivitas
perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan dengan efektif
dan efisien. Sebuah organisasi yang tidak menjalankan proses manajemennya
dengan baik, maka dipastikan semua proses kerjanya tidak efektif dan efisien. Adapun
peran penting manajemen dalam organisasi yaitu untuk mencapai tujuan organisasi,
untuk mencapai efisiensi dan efektivitas, serta menjaga keseimbangan di antara
tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Dalam rangka mencapai tujuan organisasi
secara efektif dan efisien itulah, manajemen harus difungsikan sepenuhnya pada
setiap organisasi. Fungsi-fungsi manajemen tersebut terdiri dari perencanaan, pengorganisasian,
Penggerakan dan pengawasan.
DAFTAR
PUSTAKA
Aditama,
R. A. 2020. Pengantar Manajemen. AE Publishing.
Riadi,
B. 2013. Manajemen organisasi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Rifai,
M. 2016. Dasar-dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara
Efetif dan Efisien. Perdana Publishing
Sucahyowati,
H. 2017. PENGANTAR MANAJEMEN: Sebuah Pengantar. Wilis.
Sukmanegara,
Rizal. 2020. Manajemen Organisasi.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.