Oleh: Abiel Wira Pramana (@B24-Abiel)
Abstrak
Manajemen
organisasi merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan
dan pengawasaan sumber daya organisasi, yang mana setiap anggotanya memiliki
tugas, peran dan fungsi penting untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif
dan efisien. Manajemen sendiri memiliki banyak fungsi seperti perencanaan,
pengorganisasian, perekrutan, dll. Dengan fungsi tersebut, manajemen secara
langsung dapat memaksimalkan produktifitas manusia. selain itu manajemen juga
membahas bagaimana kita bisa memiliki skill managerial yang baik agar dapat
kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: Manajemen, Fungsi, Managerial
Pendahuluan
Organisasi pada umumnya digunakan
sebagai wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan
sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam
memanfaatkan sumber daya dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan
efektif untuk mencapai tujuan. Suatu organisasi akan berjalan dengan mulus dan
lancar bila organisasi tersebut dipimpin oleh seorang yang berjiwa manajer. Namun,jika
hanya seorang manajer saja yang memimpin suatu organisasi tersebut juga tidak
akan berhasil dengan baik. Oleh karena itu sudah seharusnya setiap orang di
dalam organisasi harus mengetahui seperti apa itu manajemen, apa saja fungsiya,
dan apa saja keahlian manajerial yang baik. Hal tersebut bertujuan agar setiap
orang yang bekerja dalam suatu organisasi dapat mengimplementasikan konsep
manajemen tersebut sehingga dapat bersama sama mencapai visi dan misi
organisasi.
Rumusan
Masalah
1.
apa itu pengertian manajemen?
2.
apa saja fungsi utama manajemen?
3.
apa saja Keahlian Managerial dalam manajemen?
Pembahasan
Pengertian
manajemen
Dalam kehidupan sehari hari pasti
kita sudah sering mendengar kata manajemen terkhusus bagi mereka yang pernah
bekerja pada perusahaan. Seluruh divisi yang ada selalu di pimpin oleh seorang
yang di sebut manager yang secara hirarki memiliki posisi di atas setara
petinggi perusahaan. manajer yang baik memiliki peran yang penting dalam
memajukan suatau organisasi. Dengan manajerial yang baik maka organisasi akan
menjadi besar, baik dalam kontribusinya, jumlah pegawai dan tingkat kemakmuran
atau pendapatan anggotanya, oleh karena itu manajemen penting untuk dipahami
walaupun dari aspek yang paling dasar sekalipun. Manajemen memiliki definisi
yang sangat beragam. Di bawah ini adalah beberapa pengertian manajemen menurut
pakar manajemen:
Menurut
Prof. Eiji Ogawa, manajemen adalah perencanaan pengimplementasian dan
penegendalian kegiatan – kegiatan termasuk sistem pembuatan barang yang
dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahlu telah menetapkan sasaran-sasaran
untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang
berubah.
Menurut
George R. Terry, manajemen adalah aktivitas perencanaan (Planning),
pengorganisasian (Organizing), penggerakan (Actuating),
dan pengawasan (Controlling), dimana semua aktivitas tersebut
bertujuan untuk mencapai target organisasi. Teori serupa dikemukakan juga oleh
Henry Fayol.
Menurut Luther
M. Gulick, pengertian manajemen adalah segala hal yang berhubungan dengan
perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing),
pelengkapan Tenaga Kerja (Staffing), mengarahkan (Directing),
menyelaraskan (Coordinating), melaporkan (Reporting), dan menyusun
anggaran (Budgeting).
Fungsi
utama manajemen organisasi
1. Planning
Planning adalah perencanaan bisnis
yang efektif dan tepat sasaran. Aspek ini menjadi poin yang cukup penting
karena perusahaan harus bisa menentukan langka-langkah kerja dan strategi
bisnis untuk masa-masa mendatang. Selain itu, perusahaan juga harus mengetahui
cara untuk mencapai tujuan bisnis dan menghindari berbagi jenis risiko yang
berpotensi merugikan mereka.
2. Organizing
pengorganisasian (organizing)
adalah proses mengatur manusia dan sumber daya lainnya untuk bekerja sama dalam
mencapai tujuan tertentu proses organizing ini biasanya
mencakup penetapan direksi, jabatan, peran, serta cara pelaksanaan untuk
mencapai suatu tujuan.Salah satu contoh adalah penetapan job
description untuk setiap karyawan.
