Saturday, March 5, 2022

Peran Penting Ilmu Manajemen Dalam Sebuah Organisasi

 Peran Penting Ilmu Manajemen Dalam Sebuah Organisasi 




oleh: Muhammad Kamaludin Fasya @B40-Kamaludin

Abstrak
Manajemen merupakan alat, strategi dan sistem yang berfungsi untuk mecapai suatu tujuan melalui kinerja dan aktivitas orang lain. Manajemen juga menganalisa, menetapkan tujuan/sasaran serta mendeterminasi tugas-tugas dan kewajiban-kewajiban secara baik, Seluruh organisasi atau perusahaan membutuhkan ilmu manajemen. Karena tanpanya, organisasi atau perusahaan akan kesulitan dalam meraih tujuan bersama. Menurut Hari Sucahyowati dalam buku Pengantar Manajemen (2017), ilmu manajemen diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi, menjaga keseimbangan antar berbagai tujuan, serta guna mencapai efisiensi dan efektivitas.

Kata Kunci : Manajemen, Organisasi, Tujuan

Pendahuluan

Manajemen merupakan bagian terpenting dari keseluruhan kegiatan organisasi. Di dalam manajemen dianggap sebagai reformis dalam memperbarui persyaratan-persyaratan kerja, kondisi kerja, standar kerja. Memberi batasan manajemen sebagai seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang serta mekanisme kerja untuk mencapai tujuan (Siswanto, 2005). Selain itu dalam manajemen juga memperhatikan prinsip-prinsip pembagian kerja dalam suatu organisasi. Dengan pembagian kerja juga akan memudahkan dalam meningkatkan keterampilan masing-masing tenaga kerja yang terpsesialisasi. Menurut Pophal (2008:8) pembagian kerja adalah rekaman tertulis mengenai tanggung jawab dari pekerjaan tertentu. Menunjukan
kualifikasi yang dibutuhkan untuk jabaran tersebut menguraikan bagaimana pekerjaan tersebut berhubungan dengan bagian lain dalam perusahaan. 

Rumusan masalah

  1. Pengertian manajemen ?
  2. Peran penting apa saja yang ada di manajemen organisasi ?
  3. Apa saja fungsi dari manajemen organisasi ?
  4. Alasan mengapa Peran Ilmu Manajemen itu penting dalam organisasi ?

Pembahasan

Pengertian Manajemen
Secara umum, manajemen adalah suatu proses di mana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok. Manajemen perlu dilakukan guna mencapai tujuan atau target dari individu ataupun kelompok tersebut secara kooperatif menggunakan sumber daya yang tersedia.

Dari pengertian tersebut, ilmu manajemen dapat diartikan sebagai kemampuan dalam mengatur sesuatu agar tujuan yang ingin dicapai dapat terpenuhi. Sebetulnya, hal ini sudah sering terjadi di kehidupan nyata. Setiap orang juga pasti pernah mempraktikkan ilmu manajemen secara tidak langsung setiap harinya.

Selain itu, manajemen juga dapat diartikan menurut etimologinya. Manajemen berarti sebagai seni mengatur dan melaksanakan, berdasarkan Bahasa Prancis kuno. Manajemen juga dapat diartikan sebagai usaha perencanaan, koordinasi, serta pengaturan sumber daya yang ada demi mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Peran penting yang ada di manajemen organisasi

  1. Penanggung jawab dan pengendali
  2. Melaksanakan fungsi manajemen sehari-hari dengan efektif.
  3. Melakukan analisis SWOT.
  4. Mengelola SDM dan sumber daya organisasi.
  5. Menjalin kerjasama dengan stakeholders.
  6. Mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  7. Melakukan pengembangan pada organisasi.
  8. Menyusun strategi demi kepentingan struktur organisasi.

Fungsi dari manajemen organisasi


Planning atau perencanaan adalah rangkaian proses pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dan penentu strategi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

Organizing atau pengorganisasian adalah rangkaian aktivitas pembagian tugas yang akan dikerjakan, serta proses pengembangan struktur organisasi yang sesuai tujuan perusahaan. Agar perusahaan dapat berjalan dengan baik

Fungsi Staffing adalah fungsi yang hampir sama dengan organizing. Pada intinya fungsi ini bertujuan untuk menempatkan sumber daya perusahaan di tempat yang paling tepat sesuai bidang keahliannya. Tapi fungsi ini tidak hanya mengenai tenaga kerja saja, melainkan seluruh sumber daya dalam perusahaan tersebut, termasuk peralatn, inventaris, atau sumber daya lainnya.

Fungsi Coordinating (Pengarahan atau Koordinasi) Fungsi ini bertujuan mengarahkan atau mengendalikan agar pekerjaan semakin efektif dan efisien. 

Fungsi Controlling (Pengawasan) tujuan fungsi ini untuk menilai pekerjaan yang telah dilakukan oleh seluruh SDM yang ada di suatu perusahaan. Fungsi pengawasan sangat penting dilakukan karena fungsi ini untuk menentukan kualitas layanan atau produk yang dihasilkan perusahaan dapat berjalan dengan baik atau tidak.

Alasan peran penting pada manajemen organisasi

  1. Ilmu manajemen membantu organisasi atau perusahaan untuk meraih tujuan bersama.
  2. Ilmu manajemen membantu manusia untuk mengatur dan menyusun strategi yang tepat.
  3. Ilmu manajemen mempermudah pekerjaan manusia, khususnya dalam pengelolaan organisasi atau perusahaan.
  4. Ilmu manajemen menentukan kesuksesan kegiatan, mulai dari awal hingga akhir.

Kesimpulan

Arti penting manajemen adalah untuk mengatur semua kegiatan dalam organisasi, dalam rangka pencapaian tujuan organisasi dan kebutuhan organisasi, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian organisasi sehingga tujuan organisasi dapat dicapai secara efesien dan efektif. Dengan adanya sistem managemen sebuah organisasi akan berjalan sesuai dengan pedoman dan tujuan yang jelas. Jika tidak, sebuah oraganisasi tersebut tidak akan berhasil dalam mencapai tujuan yang diinginkan. ... Baik dari struktur organisasi, kinerja pegawai, pencapaian atau target.\

Saran

Saran saya ilmu managemen ini penting bagi kita semua dalam melakukan sesuatu juga artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi para pembaca, dan managemen tidak luput dari keseharian kita

Daftar Pustaka

Karunia Mulia Putri, Vanya. (2021). Alasan Pentingnya Ilmu Manajemen. Retrieved by : https://www.kompas.com/skola/read/2021/10/25/133000469/alasan-pentingnya-ilmu-manajemen.

Pentingnya Manajemen Dalam Organisasi. Retrieved by : http://scholar.unand.ac.id/36821/2/BAB%20I.pdf

Tysara, Laudia. (2021). Pengertian Manajemen, Unsur, Fungsi, dan Peranan yang Perlu Dipahami. Retrieved by : https://hot.liputan6.com/read/4478652/pengertian-manajemen-unsur-fungsi-dan-peranan-yang-perlu-dipahami.

Ariyanti, Fiki. (2019). Manajemen, Pengertian Manajemen, Fungsi, dan Jenis Keilmuan yang Harus Kamu Tahu. Retrieved by : https://www.cermati.com/artikel/manajemen-pengertian-manajemen-fungsi-dan-jenis-keilmuan-yang-harus-kamu-tahu.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.