Saturday, March 5, 2022

PENTINGNYA MANAJEMEN DALAM SUATU ORGANISASI ATAU PERUSAHA

 Oleh : Meli Restiana (B38-Meli)




 

ABSTRAK

Manajemen adalah segala sesuatu yang dilakukan untuk mengatur dan mengelola berbagai sumber untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien. Dalam proses mengelola tersebut manajemen memiliki beberapa fungsi POAC yang meliputi : Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Actuating), Pengendalian (Controlling). Manajemen merupakan suatu sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat /sarana yang tersedia semaksimal mungkin. Dengan adanya Manajemen semua sistem dan tata kerja di dalam organisasi atau perusahaan dapat diatur dengan efisien.

Kata kunci : Manajemen, Organisasi, Perusahaan, Mengatur.

 

PENDAHULUAN

Manajemen adalah ilmu tentang perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, serta pengawasan kegiatan demi tercapainya tujuan bersama yang telah ditetapkan. Seluruh organisasi atau perusahaan membutuhkan ilmu manajemen. Karena tanpanya, organisasi atau perusahaan akan kesulitan dalam meraih tujuan bersama. Organisasi terhubung dengan manajemen karena di dalam suatu organisasi  memerlukan manajemen untuk mengatur sistem tata kerja. Menurut Hari Sucahyowati dalam buku Pengantar Manajemen (2017), ilmu manajemen diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi, menjaga keseimbangan antar berbagai tujuan, serta guna mencapai efisiensi dan efektivitas. Atas dasar tiga hal tersebut, ilmu manajemen sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan dalam organisasi atau perusahaan.

Selain itu  manajemen dianggap penting dalam suatu perusahaan karena pelaku usaha membutuhkan pengaturan yang efekstif dan efisien untuk menjalankan usahanya. Untuk mengolah yang ada dalam usahanya harus menggunakan prinsip manajemen. Jika tidak memakai prinsip menajemen maka perjalanan usaha dalam sistem pengelolaannya tersebut tidak bisa berjalan atau beroperasi dengan baik. Selain dapat membantu dalam menyusun strategi bisnis, manajemen bisnis juga dapat membantu dalam menyusun target kerja. Maksud dari target kerja ini berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang akan dijalankan berserta prioritas kegiatan bisnis. Sehingga ketika pelaku bisnis menerapkan atau memiliki manajemen bisnis dengan baik, maka segala proses atau kegiatan yang ada akan terselesaikan dengan tepat waktu dan sesuai dengan target.

 

RUMUSAN MASALAH

1. Apa pengertian manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan?

2. Apa fungsi manajemen dalam suatu Organisasi atau Perusahaan?

2. Bagaimana suatu manajeman bisa dianggap penting dalam suatu organisasi atau perusahaan?

 

PEMBAHASAN

1.      Pengertian Manajemen

Menurut Hasibuan (2010:9) mengatakan, “Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan Sumber Daya Manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu”.

Manajemen menurut Terry dalam Nawawi (2011:11) adalah pencapaian tujuan organisasi atau perusahaan yang telah ditentukan dengan menggunakan tangan orang lain.

Manajemen menurut Nitisemito (2012:11) adalah suatu ilmu dan seni untuk mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain.

Menurut Handoko (2012:8) manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Sedangkan menurut Siswanto (2012:1) mengatakan bahwa manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.

Dari pendapat-pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah segala sesuatu yang dilakukan untuk mengatur dan mengelola berbagai sumber untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien.

 

2.      Fungsi Manajemen dalam Suatu Organisasi atau Perusahaan

Menurut Terry dalam Nawawi (2011:54), ada empat fungsi manajemen yang banyak dikenal masyarakat yaitu :

a)      Fungsi Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi.

b)      Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian merupakan pengumpulan kegiatan yang diperlukan, yaitu menetapkan susunan organisasi serta tugas dan fungsi-fungsi dari setiap unit yang ada dalam organisasi, serta menetapkan kedudukan dan sifat hubungan antara masing-masing unit tersebut.

c)      Fungsi Pengarahan (Actuating)

Pengarahan yaitu usaha menggerakkan anggota-anggota organisasi atau perusahaan sedemikian rupa sehingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran dan tujuan perusahaan secara maksimal.

d)     Fungsi Pengendalian (Controlling)

Pengendalian dapat diartikan sebagai proses penentuan apa yang dicapai, pengukuran, dan koreksi terhadap aktivitas pelaksanaan dan jika perlu mengambil tindakan korektif sehingga pelaksanaan dapat berjalan menurut rencana.

 

3.      Pentingnya Manajemen dalam Suatu Organisasi atau Perusahaan

Dalam semua bentuk organisasi dimana orang-orang bekerja bersama mencapai tujuan yang telah ditetapkan membutuhkan manajemen. Manajemen diperlukan organisasi agar usaha pencapaian tujuan menjadi lebih mudah.

Manajemen merupakan suatu sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat /sarana yang tersedia semaksimal mungkin, jadi manajemen merupakan suatu kegiatan pokok yang harus dilakukan oleh seorang pimpinan karena dia menjabat sebagai manajer untuk mengolah input menjadi output melalui proses manajemen. Secara spesifik ada tiga alasan utama dibutuhkannya manajemen dalam organisasi, yaitu:

Ø  Mencapai tujuan, karena dengan manajemen dapat mempermudah pencapaian tujuan organisasi dan pribadi.

Ø  Menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, dengan manajemen yang baik dapat menyeimbangkan tujuan-tujuan dan kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan di antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi (stakeholders) seperti karyawan, masyarakat, dinas/instansi lain dan lain-lain.

Ø  Mencapai efisiensi dan efektifitas, efisiensi dan efektifitas merupakan ukuran prestasi organisasi.

 

KESIMPULAN

Semua bentuk organisasi atau perusahaan dimana orang-orang bekerja bersama mencapai tujuan yang telah ditetapkan, membutuhkan manajemen. Manajemen diperlukan organisasi agar usaha pencapaian tujuan menjadi lebih mudah.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://borneo24.com/pendidikan/pentingnya-ilmu-manajemen-dalam-dunia-perusahaan/

https://www.coursehero.com/file/49539135/2-Pentingnya-Manajemen-dalam-organisasidocx/

https://dambagas02.wordpress.com/2017/03/23/pentingnya-manajemen-pada-organisasi/

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.