3. Staffing
staffing merupakan proses perekrutan
anggota, baik di dalam suatu organisasi ataupun perusahaan. Organizational
management yang mumpuni bisa membantu perusahaan untuk merekrut
pekerja yang tepat pada posisi yang sesuai.
4. Leading
leading, atau kepemimpinan. Perusahaan
memerlukan seorang yang dapat memimpin dan mengelola pekerjaan para karyawan
dengan maksimal. Seorang leading harus mampu menetapkan target yang jelas.
5. Control
Control menjurus pada cara yang digunakan
perusahaan untuk memastikan bahwa strategi bisnis dapat berjalan sesuai standar.
Bila tidak ada kontrol yang tepat dari pemimpin di dalam perusahaan, organizational
management tidak akan berjalan dengan efektif.
6. Time
management
Time management di suatu perusahaan harus bisa
mengaplkasikan waktu dan manajemen produksi yang tepat. Hal itu diperlukan agar karyawan dapat bekerja dengan
efektif dan dapat mencapai tujuan dengan lebih evisien.
7. Motivation
Manajemen organisasi berperan untuk
menimbulkan lingkungan yang bisa memotivasi pekerja dalam perusahaan. Motivasi ini diperlukan
agar pekerja nyaman untuk menghasilkan kinerja yang baik di tiap kesempatan.
Keahlian
Managerial
SDM adalah salah satu faktor penting
dari banyaknya faktor manajemen. Demi beroperasinya suatu organisasi maka
manusia memiliki peran sebagai pendiri, perancang, pekerja, pengamat,
pengkritik, atau pemutus suatu organisasi. Tanpa mereka tidak ada organisasi.
Oleh karena itu konsep manajemen organisasi yang ideal haruslah berpusat pada
manusia. Agar bisa melaksananakan kegiatan manajemen tersebut sesuai dengan
fungsinya masing-masing, maka diperlukan beberapa keahlian manajemen(managerial
skills) yang diperlukan oleh setiap orang yang terlibat dalam kegiatan
organisasi. Keahlian tersebut meliputi :
Keahlian teknis (Technical skills), yaitu keahlian
yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan spesifik tertentu, seperti
mengoperasikan komputer, mendesain bangunan, membuat lay out perusahaan, dan
lain sebagainya.
Keahlian berkomunikasi dan
berinteraksi dengan masyarkat (Human Relation skills), yaitu keahlian dalam memahami dan
melakukan interaksi dengan berbagai jenis orang di masyarakat. Diantara contoh
keahlian ini misalnya adalah keahlian dalam bernegosiasi, memotivasi, meyakinkan
orang, dan lain sebagainya.
Keahlian Konseptual (Conceptual skills) , yaitu keahlian
dalam berfikir secara abstrak, sistematis, termasuk di dalamnya mendiagnosa dan
menganalisis berbagai masalah dalam situasi yang berbeda-beda, bahkan keahlian
untuk memprediksi di masa yang akan datang.
Kesimpulan
Manajemen organisasi merupakan suatu
proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengontrolan SDM di
dalam suatu organisasi, yang memiliki tujaun agar visi dan misi organisasi
dapat tercapai dengan baik. Diperlukan kemampuan handal dari seorang yang bisa
disebut manajer untuk memanage itu semua. Manajemen organisasi memiliki kaitan
dengan fungsi manajemen pada umumnya, yang membuatnya spesial adalah bagaimana
fungsi tersebut dapat berjalan sesuai dengan para pelaku organisasi. Selain itu,
fungsi utama manajemen organisasi pada umumnya adalah mengatur agar seluruh
alur produksi dari awal hingga akhir dapat berjalan dengan evisien dan maksimal
Daftar Pustaka
·
Rorong, Johny. 2015. Dasar-Dasar
Managemen. Universitas Sam Ratulangi. Manado.
·
Zusnita, M. (2017). MANAJER DAN
PERANGKAT MANAJEMEN BARU. Pekbis Jurnal, Vol.9, No.2, Juli 2017 : 151-160
·
https://glints.com/id/lowongan/manajemen-organisasi-adalah/#.YiQc23pBzDc
·
http://www.slideshare.net/MuhammadKurniawan5/peran-manajemen-dalam-organisasi
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.