Manajemen yang Efektif dan Efisien serta Perencanaan dalam Menentukan Strategi Kepemimpinan
@B40-Kamaludin
- Manajemen
Menagement merupakan bahasa yang diambil dari Perancis Kuno yang artinya sendiri adalah ''seni dalam mengatur dan melaksanakan''. Manajemen juga dapat didefinisikan sebagai upaya perencanaan dan pengkoordinasian, perorganisasian dan pengontrolan sasaran supaya menjadi lebih efisien dan efektif. Secara umum bisa juga diartikan bahwa manajemen merupakan suatu ilmu pengetahuan yang sistematis agar dapat memahami mengapa dan bagaimana manusia saling bekerja sama agar dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain maupun golongan tertentu dan masyarakat luas.
2. Efektif dan Efisien
Efektifitas berarti ''doing the right thing'' yang bermakna melakukan kegiatan-kegiatan secara tepat dan menjalankan strategi yang paling cocok untuk menghasilkan sesuatu sehingga tercapainya suatu tujuan dengan hasil dan target yang diharapkan secara tepat waktu yang memfokuskan pada tujuan dan pada pemilihan secara yang tepat, sementara Efisiensi berarti ''doing the thing right'' yang menunjukan proses untuk produktif itu dapat diselesaikan dengan menggunakan sumber daya secara tepat dalam waktu yang sesingkat mungkin dengan memfokuskan pada cara dan pemilihan cara yang hemat.
3. Proses manajemen dibagi menjadi 4 :
- Planning
- Organizing
- Leading
- Controlling
Tujuan ke-4 manajemen ini adalah untuk menjadikan manajemen yang efektif dan efisien.
4. Perencanaan dalam menentukan strategi kepemimpinan
menurut Alder (1999) dalam Rustiadi (2008:339) menyatakan:
Perencanaan adalah suatu proses menentukan apa yang ingin dicapai pada masa yang akan datang serta menetapkan tahapan- tahapan yang dibutuhkan untuk mencapainya. Secara bahasa strategi berasal dari bahasa Yunani, ''Stratogos'' yang artinya ilmu para jendral untuk memenangkan pertempuran dengan sumber daya terbatas. Adapun secara istilah strategi merupakan suatu pendekatan yang berkaitan dengan gagasan, perencanaan, eksekusi dalam aktivitas yang memiliki kurun waktu tertentu.
5. Fungsi
- Membuat Keputusan Terbaik
- Meningkatkan kemampuan untuk mengatasi masalah
- Meningkatkan keuntungan perusahaan
- Meningkatkan efektivitas dan efisiensi setiap kegiatan operasional perusahaan
6. Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang pemimpin untuk mengendalikan, memimpin, mempengaruhi fikiran, perasaan atau tingkah laku orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompok ke arah tercapainya tujuan (Stephen P. Robbins (2003:40)). Ada juga menurut (Richard L. Daft (2003:50)) kepemimpinan merupakan mempengaruhi orang yang mengarah kepada pencapaian tujuan.
7. Tipe Kepemimpinan
Tipe Kepemimpinan adalah gaya atau corak yang dibawakan oleh seseorang pemimpin dalam mempengaruhi para pengikutnya. Adapun tipe kepemimpinan dibagi menjadi 5, yaitu :
- Kepemimpinan Karismatik
- Kepemimpinan Otoriter
- Kepemimpinan Demokratis
- Kepemimpinan Transformasional
- Kepemimpinan Visioner
Referensi
MANAJEMEN UNTUK PENGELOLAAN ORGANISASI YANG EFEKTIF DAN EFISIEN (#OMPI01B) diakses melalui ;
PERENCANAAN STRATEGI MANAJEMEN STRATEGI DAN KEPEMIMPINAN
(#OMPI02B) diakses melalui :
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.