Oleh: Laykha Fitriani Az Zahra (@B17-Layka)
PENGERTIAN MANAJEMEN
Secara Etimologi kata manajemen
diambil dari bahasa Perancis kuno, yaitu menagement, yang artinya adalah
"seni dalam mengatur dan melaksanakan". Manajemen
dapat juga didefinisikan sebagai upaya perencanaan, pengkoordinasian,
pengorganisasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara
efisien dan efektif.
PENGERTIAN PERENCANAAN
Dalam manajemen, Perencanaan ialah
proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan
fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan
dapat berjalan. Perencanaan adalah bentuk kegiatan untuk menentukan apa yang
harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya. Perencanaan merupakan proses
mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu,
dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan meliputi
tindakan memilih dan menghubungkan fakta-fakta dan membuat serta menggunakan
asumsi-asumsi mengenai masa yang akan datang dalam hal memvisualisasikan serta
merumuskan aktivitas-aktivitas yang diusulkan serta dianggap perlu untuk
mencapai hasil terbaik. "theory of planning", teori perencanaan dapat
dimaknai sebagai ide atau gagasan yang menjelaskan tentang prosedur yang
terangkai secara logis untuk mencapai satu atau beberapa tujuan yang telah
ditetapkan. "theory in planning", merujuk pada upaya untuk menemukan
argumen- argumen substansial yang dipandang mampu atau layak dijadikan landasan
perencanaan.
ARTI
PENTING PERENCANAAN
·
Tanpa adanya sebuah perencanaan berarti tidak
ada tujuan yang ingin dicapai.
·
Tanpa perencanaan tidak ada pedoman pelaksanaan
sehingga banyak pemborosan
·
Perencanaan adalah dasar pengendalian, karena tanpa
ada rencana, pengendalian tidak dapat dilakukan
·
Tanpa perencanaan, tidak ada keputusan dan
proses manajemen
FUNGSI PERENCANAAN
Adapun fungsi dari perencanaan itu sendiri, yaitu
sebagai berikut:
·
Perencanaan sebagai Pengarah Perencanaan akan
menghasilkan upaya untuk meraih sesuatu dengan cara yang lebih terkoordinasi.
·
Perencanaan sebagai Minimalisasi Ketidakpastian
Dengan adanya perencanaan, diharapkan ketidakpastian yang mungkin akan terjadi
di masa yang akan datang dapat diantisipasi jauh-jauh hari.
·
Perencanaan sebagai Minimalisasi Pemborosan
Sumber Daya Jika perencanaan dilakukan dengan baik, maka jumlah sumber daya
yang diperlukan, dengan cara bagaimana penggunaannya, dan untuk penggunaan apa saja
dengan lebih baik dipersiapkan sebelum kegiatan dijalankan.
·
Perencanaan sebagai Penetapan Standar dalam
Pengawasan Kualitas Perencanaan berfungsi sebagai penetapan standar kualitas
yang harus dicapai oleh perusahaan dan diawasi pelaksanaannya dalam fungsi
pengawasan manajemen.
MANFAAT PERENCANAAN
Adapun manfaat dari perancangan itu sendiri, ialah
sebagai berikut:
1.
Memberikan arah tindakan pada organisasi.
2.
Memfokuskan perhatian pada sasaran-sasaran dan
hasil-hasil yang hendak dicapai.
3.
Menetapkan dasar bagi kerjasama tim.
4.
Membantu mengantisipasi permasalahan dengan
memperhitungkan situasi dan perubahan lingkungan yang akan terjadi
5.
Memberikan arahan dalam pembuatan keputusan
6.
Perancangan merupakan prasyarat bagi
terlaksananya fungsi-fungsi manajemen yang lain.
PRINSIP PERENCANAAN
Sebuah perancangan pasti juga memiliki sebuah prinsip. Adapun prinsip dari adanya perancangan, yaitu sebagai
berikut:
1.
Planning harus betul-betul membantu tercapainya
tujuan, maka kemungkinan tindakan yang dilakukan tidak terjadi kekeliruan
sehingga tidak menimbulkan pengorbanan yang lebih besar.
2.
Planning harus merupakan kegiatan pertama dari seluruh
proses manajemen (primary activity).
3.
Perencanaan harus mencakup seluruh kegiatan.
4.
Terdapat alternatif, baik menyangkut bahan,
waktu, tenaga kerja, biaya, dan sebagainya.
5.
Perencanaan harus mempunyai nilai efisensi dan
penghematan.
6.
Perencanaan harus mudah disempurnakan,
diperbaiki, atau disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sewaktu-waktu
berubah.
7.
Mempunyai strategi untuk dapat diterima oleh
semua pihak, agar dapat terlaksaną sebagaimana mestinya
KENDALA DALAM PERENCANAAN
Dalam sebuah perancangan tidak
selalu berjalan dengan baik pasti ada beberapa kendala dalam proses perancangan
tersebut, misalnya seperti ketidakmampuan dalam membuat rencana atau rencana
yang tidak cukup Baik, lemahnya informasi dan terlalu berfokus pada masa kini, kurangnya
sebuah komitmen dalam proses pembuatan rencana, serta terlalu mengandalkan diri
pada unit/bagian Perencanaan.
DAFTAR PUSTAKA
Kang Atep Afia Channel. 2022. “Manajamen Itu Ketika Urusan
Di Urus oleh Pengurus (#OMPI01C)” [Video]. Youtube. https://youtu.be/_YIDBW1T4nQ
Kang Atep Afia Channel. 2022. “Perencanaan yang Baik Untuk
Keberhasilan Pencapaian Visi dan Misi Organisasi (#OMPI02E)” [Video].
Youtube. https://youtu.be/Q1wp64IoH6M
Kang Atep Afia Channel. 2022. “Proses Perencanaan Kebijakan
dan Strategi (#OMPI02C)” [Video]. Youtube. https://youtu.be/y8GN4Y7fN-g
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.