Sunday, March 6, 2022

Pengertian Manajemen, Fungsi, dan Skill Manajerial Yang Baik Dalam Organisasi

Oleh: Abiel Wira Pramana (@B24-Abiel)



Abstrak

            Manajemen organisasi merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasaan sumber daya organisasi, yang mana setiap anggotanya memiliki tugas, peran dan fungsi penting untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Manajemen sendiri memiliki banyak fungsi seperti perencanaan, pengorganisasian, perekrutan, dll. Dengan fungsi tersebut, manajemen secara langsung dapat memaksimalkan produktifitas manusia. selain itu manajemen juga membahas bagaimana kita bisa memiliki skill managerial yang baik agar dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kunci: Manajemen, Fungsi, Managerial

Pendahuluan

            Organisasi pada umumnya digunakan sebagai wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan. Suatu organisasi akan berjalan dengan mulus dan lancar bila organisasi tersebut dipimpin oleh seorang yang berjiwa manajer. Namun,jika hanya seorang manajer saja yang memimpin suatu organisasi tersebut juga tidak akan berhasil dengan baik. Oleh karena itu sudah seharusnya setiap orang di dalam organisasi harus mengetahui seperti apa itu manajemen, apa saja fungsiya, dan apa saja keahlian manajerial yang baik. Hal tersebut bertujuan agar setiap orang yang bekerja dalam suatu organisasi dapat mengimplementasikan konsep manajemen tersebut sehingga dapat bersama sama mencapai visi dan misi organisasi.

Rumusan Masalah

1.      apa itu pengertian manajemen?

2.      apa saja fungsi utama manajemen?

3.      apa saja Keahlian Managerial dalam manajemen?

Pembahasan

Pengertian manajemen

            Dalam kehidupan sehari hari pasti kita sudah sering mendengar kata manajemen terkhusus bagi mereka yang pernah bekerja pada perusahaan. Seluruh divisi yang ada selalu di pimpin oleh seorang yang di sebut manager yang secara hirarki memiliki posisi di atas setara petinggi perusahaan. manajer yang baik memiliki peran yang penting dalam memajukan suatau organisasi. Dengan manajerial yang baik maka organisasi akan menjadi besar, baik dalam kontribusinya, jumlah pegawai dan tingkat kemakmuran atau pendapatan anggotanya, oleh karena itu manajemen penting untuk dipahami walaupun dari aspek yang paling dasar sekalipun. Manajemen memiliki definisi yang sangat beragam. Di bawah ini adalah beberapa pengertian manajemen menurut pakar manajemen:

Menurut Prof. Eiji Ogawa, manajemen adalah perencanaan pengimplementasian dan penegendalian kegiatan – kegiatan termasuk sistem pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahlu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.

Menurut George R. Terry, manajemen adalah aktivitas perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), penggerakan (Actuating), dan pengawasan (Controlling), dimana semua aktivitas tersebut bertujuan untuk mencapai target organisasi. Teori serupa dikemukakan juga oleh Henry Fayol.

Menurut Luther M. Gulick, pengertian manajemen adalah segala hal yang berhubungan dengan perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing), pelengkapan Tenaga Kerja (Staffing), mengarahkan (Directing), menyelaraskan (Coordinating), melaporkan (Reporting), dan menyusun anggaran (Budgeting).

Fungsi utama manajemen organisasi

1. Planning

            Planning adalah perencanaan bisnis yang efektif dan tepat sasaran. Aspek ini menjadi poin yang cukup penting karena perusahaan harus bisa menentukan langka-langkah kerja dan strategi bisnis untuk masa-masa mendatang. Selain itu, perusahaan juga harus mengetahui cara untuk mencapai tujuan bisnis dan menghindari berbagi jenis risiko yang berpotensi merugikan mereka.

2. Organizing

            pengorganisasian (organizing) adalah proses mengatur manusia dan sumber daya lainnya untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu proses organizing ini biasanya mencakup penetapan direksi, jabatan, peran, serta cara pelaksanaan untuk mencapai suatu tujuan.Salah satu contoh adalah penetapan job description untuk setiap karyawan.

