Oleh : Meli Restiana (B38-Meli)
ABSTRAK
Manajemen adalah segala sesuatu yang dilakukan untuk
mengatur dan mengelola berbagai sumber untuk mencapai tujuan yang diinginkan
secara efektif dan efisien. Dalam proses mengelola tersebut manajemen memiliki
beberapa fungsi POAC yang meliputi : Perencanaan (Planning), Pengorganisasian
(Organizing), Pengarahan (Actuating), Pengendalian (Controlling). Manajemen
merupakan suatu sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan
alat /sarana yang tersedia semaksimal mungkin. Dengan adanya Manajemen semua
sistem dan tata kerja di dalam organisasi atau perusahaan dapat diatur dengan
efisien.
Kata kunci : Manajemen, Organisasi,
Perusahaan, Mengatur.
PENDAHULUAN
Manajemen adalah ilmu tentang perencanaan,
pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, serta pengawasan kegiatan demi
tercapainya tujuan bersama yang telah ditetapkan. Seluruh organisasi atau
perusahaan membutuhkan ilmu manajemen. Karena tanpanya, organisasi atau
perusahaan akan kesulitan dalam meraih tujuan bersama. Organisasi terhubung
dengan manajemen karena di dalam suatu organisasi memerlukan manajemen untuk mengatur sistem
tata kerja. Menurut Hari Sucahyowati dalam buku Pengantar Manajemen (2017),
ilmu manajemen diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi, menjaga
keseimbangan antar berbagai tujuan, serta guna mencapai efisiensi dan
efektivitas. Atas dasar tiga hal tersebut, ilmu manajemen sangat penting untuk
dipelajari dan diterapkan dalam organisasi atau perusahaan.
Selain itu
manajemen dianggap penting dalam suatu perusahaan karena pelaku usaha
membutuhkan pengaturan yang efekstif dan efisien untuk menjalankan usahanya.
Untuk mengolah yang ada dalam usahanya harus menggunakan prinsip manajemen.
Jika tidak memakai prinsip menajemen maka perjalanan usaha dalam sistem
pengelolaannya tersebut tidak bisa berjalan atau beroperasi dengan baik. Selain
dapat membantu dalam menyusun strategi bisnis, manajemen bisnis juga dapat
membantu dalam menyusun target kerja. Maksud dari target kerja ini berkaitan
dengan kegiatan-kegiatan yang akan dijalankan berserta prioritas kegiatan
bisnis. Sehingga ketika pelaku bisnis menerapkan atau memiliki manajemen bisnis
dengan baik, maka segala proses atau kegiatan yang ada akan terselesaikan
dengan tepat waktu dan sesuai dengan target.
RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian manajemen dalam suatu organisasi
atau perusahaan?
2. Apa fungsi manajemen dalam suatu Organisasi atau
Perusahaan?
2. Bagaimana suatu manajeman bisa dianggap penting
dalam suatu organisasi atau perusahaan?
PEMBAHASAN
1. Pengertian
Manajemen
Menurut Hasibuan (2010:9) mengatakan, “Manajemen
adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan Sumber Daya Manusia dan sumber
daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu”.
Manajemen menurut Terry dalam Nawawi (2011:11) adalah
pencapaian tujuan organisasi atau perusahaan yang telah ditentukan dengan
menggunakan tangan orang lain.
Manajemen menurut Nitisemito (2012:11) adalah suatu
ilmu dan seni untuk mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain.
Menurut Handoko (2012:8) manajemen adalah proses
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para
anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya
agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Sedangkan menurut Siswanto (2012:1) mengatakan bahwa
manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian,
pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk
mencapai tujuan.
Dari pendapat-pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa
manajemen adalah segala sesuatu yang dilakukan untuk mengatur dan mengelola
berbagai sumber untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif dan
efisien.
2. Fungsi
Manajemen dalam Suatu Organisasi atau Perusahaan
Menurut Terry dalam Nawawi (2011:54), ada empat fungsi
manajemen yang banyak dikenal masyarakat yaitu :
a) Fungsi
Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan
organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana
aktivitas kerja organisasi.
b) Fungsi
Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian merupakan pengumpulan kegiatan yang
diperlukan, yaitu menetapkan susunan organisasi serta tugas dan fungsi-fungsi
dari setiap unit yang ada dalam organisasi, serta menetapkan kedudukan dan
sifat hubungan antara masing-masing unit tersebut.
c) Fungsi
Pengarahan (Actuating)
Pengarahan yaitu usaha menggerakkan anggota-anggota
organisasi atau perusahaan sedemikian rupa sehingga mereka berkeinginan dan
berusaha untuk mencapai sasaran dan tujuan perusahaan secara maksimal.
d) Fungsi
Pengendalian (Controlling)
Pengendalian dapat diartikan sebagai proses penentuan
apa yang dicapai, pengukuran, dan koreksi terhadap aktivitas pelaksanaan dan
jika perlu mengambil tindakan korektif sehingga pelaksanaan dapat berjalan
menurut rencana.
3. Pentingnya
Manajemen dalam Suatu Organisasi atau Perusahaan
Dalam semua bentuk organisasi dimana orang-orang
bekerja bersama mencapai tujuan yang telah ditetapkan membutuhkan manajemen.
Manajemen diperlukan organisasi agar usaha pencapaian tujuan menjadi lebih
mudah.
Manajemen merupakan suatu sarana untuk mencapai tujuan
organisasi dengan memanfaatkan alat /sarana yang tersedia semaksimal mungkin,
jadi manajemen merupakan suatu kegiatan pokok yang harus dilakukan oleh seorang
pimpinan karena dia menjabat sebagai manajer untuk mengolah input menjadi
output melalui proses manajemen. Secara spesifik ada tiga alasan utama
dibutuhkannya manajemen dalam organisasi, yaitu:
Ø Mencapai
tujuan, karena dengan manajemen dapat mempermudah pencapaian tujuan organisasi
dan pribadi.
Ø Menjaga
keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, dengan manajemen
yang baik dapat menyeimbangkan tujuan-tujuan dan kegiatan-kegiatan yang saling
bertentangan di antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi
(stakeholders) seperti karyawan, masyarakat, dinas/instansi lain dan lain-lain.
Ø Mencapai
efisiensi dan efektifitas, efisiensi dan efektifitas merupakan ukuran prestasi
organisasi.
KESIMPULAN
Semua bentuk organisasi atau perusahaan dimana
orang-orang bekerja bersama mencapai tujuan yang telah ditetapkan, membutuhkan
manajemen. Manajemen diperlukan organisasi agar usaha pencapaian tujuan menjadi
lebih mudah.
DAFTAR PUSTAKA
https://borneo24.com/pendidikan/pentingnya-ilmu-manajemen-dalam-dunia-perusahaan/
https://www.coursehero.com/file/49539135/2-Pentingnya-Manajemen-dalam-organisasidocx/
https://dambagas02.wordpress.com/2017/03/23/pentingnya-manajemen-pada-organisasi/
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.