3. Staffing

            staffing merupakan proses perekrutan anggota, baik di dalam suatu organisasi ataupun perusahaan. Organizational management yang mumpuni bisa membantu perusahaan untuk merekrut pekerja yang tepat pada posisi yang sesuai.

4. Leading

            leadingatau kepemimpinan. Perusahaan memerlukan seorang yang dapat memimpin dan mengelola pekerjaan para karyawan dengan maksimal. Seorang leading harus mampu menetapkan target yang jelas.

5. Control

            Control menjurus pada cara yang digunakan perusahaan untuk memastikan bahwa strategi bisnis dapat berjalan sesuai standar. Bila tidak ada kontrol yang tepat dari pemimpin di dalam perusahaan, organizational management tidak akan berjalan dengan efektif.

6. Time management

            Time management di suatu perusahaan harus bisa mengaplkasikan waktu dan manajemen produksi yang tepat. Hal itu diperlukan agar karyawan dapat bekerja dengan efektif dan dapat mencapai tujuan dengan lebih evisien.

7. Motivation

            Manajemen organisasi berperan untuk menimbulkan lingkungan yang bisa memotivasi pekerja dalam perusahaan. Motivasi ini diperlukan agar pekerja nyaman untuk menghasilkan kinerja yang baik di tiap kesempatan.

 

Keahlian Managerial

            SDM adalah salah satu faktor penting dari banyaknya faktor manajemen. Demi beroperasinya suatu organisasi maka manusia memiliki peran sebagai pendiri, perancang, pekerja, pengamat, pengkritik, atau pemutus suatu organisasi. Tanpa mereka tidak ada organisasi. Oleh karena itu konsep manajemen organisasi yang ideal haruslah berpusat pada manusia. Agar bisa melaksananakan kegiatan manajemen tersebut sesuai dengan fungsinya masing-masing, maka diperlukan beberapa keahlian manajemen(managerial skills) yang diperlukan oleh setiap orang yang terlibat dalam kegiatan organisasi. Keahlian tersebut  meliputi :

Keahlian teknis (Technical skills), yaitu keahlian yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan spesifik tertentu, seperti mengoperasikan komputer, mendesain bangunan, membuat lay out perusahaan, dan lain sebagainya.

Keahlian berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarkat (Human Relation skills), yaitu keahlian dalam memahami dan melakukan interaksi dengan berbagai jenis orang di masyarakat. Diantara contoh keahlian ini misalnya adalah keahlian dalam bernegosiasi, memotivasi, meyakinkan orang, dan lain sebagainya.

Keahlian Konseptual (Conceptual skills) , yaitu keahlian dalam berfikir secara abstrak, sistematis, termasuk di dalamnya mendiagnosa dan menganalisis berbagai masalah dalam situasi yang berbeda-beda, bahkan keahlian untuk memprediksi di masa yang akan datang.

Kesimpulan

            Manajemen organisasi merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengontrolan SDM di dalam suatu organisasi, yang memiliki tujaun agar visi dan misi organisasi dapat tercapai dengan baik. Diperlukan kemampuan handal dari seorang yang bisa disebut manajer untuk memanage itu semua. Manajemen organisasi memiliki kaitan dengan fungsi manajemen pada umumnya, yang membuatnya spesial adalah bagaimana fungsi tersebut dapat berjalan sesuai dengan para pelaku organisasi. Selain itu, fungsi utama manajemen organisasi pada umumnya adalah mengatur agar seluruh alur produksi dari awal hingga akhir dapat berjalan dengan evisien dan maksimal

 

Daftar Pustaka

·         Rorong, Johny. 2015. Dasar-Dasar Managemen. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

·         Zusnita, M. (2017). MANAJER DAN PERANGKAT MANAJEMEN BARU. Pekbis Jurnal, Vol.9, No.2, Juli 2017 : 151-160

·         https://glints.com/id/lowongan/manajemen-organisasi-adalah/#.YiQc23pBzDc

·         http://www.slideshare.net/MuhammadKurniawan5/peran-manajemen-dalam-organisasi

·         https://id.hrnote.asia/orgdevelopment/management/manajemen-organisasi-dari-sisi hrd220620/#:~:text=Menurut%20George%20R.%20Terry%2C%20manajemen,dikemukakan%20juga%20oleh%20Henry%20Fayol.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.